PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
(IPS)
KELAS
IX
OLEH :
Nama : .................................
NIP : .................................
SMP .............................................
Jl. ................................................................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial / IPS
Kelas/Jilid :
IX / 3A
Semester : 1 (satu)
Tahun Pelajaran : 2008-2009
Semester
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Alokasi Waktu
|
Keterangan
|
1
1
|
1.
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia.
|
1.1. Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang
dan negara maju.
1.2. Mendeskripsikan Perang Dunia II serta (termasuk
pendu-dukan Jepang) serta pengaruhnya
terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan
politik di Indonesia.
|
-
Ciri-ciri
negara maju dan berkembang.
-
Persebaran
negara-negara maju dan berkembang di dunia.
-
Negara-negara
yang digolongkan negara maju dan berkembang.
-
Latar
belakang pihak-pihak yang berperang dalam PD II.
-
PD II
di Asia-Pasifik serta pendudukan militer Jepang di Indonesia.
-
Pengaruh
kebijakan pemerintah pendudukan Jepang.
-
Bentuk-bentuk
perlawanan rakyat dan pergerakan kebangsaan Indonesia melalui nilai, gerakan
bawah tanah, perjuangan bersenjata.
-
Proklamasi
Kemerdekaan RI.
-
Pembentukan
Pemerintah RI.
|
8 JP
10 JP
|
|
2.
Memahami usaha mempertahan-kan kemerdekaan.
|
2.1. Mengidentifikasi usaha perjuangan
mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
2.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik
dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan.
|
-
Faktor-faktor
yang menyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda.
-
Peran
dunia internasional dalam konflik Indonesia-Belanda membantu penyelesian
konflik.
-
Pengaruh
konflik Indonesia dengan Belanda.
-
Pengaruh
konflik Indonesia-Belanda terhadap keberadaan NKRI.
-
Aktivitas
diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam mempertahankan kemerdekaan
RI.
-
Faktor-faktor
yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia.
-
Proses
kembalinya RI sebagai negara kesatuan.
-
Berbagai
peristiwa yang berhubungan dengan Pemilu 1955 di tingkat pusat dan daerah.
-
Dekrit
Preseiden 5 Juli 1955 dan pengaruh
yang ditimbulkannya.
-
Dampak
persoalan hubungan pusat dan daerah, persaingan ideologis dan pergolakan sosial
politik lainnya terhadap pergolakan politik nasional dan daerah sampai awal
tahun 1960-an.
|
|||
3.
Memahami perubahan sosial budaya.
|
Mendeskripsikan
perubahan sosial-budaya pada masyarakat.
Menguraikan
tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyingkapi perubahan.
|
Bentuk-bentuk perubahan sosial-budaya : perubahan secara cepat dan
lambat.
-
Faktor-faktor
yang mendorong perubahan.
-
Faktor-faktor
penghambat perubahan.
-
Faktor-faktor
penyebab perubahan sosial.
-
Faktor
internal dan eksternal.
-
Tipe-tipe
masyarakat dalam menyikapi perubahan.
-
Contoh
perilaku masyarakat sebagai akibat adanya perubahan.
|
|||
4.
Memahami lembaga keuangan dan perdagangan
internasional.
|
Mendeskripsikan
uang dan lembaga keuangan..
Mendeskripsikan
perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia.
|
-
Sejarah
terjadinya uang dan pengertian uang.
-
Syarat-syarat
suatu benda dapat dikatakan uang.
-
Fungsi
uang (fungsi asli dan turunan).
-
Jenis-jenis
uang (uang kartal dan giral).
-
Nilai
mata uang (interinsik, nominal, eksternal, internal).
-
Mata
uang asing, kurs mata uang (jual beli valuta asing).
-
Pengertian
bank dan sejarah terbentuknya bank.
-
Asas,
prisnsip, fungsi, dan tujuan perbankan di Indonesia.
-
Jenias-jenis
bank dan tugas pokok.
-
Praktik
menabung di bank.
-
Pengertian
lembaga keuangan bukan bank.
-
Fungsi
dan manfaat dan peranan lembaga keuangan bukan bank.
-
Contoh-contoh
lembaga keuangan bukan bank.
-
Produk-produk
asuransi atau penggadaian.
-
Pengertian
dan faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya perdagangan internasional.
-
Manfaat
perdagangan internasional.
-
Hambatan
perdagangan internasional.
-
Perbedaan
perdagangan dalam negeri dengan perdagangan internasional.
-
Komoditas
ekspor-impor Indonesia.
-
Pengertian
fungsi dan jenis-jenis devisa.
-
Sumber-sumber
dan tujuan penggunaan devisa.
-
Dampak
perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia.
|
Jakarta, .........................2008
Mengetahui
Kepala SMP Negeri
...................... Guru Mata Pelajaran
................................. ............................
NIP : ................... NIP : .................
PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : IPS
Kelas/Jilid :
IX / 3B
Semester :
2 (dua)
Tahun Pelajaran : 2008-2009
2.
|
5.
Memahami hubungan manusia dengan bumi.
|
Menginterprestasikan
peta tentang bentuk dan pola muka bumi.
Mendeskripsikan
keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara.
Mendeskripsikan
permbagian permukaan bumi atas benua dan samudera.
|
-
Peta
tentang pola dan bentuk-bentuk muka bumi.
-
Diagram
bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
-
Pola
dan bentuk objek geografis sesuai dengan bentang alamnya.
-
Unsur-unsur
fisik dan sosial kawasan Asia Tenggara.
-
Letak
geografis kawasan Asia Tenggara.
-
Bentang
alam kawasan Asia Tenggara.
-
Iklim
kawasan Asia Tenggara.
-
SDA
Asia Tenggara.
-
SDM
kawasan Asia Tenggara.
-
Penduduk
di kawasan Asia Tenggara.
-
Kegiatan
ekonomi penduduk di Asia Tenggara
-
Kerjasama
Indonesia dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
-
Benua
dan samudera.
-
Proses
pembentukan benua.
-
Posisi
benua dan samudera.
-
Karakteristik
bentang alam dan penduduk di masing-masing benua.
-
Contoh
negara-negara di masing-masing kawasan benua.
|
4 JP
10 JP
6 JP
|
|
6.
Memahami usaha mempertahan-kan Republik
Indonesia.
|
Mendeskripsikan
perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat.
Mendeskripsikan
peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G 30 S/PKI dan
konflik-konflik internal lainnya.
|
-
Latar
belakang pengembalian Irian Barat.
-
Perjuangan
dengan pendekatan diplomatis.
-
Perjuangan
dengan konfrontasi, politik, dan ekonomi.
-
TRIKORA.
-
Persetujuan
New York.
-
Arti
penting PEPERA.
-
Dampak
persoalan hubungan pusat dan daerah.
-
Persaingan
(ideologi, dan pergolakan sosial politik lainnya terhadap kehidupan politik
nasional dan daerah sampai awal tahun 1960-an).
-
Persitiwa
PKI di Madiun dan cara yang dilakukan pemerintah dan penanggulangan konflik
internal.
-
Peristiwa
DI/TII dan cara penanggulangannya.
-
Keadaan
politik, ekonomi, sosial, budaya, sebelum terjadinya G30S/PKI.
-
Persitiwa
G30S/PKI dan cara penanggulangannya.
|
6 JP
6 JP
|
||
7.
Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama
internasional.
|
Menjelaskan
berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi.
Menguraikan
perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam
kerjasama internasional.
Menguraikan
perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global.
Mendeskripsikan
kerjasama antarnegara di bidang ekonomi.
Mengidentifikasi
dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia.
|
-
Peristiwa
politik penting pada masa Orba.
-
Data
statistik ekonomi pada masa Orba.
-
Berakhirnya
Orba, krisis ekonomi, dan gerakan reformasi.
-
Konferensi
Asia-Afrika dan peran Indonesia.
-
Perkembangan
ASEAN dan peran Indonesia.
-
Perkembangan
keanggotaan dan aktivitas PBB dan peran Indonesia.
-
Gerakan
Non Blok dan peran Indonesia.
-
Ciri-ciri
globalisasi.
-
Dampak
globalisasi terhadap masyarakat.
-
Perilaku
masyarakat dalam perubahan sosial budaya di era global.
-
Pengertian
kerjasama ekonomi antarnegara.
-
Faktor-faktor
penyebab terjadinya kerjasama ekonomi antar negara.
-
Tujuan
kerjasama ekonomi antar negara.
-
Hambatan-hambatan
yang dihadapi dalam kegiatan ekonomi Internasional.
-
Bentuk-bentuk
kerjasama antar negara.
-
Badan-badan
kerjasama ekonomi yang bersifat regional ataupun multilateral yang penting
bagi Indonesia.
-
Badan-badan
kerjasama bersifat regional maupun multilateral
-
Dampak
kerjasama antar negara terhadap perekonomian Indonesia
|
4 JP
6 JP
4 JP
6 JP
|
||
2 JP
|
|||||
Ulangan Harian
|
8 JP
|
||||
Ulangan Umum
|
8 JP
|
Jakarta, .........................2008
Mengetahui
Kepala SMP Negeri
...................... Guru
Mata Pelajaran
................................. ............................
NIP : ................... NIP : .................
|
No comments:
Post a Comment