PROGRAM SEMESTER
MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
(IPA TERPADU)
KELAS VII
OLEH :
Patarsono Tinambunan, S.Pi
SMP Sw. KELUARGA
S. NAPA
Jl
Pendidikan No.30 D PO. Manduamas.
PROGRAM semester
Sekolah
: SMP Sw. KELUARGA S. NAPA
Kelas/Jilid : VII (Tujuh)
Mata Pelajaran : IPA TERPADU
Semester : I (satu)
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
|
B U L A N
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||
1
|
1.1
Mendeskripsi-kan besaran pokok dan besaran turu-nan beserta satuannya
|
Besaran
dan Satuan
|
4 JP
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
1.2.
Mendeskripsi-kan pengertian suhu dan pengukurannya
|
Suhu
|
4 JP
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
1.3 Melakukan pengukuran dasar secara teliti dengan
mengguna-kan alat ukur yang sesuai dan sering digunakan dalam kehidupan
sehari-hari
|
Pengukuran
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
2.1 Mengelompok-kan sifat larutan asam, larutan
basa, dan larutan garam melalui alat dan indikator yang tepat
|
Asam,
Basa,
dan Garam
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
2.2 Melakukan
percobaan sederhana dengan bahan-bahan yang diperoleh dalam kehidupan
sehari-hari
|
Sifat Asam Basa Pada Bahan Makanan
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
2.3 Menjelaskan nama unsur dan rumus kimia sederhana
|
Unsur
Kimia
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
0
No.
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
B U L A N
|
||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
7
|
2.4 Membanding-kan sifat unsur, senyawa,
dan campuran
|
Unsur, Senyawa, dan Campuran
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
3.1 Menyelidiki sifat-sifat zat berdasarkan wujudnya
dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
|
Wujud
Zat
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
3.2 Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam
kehidupan sehari-hari
|
Massa
Jenis
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
3.3 Melakukan percobaan yang berkaitan dengan pemuain
dalam kehidupan sehari-hari
|
Pemuaian
Zat
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
3.4 Mendeskripsi-kan peran kalor dalam
mengubah wujud zat dan suhu suatu benda serta penerapannya dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kalor
|
6 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
4.1 Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat
|
Sifat Fisika
dan
Sifat Kimia
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
4.2 Melakukan pemisahan campuran dengan berbagi cara
berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia
|
Pemisahan
Campuran
|
2 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
4.3
Menyimpulkan perubahan fisika
dan kimia berdasar-kan hasil percobaan sederhana
|
Perubahan
Fisika dan Perubahan Kimia
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
4.4 Mengidentifikasi terjadinya reaksi kimia melalui
percobaan sederhana
|
Reaksi
Kimia
|
4 JP
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
2
|
|
|
|
|
|
|
Remedial
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|||
Cadangan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
4
|
|
4
|
|
PO. Manduamas Juli 2012
Mengetahui, Guru Mata Pelajaran
Kepala SMP Sw. KELUARGA S. NAPA
IKhwan Rambe Patarsono Tinambunan, S.Pi .
No comments:
Post a Comment