1.TINGKAT KOMPLEKSITAS (Kesulitan & Kerumitan ) setiap
IP/KD Yang
Harus Dicapai oleh Siswa.
Tingkat
kompleksitas terdiri atas :
· Tinggi, jika
dalam pelaksanaannya menuntut :
- SDM memahami kompetensi yang harus dicapai
siswa
-
Kreativitas dan inovatif dalam pembelajaran
-
Waktu yang cukup lama, karena perlu pengulangan.
-
Penalaran dan kecermatan siswa yang tinggi
-
Sarana dan Prasarana sesuai tuntutan kompetensi
·
Sedang , dan rendah jika tuntutan dalam pelaksanaannya berada dibawah
tuntutan kompeleksitas yang tinggi,
secara tingkatan yang sedang atau
rendah
2.. KEMAMPUAN SUMBER DAYA PENDUKUNG, yaitu ketersediaan tenaga, sarana dan
prasarana pendidikan yang dibutuhkan,
pendanaan,manajemen sekolah, keperdulian stakholders sekolah , dan
lain-lain.Kemampuan sumber daya pendukung
(DAYA DUKUNG) ini terdiri atas, tinggi, sedang
dan rendah sesuai dengan tingkatan keadaan daya dukungnya.
3.TINGKAT KEMAMPUAN
( IN TAKE ) RATA-RATA SISWA, merupakan nilai rata-rata
siswa pada tingkat/kelas sebelumnya, seperti :
- In take untuk menentukan KKM mata pelajaran pada
kelas awaldasarkan pada nilai rata-rata seleksi masuk, an KKM nya atau secara
psikotes.
- In take KKM mata pelajaran pada kelas yang lebih tinggi
ditentukan berdasarkan pada KKM
siswa pada semeser atau kelas sebelumnya. Atau KKM semester 2
didasarkan pada KKM semester -1
. Demikian juga halnya untuk kelas V ditentukan dari KKM IV demikian seterusnya.
ANALISIS PENCAPAIAN
KKM
TUJUAN :
Untuk mengetahui ketercapaian KKM yang telah ditetapkan
MANFAAT : Sebagai dasar untuk menetapkan KKM pada semester atau tahun berikutnya
Setiap selesai melaksanakan ujian, guru (KKG/MGMP) harus
melaksanakan analisis pencapaian rata-rata KKM
untuk setiap IP/ KD /SK/Mata Pelajaran.Berdaarkan data hasil analisis,
dapat ditentukan apakah KKM yang telah
ditetapkan dapat dipertahankan, ditinjau kembali, atau dinaikkan .
Jika
dari hasil analisis diperoleh hasil rata-rata siswa yang telah mencapai KKM
(telah tuntas) ;
a. ≤ 49 %, tinjau ulang KKM
b. 50 -
74 % , KKM dipertahankan
c. ≥ 75 %, KKM dapat dinaikkan
No comments:
Post a Comment