9/04/2015

7 Kepribadian Guru dapat membantu siswa untuk berprestasi

Kepribadian guru dapat
membantu siswa untuk berprestasi antara lain :
1. Bersikap terbuka terhadap hal-hal baru
2. Peka terhadap perkembangan anak baik secara fi sik
maupun psikis
3. Mempunyai pertimbangan luas dan dalam
4. Penuh pengertian
5. Mempunyai sifat toleransi
6. Mempunyai kreativitas yang tinggi
7. Bersikap ingin tahu
Selain memiliki kepribadian, guru
juga harus memiliki hubungan sosial
dengan siswa yang dapat mendorong
timbulnya prestasi yaitu suka dan pandai
bergaul dengan anak berbakat serta
memahami kesulitan yang dihadapi anak
tersebut. Selain itu guru diharapkan
dapat menyesuaikan diri dan mudah
bergaul serta mampu memahami dengan
cepat tingkah laku anak berbakat tersebut.
Untuk anak berbakat memang harus ada perhatian
khusus dari guru karena kadang-kadang mereka bertindak
berbeda dengan teman lainnya. Misalnya bertanya secara
kritis, meminta perhatian lebih bahkan terkadang seperti
melawan guru. Untuk itu kebesaran hati dari guru untuk
tidak bertindak negatif, tetapi malah lebih memperhatikan
mereka sehingga dapat memperlihatkan bakatnya.
Selain guru, peran orangtua juga tidak kalah pen-
tingnya dalam mengembangkan potensi diri yang dimiliki
anak untuk menjadi prestasi diri sesuai kemampuannya.
Meskipun hak utama pengajaran yang utama ada di tangan
orangtua, tetapi alangkah baiknya jika orangtua tidak me-
maksakan kehendak kepada anaknya untuk menjadi apa
kelak. Orangtua seharusnya bersikap demokratis dalam
arti menyerahkan kepada anak mau menjadi apa kelak,
tetapi tetap di sampingnya untuk selalu mendampingi
dan mengingatkannya jika mereka salah. Orangtua selalu
memberikan fasilitas, doa dan dorongan demi keberhasilan
anaknya.

Tidak ada komentar:

9/04/2015

7 Kepribadian Guru dapat membantu siswa untuk berprestasi

Kepribadian guru dapat
membantu siswa untuk berprestasi antara lain :
1. Bersikap terbuka terhadap hal-hal baru
2. Peka terhadap perkembangan anak baik secara fi sik
maupun psikis
3. Mempunyai pertimbangan luas dan dalam
4. Penuh pengertian
5. Mempunyai sifat toleransi
6. Mempunyai kreativitas yang tinggi
7. Bersikap ingin tahu
Selain memiliki kepribadian, guru
juga harus memiliki hubungan sosial
dengan siswa yang dapat mendorong
timbulnya prestasi yaitu suka dan pandai
bergaul dengan anak berbakat serta
memahami kesulitan yang dihadapi anak
tersebut. Selain itu guru diharapkan
dapat menyesuaikan diri dan mudah
bergaul serta mampu memahami dengan
cepat tingkah laku anak berbakat tersebut.
Untuk anak berbakat memang harus ada perhatian
khusus dari guru karena kadang-kadang mereka bertindak
berbeda dengan teman lainnya. Misalnya bertanya secara
kritis, meminta perhatian lebih bahkan terkadang seperti
melawan guru. Untuk itu kebesaran hati dari guru untuk
tidak bertindak negatif, tetapi malah lebih memperhatikan
mereka sehingga dapat memperlihatkan bakatnya.
Selain guru, peran orangtua juga tidak kalah pen-
tingnya dalam mengembangkan potensi diri yang dimiliki
anak untuk menjadi prestasi diri sesuai kemampuannya.
Meskipun hak utama pengajaran yang utama ada di tangan
orangtua, tetapi alangkah baiknya jika orangtua tidak me-
maksakan kehendak kepada anaknya untuk menjadi apa
kelak. Orangtua seharusnya bersikap demokratis dalam
arti menyerahkan kepada anak mau menjadi apa kelak,
tetapi tetap di sampingnya untuk selalu mendampingi
dan mengingatkannya jika mereka salah. Orangtua selalu
memberikan fasilitas, doa dan dorongan demi keberhasilan
anaknya.

Tidak ada komentar: