KUNCI
JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 2
BAB 1. MAKHLUK HIDUP DAN TEMPAT HIDUPNYA
Kegiatan 1 (Halaman
2)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama hewan
|
Bagian tubuh
|
1
|
kucing
|
Kepala,
kaki, badan, ekor, telinga, mulut
|
2
|
kelinci
|
Kepala,
kaki, badan, ekor, telinga, mulut
|
3
|
ayam
|
Kepala,
kaki, badan, ekor, sayap, paruh
|
4
|
anjing
|
Kepala,
kaki, badan, ekor, telinga, mulut
|
5
|
ikan
|
Kepala,
sirip, badan, ekor, mulut
|
6
|
burung
|
Kepala,
kaki, badan, ekor, sayap, paruh
|
7
|
kambing
|
Kepala,
kaki, badan, ekor, telinga, mulut
|
8
|
Kura-kura
|
Kepala,
kaki, badan, tempurung, mulut
|
Kesimpulan
beberapa
hewan memiliki bagian tubuh yang sama dengan hewan lainnya tetapi beberapa
hewan juga memiliki bagian tubuh yang tidak sama.
Kegiatan 2 (Halaman
3)
nama hewan: kucing
No
|
Nama bagian tubuh
|
Kegunaan
|
1
|
telinga
|
Untuk
mendengar
|
2
|
kaki
|
Untuk
berjalan, memanjat, atau melompat
|
3
|
kuku
|
Untuk
mencengkeram mangsa
|
4
|
mulut
|
Untuk
makan
|
5
|
hidung
|
Untuk
mencium
|
6
|
mata
|
Untuk
melihat
|
nama hewan: ayam
No
|
Nama bagian tubuh
|
Kegunaan
|
1
|
mata
|
Untuk
melihat
|
2
|
paruh
|
Untuk
mematuk makanan
|
3
|
kaki
|
Untuk
berjalan atau mengais makanan
|
4
|
taji
|
Untuk
melindungi diri dari musuh
|
nama hewan: ikan
No
|
Nama bagian tubuh
|
Kegunaan
|
1
|
mata
|
Untuk
melihat
|
2
|
mulut
|
Untuk
bernapas dan mengambil makanan
|
3
|
Sirip
dada
|
Untuk
bergerak atau berenang
|
4
|
Sirip
badan
|
Untuk
bergerak atau berenang
|
5
|
ekor
|
Untuk
memudahkan pergerakan
|
nama hewan: bebek
No
|
Nama bagian tubuh
|
Kegunaan
|
1
|
mata
|
Untuk
melihat
|
2
|
paruh
|
Untuk
mematuk makanan
|
3
|
kaki
|
Untuk
berjalan atau mengais makanan
|
4
|
sayap
|
Untuk
terbang
|
bagian
tubuh setiap hewan tidak sama
ada
beberapa bagian tubuh yang sama pada gambar-gambar hewan yang diamati.
misalnya
pada pada kucing, ayam dan bebek terdapat kaki.
pada ayam dan bebek terdapat paruh, dll
kegunaan
bagian tubuh sudah disebutkan dalam tabel siswa
bagian
tubuh yang berbeda misalnya sirip hanya dimiliki pada ikan, paruh hanya
dimiliki ayam dan bebek, dll
Kegiatan 3 (Halaman
7)
gambar
tergantung kreativitas siswa
Kegiatan 4 (Halaman
8)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama tumbuhan
|
Bagian Tubuh
|
1
|
Bunga
mawar
|
Akar,
batang,daun, bunga
|
2
|
rumput
|
Akar,
daun
|
3
|
Bunga
melati
|
Akar,
batang, daun, bunga
|
4
|
Bunga
kembang sepatu
|
Akar,
batang, daun, bunga
|
5
|
Pohon
pisang
|
Akar,
pelepah, daun, buah
|
6
|
Pohon
cabe
|
Akar,
batang, daun, bunga, buah
|
(jawaban dapat
bervariasi)
ada
tumbuhan yang tidak berbunga.
contohnya
rumput.
ada
tumbuhan yang tidak berbuah, contohnya rumput.
ada
tumbuhan yang bagian tubuhnya sama. contohnya bunga melati, bunga kembang
sepatu.
Kegiatan 5 (Halaman
9)
gambar
tergantung kreativitas siswa
Kegiatan 6 (Halaman
11)
hasil
bergantung pada kreativitas siswa.
Kegiatan 7 (Halaman
13)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama hewan
|
Nama Tumbuhan
|
1
|
Sapi
|
Pohon
mangga
|
2
|
Ayam
|
Pohon
pisang
|
3
|
Burung
|
Pohon
cabe
|
4
|
Kucing
|
Pohon
tomat
|
5
|
|
rumput
|
6
|
|
|
hewan
atau tumbuhan ada yang berbeda ukurannya karena tingkat pertumbuhan hewan dan
tumbuhan berbeda-beda.
Kegiatan 8 (Halaman
15)
1. anak ayam menjadi ayam dewasa
artinya, hewan mengalami pertumbuhan
2. anak kucing menjadi kucing dewasa
artinya, hewan mengalami pertumbuhan
3. anak kijang menjadi kijang dewasa
artinya, hewan mengalami pertumbuhan
4. anak domba menjadi domba dewasa
artinya, hewan mengalami pertumbuhan
5. anak gajah menjadi gajah dewasa
artinya, hewan mengalami pertumbuhan
Kesimpulan:
hewan
mengalami perubahan ukuran
artinya,
hewan mengalami pertumbuhan.
Kegiatan 9 (Halaman
17)
(jawaban dapat
bervariasi)
1. Peristiwa pada gambar adalah:
kegiatan burung bertelur kemudian
mengerami telurnya. lama kelamaan
telur-telur itu menetas menjadi anak burung yang ukuran tubuhnya masih
kecil. akhirnya anak-anak burung itu menjadi
semakin besar dan bisa mencari makan sendiri.
2. Peristiwa pada gambar adalah:
kegiatan kambing merawat anaknya
yang baru lahir dan amsih kecil. semakin
lama anak kambing semakin besar karena diberi makan hingga akhirnya bisa
mencari makanan sendiri.
Kesimpulan:
Pertumbuhan
hewan ditandai dengan perubahan ukuran tubuh hewan. hewan tumbuh dari kecil menjadi hewan dewasa.
Kegiatan 10 (Halaman
19)
Peristiwa
yang terjadi pada gambar:
ayam
bertelur, kemudian telurnya di erami.
lama kelamaan telur ayam menetas menjadi anak ayam. anak ayam semakin lama semakin tumbuh besar
karena diberi makan.
1. di erami
2. ukuran tubuh anak ayam lebih kecil dari ayam
dewasa. warna bulu anak ayam kekuningan
sedangkan warna bulu ayam dewasa kecokelatan.
3. pertumbuhan
4. makanan dan minuman
Kegiatan 11 (Halaman
21)
1. telur berubah menjadi ulat, ulat berubah
menjadi kepompong, kepommpong berubah menjadi kupu-kupu.
2. telur katak berubah menjadi kecebong,
kemudian menjadi kecebong berkaki, lalu berubah menjadi katak berkaki. selanjutnya katak berkaki menjadi katak
dewasa.
Kesimpulan:
hewan
dalam masa pertumbuhannya juga mengalami perubahan bentuk tubuh.
Kegiatan 12 (Halaman
23)
urutan
gambar:
1. telur
2. kecebong
3. kecebong berkaki
4. katak berkaki
5. katak dewasa
Kegiatan 13 (Halaman
25)
tahapan
pertumbuhan:
penyu
bertelur → telur menetas → penyu kecil → penyu dewasa
Kegiatan 14 (Halaman
26)
Tabel
hasil pengamatan sesuai dengan kerja siswa.
Kesimpulan:
pertumbuhan
tumbuhan ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan perubahan ukuran tumbuhan.
Kegiatan 15 (Halaman
28)
Tabel
hasil pengamatan (jawaban dapat bervaraiasi)
No
|
Nama hewan
|
Tempat hidup
|
||
Di darat
|
Di air
|
Di darat dan di air
|
||
1
|
Ayam
|
V
|
|
|
2
|
Kambing
|
V
|
|
|
3
|
Katak
|
|
|
V
|
4
|
Bebek
|
V
|
|
|
5
|
Ikan
|
|
V
|
|
6
|
Burung
|
V
|
|
|
7
|
Kambing
|
V
|
|
|
8
|
anjing
|
V
|
|
|
Kesimpulan:
Hewan
ada yang hidup di darat, di air, serta di darat dan di air
Kegiatan 16 (Halaman
29)
Tabel
hasil pengamatan (jawaban dapat bervaraiasi)
No
|
Nama Tumbuhan
|
Tempat hidup
|
||
Di darat
|
Di air
|
Menumpang pada
tumbuhan lain
|
||
1
|
Pohon
mangga
|
V
|
|
|
2
|
Anggrek
|
|
|
V
|
3
|
Benalu
|
|
|
V
|
4
|
Tali
putrid
|
|
|
V
|
5
|
Pohon
pisang
|
V
|
|
|
6
|
Teratai
|
|
V
|
|
7
|
Eceng
gondok
|
|
V
|
|
8
|
Pohon
rambutan
|
V
|
|
|
Kesimpulan:
Tumbuhan
ada yang hidup di darat, di air, dan menumpang pada tumbuhan lain.
Kegiatan 17 (Halaman
30)
1. gajah di air 5. katak di darat dan di air
2. paus di air 6. buaya di darat dan di air
3. burung di darat 7. keklelawar di darat
4. ikan hiu di air 8. kuda laut di air
Kegiatan 18 (Halaman
31)
Tabel
hasil pengamatan: tergantung hasil percobaan siswa
1. tanaman darat tidak dapat hidup di air
2. tanaman air tidak dapat hidup di darat
3. tidak ada.
4. tidak ada.
5. sinar matahari yang cukup
6. air, pupuk, sinar matahari
Kesimpulan:
setiap
jenis tumbuhan memiliki tempat hidupnya sendiri.
Kegiatan 19 (Halaman
34)
Tabel
hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama Tumbuhan
|
||
Yang menumpang
|
Yang ditumpangi
|
Cara mendapat
makanan
|
|
1
|
Tali
putri
|
Pohon
teh-tehan
|
Mengambil
makanan tumbuhan yang ditumpangi
|
2
|
benalu
|
jambu
|
Mengambil
makanan tumbuhan yang ditumpangi
|
3
|
anggrek
|
Pohon
inang
|
Membuat
makan sendiri
|
4
|
|
|
|
5
|
|
|
|
Kesimpulan:
tumbuhan
ada yang hidup menumpang dan dapat merugikan tumbuhan lainnya
Kegiatan 20 (Halaman
35)
1. hewan yang hidup di darat: kambing, rusa,
kelinci, burung, capung
2. hewan yang hidup di air: ikan, kepiting
3. hewan yang dapat hidup di darat dan di air:
katak
4. tumbuhan yang bisa hidup di darat: rumput, pohon mangga, jagung
5. tumbuhan yang bisa hidup di air: teratai,
eceng gondok, genjer
6. tumbuhan yang hidup emnumpang pada tumbuhan
lain: anggrek, benalu, tali putri, rumput liar.
Kegiatan 21 (Halaman
38)
1. kupu-kupu (V) 6. Nyamuk (X)
2. Lebah (V) 7. Anjing (V)
3. Sapi (V) 8. Kucing (X)
4. Tikus (X) 9. Kambing (V)
5. Lalat (X) 10. Ayam (V)
Kegiatan 22 (Halaman
40)
Tabel
hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama hewan
|
Keuntungan
|
Kerugian
|
1
|
anjing
|
Sebagai
penjaga rumah
|
|
2
|
tikus
|
|
Merusak
barang, meyebabkan penyakit
|
3
|
lalat
|
|
Menyebabkan
penyakit
|
4
|
nyamuk
|
|
Menyebabkan
penyakit
|
5
|
lebah
|
Mengahsilkan
madu
|
|
6
|
ayam
|
Menghasilkan
telur dan daging
|
|
7
|
kambing
|
Mengahasilkan
daging
|
|
8
|
Kupu-kupu
|
Membantu
penyerbukan
|
|
Kegiatan 23 (Halaman
41)
Tabel
hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama tumbuhan
|
Keuntungan
|
Kerugian
|
1
|
jahe
|
Untuk
obat, bumbu
|
|
2
|
kunyit
|
Untuk
jamu, bumbu
|
|
3
|
cabe
|
Untuk
bumbu
|
|
4
|
Rumput
liar
|
|
Merusak
pemandangan
|
5
|
Eceng
gondok
|
|
Menutupi
permukaan kolam
|
6
|
kencur
|
Untuk
bumbu, jamu
|
|
7
|
mangga
|
Buahnya
dapat dimakan
|
|
8
|
tomat
|
Sayuran,
sumber vitamin A
|
|
Kegiatan 24 (Halaman
44)
sesuai
kreativitas siswa
Kegiatan 25 (Halaman
45)
(jawaban dapat
bervariasi)
1. pohon kelapa
daunnya untuk membuat ketupat dan sapu
lidi, buahnya untuk membuat santan dan minuman, batoknya untuk membuat kerjinan
dan arang, batangnya untuk membuat alat rumah tangga, dll.
