9/07/2012

Program Semester (PROMES) IPS Kelas 7, 8, 9 Semester 1 dan 2

| 9/07/2012

PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : ...............................
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : IPS
Standar Kompetensi: 1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
KKM
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
TK Per KD (%)
TM
NTM
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
R
P
1.1    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
·Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
·Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.
·Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
·Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
·   Mendeskripsikan  proses pelapukan
·Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
·Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
·Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.


































1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

·   Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara
·   Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
·   Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
·   Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
·   Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.


































Ulangan Harian ke 1

































Remidial

































Mid Semester

































Ulangan Umum

































Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu  %
Ren (%)






























Pelak (%)































Prosem  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu  pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  yang ada pada prota.


Keterangan :                                                                                       RUMUS :
TM          :  Tatap Muka
NTM     :  Non Tatap Muka
TK          :  Target Kurikulum
Ren        : Rencana
Pelak     : Pelaksanaan


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : ...............................
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : IPS
Standar Kompetensi: 2. Memahami kehidupan sosial manusia

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
KKM
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
TK Per KD (%)
TM
NTM
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
R
P
2.1    Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial


·   Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
·   Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.
·   Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


































2.2   Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian




·   Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.
·   Mengidentifika-si faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

·   Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.


































2.3   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


·   Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
·   Mengidentifika-si bentuk-bentuk interaksi sosial.


































2.4   Mengurai-kan proses interaksi sosial


·   Mengidentifika-si proses sosial asosiatif .
·   Memberi contoh proses sosial disosiatif.

































Ulangan Harian ke 2

































Remidial

































Mid Semester

































Ulangan Umum

































Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu  %
Ren (%)






























Pelak (%)































Prosem  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu  pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  yang ada pada prota.



Keterangan :                                                                                       RUMUS :
TM          :  Tatap Muka
NTM     :  Non Tatap Muka
TK          :  Target Kurikulum
Ren        : Rencana
Pelak     : Pelaksanaan



PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : ...............................
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : IPS
Standar Kompetensi: 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
KKM
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
TK Per KD (%)
TM
NTM
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
R
P
3.1.  Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an







·   Mendefinisikan  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral
·   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral
·   Mewujudkan  hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi   yang bermoral


































3.2.  Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

·   Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan berbagai tindakan ekonomi
·   Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
·   Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.
·   Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.
·   Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.

·   Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

































Ulangan Harian ke 3

































Remidial

































Mid Semester

































Ulangan Umum

































Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu  %
Ren (%)






























Pelak (%)






























Prosem  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu  pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  yang ada pada prota.

Keterangan :                                                                                       RUMUS :
TM          :  Tatap Muka
NTM     :  Non Tatap Muka
TK          :  Target Kurikulum
Ren        : Rencana
Pelak     : Pelaksanaan

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ………………………..

……………,...........  ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( …………………………………………. )
NIP/NIK : ………..……………………..

Related Posts

No comments:

9/07/2012

Program Semester (PROMES) IPS Kelas 7, 8, 9 Semester 1 dan 2


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : ...............................
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : IPS
Standar Kompetensi: 1.  Memahami lingkungan kehidupan manusia

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
KKM
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
TK Per KD (%)
TM
NTM
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
R
P
1.1    Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan.
·Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
·Mendeskripsikan proses alam endogen yang menyebabkan   terjadinya     bentuk muka bumi.
·Mendeskripsikan gejala diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
·Mendeskripsikan faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
·   Mendeskripsikan  proses pelapukan
·Mendeskripsikan  proses erosi, dan faktor-faktor penyebabnya, dampaknya.
·Memberikan contoh bentukan yang dihasilkan oleh proses sedimentasi.
·Mengidentifikasi dampak positif dan negatif dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.


































1.2.Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.

·   Menjelaskan pengertian  dan kurun waktu masa pra –aksara
·   Mengidentifikasi jenis- jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
·   Mendeskripsikan perkembangan kehidupan  pada masa pra- aksara dan peralatan kehidupan yang dipergunakan.
·   Mengidentiifikasi peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
·   Melacak  kedatangan dan  persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di Nusantara dengan atlas sejarah.


































Ulangan Harian ke 1

































Remidial

































Mid Semester

































Ulangan Umum

































Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu  %
Ren (%)






























Pelak (%)































Prosem  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu  pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  yang ada pada prota.


Keterangan :                                                                                       RUMUS :
TM          :  Tatap Muka
NTM     :  Non Tatap Muka
TK          :  Target Kurikulum
Ren        : Rencana
Pelak     : Pelaksanaan


PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : ...............................
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : IPS
Standar Kompetensi: 2. Memahami kehidupan sosial manusia

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
KKM
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
TK Per KD (%)
TM
NTM
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
R
P
2.1    Mendeskripsikan interaksi sebagai proses sosial


·   Menjelaskan pengertian interaksi sosial.
·   Menjelaskan kaitan interaksi sosial dan proses sosial.
·   Menjelaskan pengaruh interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.


































2.2   Mendeskripsikan sosialisasi sebagai  proses pembentukan kepribadian




·   Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses sosialisasi.
·   Mengidentifika-si faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.

·   Menguraikan fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.


































2.3   Mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi sosial


·   Menjelaskan syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
·   Mengidentifika-si bentuk-bentuk interaksi sosial.


































2.4   Mengurai-kan proses interaksi sosial


·   Mengidentifika-si proses sosial asosiatif .
·   Memberi contoh proses sosial disosiatif.

































Ulangan Harian ke 2

































Remidial

































Mid Semester

































Ulangan Umum

































Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu  %
Ren (%)






























Pelak (%)































Prosem  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu  pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  yang ada pada prota.



Keterangan :                                                                                       RUMUS :
TM          :  Tatap Muka
NTM     :  Non Tatap Muka
TK          :  Target Kurikulum
Ren        : Rencana
Pelak     : Pelaksanaan



PROGRAM SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 20… / 20…

Nama Sekolah       : ...............................
Kelas/Semester     : VII/1
Mata Pelajaran    : IPS
Standar Kompetensi: 3. Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan.

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Alokasi Waktu
KKM
Juli
Agustus
September
Oktober
Nopember
Desember
TK Per KD (%)
TM
NTM
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
R
P
3.1.  Mendes-krepsikan  manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang  bermoral dalam memenui kebutuh-an







·   Mendefinisikan  makna manusia sebagai    makhluk sosial  dan makhluk  ekonomi yang bermoral
·   Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral
·   Mewujudkan  hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai makhluk sosial & ekonomi   yang bermoral


































3.2.  Mengidentifikasi  tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari

·   Mendeskripsikan perilaku  manusia dalam memanfaatkan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan berbagai tindakan ekonomi
·   Mendeskripsikan berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
·   Mendefinisikan pengertian motif dan prinsip  ekonomi.
·   Mengidentifikasi macam-macam motif  dan prinsip  ekonomi.
·   Mengaplikasikan  kegiatan  /  tindakan ekonomi sehari-hari  berdasar motif dan   prinsip   ekonomi.

·   Mengidentifikasi manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.

































Ulangan Harian ke 3

































Remidial

































Mid Semester

































Ulangan Umum

































Pencapaian Target Kurikulum Setiap Bulan/ Minggu  %
Ren (%)






























Pelak (%)






























Prosem  memberikan gambaran perencanaan penyajian KD satu semester denga rincian penyajian tiap minggu dan distribusi ulangan harian. Jumlah alokasi waktu  pada prosem diisi sesuai dengan jam pelajaran efektif  yang ada pada prota.

Keterangan :                                                                                       RUMUS :
TM          :  Tatap Muka
NTM     :  Non Tatap Muka
TK          :  Target Kurikulum
Ren        : Rencana
Pelak     : Pelaksanaan

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs  ..........................



( …………………………………. )
NIP/NIK : ………………………..

……………,...........  ........................ 20 ...
Guru Mapel IPS.



( …………………………………………. )
NIP/NIK : ………..……………………..

No comments: