9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio IPA Terpadu Kelas 2 SD

| 9/30/2012

KUNCI JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 2

BAB 1.  MAKHLUK HIDUP DAN TEMPAT HIDUPNYA

Kegiatan 1 (Halaman 2)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama hewan
Bagian tubuh
1
kucing
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
2
kelinci
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
3
ayam
Kepala, kaki, badan, ekor, sayap, paruh
4
anjing
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
5
ikan
Kepala, sirip, badan, ekor, mulut
6
burung
Kepala, kaki, badan, ekor, sayap, paruh
7
kambing
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
8
Kura-kura
Kepala, kaki, badan, tempurung, mulut

Kesimpulan
beberapa hewan memiliki bagian tubuh yang sama dengan hewan lainnya tetapi beberapa hewan juga memiliki bagian tubuh yang tidak sama.

Kegiatan 2 (Halaman 3)

nama hewan: kucing
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
telinga
Untuk mendengar
2
kaki
Untuk berjalan, memanjat, atau melompat
3
kuku
Untuk mencengkeram mangsa
4
mulut
Untuk makan
5
hidung
Untuk mencium
6
mata
Untuk melihat

nama hewan: ayam
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
mata
Untuk melihat
2
paruh
Untuk mematuk makanan
3
kaki
Untuk berjalan atau mengais makanan
4
taji
Untuk melindungi diri dari musuh

nama hewan: ikan
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
mata
Untuk melihat
2
mulut
Untuk bernapas dan mengambil makanan
3
Sirip dada
Untuk bergerak atau berenang
4
Sirip badan
Untuk bergerak atau berenang
5
ekor
Untuk memudahkan pergerakan

nama hewan: bebek
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
mata
Untuk melihat
2
paruh
Untuk mematuk makanan
3
kaki
Untuk berjalan atau mengais makanan
4
sayap
Untuk terbang

bagian tubuh setiap hewan tidak sama
ada beberapa bagian tubuh yang sama pada gambar-gambar hewan yang diamati.
misalnya pada pada kucing, ayam dan bebek terdapat kaki.  pada ayam dan bebek terdapat paruh, dll
kegunaan bagian tubuh sudah disebutkan dalam tabel siswa
bagian tubuh yang berbeda misalnya sirip hanya dimiliki pada ikan, paruh hanya dimiliki ayam dan bebek, dll

Kegiatan 3 (Halaman 7)

gambar tergantung kreativitas siswa

Kegiatan 4 (Halaman 8)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama tumbuhan
Bagian Tubuh
1
Bunga mawar
Akar, batang,daun, bunga
2
rumput
Akar, daun
3
Bunga melati
Akar, batang, daun, bunga
4
Bunga kembang sepatu
Akar, batang, daun, bunga
5
Pohon pisang
Akar, pelepah, daun, buah
6
Pohon cabe
Akar, batang, daun, bunga, buah

(jawaban dapat bervariasi)
ada tumbuhan yang tidak berbunga.
contohnya rumput. 
ada tumbuhan yang tidak berbuah, contohnya rumput.
ada tumbuhan yang bagian tubuhnya sama. contohnya bunga melati, bunga kembang sepatu.


Kegiatan 5 (Halaman 9)

gambar tergantung kreativitas siswa
Kegiatan 6 (Halaman 11)

hasil bergantung pada kreativitas siswa.

Kegiatan 7 (Halaman 13)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama hewan
Nama Tumbuhan
1
Sapi
Pohon mangga
2
Ayam
Pohon pisang
3
Burung
Pohon cabe
4
Kucing
Pohon tomat
5

rumput
6



hewan atau tumbuhan ada yang berbeda ukurannya karena tingkat pertumbuhan hewan dan tumbuhan berbeda-beda.


Kegiatan 8 (Halaman 15)

1.  anak ayam menjadi ayam dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

2.  anak kucing menjadi kucing dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

3.  anak kijang menjadi kijang dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

4.  anak domba menjadi domba dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

5.  anak gajah menjadi gajah dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

Kesimpulan:
hewan mengalami perubahan ukuran
artinya, hewan mengalami pertumbuhan.

Kegiatan 9 (Halaman 17)

(jawaban dapat bervariasi)
1.  Peristiwa pada gambar adalah:
            kegiatan burung bertelur kemudian mengerami telurnya.  lama kelamaan telur-telur itu menetas menjadi anak burung yang ukuran tubuhnya masih kecil.  akhirnya anak-anak burung itu menjadi semakin besar dan bisa mencari makan sendiri. 

2.  Peristiwa pada gambar adalah:
            kegiatan kambing merawat anaknya yang baru lahir dan amsih kecil.  semakin lama anak kambing semakin besar karena diberi makan hingga akhirnya bisa mencari makanan sendiri. 

Kesimpulan:
Pertumbuhan hewan ditandai dengan perubahan ukuran tubuh hewan.  hewan tumbuh dari kecil menjadi hewan dewasa.

Kegiatan 10 (Halaman 19)

Peristiwa yang terjadi pada gambar:
ayam bertelur, kemudian telurnya di erami.  lama kelamaan telur ayam menetas menjadi anak ayam.  anak ayam semakin lama semakin tumbuh besar karena diberi makan.

1.  di erami
2.  ukuran tubuh anak ayam lebih kecil dari ayam dewasa.  warna bulu anak ayam kekuningan sedangkan warna bulu ayam dewasa kecokelatan.
3.  pertumbuhan
4.  makanan dan minuman

Kegiatan 11 (Halaman 21)

1.  telur berubah menjadi ulat, ulat berubah menjadi kepompong, kepommpong berubah menjadi kupu-kupu.

2.  telur katak berubah menjadi kecebong, kemudian menjadi kecebong berkaki, lalu berubah menjadi katak berkaki.  selanjutnya katak berkaki menjadi katak dewasa.

Kesimpulan:
hewan dalam masa pertumbuhannya juga mengalami perubahan bentuk tubuh.

Kegiatan 12 (Halaman 23)

urutan gambar:

1.  telur
2.  kecebong
3.  kecebong berkaki
4.  katak berkaki
5.  katak dewasa
Kegiatan 13 (Halaman 25)

tahapan pertumbuhan:
penyu bertelur → telur menetas → penyu kecil → penyu dewasa

Kegiatan 14 (Halaman 26)

Tabel hasil pengamatan sesuai dengan kerja siswa.
Kesimpulan:
pertumbuhan tumbuhan ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan perubahan ukuran tumbuhan.

