RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.2 Menganalisa data percobaan GLB dan gerak lurus berubah beraturan serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
Indikator : 1. Menemukan ciri Gerak Lurus Beraturan (GLB).
2. Menemukan persamaan laju yang ditempuh.
3. Menyelidiki Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB).
4. Menerapkan konsep kecepatan dan kelajuan
dalam kehidupan sehari-hari.
5. Menunjukkan konsep GLBB dalam kehidupan
sehari-hari.
6. Mendefinisikan percepatan sebagai perubahan
kecepatan setiap satuan waktu.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian gerak dan sifatnya.
2.
Membedakan
pengertian perpindahan dan jarak.
3.
Menjelaskan
pengertian kelajuan.
4.
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi kelajuan.
5.
Menjelaskan
pengertian GLB.
6.
Menjelaskan
ciri GLB.
7.
Mengamati
GLB.
8.
Menjelaskan
pengertian kecepatan.
9.
Menjelaskan
pengertian gerak lurus berubah beraturan.
10.
Menjelaskan
pengertian percepatan.
11.
Mengamati
gerak lurus dipercepat beraturan.
12.
Menyebutkan
gerak lurus berubah beraturan yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran : Gerak
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Ceramah
- Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Apakah mobil yang melintas di jalanan
tergolong melakukan gerak?
-
Bagaimana cara menghitung kelajuan
rata-rata mobil yang sedang bergerak?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan gerak?
-
Faktor apa sajakah yang mempengaruhi
kelajuan suatu benda?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian gerak dan sifatnya.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh gerak.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian perpindahan, jarak dan
kelajuan.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menjelaskan faktor-faktor yang
mem-pengaruhi kelajuan suatu benda.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Guru
memberikan contoh soal cara menghitung kelajuan suatu benda.
. Guru
menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai kelajuan suatu
benda di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
. Guru
memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
. Guru mengoreksi jawaban peserta didik
apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat
menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Apakah tujuan lintasan rel kereta api harus dibuat lurus dan mendatar?
-
Gerak jatuh peloncat indah tergolong GLB atau GLBB?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan GLB?
-
Apakah ciri dari gerak lurus berubah
beraturan?
. Pra
eksperimen
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian GLB dan cirinya.
. Peserta didik mendiskusikan dengan
kelompoknya mengenai contoh GLB.
. Wakil
tiap kelompok diminta untuk mengambil pewaktu ketik dan sebuah mobil mainan.
. Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati GLB.
. Peserta didik dalam setiap kelompok
melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh
guru.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian kecepatan dan percepatan suatu benda.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengertian GLBB dan cirinya.
. Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengamati
gerak lurus dipercepat beraturan.
. Peserta
didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan papan, balok
kayu, sebuah mobil mainan dan pewaktu ketik.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan untuk membandingkan karakteristik GLB dan GLBB.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Guru
memberikan contoh soal cara menghitung kecepatan dan percepatan suatu benda.
. Guru menunjuk salah satu peserta didik
untuk menjawab soal mengenai kecepatan dan percepatan suatu benda di depan
kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikan.
. Guru
memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
. Guru
mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada
peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung
memberikan bimbingan.
c. Kegiatan Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA
Terpadu Jl.1B halaman 1-24
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat-alat
praktikum
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
- PG
- Uraian
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh tes PG
Benda
bergerak beraturan jika....
a.
kelajuan tetap
b.
ada percepatan
c. kelajuan berubah-ubah beraturan
d. percepatan berubah-ubah beraturan
- Contoh tes uraian
Albert menempuh jarak 72 km dalam waktu 100 menit.
Berapa kelajuan Albert jika dinyatakan dalam satuan m/s?
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.
Indikator : 1. Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian
pada objek abiotik melalui pengamatan.
2. Membedakan gejala alam kebendaan dan
kejadian pada objek biotik melalui pengamatan.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian komponen biotik.
2.
Menyebutkan
beberapa contoh dari komponen biotik.
3.
Menjelaskan
pengertian komponen abiotik.
4.
Menyebutkan
beberapa contoh dari komponen abiotik.
5.
Menjelaskan
gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
6.
Menjelaskan
gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran : Gejala Alam Biotik dan Abiotik
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Hewan tergolong komponen biotik atau
abiotik?
- Mengapa eceng gondok dapat tumbuh subur di
perairan dekat persawahan?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik
dan abiotik?
- Bagaimana eceng gondok dapat tumbuh subur
di perairan dekat persawahan?
b. Kegiatan Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian komponen biotik.
. Peserta didik
mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh dari komponen
biotik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian komponen abiotik.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa contoh dari
komponen abiotik.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya membedakan komponen biotik dan komponen
abiotik.
. Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan gejala alam biotik maupun gejala alam
abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya membedakan gejala alam biotik dan gejala
alam abiotik.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
Kegiatan Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 25-29
b. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes tertulis
- Observasi
b. Bentuk
Instrumen:
-
PG
- Lembar observasi
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh tes PG
Berikut
ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik....
a.
bau c.
warna
b.
tumbuh d.
ukuran
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.3 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.
Indikator : 1. Mengenal bagian-bagian mikroskop.
2. Menggunakan mikroskop dengan benar (mengatur
fokus, pencaha-yaan, dan menemukan objek mikroskop).
3. Membuat prediksi bangun 3 dimensi apabila
tersedia hasil penga-matan 2 dimensi (horizontal dan vertikal).
4. Membuat sayatan menurut arah tertentu
(melintang, membujur, dll).
5. Membuat preparat basah.
6. Melakukan pembedahan dengan alat dan cara
yang tepat.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan
nama bagian-bagian mikroskop.