2. pohon pisang
daunnya untuk membungkus kue, membungkus
makanan, menjadi pelindung ketika hujan, buahnya dapat dimakan dan banyak
mengandung vitamin, batangnya dapat dijadikan kerajinan, bunganya dapat
dijadikan bahan makanan.
3. pohon jagung
daunnya dapat digunakan untuk membungkus
makanan, buahnya dapat dijadikan bahan makanan, membuat tepung, dll.
4. cacing
cacing dapat menggemburkan tanah, membuat
tanah menjadi subur.
5. kuda
kuda dapat digunakan tenaganya untuk
menarik delman, susunya dapat digunakan sebagai bahan obat, kuda juga dapat
digunakan sebagai alat olahraga (pacuan kuda).
6. sapi
daging sapi dapat dijadikan bahan makanan,
kulitnya dapat dijadikan bahan kerajinan tangan, susunya dapat diminum,
tenaganya dapat digunakan untuk membajak sawah.
LATIHAN BAB 1
(Halaman 49)
I. 1. A 6. C
2. C 7. B
3. C 8. B
4. B 9. B
5. B 10.A
II.
1. Sisik
2. cakar
3. bunga
4. mendengar
5. sayap
6. umbi
7. siram dan diberi pupuk
8. air
9. air
10.
anggrek, tali putri, benalu
11.
cacing
12.
menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah
13.
menyebabkan penyakit, merusak peralatan rumah tangga
14.
dapat menggemburkan tanah
15.
kupu-kupu, katak
III.
1. 3 contoh hewan yang hidup di laut (jawaban
dapat bervariasi):
a.
paus
b.
hiu
c.
lumba-lumba
2. Keuntungan yang diperoleh manusia dari
tanaman kelapa:
daunnya untuk membuat ketupat dan sapu
lidi, buahnya untuk membuat santan dan minuman, batoknya untuk membuat kerjinan
dan arang, batangnya untuk membuat alat rumah tangga, dll.
3. 3 keuntungan yang diperoleh manusia dari sapi
a.
daging
b.
susu
c.
tenaga
4. pertumbuhan hewan ditandai dengan perubahan
ukuran tubuh hewan.
pertumbuhan tumbuhan ditandai dengan
adanya perubahan bentuk dan perubahan ukuran tumbuhan.
5. Lalat merugikan manusia karena lalat dapat
menyebarkan bibit penyakit.
BAB 2. CIRI-CIRI BENDA DAN KEGUNAANNYA
Kegiatan 1 (Halaman
54)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Hasil pengamatan
|
|
Benda padat
|
Benda cair
|
|
1
|
Sikat
|
Cairan
pencuci piring
|
2
|
Teko
|
Sirup
|
3
|
Kunci
|
Kuah
sayur
|
4
|
Gunting
|
Obat
|
5
|
Lampu
belajar
|
parfum
|
Kesimpulan:
benda
ada yang berwujud cair dan ada yang berwujud padat.
Kegiatan 2 (Halaman
55)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Benda
padat
|
Benda
cair
|
1
|
Mentega
|
Sabun
air
|
2
|
Lilin
|
Minyak
goreng
|
3
|
Kursi
|
Sampo
|
4
|
Lampu
|
Kecap
|
5
|
Buku
|
Sirup
|
6
|
Sepatu
|
Pewangi
pakaian
|
7
|
Baju
|
Cairan
pencuci piring
|
8
|
Kulkas
|
Susu
cair
|
9
|
Bantal
|
Air
the
|
10
|
sandal
|
Air
kopi
|
Kegiatan 3 (Halaman
56)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Kegiatan
|
Bentuk benda
|
|
Berubah
|
tetap
|
||
1
|
Benda di masukkan
ke dalam kotak
|
|
V
|
2
|
Benda dimasukkan ke
dalam stoples
|
|
V
|
3
|
Benda dimasukkan ke
dalam mangkuk
|
|
V
|
Kesimpulan:
benda-benda
yang diamati berwujud padat
bentuk
benda tetap pada saat dipindahkan walaupun tempatnya selalu berubah.