Kegiatan 15 (Halaman 28)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervaraiasi)

No
Nama hewan
Tempat hidup
Di darat
Di air
Di darat dan di air
1
Ayam
V


2
Kambing
V


3
Katak


V
4
Bebek
V


5
Ikan

V

6
Burung
V


7
Kambing
V


8
anjing
V



Kesimpulan:
Hewan ada yang hidup di darat, di air, serta di darat dan di air

Kegiatan 16 (Halaman 29)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervaraiasi)

No
Nama Tumbuhan
Tempat hidup
Di darat
Di air
Menumpang pada tumbuhan lain
1
Pohon mangga
V


2
Anggrek


V
3
Benalu


V
4
Tali putrid


V
5
Pohon pisang
V


6
Teratai

V

7
Eceng gondok

V

8
Pohon rambutan
V



Kesimpulan:
Tumbuhan ada yang hidup di darat, di air, dan menumpang pada tumbuhan lain.

Kegiatan 17 (Halaman 30)

1.  gajah di air                                       5.  katak di darat dan di air
2.  paus di air                                        6.  buaya di darat dan di air
3.  burung di darat                                             7.  keklelawar di darat
4.  ikan hiu di air                                                8.  kuda laut di air

Kegiatan 18 (Halaman 31)

Tabel hasil pengamatan: tergantung hasil percobaan siswa

1.  tanaman darat tidak dapat hidup di air
2.  tanaman air tidak dapat hidup di darat
3.  tidak ada. 
4.  tidak ada. 
5.  sinar matahari yang cukup
6.  air, pupuk, sinar matahari

Kesimpulan:
setiap jenis tumbuhan memiliki tempat hidupnya sendiri. 

Kegiatan 19 (Halaman 34)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama Tumbuhan
Yang menumpang
Yang ditumpangi
Cara mendapat makanan
1
Tali putri
Pohon teh-tehan
Mengambil makanan tumbuhan yang ditumpangi
2
benalu
jambu
Mengambil makanan tumbuhan yang ditumpangi
3
anggrek
Pohon inang
Membuat makan sendiri
4



5




Kesimpulan:
tumbuhan ada yang hidup menumpang dan dapat merugikan tumbuhan lainnya

Kegiatan 20 (Halaman 35)

1.  hewan yang hidup di darat: kambing, rusa, kelinci, burung, capung
2.  hewan yang hidup di air: ikan, kepiting
3.  hewan yang dapat hidup di darat dan di air: katak
4.  tumbuhan yang bisa hidup di darat:  rumput, pohon mangga, jagung
5.  tumbuhan yang bisa hidup di air: teratai, eceng gondok, genjer
6.  tumbuhan yang hidup emnumpang pada tumbuhan lain: anggrek, benalu, tali putri, rumput liar.


Kegiatan 21 (Halaman 38)

1.  kupu-kupu (V)                                               6.  Nyamuk (X)
2.  Lebah (V)                                                     7.  Anjing (V)
3.  Sapi (V)                                                       8.  Kucing (X)
4.  Tikus (X)                                                      9.  Kambing (V)
5.  Lalat (X)                                                       10.  Ayam (V)

Kegiatan 22 (Halaman 40)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama hewan
Keuntungan
Kerugian
1
anjing
Sebagai penjaga rumah

2
tikus

Merusak barang, meyebabkan penyakit
3
lalat

Menyebabkan penyakit
4
nyamuk

Menyebabkan penyakit
5
lebah
Mengahsilkan madu

6
ayam
Menghasilkan telur dan daging

7
kambing
Mengahasilkan daging

8
Kupu-kupu
Membantu penyerbukan


Kegiatan 23 (Halaman 41)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama tumbuhan
Keuntungan
Kerugian
1
jahe
Untuk obat, bumbu

2
kunyit
Untuk jamu, bumbu

3
cabe
Untuk bumbu

4
Rumput liar

Merusak pemandangan
5
Eceng gondok

Menutupi permukaan kolam
6
kencur
Untuk bumbu, jamu

7
mangga
Buahnya dapat dimakan

8
tomat
Sayuran, sumber vitamin A


Kegiatan 24 (Halaman 44)

sesuai kreativitas siswa
Kegiatan 25 (Halaman 45)

(jawaban dapat bervariasi)

1.  pohon kelapa
     daunnya untuk membuat ketupat dan sapu lidi, buahnya untuk membuat santan dan minuman, batoknya untuk membuat kerjinan dan arang, batangnya untuk membuat alat rumah tangga, dll.

2.  pohon pisang
     daunnya untuk membungkus kue, membungkus makanan, menjadi pelindung ketika hujan, buahnya dapat dimakan dan banyak mengandung vitamin, batangnya dapat dijadikan kerajinan, bunganya dapat dijadikan bahan makanan.

3.  pohon jagung
     daunnya dapat digunakan untuk membungkus makanan, buahnya dapat dijadikan bahan makanan, membuat tepung, dll.

4.  cacing
     cacing dapat menggemburkan tanah, membuat tanah menjadi subur.

5.  kuda
     kuda dapat digunakan tenaganya untuk menarik delman, susunya dapat digunakan sebagai bahan obat, kuda juga dapat digunakan sebagai alat olahraga (pacuan kuda).

6.  sapi
     daging sapi dapat dijadikan bahan makanan, kulitnya dapat dijadikan bahan kerajinan tangan, susunya dapat diminum, tenaganya dapat digunakan untuk membajak sawah.

LATIHAN BAB 1 (Halaman 49)

I.  1.  A                                                             6.  C
    2.  C                                                             7.  B
    3.  C                                                             8.  B
    4.  B                                                             9.  B
    5.  B                                                             10.A

II.
1.  Sisik
2.  cakar
3.  bunga
4.  mendengar
5.  sayap
6.  umbi
7.  siram dan diberi pupuk
8.  air
9.  air
10. anggrek, tali putri, benalu
11. cacing
12. menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah
13. menyebabkan penyakit, merusak peralatan rumah tangga
14. dapat menggemburkan tanah
15. kupu-kupu, katak

III.
1.  3 contoh hewan yang hidup di laut (jawaban dapat bervariasi):
     a.  paus
     b.  hiu
     c.  lumba-lumba

2.  Keuntungan yang diperoleh manusia dari tanaman kelapa:
     daunnya untuk membuat ketupat dan sapu lidi, buahnya untuk membuat santan dan minuman, batoknya untuk membuat kerjinan dan arang, batangnya untuk membuat alat rumah tangga, dll.

3.  3 keuntungan yang diperoleh manusia dari sapi
     a.  daging
     b.  susu
     c.  tenaga

4.  pertumbuhan hewan ditandai dengan perubahan ukuran tubuh hewan.
     pertumbuhan tumbuhan ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan perubahan ukuran tumbuhan.

5.  Lalat merugikan manusia karena lalat dapat menyebarkan bibit penyakit.


BAB 2.  CIRI-CIRI BENDA DAN KEGUNAANNYA

Kegiatan 1 (Halaman 54)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Hasil pengamatan
Benda padat
Benda cair
1
Sikat
Cairan pencuci piring
2
Teko
Sirup
3
Kunci
Kuah sayur
4
 Gunting
Obat
5
Lampu belajar
parfum
Kesimpulan:
benda ada yang berwujud cair dan ada yang berwujud padat.

Kegiatan 2 (Halaman 55)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)


No
Benda padat
Benda cair
1
Mentega
Sabun air
2
Lilin
Minyak goreng
3
Kursi
Sampo
4
Lampu
Kecap
5
Buku
Sirup
6
Sepatu
Pewangi pakaian
7
Baju
Cairan pencuci piring
8
Kulkas
Susu cair
9
Bantal
Air the
10
sandal
Air kopi

Kegiatan 3 (Halaman 56)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Kegiatan
Bentuk benda
Berubah
tetap
1
Benda di masukkan ke dalam kotak

V
2
Benda dimasukkan ke dalam stoples

V
3
Benda dimasukkan ke dalam mangkuk

V

Kesimpulan:
benda-benda yang diamati berwujud padat
bentuk benda tetap pada saat dipindahkan walaupun tempatnya selalu berubah.


Kegiatan 4 (Halaman 58)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Kegiatan
Bentuk benda
Bentuk benda
Berubah
Tetap
1
Air dan minyak dalam gelas
cair
V

2
Air dan minyak dipindahkan ke dalam mangkuk
cair
V

3
Air dan minyak dipindahkan ke dalam stoples
cair
V

4
Air dan minyak dipindahkan ke dalam botol
cair
V


Kesimpulan:
air dan minyak goring termasuk benda cair.
bentuk benda cair berubah pada saat dipindahkan wadahnya selalu berubah.

Kegiatan 5 (Halaman 60)

1.  Bentuk permukaan air dalam gelas rata atau datar.
2.  Bentuk permukaan air dalam mangkukrata atau datar.
3.  Bentuk permukaan air dalam stoples rata atau datar.
4.  Bentuk permukaan air dalam botolrata atau datar.
5.  Bentuk permukaan air dalam botol yang dimiringkan rata atau datar.

Kesimpulan:
air sirup termasuk benda cair.
bventuk air di dalam wadah selau berubah sesuai bentuk wadahnya.
bentuk permukaan benda cair selalu datar atau rata.

Kegiatan 6 (Halaman 64)

1.  adonan dapat diubah bentuknya.
2.  cara mengubah adonan dengan cara menekannya atau meremasnya.

Kesimpulan:
adonan termsuk benda padat.
Bentuk adonan setelah dibentuk berubah.
Benda padat dapat diubah bentuknya dengan cara ditekan atau diremas.

Kegiatan 7 (Halaman 65)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama benda
Wujud
Perubahan bentuk/wujud
Cara berubah bentuk/wujud
1
mentega
padat
cair
Dipanaskan
2
Cokelat leleh
cair
padat
Didinginkan
3
lilin
padat
cair
Dipanaskan
4
air
cair
padat
Didinginkan
5
Es krim
padat
cair
Dibiarkan
6
Minyak goreng
cair
padat
Didinginkan
7




8




Kesimpulan:
benda padat dapat berubah bentuk dan wujudnya bila dipanaskan.
benda cair dapat berubah bentuk dan wujudnya bila didinginkan.

Kegiatan 8 (Halaman 66)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
sapu
Untuk membersihkan lantai
2
Tempat sampah
Untuk menampung sampah
3
Taplak meja
Untuk menghias meja
4
Kain pel
Untuk membersihkan lantai
5
kemoceng
Untuk membersihkan debu
6
pensil
Untuk menulis
7
buku
Tempat menulis
8
tas
Menyimpan peralatan sekolah dan buku pelajaran
9
Tempat pensil
Menyimpan alat tulis
10
penghapus
Untuk menghapus tulisan yang salah

kesimpulan:
setiap benda memiliki kegunaan masing-masing.

Kegiatan 9 (Halaman 67)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
Topi dan payung
Melindungi kepala dari sinar matahari
2
Payung dan jas hujan
Melindungi tubuh dari hujan
3
Jaket dan sweater
Melindungi tubuh dari udara dingin
4
Pensil dan pulpen
Untuk menulis
5
Penghapus dan tip-x
Untuk menghapus tulisan yang salah
6
Sapu lidi dan sapu ijuk
Membersihkan kotoran atau debu
7
Termos dan tempat minum
Menampung air
8
Dst

9


10



kesimpulan:
benda yang berbeda bisa memiliki kegunaan yang sama.

LATIHAN BAB 2 (Halaman 69)

I.  1.  A                                                             6.  B
    2.  C                                                             7.  A
    3.  B                                                             8.  A
    4.  C                                                             9.  A
    5.  C                                                             10.B

II.

1.  tetap
2.  cair
3.  ditekan
4.  cair
5.  padat6.  menyerupai mangkuk
7.  cair
8.  padat
9.  padat
10.  padat
11.  cair
12.  duduk
13.  melindungi tubuh dari panas dan hujan
14.  paying dan jas hujan (jawaban dapat bervariasi).
15.  cair

III.
1.  Ciri-ciri benda padat:
     bentuk benda padat selalu tetap walaupun wadahnya dipindah-pindahkan.

2.  4 contoh benda cair:
     a.  kecap
     b.  susu cair
     c.  minyak goreng
     d.  minyak wangi

3.  cara mengubah bentuk plastisin dan tanah liat dengan  cara di tekan sedangkan cara mengubah bentuk lilin batang dengan cara di panaskan.

4.  supaya permen cokelat tidak meleleh jangan menaruh permen cokelat di udara terbuka.  letakkan permen  cokelat di dalam kulkas.

5.  sepatu beguna untuk melindungi kaki dari panas dan dingin, melindungi kaki dari benda-benda tajam, dan melindungi kaki dari bibit penyakit.

BAB 3.  SUMBER ENERGI

Kegiatan 1 (Halaman 74)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama alat
Energi yang dihasilkan
Panas
Bunyi
Cahaya
1
Televisi
V
V
V
2
Setrika
V


3
Radio

V

4
Lampu


V
5
Kompor
V



Kesimpulan:
Benda dapat emnghasilkan energi panas, bunyi, dan cahaya.