2.
Menunjukkan
nama bagian-bagian mikroskop.
3.
Menjelaskan
fungsi bagian-bagian mikroskop.
4.
Menggunakan
mikroskop dengan benar.
5.
Menyebutkan
nama bentuk sayatan.
6.
Membuat
sayatan (melintang dan membujur).
7.
Membuat
preparat basah.
8.
Membuka
penutup tubuh hewan.
9.
Mengoleksi
makhluk hidup.
10.
Menjelaskan
cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.
Materi Pembelajaran : Mikroskop
Metode Pembelajaran : Model
-
Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
Metode
-
Diskusi kelompok
-
Demonstrasi
-
Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Alat
apakah yang digunakan untuk melihat benda yang sangat kecil?
- Pernahkah
kalian melihat mikroskop?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah
yang dimaksud dengan mikroskop?
- Bagaimana
cara menggunakan mikroskop?
. Pra
eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan mikroskop.
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian mikroskop dan kegunaannya.
. Guru
menunjukkan bagian-bagian mikroskop dan menunjukkannya kepada peserta didik.
. Guru
meminta salah satu peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang
ditunjukkan oleh guru, jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
. Guru
mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan mikroskop, pengamatan pada suatu
objek, cara menggambar hasil, menentukan bangun benda dan ukuran benda di bawah
mikroskop.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mikroskop, gelas benda, kaca
penutup, potongan kertas, dan rambut.
. Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengamati objek
dengan mikroskop.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
. Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengetahui
dan memahami cara mengukur objek mikroskopis dengan mikroskop.
. Peserta
didik melakukan eksperimen dengan menggunakan mikroskop, mikrometer, gratikula
dan lalat buah.
. Guru
memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah
dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok
yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan
bimbingan.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) merangkum kegiatan yang telah dilaksanakan.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Bagaimana cara membuat sayatan?
-
Pernahkah kalian membuat preparat
basah?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan sayatan?
-
Bagaimana cara membuat preparat
basah?
. Pra
eksperimen
-
Berhati-hatilah menggunakan
mikroskop.
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sayatan dan jenisnya.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai tujuan membuat sayatan.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil mikroskop, silet, pinset, cawan kecil,
pipet tetes, gelas benda, gelas penutup, botol bekas kopi, plastik, air kolam,
batang yang muda dan tidak berkayu.
. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen membuat sayatan dan preparat basah.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan maksud membuka penutup tubuh hewan.
. Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen membuka
penutup tubuh hewan.
. Peserta
didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan gunting, jarum
pentul, pinset, nampan bedah, parafin, ikan, katak dan kloroform.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk membuat kesimpulan dari hasil
percobaan.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Guru
menjelaskan cara mengawetkan hewan dan tumbuhan.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 29-40
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat-alat
praktikum
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes unjuk kerja
- Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
- Uji petik kerja prosedur
- Uraian
- Tes identifikasi
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh
uji petik kerja prosedur
Tentukan
dan sebutkan bagian-bagian mikroskop.
No
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Kelengkapan bagian mikroskop yang disebut
namanya
|
1
|
2
|
Kebenaran posisi setiap bagian mikroskop
yang disebut namanya
|
2
|
Skor maksimum
|
3
|
- Contoh tes uraian
Jelaskan bagaimana cara membuat preparat
irisan membujur batang.
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 5. Memahami
gejala-gejala alam melalui pengamatan.
Kompetensi Dasar : 5.4 Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam.
Indikator : 1. Memegang, membawa dan memperlakukan alat dan
bahan secara aman.
2. Mendeskripsikan alat dan bahan yang
berbahaya.
3. Mengidentifikasi simbol-simbol dalam
laboratorium.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
fungsi dari laboratorium.
2.
Mengetahui
peraturan yang harus ditaati ketika berada di dalam laboratorium.
3.
Mengetahui
cara membawa dan menggunakan alat demi untuk keselamatan.
4.
Menyebutkan
bahan-bahan kimia di dalam laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
5.
Menjelaskan
cara menyimpan dan mengambil bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
6.
Mengidentifikasi
simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
7.
Menjelaskan
arti simbol-simbol dalam bahan kimia.
Materi Pembelajaran : Keselamatan Kerja
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
-
Cooperative Learning
Metode
-
Diskusi kelompok
- Demonstrasi
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Bolehkah kita menghirup bahan kimia
secara langsung?
-
Apakah arti dari tanda silang yang
terdapat pada bahan kimia?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Peraturan apa sajakah yang harus
ditaati ketika berada di dalam laboratorium?
- Apakah arti dari simbol-simbol dalam bahan
kimia?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan fungsi dari laboratorium.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan beberapa alat dan bahan yang
terdapat di dalam laboratorium.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan peraturan yang harus ditaati ketika
berada di dalam laboratorium.
. Guru
mendemonstrasikan cara membawa dan menggunakan alat-alat yang ada di dalam
laboratorium demi untuk keselamatan kepada peserta didik.
. Guru meminta salah satu
peserta didik untuk melakukan hal yang sama seperti yang ditunjukkan oleh guru,
jika ada kesalahan langsung diberi umpan balik.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan bahan-bahan kimia di dalam
laboratorium yang berbahaya bagi kesehatan.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara menyimpan dan mengambil
bahan-bahan kimia yang ada di dalam laboratorium.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai arti simbol-simbol dalam bahan
kimia yang ada di dalam laboratorium.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) keliling laboratorium untuk mengidentifikasi
simbol-simbol dan alat-alat yang ada di dalam laboratorium.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru)
berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan
soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 44-48
b. Buku
referensi yang relevan
c. Alat
dan bahan praktikum
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes unjuk kerja
- Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
- Uji petik kerja prosedur
- PG
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh tes PG
Peraturan
laboratorium berikut harus kamu taati, kecuali....
a. jangan
makan di dalam laboratorium
b. jangan
bertanya
c. jangan berlari-lari di dalam laboratorium
d. jangan
menghirup gas terlalu dalam
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 6. Memahami
keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
Indikator : 1. Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.
2. Membuat laporan ciri-ciri makhluk hidup
berdasarkan hasil obser-vasi.
3. Membedakan ciri tumbuhan dan hewan.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
perbedaan makhluk hidup dan makhluk tak hidup.
2.
Menyebutkan
ciri-ciri makhluk tak hidup.
3.
Mengetahui
reaksi tumbuhan terhadap rangsangan.
4.
Menentukan
ciri-ciri makhluk hidup berdasarkan pengamatan.
5.
Membuat
laporan ciri-ciri makhluk hidup berdasar hasil observasi.
6.
Menjelaskan
perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
Materi Pembelajaran : Ciri-ciri Makhluk Hidup
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi dan apersepsi
-
Apakah perbedaan antara batu dengan
ayam?
- Mengapa
tumbuhan putri malu akan mengatup daunnya bila tersentuh?
. Prasyarat pengetahuan
-
Apakah ciri-ciri makhluk hidup?
-
Apakah perbedaan antara hewan dan
tumbuhan?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat apa
saja yang ditemukan.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya menyebutkan perbedaan makhluk hidup dan
makhluk tak hidup.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup.
. Wakil
tiap kelompok diminta mengambil tumbuhan putri malu, batang korek api dan air.
. Guru mempresentasikan langkah kerja untuk
melakukan eksperimen mengetahui reaksi tumbuhan putri malu terhadap rangsangan
sentuh.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mengamati satu pot tanaman yang subur dan
men-diskusikan mengapa di sekeliling tumbuhan induk banyak tumbuhan yang
kecil-kecil.
. Guru
memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen menanam
kacang hijau, satu pot diletakkan di tempat terang dan satu lagi di tempat
gelap.
. Setelah
4-5 hari kemudian, peserta didik secara berkelompok diminta mengamati dan
membuat kesimpulan dari kegiatan tersebut.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan antara hewan dan tumbuhan.
. Peserta
didik berdiskusi dengan kelompoknya untuk menyimpulkan hasil percobaan.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru memberikan
penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta didik
(dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru memberikan tugas
rumah, peserta didik diminta untuk mengamati makhluk hidup dalam daftar
berikut:
- jamur
yang tumbuh pada roti - cacing tanah
- biji
yang sedang berkecambah - ikan
- daun
pada pohon yang masih hidup - katak
- tanaman
berbunga - diri kamu sendiri
Tuliskan masing-masing ciri makhluk hidup yang
dapat kalian amati.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 49-62
b. Alat
dan bahan praktikum
c. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes kinerja
- Tes
tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
- Tes unjuk kerja produk
- PG
- Uraian
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh tes unjuk kerja produk
Mengetahui reaksi tumbuhan putri malu
terhadap rangsangan sentuhan dan air.
Jenis
rangsangan
|
Bagian
tumbuhan yang diberi rangsangan
|
Reaksi
tumbuhan
|
Sentuhan
|
Ujung daun
|
|
Pangkal daun
|
||
Batang
|
||
Tetesan air
|
Ujung daun
|
|
Pangkal daun
|
||
Batang
|
- Contoh tes PG
Zat-zat
sisa metabolisme yang harus dikeluarkan dari tubuh kita sebagai berikut, kecuali...
a. urin
(air seni)
b.
karbon dioksida
c.
kelenjar pencernaan
d.
keringat
- Contoh tes uraian
Apakah
tujuan makhluk hidup berkembang biak?
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII (tujuh)/Semester
II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 6. Memahami
keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.2 Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki.
Indikator : 1. Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang
lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.
2. Mendeskripsikan pentingnya dilakukan
klasifikasi makhluk hidup.
3. Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup di
sekitar berdasar ciri yang diamati.
4. Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap
kingdom dalam sistem 5 kingdom.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
tujuan klasifikasi makhluk hidup.
2.
Menjelaskan
dasar klasifikasi makhluk hidup.
3.
Mengelompokkan
hewan berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
4.
Mengetahui
klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus.
5.
Mengetahui
sistem klasifikasi 5 kingdom.
6.
Menuliskan
nama ilmiah makhluk hidup.
7.
Menjelaskan
tujuan kunci determinasi.
Materi Pembelajaran : Klasifikasi Makhluk Hidup
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Bagaimana cara mengelompokkan makhluk
hidup?
-
Apakah nama ilmiah dari tanaman padi?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah dasar klasifikasi makhluk hidup?
-
Bagaimana aturan untuk menulis nama
ilmiah makhluk hidup?
. Pra
eksperimen
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan
Inti
. Guru membimbing peserta didik dalam
pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mencatat
makhluk hidup yang ditemukan.
. Peserta didik
(dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan klasifikasi makhluk hidup.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menentukan dasar dari klasifikasi makhluk
hidup (berdasarkan ukuran tubuh, lingkungan tempat tinggal, manfaat dan jenis
makanan).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cawan petri, pinset, kaca pem-besar,
belalang, kumbang, kupu-kupu, capung, udang, semut, lalat, laba-laba dan kaki
seribu.
. Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengelompokkan hewan
berdasarkan bentuk luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kelemahan dari beberapa dasar
klasifikasi makhluk hidup yang telah ditentukan sebelumnya.
. Guru
menjelaskan dasar klasifikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem
klasifikasi 5 kingdom.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan beberapa kelebihan dari dasar
klasi-fikasi makhluk hidup menurut Carolus Linnaeus dan sistem klasifikasi lima
kingdom.
. Guru
menjelaskan aturan tata nama ilmiah makhluk hidup dan memberikan beberapa
contoh nama ilmiah makhluk hidup.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok berdiskusi untuk menuliskan nama ilmiah makhluk
hidup yang ditemui di sekitar sekolah.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Guru
menjelaskan tujuan adanya kunci determinasi dan memberikan contoh kunci
determinasi untuk menempatkan makhluk hidup ke dalam suatu kingdom.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 63-78
b. Alat
dan bahan praktikum
c. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- tes unjuk kerja
- tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
- Uji petik kerja produk
- PG
- Uraian
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh tes uji petik kerja produk
Mengelompokkan hewan berdasarkan bentuk
luar tubuh sebagai dasar klasifikasi.
Pertanyaan:
1. Buatlah catatan mengenai ciri-ciri yang terdapat pada hewan
kumbang, kupu-kupu, capung, udang, semut, lalat, laba-laba dan kaki seribu.
2. Dari semua hewan yang diamati, apakah ada yang memiliki ciri-ciri
sama? coba kelompokkan hewan-hewan yang memiliki ciri-ciri yang sama.
3.
Catatlah hasil pengamatan kalian pada
tabel pengamatan seperti di bawah ini.
Hewan
|
Bagian
tubuh
|
Jumlah
kaki
|
sayap
|
Belalang
|
kepala
dada
perut
|
6 buah
|
ada
|
- Contoh tes PG
Cara
penulisan nama ilmiah tanaman padi menurut tata nama binomial adalah....
a. oryza sativa
b. oryza
Sativa
c. Oryza
Sativa
d. Oryza
sativa
- Contoh tes uraian
Mengapa
makhluk hidup harus diklasifikasikan?
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 6. Memahami
keanekaragaman makhluk hidup.
Kompetensi Dasar : 6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.
Indikator : 1. Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan
hasil pengama-tan menggunakan mikroskop.
2. Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan
menurut sel-sel penyusunnya.
3. Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan
sistem organ berda-sarkan hasil pengamatan..
4. Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan,
organ dan sistem organ penyusun tubuh organisme.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian sel.
2.
Menjelaskan
bagian-bagian sel.
3.
Membedakan
sel tumbuhan dan sel hewan.
4.
Mengamati
bagian-bagian sel tumbuhan dan sel hewan.
5.
Menjelaskan
pengertian jaringan.
6.
Menyebutkan
macam-macam jaringan pada vertebrata dan manusia.
7.
Menyebutkan
macam-macam jaringan pada tumbuhan.
8.
Mengenal
jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
9.
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam jaringan.
10.
Menjelaskan
pengertian organ.
11.
Menyebutkan
macam-macam organ pada vertebrata dan manusia.
12.
Menyebutkan
macam-macam organ pada tumbuhan.
13.
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam organ.
14.
Menjelaskan
pengertian sistem organ.
15.
Menyebutkan
macam-macam sistem organ pada vertebrata dan manusia.
16.
Menyebutkan
macam-macam sistem organ pada tumbuhan.
17.
Menjelaskan
fungsi dari macam-macam sistem organ.
18.
Menjelaskan
hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh
Materi Pembelajaran : Keragaman Pada Sistem Organisasi Kehidupan
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
- Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Tahukah kalian bahwa telur ayam merupakan
sel berukuran raksasa?
- Bagaimana air dan garam-garam mineral
mengalir dari akar sampai ke daun?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan sel?
-
Apakah fungsi dari jaringan xilem?
. Pra
eksperimen
-
Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sel.
. Peserta didik
memperhatikan model replika sel tumbuhan dan sel hewan yang dibawa oleh guru.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok (dibimbing oleh guru) mendiskusikan bagian-bagian
sel tumbuhan dan sel hewan.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil cotton bud atau pembersih
telinga, gelas benda, gelas penutup, pipet, mikroskop dan metilen biru.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendapat lembar eksperimen yang memuat langkah
kerja untuk melakukan eksperimen mengetahui bagian-bagian sel tumbuhan dan sel
hewan.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang terdapat pada lembar eksperimen.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian jaringan.
. Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengenal
jaringan-jaringan yang terdapat pada tumbuhan.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru dengan menggunakan gelas benda, gelas penutup,
silet, pipet, gabus, mikroskop dan daun tumbuhan.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta didik
dalam setiap kelompok mendiskusikan fungsi dari macam-macam jaringan pada
tumbuhan, vertebrata dan manusia.
. Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Jaringan apa sajakah yang menyusun
mata?
-
Tubuh manusia terdiri dari berapa
sistem organ?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan organ?
-
Apakah yang dimaksud dengan sistem organ?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian organ dan menyebutkan
macam-macam organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai fungsi dari macam-macam organ
pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik memperhatikan model replika organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia
yang dibawa oleh guru.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sistem organ dan
menye-butkan macam-macam sistem organ pada tumbuhan, vertebrata dan manusia.
. Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan fungsi dari sistem organ pada tumbuhan,
vertebrata dan manusia.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi secara di depan
kelas.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik memperhatikan model replika sistem organ pada tumbuhan, vertebrata dan
manusia yang dibawa oleh guru.
. Guru
menjelaskan urutan terbentuknya organisasi kehidupan dan memberikan pertanyaan
kepada peserta didik sebagai umpan balik terhadap pemahaman materi.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 79-100
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat-alat praktikum
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes unjuk kerja produk
- Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
- Uji petik kerja prosedur
- PG
- Uraian
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh uji petik kerja prosedur
Catatlah
pada tabel pengamatan, bagian sel mana yang dimiliki atau tidak dimiliki oleh
sel hewan dan sel tumbuhan.