Kegiatan 4 (Halaman
58)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Kegiatan
|
Bentuk benda
|
Bentuk benda
|
|
Berubah
|
Tetap
|
|||
1
|
Air dan minyak
dalam gelas
|
cair
|
V
|
|
2
|
Air dan minyak
dipindahkan ke dalam mangkuk
|
cair
|
V
|
|
3
|
Air dan minyak
dipindahkan ke dalam stoples
|
cair
|
V
|
|
4
|
Air dan minyak
dipindahkan ke dalam botol
|
cair
|
V
|
|
Kesimpulan:
air
dan minyak goring termasuk benda cair.
bentuk
benda cair berubah pada saat dipindahkan wadahnya selalu berubah.
Kegiatan 5 (Halaman
60)
1. Bentuk permukaan air dalam gelas rata atau
datar.
2. Bentuk permukaan air dalam mangkukrata atau
datar.
3. Bentuk permukaan air dalam stoples rata atau
datar.
4. Bentuk permukaan air dalam botolrata atau
datar.
5. Bentuk permukaan air dalam botol yang
dimiringkan rata atau datar.
Kesimpulan:
air
sirup termasuk benda cair.
bventuk
air di dalam wadah selau berubah sesuai bentuk wadahnya.
bentuk
permukaan benda cair selalu datar atau rata.
Kegiatan 6 (Halaman
64)
1. adonan dapat diubah bentuknya.
2. cara mengubah adonan dengan cara menekannya
atau meremasnya.
Kesimpulan:
adonan
termsuk benda padat.
Bentuk
adonan setelah dibentuk berubah.
Benda
padat dapat diubah bentuknya dengan cara ditekan atau diremas.
Kegiatan 7 (Halaman
65)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama benda
|
Wujud
|
Perubahan
bentuk/wujud
|
Cara berubah
bentuk/wujud
|
1
|
mentega
|
padat
|
cair
|
Dipanaskan
|
2
|
Cokelat
leleh
|
cair
|
padat
|
Didinginkan
|
3
|
lilin
|
padat
|
cair
|
Dipanaskan
|
4
|
air
|
cair
|
padat
|
Didinginkan
|
5
|
Es
krim
|
padat
|
cair
|
Dibiarkan
|
6
|
Minyak
goreng
|
cair
|
padat
|
Didinginkan
|
7
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
Kesimpulan:
benda
padat dapat berubah bentuk dan wujudnya bila dipanaskan.
benda
cair dapat berubah bentuk dan wujudnya bila didinginkan.
Kegiatan 8 (Halaman
66)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Benda
|
Kegunaan
|
1
|
sapu
|
Untuk
membersihkan lantai
|
2
|
Tempat
sampah
|
Untuk
menampung sampah
|
3
|
Taplak
meja
|
Untuk
menghias meja
|
4
|
Kain
pel
|
Untuk
membersihkan lantai
|
5
|
kemoceng
|
Untuk
membersihkan debu
|
6
|
pensil
|
Untuk
menulis
|
7
|
buku
|
Tempat
menulis
|
8
|
tas
|
Menyimpan
peralatan sekolah dan buku pelajaran
|
9
|
Tempat
pensil
|
Menyimpan
alat tulis
|
10
|
penghapus
|
Untuk
menghapus tulisan yang salah
|
kesimpulan:
setiap
benda memiliki kegunaan masing-masing.
Kegiatan 9 (Halaman
67)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Benda
|
Kegunaan
|
1
|
Topi
dan payung
|
Melindungi
kepala dari sinar matahari
|
2
|
Payung
dan jas hujan
|
Melindungi
tubuh dari hujan
|
3
|
Jaket
dan sweater
|
Melindungi
tubuh dari udara dingin
|
4
|
Pensil
dan pulpen
|
Untuk
menulis
|
5
|
Penghapus
dan tip-x
|
Untuk
menghapus tulisan yang salah
|
6
|
Sapu
lidi dan sapu ijuk
|
Membersihkan
kotoran atau debu
|
7
|
Termos
dan tempat minum
|
Menampung
air
|
8
|
Dst
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
kesimpulan:
benda
yang berbeda bisa memiliki kegunaan yang sama.
LATIHAN BAB 2
(Halaman 69)
I. 1. A 6. B
2. C 7. A
3. B 8. A
4. C 9. A
5. C 10.B
II.
1. tetap
2. cair
3. ditekan
4. cair
5. padat6.
menyerupai mangkuk
7. cair
8. padat
9. padat
10. padat
11. cair
12. duduk
13. melindungi tubuh dari panas dan hujan
14. paying dan jas hujan (jawaban dapat
bervariasi).
15. cair
III.
1. Ciri-ciri benda padat:
bentuk benda padat selalu tetap walaupun
wadahnya dipindah-pindahkan.