Kegiatan 2 (Halaman 75)

1.  saat tangan didekatkan ke nyala api tangan terasa hangat atau panas.
2.  jika tangan diletakkan semakin dekat ke lilin maka tangan terasa semakin hangat atau semakin panas.
3.  jika lilin tersebut di tiup rasa panas tidak lagi terasa.
4.  sumber panas adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan panas.
5.  lilin yang menyala disebut sumber panas karena api lilin dapat menhasilkan panas.

Kesimpulan:
sumber panas adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan panas.
contoh- contoh sumber panas antara lain api, matahari (jawaban dapat bervariasi).

Kegiatan 3 (Halaman 77)

1.  yang terjadi ketika sendok dipukulkan pada gelas plastic adalah berbunyi perlahan.  tetapi ketika sendok dipukulkan ke gelas kaca adalah berbunyi nyaring.

2.  ada, bunyi yang lebih nyaring adalah bunyi sendok di gelas kaca.
3.  bunyi yang dihasilkan lebih nyaring dan lebih kuat.
4.  sumber bunyi adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi bunyi.
5.  karena gelas yang dipukul dengan sendok dapat menghasilkan bunyi.

Kesimpulan:
sumber bunyi adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi bunyi.
contoh-contoh sumber bunyi antara lain terompet, peluit, klakson, dll (jawaban dpaat bervariasi).

Kegiatan 4 (Halaman 79)

1.  ketika saklar lampu senter ditekan adalah senter menyala.
2.  ketika baterai dikeluarkan dari senter maka baterai tidak menyala.
3.  energi cahaya
4.  bateraI
5.  Jika baterai dipasang secara terbalik

Kesimpulan:
sumber cahaya adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi cahaya.
contoh-contoh sumber cahaya antara lain lampu, api unggun, senter, dll (jawaban dapat bervariasi).

Kegiatan 5 (Halaman 81)

1.  Lampu
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan cahaya

2.  kompor gas
     sumber energi gas
     energi yang dihasilkan panas

3.  setrika
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan panas

4.  mobil mainan
     sumber energi baterai
     energi yang dihasilkan gerak

5.  kipas angina
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan gerak

6.  oven
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan panas

7.  rice cooker
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan panas

8.  robot mainan
     sumber energi baterai
     energi yang dihasilkan gerak

9.  televise
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan cahaya, bunyi

10.  mesin cuci
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan gerak

Kegiatan 6 (Halaman 83)

1.  blender, kegunaan untuk menghancurkan bahan makanan.
2.  kulkas, kegunaan untuk mendinginkan bahan makanan
3.  mesin cuci, kegunaan untuk mencuci pakaian
4.  dispenser, kegunaan untuk mendinginkan atau memanaskan air
5.  rice cooker, kegunaan untuk menanak dan menghangatkan nasi.
6.  setrika, kegunaan untuk melicinkan pakaian
7.  televise, kegunaan untuk menonton hiburan
8.  computer, kegunaan untuk mengetik
9.  hair dryer, kegunaan untuk mengeringkan rambut
10.oven, kegunaan untuk memanggang kuen atau makanan.

Kegiatan 7 (Halaman 88)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Sumber energi yang digunakan
listrik
baterai
Panas matahari
Bahan bakar
1
Televisi
Jam dinding

Kompor minyak tanah
2
Mesin cuci
Jam weker

Kompor gas
3
Blender
Senter

Motor
4
Kipsa angina
radio

mobil
5
Rice cooker




kesimpulan:
sumber energi yang paling banyak digunakan dalam alat-alat rumah tangga adalah sumber energi listrik.

Kegiatan 8 (Halaman 89)

1.  lampu belajar menggunakan energi listrik
2.  computer menggunakan energi listrik
3.  handphone menggunakan energi baterai
4.  kompor gas menggunakan gas
5.  motor menggunakan bensin
6.  televise menggunakan energi listrik
7.  mixer menggunakan energi listrik
8.  setrika menggunakan energi listrik
9.  air keran menggunakan energi listrik
10. sepeda menggunakan tenaga manusia.

Kegiatan 9 (Halaman 92)

yang mencerminkan kegiatan menghemat energi:
1.  mematikan air yang sudah penuh
2.  mematikan kompor yang sudah tidak dipakai
3.  mematikan televise yang tidak di tonton lagi

Kegiatan 10 (Halaman 94)

(jawaban dapat bervariasi)
cara menghemat energi bahan bakar:
1.  menggunakan kendaraan seperlunya
2.  mematikan kompor ketika selesai digunakan

cara menghemat energi air:
1.  tidak membuang-buang air
2.mematikan keran jika tidak digunakan
3.  mandi dengan air seperlunya

cara menghemat listrik:
1.  menggunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi
2.  mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan
3.  mematikan lampu di ruangan yang tidak digunakan atau sudah terang.


LATIHAN BAB 3 (Halaman 97)

I.  1.  A                                                             6.  A
    2.  B                                                             7.  B
    3.  C                                                             8.  A
    4.  B                                                             9.  C
    5.  C                                                             10.C

II.

1.  Panas dan cahaya
2.  listrik
3.  gas
4.  minyak tanah
5.  bunyi
6.  bensin
7.  baterai
8.  cahaya
9.  gerak
10.listrik
11.gerak dan bunyi
12.  mendinginkan dan memanaskan air
13. listrik
14. listrik
15. bahan bakar
III.

1.  energi listrik lebih banyak digunakan manusia untuk keperluan sehari-hari karena bersih, tidak menyebabkan polusi, dan mudah diperoleh

2.  cara menghemat energi bahan bakar:
            a.  menggunakan kendaraan seperlunya
            b.  mematikan kompor ketika selesai digunakan

3.  Jika kita tidak hemat listrik maka sumber energi dapat habis.
4.  kita harus hemat air sebab air dapat habis, jika air habis maka kegiatan kita yang membutruhkan air dapat terganggu

5.  jika sumber bahan baker di bumi habis maka kemungkinan manusia tidak dapat melakukan kegiatannya dengan mudah.


BAB 4.  KENAMPAKAN MATAHARI DAN KEGUNAANNYA BAGI KEHIDUPAN

Kegiatan 1 (Halaman 102)

1.  matahari terbit pagi hari
2.  matahari terbenam sore hari
3.  timur
4.  barat
5.  segar
6.  hangat atau panas
7.  sejuk
8.  siang hari

Kegiatan 2 (Halaman 104)

Tabel hasil pengamatan (jawaban bervariasi sesuai hasil pengamatan siswa)

No
Waktu Pengukuran
Panjang bayangan
1
Pukul 9 pagi

2
Pukul 12 siang

3
Pukul 3 sore



















Gambar posisi bayangan benda






 


 
 













Pukul 9 pagi                                                                  Pukul 12 siang


 
 













Pukul 3 sore

1.  bayangan terpanjang terjadi pada pukul ….
2.  bayangan terpendek terjadi pada pukul …..
3.  kesimpulan:
Kenampakan bayangan benda pada siang hari akan berbeda dengan kenampakan bayangan benda pada siang dan sore hari.  Pada pagi dan sore hari, posisi matahari membentuk sudut dengan benda.  Bayangan akan tampak lebih panjang dari bendanya.  Pada siang hari, matahari tepat berada di atas benda.  Bayangan akan tampak lebih pendek dari bendanya. 

Kegiatan 3 (Halaman 106)

Gambar sesuai hasil kreativitas siswa

Kegiatan 4 (Halaman 107)

Kain yang lebih cepat kering adalah kain yang digantung di tempat yang terkena pans matahari.
Alasannya karena matahari memberikan panas yang menyebabkan kain lebih cepat kering.
Kesimpulan:
Matahari dapat digunakan untuk mengeringkana pakaian karena matahari merupakan sumber energi panas di bumi.

Kegiatan 5 (Halaman 108)

1.  mengeringkan pakaian
2.  menyinari tanaman
3.  menjemur kerupuk
4.  menjemur bayi di pagi hari
5.  menjemur gabah
6.  sumber pemanas tenaga surya
7.  membuat garam
8.  menjemur ikan

Kegiatan 6 (Halaman 110)

Jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa
Kegunaan matahari bagi makhluk hidup:
1.  mengeringkan pakaian
2.  menyinari tanaman
3.  menjemur kerupuk
4.  menjemur bayi di pagi hari
5.  menjemur gabah
6.  sumber pemanas tenaga surya
7.  membuat garam
8.  menjemur ikan

Jika tidak ada matahari maka:
1.  bumi akan gelap
2.  tidak ada panas matahari
‘3.  tanaman layu
4.  hewan mati
5.  dll

Kesimpulan:
Matahari sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup di bumi.

Kegiatan 7 (Halaman 111)

1.  ketika garam dimasukkan ke dalam air maka garam larut
2.  saat air mengering maka butiran garam terlihat kembali.
3.  karena air menguap dan menyebabkan garam yang larut dengan air tersisa, sebab garam tidak ikut menguap bersama air.
4.  cahaya matahari berguna untuk menguapkan air sehingga terbentuklah garam
Kesimpulan:
Cahaya matahari berperan penting dalam pembuatan garam.

Kegiatan 8 (Halaman 113)

Jawaban dapat bervariasi)
Bahaya cahaya matahari bagi manusia:
1.  menimbulkan kanker kulit
2.  jika dilihat langsung dapat menimbulkan kerusakan pada kornea mata
3.  terlalu lama berada di bawah panas matahari dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan (dehidrasi).

Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari yang terlalu menyengat antara lain:
1.  menggunakan payung dan kaca mata hitam saat beraktivitas di bawah panas matahari
2.  menggunakan pelindung (lotion) kulit yang mengandung tabir surya
3.  banyak minum air putih saat harus beraktivitas di bawah cahaya matahari.


LATIHAN BAB 4 (Halaman 116)
I.
1.  B                                                                 6.  C
2.  A                                                                 7.  C
3.  C                                                                 8.  A
4.  A                                                                 9.  B
5.  A                                                                 10.C

II.
1.  panas dan cahaya
2.  vitamin D
3.  bayangan akan tampak lebih pendek dari bendanya
4.  timur dan barat
5.  cawan A
6.  mata
7.  pemanas air
8.  pagi dan sore hari
9.  dijemur
10.  sejuk dan segar
11.  timur
12.  haus atau dehidrasi
13.  membentuk sudut dengan benda
14.  topi, payung, atau lotion
15.  memasak makanannya.

III.
1.  gambar kedudukan matahari pada pagi, siang, dan sore hari (gambar tegantung siswa)
2.  cahaya matahari pagi baik untuk tubuh karena membantu pembentukan provitamin D untuk pertumbuhan tulang
3.  kegunaan panaas dan cahaya matahari bagi makhluk hidup:
  • Mengeringkan pakaian
  • Membuat garam
  • Menjemur gabah
  • Membuat ikan asin
  • Memanaskan air (pemanas air tenaga matahari)
  • Menjalankan mesin (tenaga panas matahari)
  • Membantu pembentukan provitamin D untuk pembentukan tulang
  1. jika di bumi tidak ada matahari maka (jawaban dapat bervariasi)
           bumi akan gelap, tidak ada panas matahari, tanaman layu, hewan mati, dll
      5.  Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari yang terlalu    menyengat antara lain:
           a.  menggunakan payung dan kaca mata hitam saat beraktivitas di bawah   panas matahari
           b.  menggunakan pelindung (lotion) kulit yang mengandung tabir surya
           c.  banyak minum air putih saat harus beraktivitas di bawah cahaya matahari.



Related Posts

No comments:

9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio IPA Terpadu Kelas 2 SD


KUNCI JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 2

BAB 1.  MAKHLUK HIDUP DAN TEMPAT HIDUPNYA

Kegiatan 1 (Halaman 2)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama hewan
Bagian tubuh
1
kucing
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
2
kelinci
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
3
ayam
Kepala, kaki, badan, ekor, sayap, paruh
4
anjing
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
5
ikan
Kepala, sirip, badan, ekor, mulut
6
burung
Kepala, kaki, badan, ekor, sayap, paruh
7
kambing
Kepala, kaki, badan, ekor, telinga, mulut
8
Kura-kura
Kepala, kaki, badan, tempurung, mulut

Kesimpulan
beberapa hewan memiliki bagian tubuh yang sama dengan hewan lainnya tetapi beberapa hewan juga memiliki bagian tubuh yang tidak sama.