Bagian
sel
|
Sel
hewan
|
Sel
tumbuhan
|
Dinding sel
|
||
Membran sel
|
||
Inti
sel
|
+
|
+
|
Kloroplas
|
||
Vakuola
|
||
Badan
golgi
|
||
Retikulum endoplasma
|
||
Mitokondria
|
||
Nukleolus
|
- Contoh tes PG
Organel
sel yang hanya terdapat pada sel tumbuhan dan tidak terdapat pada sel hewan
adalah....
a. inti sel
b. plastida
c. vakuola
d. selaput
sel
- Contoh tes uraian
Sebutkan
jaringan yang terdapat pada tumbuhan beserta fungsinya.
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem.
Indikator : 1. Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem
dan menyatakan matahari merupakan sumber energi utama.
2. Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai
makanan dan jaring-jaring makanan berdasar hasil pengamatan suatu ekosistem.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian ekosistem.
2.
Menjelaskan
satuan makhluk hidup dalam ekosistem.
3.
Menyebutkan
macam-macam ekosistem.
4.
Menjelaskan
komponen-komponen ekosistem.
5.
Membedakan
organisme autrotof dan organisme heterotof.
6.
Membedakan
organisme herbivora, karnivora dan omnivora.
7.
Menjelaskan
hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan komponen abiotik.
8.
Menjelaskan
saling ketergantungan antara produsen, konsumen dan pengurai.
9.
Menjelaskan
pengertian rantai makanan, jaring-jaring makanan dan piramida makanan.
10.
Membuat
jaring-jaring makanan yang terbentuk dari sekumpulan rantai makanan.
11.
Menjelaskan
pengertian arus energi.
12.
Menjelaskan
siklus materi.
13.
Menyebutkan
pola interaksi organisme.
14.
Membedakan
simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme dan simbiosis komensalisme.
Materi Pembelajaran : Komponen Ekosistem, Peran, dan Interaksinya
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
- Eksperimen
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Dalam ekosistem, tumbuhan tergolong produsen
atau konsumen?
- Apakah kucing tergolong hewan karnivora atau
herbivora?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah yang dimaksud dengan produsen?
- Apakah yang dimaksud dengan hewan karnivora?
. Pra
eksperimen
- Berhati-hatilah menggunakan peralatan
laboratorium.
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati
lingkungan dan mencatat apa yang dilihat.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ekosistem.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan satuan makhluk hidup dalam ekosistem
(individu, populasi dan komunitas).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tali rafia, meteran, dan alat tulis
untuk mengamati makhluk hidup yang terdapat di tempat pengamatan.
. Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memahami pengertian
individu, populasi dan komunitas dalam suatu ekosistem.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan macam-macam ekosistem berdasarkan
proses terbentuknya.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan komponen-komponen ekosistem yaitu
komponen biotik (produsen, konsumen dan dekomposer) dan komponen abiotik (air,
tanah, udara, cahaya matahari, suhu dan kelembaban).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian dan contoh dari organisme
autrotof dan organisme heterotof.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan organisme yang termasuk ke dalam
heterotof (herbivora, karnifora dan omnivora).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Bisakah tumbuhan hidup tanpa air?
-
Apakah peran tumbuhan dalam rantai
makanan?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah pengaruh air terhadap makhluk
hidup?
-
Apakah yang dimaksud dengan rantai
makanan?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hubungan saling ketergantungan antara
komponen biotik dan abiotik.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua kotak atau nampan, alat tulis,
kertas label, beberapa ekor cacing tanah dan tanah.
. Guru
mempresentasikan langkah kerja untuk mengetahui pengaruh komponen biotik
terhadap komponen abiotik.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja
yang telah dijelaskan oleh guru.
. Guru
memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan
benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat
melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai pengaruh air dan udara terhadap
makhluk hidup, pengaruh tumbuhan terhadap tanah dan udara serta pengaruh cacing
tanah terhadap kesuburan tanah.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan saling ketergantungan antara
produsen, konsumen dan pengurai.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pengertian produsen, konsumen dan
pengurai.
. Peserta
didik secara berkelompok membuat nama makhluk hidup pada kertas karton dengan
panjang 25 cm dan lebar 10 cm.
. Peserta
didik diminta untuk bermain peran mengenai rantai makanan dan jaring-jaring
makanan dengan menggunakan tali rafia dan nama makhluk hidup.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil dari bermain peran di
depan kelas.
. Guru
menanggapi hasil bermain peran peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Guru
menjelaskan pengertian piramida makanan dan arus energi kemudian memberikan
pertanyaan kepada peserta didik sebagai umpan balik terhadap pemahaman materi.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Bagaimana siklus oksigen terjadi di
alam?
- Hubungan antara lebah dengan bunga tergolong
simbiosis mutualisme atau simbiosis parasitisme?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah yang dimaksud dengan siklus
materi?
-
Apakah yang dimaksud dengan simbiosis
mutualisme?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian siklus materi.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai siklus oksigen, siklus karbon
dan siklus air yang terjadi di alam.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas.
. Guru menanggapi
hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk memahami
bentuk-bentuk hubungan yang terjadi antara 2 makhluk hidup.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pola interaksi organisme.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai simbiosis mutualisme, simbiosis
parasitisme dan simbiosis komensalisme.