2. 4 contoh benda cair:
a.
kecap
b.
susu cair
c.
minyak goreng
d.
minyak wangi
3. cara mengubah bentuk plastisin dan tanah liat
dengan cara di tekan sedangkan cara
mengubah bentuk lilin batang dengan cara di panaskan.
4. supaya permen cokelat tidak meleleh jangan
menaruh permen cokelat di udara terbuka.
letakkan permen cokelat di dalam
kulkas.
5. sepatu beguna untuk melindungi kaki dari
panas dan dingin, melindungi kaki dari benda-benda tajam, dan melindungi kaki
dari bibit penyakit.
BAB 3. SUMBER ENERGI
Kegiatan 1 (Halaman
74)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Nama alat
|
Energi yang dihasilkan
|
||
Panas
|
Bunyi
|
Cahaya
|
||
1
|
Televisi
|
V
|
V
|
V
|
2
|
Setrika
|
V
|
|
|
3
|
Radio
|
|
V
|
|
4
|
Lampu
|
|
|
V
|
5
|
Kompor
|
V
|
|
|
Kesimpulan:
Benda
dapat emnghasilkan energi panas, bunyi, dan cahaya.
Kegiatan 2 (Halaman
75)
1. saat tangan didekatkan ke nyala api tangan
terasa hangat atau panas.
2. jika tangan diletakkan semakin dekat ke lilin
maka tangan terasa semakin hangat atau semakin panas.
3. jika lilin tersebut di tiup rasa panas tidak
lagi terasa.
4. sumber panas adalah benda-benda disekitar
kita yang dapat menghasilkan panas.
5. lilin yang menyala disebut sumber panas
karena api lilin dapat menhasilkan panas.
Kesimpulan:
sumber
panas adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan panas.
contoh-
contoh sumber panas antara lain api, matahari (jawaban dapat bervariasi).
Kegiatan 3 (Halaman
77)
1. yang terjadi ketika sendok dipukulkan pada
gelas plastic adalah berbunyi perlahan.
tetapi ketika sendok dipukulkan ke gelas kaca adalah berbunyi nyaring.
2. ada, bunyi yang lebih nyaring adalah bunyi
sendok di gelas kaca.
3. bunyi yang dihasilkan lebih nyaring dan lebih
kuat.
4. sumber bunyi adalah benda-benda disekitar
kita yang dapat menghasilkan energi bunyi.
5. karena gelas yang dipukul dengan sendok dapat
menghasilkan bunyi.
Kesimpulan:
sumber
bunyi adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi bunyi.
contoh-contoh
sumber bunyi antara lain terompet, peluit, klakson, dll (jawaban dpaat
bervariasi).
Kegiatan 4 (Halaman
79)
1. ketika saklar lampu senter ditekan adalah
senter menyala.
2. ketika baterai dikeluarkan dari senter maka
baterai tidak menyala.
3. energi cahaya
4. bateraI
5. Jika baterai dipasang secara terbalik
Kesimpulan:
sumber
cahaya adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi cahaya.
contoh-contoh
sumber cahaya antara lain lampu, api unggun, senter, dll (jawaban dapat
bervariasi).
Kegiatan 5 (Halaman
81)
1. Lampu
sumber energi listrik
energi yang dihasilkan cahaya
2. kompor gas
sumber energi gas
energi yang dihasilkan panas
3. setrika
sumber energi listrik
energi yang dihasilkan panas
4. mobil mainan
sumber energi baterai
energi yang dihasilkan gerak
5. kipas angina
sumber energi listrik
energi yang dihasilkan gerak
6. oven
sumber energi listrik
energi yang dihasilkan panas
7. rice cooker
sumber energi listrik
energi yang dihasilkan panas
8. robot mainan
sumber energi baterai
energi yang dihasilkan gerak
9. televise
sumber energi listrik
energi yang dihasilkan cahaya, bunyi
10. mesin cuci
sumber energi listrik
energi yang dihasilkan gerak
Kegiatan 6 (Halaman
83)
1. blender, kegunaan untuk menghancurkan bahan
makanan.
2. kulkas, kegunaan untuk mendinginkan bahan
makanan
3. mesin cuci, kegunaan untuk mencuci pakaian
4. dispenser, kegunaan untuk mendinginkan atau
memanaskan air
5. rice cooker, kegunaan untuk menanak dan
menghangatkan nasi.