Kegiatan 2 (Halaman 3)

nama hewan: kucing
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
telinga
Untuk mendengar
2
kaki
Untuk berjalan, memanjat, atau melompat
3
kuku
Untuk mencengkeram mangsa
4
mulut
Untuk makan
5
hidung
Untuk mencium
6
mata
Untuk melihat

nama hewan: ayam
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
mata
Untuk melihat
2
paruh
Untuk mematuk makanan
3
kaki
Untuk berjalan atau mengais makanan
4
taji
Untuk melindungi diri dari musuh

nama hewan: ikan
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
mata
Untuk melihat
2
mulut
Untuk bernapas dan mengambil makanan
3
Sirip dada
Untuk bergerak atau berenang
4
Sirip badan
Untuk bergerak atau berenang
5
ekor
Untuk memudahkan pergerakan

nama hewan: bebek
No
Nama bagian tubuh
Kegunaan
1
mata
Untuk melihat
2
paruh
Untuk mematuk makanan
3
kaki
Untuk berjalan atau mengais makanan
4
sayap
Untuk terbang

bagian tubuh setiap hewan tidak sama
ada beberapa bagian tubuh yang sama pada gambar-gambar hewan yang diamati.
misalnya pada pada kucing, ayam dan bebek terdapat kaki.  pada ayam dan bebek terdapat paruh, dll
kegunaan bagian tubuh sudah disebutkan dalam tabel siswa
bagian tubuh yang berbeda misalnya sirip hanya dimiliki pada ikan, paruh hanya dimiliki ayam dan bebek, dll

Kegiatan 3 (Halaman 7)

gambar tergantung kreativitas siswa

Kegiatan 4 (Halaman 8)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama tumbuhan
Bagian Tubuh
1
Bunga mawar
Akar, batang,daun, bunga
2
rumput
Akar, daun
3
Bunga melati
Akar, batang, daun, bunga
4
Bunga kembang sepatu
Akar, batang, daun, bunga
5
Pohon pisang
Akar, pelepah, daun, buah
6
Pohon cabe
Akar, batang, daun, bunga, buah

(jawaban dapat bervariasi)
ada tumbuhan yang tidak berbunga.
contohnya rumput. 
ada tumbuhan yang tidak berbuah, contohnya rumput.
ada tumbuhan yang bagian tubuhnya sama. contohnya bunga melati, bunga kembang sepatu.


Kegiatan 5 (Halaman 9)

gambar tergantung kreativitas siswa
Kegiatan 6 (Halaman 11)

hasil bergantung pada kreativitas siswa.

Kegiatan 7 (Halaman 13)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama hewan
Nama Tumbuhan
1
Sapi
Pohon mangga
2
Ayam
Pohon pisang
3
Burung
Pohon cabe
4
Kucing
Pohon tomat
5

rumput
6



hewan atau tumbuhan ada yang berbeda ukurannya karena tingkat pertumbuhan hewan dan tumbuhan berbeda-beda.


Kegiatan 8 (Halaman 15)

1.  anak ayam menjadi ayam dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

2.  anak kucing menjadi kucing dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

3.  anak kijang menjadi kijang dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

4.  anak domba menjadi domba dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

5.  anak gajah menjadi gajah dewasa
     artinya, hewan mengalami pertumbuhan

Kesimpulan:
hewan mengalami perubahan ukuran
artinya, hewan mengalami pertumbuhan.

Kegiatan 9 (Halaman 17)

(jawaban dapat bervariasi)
1.  Peristiwa pada gambar adalah:
            kegiatan burung bertelur kemudian mengerami telurnya.  lama kelamaan telur-telur itu menetas menjadi anak burung yang ukuran tubuhnya masih kecil.  akhirnya anak-anak burung itu menjadi semakin besar dan bisa mencari makan sendiri. 

2.  Peristiwa pada gambar adalah:
            kegiatan kambing merawat anaknya yang baru lahir dan amsih kecil.  semakin lama anak kambing semakin besar karena diberi makan hingga akhirnya bisa mencari makanan sendiri. 

Kesimpulan:
Pertumbuhan hewan ditandai dengan perubahan ukuran tubuh hewan.  hewan tumbuh dari kecil menjadi hewan dewasa.

Kegiatan 10 (Halaman 19)

Peristiwa yang terjadi pada gambar:
ayam bertelur, kemudian telurnya di erami.  lama kelamaan telur ayam menetas menjadi anak ayam.  anak ayam semakin lama semakin tumbuh besar karena diberi makan.

1.  di erami
2.  ukuran tubuh anak ayam lebih kecil dari ayam dewasa.  warna bulu anak ayam kekuningan sedangkan warna bulu ayam dewasa kecokelatan.
3.  pertumbuhan
4.  makanan dan minuman

Kegiatan 11 (Halaman 21)

1.  telur berubah menjadi ulat, ulat berubah menjadi kepompong, kepommpong berubah menjadi kupu-kupu.

2.  telur katak berubah menjadi kecebong, kemudian menjadi kecebong berkaki, lalu berubah menjadi katak berkaki.  selanjutnya katak berkaki menjadi katak dewasa.

Kesimpulan:
hewan dalam masa pertumbuhannya juga mengalami perubahan bentuk tubuh.

Kegiatan 12 (Halaman 23)

urutan gambar:

1.  telur
2.  kecebong
3.  kecebong berkaki
4.  katak berkaki
5.  katak dewasa
Kegiatan 13 (Halaman 25)

tahapan pertumbuhan:
penyu bertelur → telur menetas → penyu kecil → penyu dewasa

Kegiatan 14 (Halaman 26)

Tabel hasil pengamatan sesuai dengan kerja siswa.
Kesimpulan:
pertumbuhan tumbuhan ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan perubahan ukuran tumbuhan.

Kegiatan 15 (Halaman 28)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervaraiasi)

No
Nama hewan
Tempat hidup
Di darat
Di air
Di darat dan di air
1
Ayam
V


2
Kambing
V


3
Katak


V
4
Bebek
V


5
Ikan

V

6
Burung
V


7
Kambing
V


8
anjing
V



Kesimpulan:
Hewan ada yang hidup di darat, di air, serta di darat dan di air

Kegiatan 16 (Halaman 29)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervaraiasi)

No
Nama Tumbuhan
Tempat hidup
Di darat
Di air
Menumpang pada tumbuhan lain
1
Pohon mangga
V


2
Anggrek


V
3
Benalu


V
4
Tali putrid


V
5
Pohon pisang
V


6
Teratai

V

7
Eceng gondok

V

8
Pohon rambutan
V



Kesimpulan:
Tumbuhan ada yang hidup di darat, di air, dan menumpang pada tumbuhan lain.

Kegiatan 17 (Halaman 30)

1.  gajah di air                                       5.  katak di darat dan di air
2.  paus di air                                        6.  buaya di darat dan di air
3.  burung di darat                                             7.  keklelawar di darat
4.  ikan hiu di air                                                8.  kuda laut di air

Kegiatan 18 (Halaman 31)

Tabel hasil pengamatan: tergantung hasil percobaan siswa

1.  tanaman darat tidak dapat hidup di air
2.  tanaman air tidak dapat hidup di darat
3.  tidak ada. 
4.  tidak ada. 
5.  sinar matahari yang cukup
6.  air, pupuk, sinar matahari

Kesimpulan:
setiap jenis tumbuhan memiliki tempat hidupnya sendiri. 