. Peserta
didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk mencatat beberapa contoh pola
interaksi organisme berdasarkan hasil pengamatan di halaman sekolah.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 101-130
b. Alat
dan bahan praktikum
c. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Observasi
- Tugas
b. Bentuk
Instrumen:
- Lembar observasi
- Tugas proyek
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh lembar observasi
Lakukan pengamatan terhadap bentuk-bentuk
simbiosis di sekitar rumah kalian dan catatlah hasilnya dalam tabel pengamatan
di bawah ini.
No
|
Pasangan
makhluk hidup
|
Bentuk
simbiosis
|
||
Mutualisme
|
Parasitisme
|
Komensalisme
|
||
1
|
Lebah dengan madu
|
+
|
-
|
-
|
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
||||
8
|
||||
9
|
||||
10
|
- Contoh tugas proyek
Buatlah model diagram rantai makanan dan
jaring-jaring makanan berdasar hasil
pengamatan suatu ekosistem yang kamu amati. Lakukan dalam bentuk kerja kelompok
dan presentasikan di depan kelas pada saat yang ditetapkan.
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.2 Mengidentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem.
Indikator : 1. Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong
langka.
2. Menyebutkan contoh tumbuhan dan hewan yang
tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi.
3. Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan
dan hewan langka.
4. Membuat tulisan untuk mengenalkan jenis,
bentuk, dan manfaat tumbuhan dan hewan langka yang dilindungi.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menyebutkan
makhluk hidup berdasarkan sistem klasifikasi 5 kingdom.
2.
Menyebutkan
makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
3.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom monera.
4.
Menyebutkan
makhluk hidup yang tergolong kingdom protista.
5.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom
protista.
6.
Menyebutkan
makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur (fungi).
7.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri dan contoh makhluk hidup yang tergolong kingdom jamur
(fungi).
8.
Menyebutkan
makhluk hidup yang tergolong kingdom tumbuhan (plantae).
9.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh lumut.
10.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan paku.
11.
Membedakan
lumut (bryophyta) dan tumbuhan paku (pterydophyta).
12.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae).
13.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
14.
Membedakan
tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup
(angiospermae).
15.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
16.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
17.
Membedakan
tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae) dan tumbuhan berkeping dua
(dicotyledoneae).
18.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan tidak bertulang belakang
(invertebrata).
19.
Menjelaskan
klasifikasi, ciri-ciri, dan contoh hewan bertulang belakang (vertebrata).
20.
Membedakan
kelompok hewan tidak bertulang belakang (invertebrata) dan kelompok hewan
bertulang belakang (vertebrata).
21.
Menjelaskan
pengertian sumber daya alam hayati.
22.
Menyebutkan
beberapa jenis tumbuhan yang telah langka di Indonesia.
23.
Menyebutkan
beberapa jenis hewan yang telah langka di Indonesia.
24.
Membedakan
cagar alam dan suaka margasatwa.
25.
Membedakan
taman nasional, taman wisata dan taman laut.
Materi
Pembelajaran : Keanekaragaman
Makhluk Hidup dan Upaya Pelestariannya
Metode Pembelajaran : Model
- Direct Instruction (DI)
- Cooperative
Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Bakteri apakah yang digunakan untuk
membuat fermentasi keju?
-
Apakah manfaat dari ganggang merah
(rhodophyta)?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah
keuntungan bakteri bagi manusia?
-
Apakah ciri-ciri dari ganggang merah
(rhodophyta)?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati dan
mencatat makhluk hidup.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan makhluk hidup berdasarkan sistem
klasifikasi 5 kingdom.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom monera.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari kingdom monera.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi
manusia dari organisme yang tergolong kingdom monera.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom protista.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari kingdom protista.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi
manusia dari organisme yang tergolong kingdom protista.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri dari kingdom jamur (fungi).
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari kingdom jamur (fungi).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi
manusia dari organisme yang tergolong kingdom jamur (fungi).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Apakah perbedaan antara lumut dan tumbuhan
paku?
-
Pohon kelapa tergolong tumbuhan
berkeping satu atau tumbuhan berkeping dua?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah ciri-ciri dari tumbuhan paku?
-
Apakah ciri-ciri dari tumbuhan
berkeping satu?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati dan
mencatat tumbuhan.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri kingdom tumbuhan (plantae).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mengamati lumut yang terdapat di tempat lembab
dan basah.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari lumut.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mengamati tumbuhan paku yang ada di lingkungan
sekolah (dibawa oleh guru).
. Peserta
didik secara berkelompok menentukan jenis dan ciri-ciri tumbuhan paku yang
ditemui.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari tumbuhan paku.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan keuntungan dan kerugian bagi
manusia dari tumbuhan paku.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara lumut dan tumbuhan
paku.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mengamati dan mencatat tumbuhan yang ada di
lingkungan sekolah.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari tumbuhan berbiji terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup
(angiospermae).
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara tumbuhan berbiji
terbuka (gymnospermae) dan tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mengamati dan mencatat tumbuhan biji tertutup yang
ada di lingkungan sekolah.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari tumbuhan berkeping satu (monocotyledoneae).
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara tumbuhan berke-ping
satu (monocotyledoneae) dan tumbuhan berkeping dua (dicotyledoneae).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil bermain peran peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KETIGA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Cacing tanah tergolong cacing gelang
atau cacing gilig?
-
Mengapa badak bercula satu perlu
dilindungi?
. Prasyarat
pengetahuan
-
Apakah ciri-ciri dari cacing gelang?
-
Apakah manfaat dari suaka margasatwa?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati dan
mencatat hewan.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan ciri-ciri kingdom hewan (animalia).
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari hewan tidak bertulang belakang (invertebrata).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mengamati hewan yang ada di lingkungan sekolah dan
di laboratorium (hewan yang diawetkan).
