PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA TERPADU)
KELAS VIII
OLEH :
Patarsono Tinambunan, S.Pi
SMP Sw. KELUARGA
S. NAPA
Jl
Pendidikan No.30 D PO. Manduamas.
PROGRAM semester
Sekolah
: SMP Sw. KELUARGA S. NAPA
Kelas/Jilid : VIII
(delapan)
Mata Pelajaran : IPA TERPADU
Semester : I (satu)
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
B U L A N
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan
perkembangan pada makhluk hidup
|
Pertumbuhan dan perkembangan
|
4 JP
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Mendeskripsikan tahapan perkembangan
manusia
|
Perkembangan manusia
|
2 JP
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Mendeskripsikan
sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem gerak pada manusia
|
4 JP
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Mendeskripsikan
sistem pencernaan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem pencernaan
pada manusia
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Mengidentifikasi
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Struktur dan fungsi
jaringan tumbuhan
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Mendeskripsikan
proses perolehan nutrisi dan transformasienergi pada tumbuhan hijau
|
Fotosintesis
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
B U L A N
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
7
|
Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
|
Gerak Tumbuhan
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Mengidentifikasi
hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari
|
Hama dan penyakit pada tumbuhan
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Menjelaskan konsep
atom, ion dan molekul
|
Atom, ion dan molekul
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Menghubungkan konsep
atom, ion dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
|
Hubungan atom, ion dan molekul dengan
produk kimia
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Membandingkan
molekul unsure dan molekul senyawa
|
Perbandingan molekul unsur dan molekul
senyawa
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Mencari informasi
tentang keguaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari
|
Kimia rumah tangga
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Mengkomunikasikan
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
Kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Mendeskripsikan
bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam
bahan makanan
|
Bahan kimia alami dan buatan
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Mendeskripsikan
sifat/pengaruh zat aditif dan psikotropika
|
Zat aditif dan psikotropika
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Menghindarkan diri
dari pengaruh zat aditif dan psikotropika
|
Cara menghindari diri dari pengaruh zat
aditif dan psikotropika
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
4
|
|
|
|
|
|
|||
Cadangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
4
|
|
4
|
|
PO. Manduamas Juli 2012
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Sw. KELUARGA S. NAPA
IKhwan Rambe Patarsono Tinambunan, S.Pi .
No comments:
Post a Comment