Kegiatan 19 (Halaman 34)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama Tumbuhan
Yang menumpang
Yang ditumpangi
Cara mendapat makanan
1
Tali putri
Pohon teh-tehan
Mengambil makanan tumbuhan yang ditumpangi
2
benalu
jambu
Mengambil makanan tumbuhan yang ditumpangi
3
anggrek
Pohon inang
Membuat makan sendiri
4



5




Kesimpulan:
tumbuhan ada yang hidup menumpang dan dapat merugikan tumbuhan lainnya

Kegiatan 20 (Halaman 35)

1.  hewan yang hidup di darat: kambing, rusa, kelinci, burung, capung
2.  hewan yang hidup di air: ikan, kepiting
3.  hewan yang dapat hidup di darat dan di air: katak
4.  tumbuhan yang bisa hidup di darat:  rumput, pohon mangga, jagung
5.  tumbuhan yang bisa hidup di air: teratai, eceng gondok, genjer
6.  tumbuhan yang hidup emnumpang pada tumbuhan lain: anggrek, benalu, tali putri, rumput liar.


Kegiatan 21 (Halaman 38)

1.  kupu-kupu (V)                                               6.  Nyamuk (X)
2.  Lebah (V)                                                     7.  Anjing (V)
3.  Sapi (V)                                                       8.  Kucing (X)
4.  Tikus (X)                                                      9.  Kambing (V)
5.  Lalat (X)                                                       10.  Ayam (V)

Kegiatan 22 (Halaman 40)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama hewan
Keuntungan
Kerugian
1
anjing
Sebagai penjaga rumah

2
tikus

Merusak barang, meyebabkan penyakit
3
lalat

Menyebabkan penyakit
4
nyamuk

Menyebabkan penyakit
5
lebah
Mengahsilkan madu

6
ayam
Menghasilkan telur dan daging

7
kambing
Mengahasilkan daging

8
Kupu-kupu
Membantu penyerbukan


Kegiatan 23 (Halaman 41)

Tabel hasil pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama tumbuhan
Keuntungan
Kerugian
1
jahe
Untuk obat, bumbu

2
kunyit
Untuk jamu, bumbu

3
cabe
Untuk bumbu

4
Rumput liar

Merusak pemandangan
5
Eceng gondok

Menutupi permukaan kolam
6
kencur
Untuk bumbu, jamu

7
mangga
Buahnya dapat dimakan

8
tomat
Sayuran, sumber vitamin A


Kegiatan 24 (Halaman 44)

sesuai kreativitas siswa
Kegiatan 25 (Halaman 45)

(jawaban dapat bervariasi)

1.  pohon kelapa
     daunnya untuk membuat ketupat dan sapu lidi, buahnya untuk membuat santan dan minuman, batoknya untuk membuat kerjinan dan arang, batangnya untuk membuat alat rumah tangga, dll.

2.  pohon pisang
     daunnya untuk membungkus kue, membungkus makanan, menjadi pelindung ketika hujan, buahnya dapat dimakan dan banyak mengandung vitamin, batangnya dapat dijadikan kerajinan, bunganya dapat dijadikan bahan makanan.

3.  pohon jagung
     daunnya dapat digunakan untuk membungkus makanan, buahnya dapat dijadikan bahan makanan, membuat tepung, dll.

4.  cacing
     cacing dapat menggemburkan tanah, membuat tanah menjadi subur.

5.  kuda
     kuda dapat digunakan tenaganya untuk menarik delman, susunya dapat digunakan sebagai bahan obat, kuda juga dapat digunakan sebagai alat olahraga (pacuan kuda).

6.  sapi
     daging sapi dapat dijadikan bahan makanan, kulitnya dapat dijadikan bahan kerajinan tangan, susunya dapat diminum, tenaganya dapat digunakan untuk membajak sawah.

LATIHAN BAB 1 (Halaman 49)

I.  1.  A                                                             6.  C
    2.  C                                                             7.  B
    3.  C                                                             8.  B
    4.  B                                                             9.  B
    5.  B                                                             10.A

II.
1.  Sisik
2.  cakar
3.  bunga
4.  mendengar
5.  sayap
6.  umbi
7.  siram dan diberi pupuk
8.  air
9.  air
10. anggrek, tali putri, benalu
11. cacing
12. menyebabkan penyakit malaria dan demam berdarah
13. menyebabkan penyakit, merusak peralatan rumah tangga
14. dapat menggemburkan tanah
15. kupu-kupu, katak

III.
1.  3 contoh hewan yang hidup di laut (jawaban dapat bervariasi):
     a.  paus
     b.  hiu
     c.  lumba-lumba

2.  Keuntungan yang diperoleh manusia dari tanaman kelapa:
     daunnya untuk membuat ketupat dan sapu lidi, buahnya untuk membuat santan dan minuman, batoknya untuk membuat kerjinan dan arang, batangnya untuk membuat alat rumah tangga, dll.

3.  3 keuntungan yang diperoleh manusia dari sapi
     a.  daging
     b.  susu
     c.  tenaga

4.  pertumbuhan hewan ditandai dengan perubahan ukuran tubuh hewan.
     pertumbuhan tumbuhan ditandai dengan adanya perubahan bentuk dan perubahan ukuran tumbuhan.

5.  Lalat merugikan manusia karena lalat dapat menyebarkan bibit penyakit.


BAB 2.  CIRI-CIRI BENDA DAN KEGUNAANNYA

Kegiatan 1 (Halaman 54)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Hasil pengamatan
Benda padat
Benda cair
1
Sikat
Cairan pencuci piring
2
Teko
Sirup
3
Kunci
Kuah sayur
4
 Gunting
Obat
5
Lampu belajar
parfum
Kesimpulan:
benda ada yang berwujud cair dan ada yang berwujud padat.

Kegiatan 2 (Halaman 55)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)


No
Benda padat
Benda cair
1
Mentega
Sabun air
2
Lilin
Minyak goreng
3
Kursi
Sampo
4
Lampu
Kecap
5
Buku
Sirup
6
Sepatu
Pewangi pakaian
7
Baju
Cairan pencuci piring
8
Kulkas
Susu cair
9
Bantal
Air the
10
sandal
Air kopi

Kegiatan 3 (Halaman 56)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Kegiatan
Bentuk benda
Berubah
tetap
1
Benda di masukkan ke dalam kotak

V
2
Benda dimasukkan ke dalam stoples

V
3
Benda dimasukkan ke dalam mangkuk

V

Kesimpulan:
benda-benda yang diamati berwujud padat
bentuk benda tetap pada saat dipindahkan walaupun tempatnya selalu berubah.