6. setrika, kegunaan untuk melicinkan pakaian
7. televise, kegunaan untuk menonton hiburan
8. computer, kegunaan untuk mengetik
9. hair dryer, kegunaan untuk mengeringkan
rambut
10.oven,
kegunaan untuk memanggang kuen atau makanan.
Kegiatan 7 (Halaman
88)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Sumber energi yang
digunakan
|
|||
listrik
|
baterai
|
Panas matahari
|
Bahan bakar
|
|
1
|
Televisi
|
Jam
dinding
|
|
Kompor
minyak tanah
|
2
|
Mesin
cuci
|
Jam
weker
|
|
Kompor
gas
|
3
|
Blender
|
Senter
|
|
Motor
|
4
|
Kipsa
angina
|
radio
|
|
mobil
|
5
|
Rice
cooker
|
|
|
|
kesimpulan:
sumber
energi yang paling banyak digunakan dalam alat-alat rumah tangga adalah sumber
energi listrik.
Kegiatan 8 (Halaman
89)
1. lampu belajar menggunakan energi listrik
2. computer menggunakan energi listrik
3. handphone menggunakan energi baterai
4. kompor gas menggunakan gas
5. motor menggunakan bensin
6. televise menggunakan energi listrik
7. mixer menggunakan energi listrik
8. setrika menggunakan energi listrik
9. air keran menggunakan energi listrik
10.
sepeda menggunakan tenaga manusia.
Kegiatan 9 (Halaman
92)
yang
mencerminkan kegiatan menghemat energi:
1. mematikan air yang sudah penuh
2. mematikan kompor yang sudah tidak dipakai
3. mematikan televise yang tidak di tonton lagi
Kegiatan 10 (Halaman
94)
(jawaban dapat
bervariasi)
cara
menghemat energi bahan bakar:
1. menggunakan kendaraan seperlunya
2. mematikan kompor ketika selesai digunakan
cara
menghemat energi air:
1. tidak membuang-buang air
2.mematikan
keran jika tidak digunakan
3. mandi dengan air seperlunya
cara
menghemat listrik:
1. menggunakan peralatan rumah tangga yang hemat
energi
2. mematikan peralatan listrik yang tidak
digunakan
3. mematikan lampu di ruangan yang tidak
digunakan atau sudah terang.
LATIHAN BAB 3
(Halaman 97)
I. 1. A 6. A
2. B 7. B
3. C 8. A
4. B 9. C
5. C 10.C
II.
1. Panas dan cahaya
2. listrik
3. gas
4. minyak tanah
5. bunyi
6. bensin
7. baterai
8. cahaya
9. gerak
10.listrik
11.gerak
dan bunyi
12. mendinginkan dan memanaskan air
13.
listrik
14.
listrik
15.
bahan bakar
III.
1. energi listrik lebih banyak digunakan manusia
untuk keperluan sehari-hari karena bersih, tidak menyebabkan polusi, dan mudah
diperoleh
2. cara menghemat energi bahan bakar:
a.
menggunakan kendaraan seperlunya
b.
mematikan kompor ketika selesai digunakan
3. Jika kita tidak hemat listrik maka sumber
energi dapat habis.
4. kita harus hemat air sebab air dapat habis,
jika air habis maka kegiatan kita yang membutruhkan air dapat terganggu
5. jika sumber bahan baker di bumi habis maka
kemungkinan manusia tidak dapat melakukan kegiatannya dengan mudah.
BAB 4. KENAMPAKAN MATAHARI DAN KEGUNAANNYA BAGI
KEHIDUPAN
Kegiatan 1 (Halaman
102)
1. matahari terbit pagi hari
2. matahari terbenam sore hari
3. timur
4. barat
5. segar
6. hangat atau panas
7. sejuk
8. siang hari
Kegiatan 2 (Halaman
104)
Tabel
hasil pengamatan (jawaban bervariasi sesuai hasil pengamatan siswa)
No
|
Waktu Pengukuran
|
Panjang bayangan
|
1
|
Pukul
9 pagi
|
|
2
|
Pukul
12 siang
|
|
3
|
Pukul
3 sore
|
|
Gambar
posisi bayangan benda
|
|
Pukul
9 pagi Pukul
12 siang
|
Pukul
3 sore
1. bayangan terpanjang terjadi pada pukul ….
2. bayangan terpendek terjadi pada pukul …..
3. kesimpulan:
Kenampakan
bayangan benda pada siang hari akan berbeda dengan kenampakan bayangan benda
pada siang dan sore hari. Pada pagi dan
sore hari, posisi matahari membentuk sudut dengan benda. Bayangan akan tampak lebih panjang dari
bendanya. Pada siang hari, matahari
tepat berada di atas benda. Bayangan
akan tampak lebih pendek dari bendanya.
