PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA TERPADU)
KELAS IX
OLEH :
Patarsono Tinambunan, S.Pi
SMP Sw. KELUARGA
S. NAPA
Jl
Pendidikan No.30 D PO. Manduamas.
PROGRAM semester
Sekolah
: SMP Sw.
KELUARGA S. NAPA
Kelas/Jilid : IX (sembilan)
Mata Pelajaran : IPA TERPADU
Semester : I (satu)
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
B U L A N
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
1.1
Mendeskripsikan sistem
ekskresi pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem
Ekskresi
|
6 JP
|
|
|
4
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1.2
Mendeskripsikan sistem reproduksi pada manusia, hewan, dan tumbuhan
serta penyakit-penyakit yang berhubungan dengan sistem reproduksi pada
manusia.
|
Sistem
Reproduksi
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
1.3
Mendeskripsikan sistem koordinasi dan alat indera pada manusia dan
hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem
Koordinasi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
2.1
Mengidentifikasi kelangsungan
hidup makhluk hidup melalui adaptasi, seleski alam, dan perkembangbiakan.
|
Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
2.2 Mendeskripsikan konsep pewarisan sifat pada
makhluk hidup.
|
Pewarisan Sifat dan
Teknologi Reproduksi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
2.3
Mendeskripsikan proses pewarisan dan hasil pewarisan sifat beserta
penerapannya.
|
Pewarisan Sifat dan
Teknologi Reproduksi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
B U L A N
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
7
|
2.4
Mendeskripsikan penerapan bioteknologi
dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi pangan.
|
Bioteknologi
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
3.1
Mendeskripsikan muatan listrik untuk memahami gejala-gejala listrik statis
serta kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Listrik
Statis
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
3.2 Menganalisis percobaan listrik dinamis
dalam suatu rangkaian serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
|
Listrik
Dinamis
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
3.3 Mendeskripsikan prinsip kerja elemen dan
arus listrik yang ditimbulkannya serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Listrik
Dinamis
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
11
|
3.4
Mendeskripsikan hubungan energi dan daya listrik serta pemanfaatannya
dalam kehidupan sehari-hari.
|
Energi
dan Daya Listrik
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|||
Cadangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
4
|
|
4
|
|
PO. Manduamas Juli 2012
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Sw.
KELUARGA S. NAPA
IKhwan Rambe Patarsono
Tinambunan, S.Pi .
No comments:
Post a Comment