PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ...............................
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : IPS
Standar Kompetensi: 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
KKM
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
TK Per KD (%)
|
||||||||||||||||||||||||
TM
|
NTM
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
R
|
P
|
|||
1.1 Mendeskripsikan keragaman bentuk muka
bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
|
·Mengidentifikasi
bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
·Mendeskripsikan proses
alam endogen yang menyebabkan
terjadinya bentuk muka bumi.
·Mendeskripsikan gejala
diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
·Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
· Mendeskripsikan proses pelapukan
·Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor
penyebabnya, dampaknya.
·Memberikan contoh
bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
·Mengidentifikasi dampak
positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta
upaya penanggulangannya.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
1.2.Mendeskripsikan kehidupan
pada masa pra-aksara di Indonesia.
|
·
Menjelaskan pengertian
dan kurun waktu masa pra –aksara
· Mengidentifikasi jenis-
jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
·
Mendeskripsikan perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan peralatan
kehidupan yang dipergunakan.
· Mengidentiifikasi
peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
· Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di
Nusantara dengan atlas sejarah.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Harian ke 1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Remidial
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mid
Semester
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan
Umum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu %
|
Ren (%)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelak (%)
|
Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD
satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan
harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem
diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif
yang ada pada prota.
Keterangan
: RUMUS
:
TM :
Tatap Muka
NTM :
Non Tatap Muka
TK :
Target Kurikulum
Ren
: Rencana
Pelak :
Pelaksanaan
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ...............................
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : IPS
Standar Kompetensi: 2. Memahami kehidupan sosial
manusia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
KKM
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
TK Per KD (%)
|
||||||||||||||||||||||||
TM
|
NTM
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
R
|
P
|
|||
2.1 Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial
|
· Menjelaskan pengertian
interaksi sosial.
· Menjelaskan kaitan
interaksi sosial dan proses sosial.
· Menjelaskan pengaruh
interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan
kepribadian
|
· Menjelaskan pengertian
dan pentingnya proses sosialisasi.
· Mengidentifika-si
faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.
· Menguraikan
fungsi sosialisasi
dalam pembentukan kepribadian.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
· Menjelaskan
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
· Mengidentifika-si
bentuk-bentuk interaksi sosial.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
2.4 Mengurai-kan proses
interaksi sosial
|
· Mengidentifika-si proses sosial asosiatif
.
· Memberi contoh proses
sosial disosiatif.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Harian ke 2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Remidial
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mid
Semester
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan
Umum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu %
|
Ren (%)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelak (%)
|
Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD
satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan
harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem
diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif
yang ada pada prota.
Keterangan
: RUMUS
:
TM :
Tatap Muka
NTM :
Non Tatap Muka
TK :
Target Kurikulum
Ren
: Rencana
Pelak : Pelaksanaan
PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…
Nama Sekolah : ...............................
Kelas/Semester : VII/1
Mata Pelajaran : IPS
Standar Kompetensi: 3. Memahami usaha manusia
memenuhi kebutuhan.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi
Waktu
|
KKM
|
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
Nopember
|
Desember
|
TK Per KD (%)
|
||||||||||||||||||||||||
TM
|
NTM
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
R
|
P
|
|||
3.1. Mendes-krepsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi
yang bermoral dalam memenui kebutuh-an
|
· Mendefinisikan makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk
ekonomi yang bermoral
· Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral
· Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai
makhluk sosial & ekonomi yang
bermoral
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
3.2. Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
· Mendeskripsikan
perilaku manusia dalam memanfaatkan
sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan
berbagai tindakan ekonomi
· Mendeskripsikan
berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
· Mendefinisikan
pengertian motif dan prinsip ekonomi.
· Mengidentifikasi
macam-macam motif dan prinsip ekonomi.
· Mengaplikasikan kegiatan
/ tindakan ekonomi
sehari-hari berdasar motif dan prinsip
ekonomi.
· Mengidentifikasi
manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan Harian ke 3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Remidial
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mid
Semester
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Ulangan
Umum
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||
Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu %
|
Ren (%)
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||
Pelak (%)
|
Prosem memberikan gambaran perencanaan penyajian KD
satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan
harian. Jumlah alokasi waktu pada prosem
diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif
yang ada pada prota.
Keterangan
: RUMUS
:
TM :
Tatap Muka
NTM :
Non Tatap Muka
TK :
Target Kurikulum
Ren
: Rencana
Pelak :
Pelaksanaan
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ..........................
( …………………………………. )
NIP/NIK : ………………………..
|
……………,........... ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.
( …………………………………………. )
NIP/NIK : ………..……………………..
|
No comments:
Post a Comment