Kegiatan 3 (Halaman
106)
Gambar
sesuai hasil kreativitas siswa
Kegiatan 4 (Halaman
107)
Kain
yang lebih cepat kering adalah kain yang digantung di tempat yang terkena pans
matahari.
Alasannya
karena matahari memberikan panas yang menyebabkan kain lebih cepat kering.
Kesimpulan:
Matahari
dapat digunakan untuk mengeringkana pakaian karena matahari merupakan sumber
energi panas di bumi.
Kegiatan 5 (Halaman
108)
1. mengeringkan pakaian
2. menyinari tanaman
3. menjemur kerupuk
4. menjemur bayi di pagi hari
5. menjemur gabah
6. sumber pemanas tenaga surya
7. membuat garam
8. menjemur ikan
Kegiatan 6 (Halaman
110)
Jawaban
dapat bervariasi pada setiap siswa
Kegunaan
matahari bagi makhluk hidup:
1. mengeringkan pakaian
2. menyinari tanaman
3. menjemur kerupuk
4. menjemur bayi di pagi hari
5. menjemur gabah
6. sumber pemanas tenaga surya
7. membuat garam
8. menjemur ikan
Jika
tidak ada matahari maka:
1. bumi akan gelap
2. tidak ada panas matahari
‘3. tanaman layu
4. hewan mati
5. dll
Kesimpulan:
Matahari
sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup di bumi.
Kegiatan 7 (Halaman
111)
1. ketika garam dimasukkan ke dalam air maka
garam larut
2. saat air mengering maka butiran garam
terlihat kembali.
3. karena air menguap dan menyebabkan garam yang
larut dengan air tersisa, sebab garam tidak ikut menguap bersama air.
4. cahaya matahari berguna untuk menguapkan air
sehingga terbentuklah garam
Kesimpulan:
Cahaya
matahari berperan penting dalam pembuatan garam.
Kegiatan 8 (Halaman
113)
Jawaban
dapat bervariasi)
Bahaya
cahaya matahari bagi manusia:
1. menimbulkan kanker kulit
2. jika dilihat langsung dapat menimbulkan
kerusakan pada kornea mata
3. terlalu lama berada di bawah panas matahari
dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan (dehidrasi).
Untuk
menghindari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari yang terlalu menyengat
antara lain:
1. menggunakan payung dan kaca mata hitam saat
beraktivitas di bawah panas matahari
2. menggunakan pelindung (lotion) kulit yang
mengandung tabir surya
3. banyak minum air putih saat harus
beraktivitas di bawah cahaya matahari.
LATIHAN
BAB 4 (Halaman 116)
I.
1. B 6. C
2. A 7. C
3. C 8. A
4. A 9. B
5. A 10.C
II.
1.
panas dan cahaya
2.
vitamin D
3.
bayangan akan tampak lebih pendek dari bendanya
4.
timur dan barat
5.
cawan A
6.
mata
7.
pemanas air
8.
pagi dan sore hari
9.
dijemur
10.
sejuk dan segar
11.
timur
12.
haus atau dehidrasi
13.
membentuk sudut dengan benda
14.
topi, payung, atau lotion
15.
memasak makanannya.
III.
1.
gambar kedudukan matahari pada pagi, siang, dan sore hari (gambar
tegantung siswa)
2.
cahaya matahari pagi baik untuk tubuh karena membantu pembentukan
provitamin D untuk pertumbuhan tulang
3.
kegunaan panaas dan cahaya matahari bagi makhluk hidup:
- Mengeringkan pakaian
- Membuat garam
- Menjemur gabah
- Membuat ikan asin
- Memanaskan air (pemanas air tenaga matahari)
- Menjalankan mesin (tenaga panas matahari)
- Membantu pembentukan provitamin D untuk pembentukan tulang
- jika di bumi tidak ada matahari maka (jawaban dapat bervariasi)
bumi akan gelap, tidak ada panas
matahari, tanaman layu, hewan mati, dll
5.
Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari yang
terlalu menyengat antara lain:
a.
menggunakan payung dan kaca mata hitam saat beraktivitas di bawah panas matahari
b.
menggunakan pelindung (lotion) kulit yang mengandung tabir surya
c.
banyak minum air putih saat harus beraktivitas di bawah cahaya matahari.
No comments:
Post a Comment