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan klasifikasi, ciri-ciri dan contoh
dari hewan bertulang belakang (vertebrata).
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan antara hewan tidak
bertu-lang belakang (invertebrata) dan hewan bertulang belakang (vertebrata).
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sumber daya alam hayati.
. Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan beberapa jenis tumbuhan dan hewan yang
telah langka di Indonesia.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan perbedaan antara cagar alam dan suaka
margasatwa.
. Peserta
didik secara berkelompok mendiskusikan tempat-tempat cagar alam dan suaka
margasatwa yang ada di Indonesia.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil bermain peran peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Guru
menjelaskan perbedaan taman nasional, taman wisata, dan taman laut, lalu
memberikan pertanyaan kepada peserta didik sebagai umpan balik terhadap
pemahaman materi.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 131-170
b. Alat
dan bahan praktikum
c. Lingkungan
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes lisan
- Tes tertulis
- Penugasan
b. Bentuk
Instrumen:
- Daftar pertanyaan
- Isian
- PG
- Tugas rumah
c. Contoh
Instrumen
- Contoh tes lisan
Sebutkan
2 contoh hewan dan tumbuhan langka di Indonesia.
- Contoh tes PG
Bakteri
digolongkan ke dalam kingdom....
a.
protista c. jamur
b.
monera d.
animalia
- Contoh isian
Isilah
tabel di bawah ini dengan menulis “ya” atau “tidak” pada kolom yang telah
disediakan.
Bagian
tumbuhan
|
Tumbuhan
|
||||
Ganggang
|
Lumut
|
Paku
|
Gymnospermae
|
Angiosspermae
|
|
Akar sejati
|
|||||
Batang sejati
|
|||||
Daun sejati
|
|||||
Xilem dan floem
|
|||||
Menghasilkan spora
|
|||||
Biji terletak terbuka di stobilus
|
|||||
Biji tertutup di dalam buah
|
- Contoh tugas rumah
Lakukan
pengamatan secara berkelompok terhadap beberapa hewan di sekitar tempat tinggal
kalian dan catatlah hasil pengamatan pada tabel pengamatan di bawah ini.
Nama
hewan
|
Tulang
belakang
|
Anggota
tubuh
|
Perkembangbiakan
|
Tempat
hidup
|
Kucing
|
+
|
4 buah kaki
|
Beranak
|
darat
|
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia dengan lingku-ngan.
Indikator : 1. Memprediksi hubungan antara populasi penduduk
dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih.
2. Memprediksi hubungan antara populasi
penduduk dengan kebutuhan pangan.
3. Memprediksi hubungan antara populasi
penduduk dengan keterse-diaan lahan.
4. Menjelaskan pengaruh meningkatnya populasi
penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian penduduk.
2.
Menjelaskan
akibat kepadatan populasi manusia.
3.
Menyebutkan
syarat-syarat air bersih.
4.
Menjelaskan
hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih.
5.
Menjelaskan
pengertian udara bersih.
6.
Menjelaskan
hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan udara bersih.
7.
Menyebutkan
dampak ketidakseimbangan antara bertambahnya penduduk dengan bertambahnya
produksi pangan.
8.
Menjelaskan
dampak peningkatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan.
9.
Menjelaskan
pengaruh meningkatnya populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan.
10.
Menjelaskan
dampak kepadatan penduduk terhadap pencemaran lingkungan.
11.
Menjelaskan
dampak kepadatan penduduk terhadap terbatasnya ruang gerak.
Materi
Pembelajaran : Pengaruh
Kepadatan Populasi Manusia Terhadap Lingkungan
Metode Pembelajaran : Model
- Problem Based Instruction (PBI)
- Cooperative
Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Mengapa manusia membutuhkan air bersih?
- Dapatkah
kalian memberikan contoh-contoh lahan yang semestinya tidak digunakan untuk
pemukiman?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah
syarat-syarat air bersih?
- Apakah
dampak peningkatan populasi manusia terhadap ketersediaan lahan?
b. Kegiatan Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mengamati lingkungan di sekitar halaman sekolah.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan pengertian penduduk.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan akibat kepadatan populasi manusia.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan syarat-syarat air bersih.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan
kebutuhan air bersih.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian udara bersih.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan cara mendapatkan udara bersih.
. Peserta
didik berkelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk dengan
kebutuhan udara bersih.
. Wakil dari
tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) memperhatikan foto atau gambar-gambar yang didapat
dari majalah, koran atau media lainnya yang memuat akibat kepadatan populasi
manusia.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan hubungan antara populasi penduduk
dengan kebutuhan pangan, ketersediaan lahan dan kerusakan lingkungan.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan dampak kepadatan penduduk yang dapat
menimbulkan pencemaran lingkungan dan terbatasnya ruang gerak.
. Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok
lain.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru memberikan tugas rumah berupa latihan
soal.
Sumber Belajar
a. Buku IPA
Terpadu Jl.1B halaman 171-182
b. Buku
referensi yang relevan
c. Gambar dan
foto
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes tertulis
b. Bentuk
Instrumen:
- Uraian
- PG
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh tes uraian
Berikan
empat contoh kerusakan lingkungan akibat peningkatan populasi manusia.
-
Contoh tes PG
Air
bersih merupakan air yang memenuhi syarat kualitas fisika, kimia dan biologi. Syarat
biologi yaitu air....
a. tidak
mengandung kuman-kuman penyakit
b. tidak
mengandung zat-zat yang mengandung penyakit
c. jernih
dan tidak berubah warna
d. jernih, tidak berasa, dan tidak berbau
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMP
Kelas / Semester : VII
(tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi : 7. Memahami
saling ketergantungan dalam ekosistem.
Kompetensi Dasar : 7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan un-tuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
Indikator : 1. Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan
pengaruhnya terha-dap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya.
2. Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara,
dan tanah kaitannya dengan aktivitas manusia dan upaya mengatasinya.
3. Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran
dan kerusakan ling-kungan.
Tujuan Pembelajaran : Peserta didik dapat:
1.
Menjelaskan
pengertian pencemaran lingkungan.
2.
Menyebutkan
ciri-ciri lingkungan alami.
3.
Menyebutkan
ciri-ciri lingkungan tercemar.
4.
Membedakan
lingkungan alami dan lingkungan tercemar
5.
Menyebutkan
sumber-sumber pencemaran lingkungan.
6.
Menjelaskan
pengertian pencemaran air.
7.
Menjelaskan
sumber-sumber pencemaran air.
8.
Menjelaskan
pengertian pencemaran udara.
9.
Menyebutkan
bahan-bahan pencemar udara.
10.
Menjelaskan
pengertian pencemaran tanah.
11.
Menjelaskan
akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah.
12.
Menjelaskan
pengertian pencemaran suara.
13.
Menyebutkan
sumber-sumber pencemaran suara.
14.
Menjelaskan
akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global.
15.
Menjelaskan
kegunaan hutan hujan tropis.
16.
Menjelaskan
kerugian akibat penebangan hutan.
17.
Menjelaskan
usaha-usaha mencegah dan mengatasi pencemaran.
18.
Menjelaskan
usaha-usaha mencegah dan mengatasi kerusakan lingkungan akibat penebangan
hutan.
Materi Pembelajaran : Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
Metode Pembelajaran : Model
- Problem Based Instruction (PBI)
- Direct Instruction
- Cooperative Learning
Metode
- Diskusi kelompok
- Observasi
- Ceramah
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
-
Mengapa sungai di perkotaan airnya
berubah warna, berbau busuk dan penuh dengan sampah?
-
Mengapa limbah industri tidak boleh langsung dibuang ke sungai?
. Prasyarat
pengetahuan
- Apakah
ciri-ciri lingkungan yang tercemar?
- Sebutkan
sumber-sumber pencemaran air?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok
terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati
lingkungan sekitar.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian pencemaran lingkungan.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan lingkungan alami dan
lingkungan tercemar.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan ciri-ciri lingkungan alami dan
lingkungan tercemar.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sumber-sumber pencemaran lingku-ngan.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Guru
membagi tugas kelompok:
- 2
kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran air di sekitar lingkungan
sekolah.
- 2 kelompok diberi tugas untuk mengamati
pencemaran udara di sekitar lingkungan sekolah.
- 2
kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran tanah di sekitar lingkungan
sekolah.
- 2
kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran suara di sekitar lingkungan
sekolah.
. Tugas
kelompok minimal 1 minggu sebelum proses pembelajaran sudah diberikan.
. Setiap
kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
. Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain.
. Guru
memberikan penghargaan atau komentar tentang apa yang telah dikerjakan oleh
peserta didik.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
PERTEMUAN KEDUA
a. Kegiatan
Pendahuluan
. Motivasi
dan apersepsi
- Ceritakan apa yang dimaksud dengan efek
rumah kaca?
- Bolehkah
kita melakukan penebangan hutan secara liar?
. Prasyarat
pengetahuan
- Bagaimana terjadinya efek rumah kaca?
- Apakah
kegunaan hutan hujan tropis?
b. Kegiatan
Inti
. Guru
membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) jalan-jalan ke halaman sekolah untuk mengamati
lingkungan sekitar.
. Peserta didik (dibimbing oleh guru)
mendiskusikan akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global.
. Peserta
didik berkelompok mendiskusikan peristiwa efek rumah kaca dan hujan asam.
. Perwakilan
dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kegunaan hutan hujan tropis.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) memperhatikan foto atau gambar-gambar yang didapat
dari majalah, koran atau media lainnya yang memuat akibat pencemaran dan
kerusakan lingkungan.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kerugian akibat penebangan hutan
secara liar dan tidak bertanggung jawab.
. Peserta
didik dalam setiap kelompok mendiskusikan usaha-usaha mencegah dan mengatasi
pencemaran dan kerusakan lingkungan.
. Setiap
kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang
lain.
. Guru
menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang
sebenarnya.
c. Kegiatan
Penutup
. Guru
memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
. Peserta
didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
. Guru
memberikan tugas rumah berupa latihan soal.
Sumber Belajar
a. Buku
IPA Terpadu Jl.1B halaman 183-207
b. Buku
referensi yang relevan
c. Lingkungan
d. Artikel
e. Gambar
Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik
Penilaian:
- Tes
tertulis
- Penugasan
b. Bentuk
Instrumen:
- Uraian
- PG
- Tugas
rumah
c. Contoh
Instrumen:
- Contoh tes uraian
Sebutkan
empat sumber yang dapat mencemari ekosistem perairan.
- Contoh tes PG
Salah
satu usaha agar hutan dapat dilestarikan adalah....
a. menebang
pohon jenis-jenis tertentu
b. memberantas
hama tanaman di hutan
c. mengubah
hutan menjadi tanah pertanian
d. mengadakan
reboisasi
- Contoh tugas rumah
Pada
saat libur, berjalan-jalanlah ke sekeliling tempat tinggal kalian. Lihat
kerusakan-kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi. Buatlah poster yang isinya
menghimbau agar kerusakan lingkungan tersebut dapat diatasi atau dihindari.
Kalian dapat mendiskusikannya terlebih dahulu dengan orang tua kalian.
...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP Guru
Mata Pelajaran
......................
..................................
NIP. NIP.
No comments:
Post a Comment