Kegiatan 4 (Halaman 58)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Kegiatan
Bentuk benda
Bentuk benda
Berubah
Tetap
1
Air dan minyak dalam gelas
cair
V

2
Air dan minyak dipindahkan ke dalam mangkuk
cair
V

3
Air dan minyak dipindahkan ke dalam stoples
cair
V

4
Air dan minyak dipindahkan ke dalam botol
cair
V


Kesimpulan:
air dan minyak goring termasuk benda cair.
bentuk benda cair berubah pada saat dipindahkan wadahnya selalu berubah.

Kegiatan 5 (Halaman 60)

1.  Bentuk permukaan air dalam gelas rata atau datar.
2.  Bentuk permukaan air dalam mangkukrata atau datar.
3.  Bentuk permukaan air dalam stoples rata atau datar.
4.  Bentuk permukaan air dalam botolrata atau datar.
5.  Bentuk permukaan air dalam botol yang dimiringkan rata atau datar.

Kesimpulan:
air sirup termasuk benda cair.
bventuk air di dalam wadah selau berubah sesuai bentuk wadahnya.
bentuk permukaan benda cair selalu datar atau rata.

Kegiatan 6 (Halaman 64)

1.  adonan dapat diubah bentuknya.
2.  cara mengubah adonan dengan cara menekannya atau meremasnya.

Kesimpulan:
adonan termsuk benda padat.
Bentuk adonan setelah dibentuk berubah.
Benda padat dapat diubah bentuknya dengan cara ditekan atau diremas.

Kegiatan 7 (Halaman 65)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama benda
Wujud
Perubahan bentuk/wujud
Cara berubah bentuk/wujud
1
mentega
padat
cair
Dipanaskan
2
Cokelat leleh
cair
padat
Didinginkan
3
lilin
padat
cair
Dipanaskan
4
air
cair
padat
Didinginkan
5
Es krim
padat
cair
Dibiarkan
6
Minyak goreng
cair
padat
Didinginkan
7




8




Kesimpulan:
benda padat dapat berubah bentuk dan wujudnya bila dipanaskan.
benda cair dapat berubah bentuk dan wujudnya bila didinginkan.

Kegiatan 8 (Halaman 66)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
sapu
Untuk membersihkan lantai
2
Tempat sampah
Untuk menampung sampah
3
Taplak meja
Untuk menghias meja
4
Kain pel
Untuk membersihkan lantai
5
kemoceng
Untuk membersihkan debu
6
pensil
Untuk menulis
7
buku
Tempat menulis
8
tas
Menyimpan peralatan sekolah dan buku pelajaran
9
Tempat pensil
Menyimpan alat tulis
10
penghapus
Untuk menghapus tulisan yang salah

kesimpulan:
setiap benda memiliki kegunaan masing-masing.

Kegiatan 9 (Halaman 67)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
Topi dan payung
Melindungi kepala dari sinar matahari
2
Payung dan jas hujan
Melindungi tubuh dari hujan
3
Jaket dan sweater
Melindungi tubuh dari udara dingin
4
Pensil dan pulpen
Untuk menulis
5
Penghapus dan tip-x
Untuk menghapus tulisan yang salah
6
Sapu lidi dan sapu ijuk
Membersihkan kotoran atau debu
7
Termos dan tempat minum
Menampung air
8
Dst

9


10



kesimpulan:
benda yang berbeda bisa memiliki kegunaan yang sama.

LATIHAN BAB 2 (Halaman 69)

I.  1.  A                                                             6.  B
    2.  C                                                             7.  A
    3.  B                                                             8.  A
    4.  C                                                             9.  A
    5.  C                                                             10.B

II.

1.  tetap
2.  cair
3.  ditekan
4.  cair
5.  padat6.  menyerupai mangkuk
7.  cair
8.  padat
9.  padat
10.  padat
11.  cair
12.  duduk
13.  melindungi tubuh dari panas dan hujan
14.  paying dan jas hujan (jawaban dapat bervariasi).
15.  cair

III.
1.  Ciri-ciri benda padat:
     bentuk benda padat selalu tetap walaupun wadahnya dipindah-pindahkan.

2.  4 contoh benda cair:
     a.  kecap
     b.  susu cair
     c.  minyak goreng
     d.  minyak wangi

3.  cara mengubah bentuk plastisin dan tanah liat dengan  cara di tekan sedangkan cara mengubah bentuk lilin batang dengan cara di panaskan.

4.  supaya permen cokelat tidak meleleh jangan menaruh permen cokelat di udara terbuka.  letakkan permen  cokelat di dalam kulkas.

5.  sepatu beguna untuk melindungi kaki dari panas dan dingin, melindungi kaki dari benda-benda tajam, dan melindungi kaki dari bibit penyakit.

BAB 3.  SUMBER ENERGI

Kegiatan 1 (Halaman 74)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Nama alat
Energi yang dihasilkan
Panas
Bunyi
Cahaya
1
Televisi
V
V
V
2
Setrika
V


3
Radio

V

4
Lampu


V
5
Kompor
V



Kesimpulan:
Benda dapat emnghasilkan energi panas, bunyi, dan cahaya.

Kegiatan 2 (Halaman 75)

1.  saat tangan didekatkan ke nyala api tangan terasa hangat atau panas.
2.  jika tangan diletakkan semakin dekat ke lilin maka tangan terasa semakin hangat atau semakin panas.
3.  jika lilin tersebut di tiup rasa panas tidak lagi terasa.
4.  sumber panas adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan panas.
5.  lilin yang menyala disebut sumber panas karena api lilin dapat menhasilkan panas.

Kesimpulan:
sumber panas adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan panas.
contoh- contoh sumber panas antara lain api, matahari (jawaban dapat bervariasi).

Kegiatan 3 (Halaman 77)

1.  yang terjadi ketika sendok dipukulkan pada gelas plastic adalah berbunyi perlahan.  tetapi ketika sendok dipukulkan ke gelas kaca adalah berbunyi nyaring.

2.  ada, bunyi yang lebih nyaring adalah bunyi sendok di gelas kaca.
3.  bunyi yang dihasilkan lebih nyaring dan lebih kuat.
4.  sumber bunyi adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi bunyi.
5.  karena gelas yang dipukul dengan sendok dapat menghasilkan bunyi.

Kesimpulan:
sumber bunyi adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi bunyi.
contoh-contoh sumber bunyi antara lain terompet, peluit, klakson, dll (jawaban dpaat bervariasi).

Kegiatan 4 (Halaman 79)

1.  ketika saklar lampu senter ditekan adalah senter menyala.
2.  ketika baterai dikeluarkan dari senter maka baterai tidak menyala.
3.  energi cahaya
4.  bateraI
5.  Jika baterai dipasang secara terbalik

Kesimpulan:
sumber cahaya adalah benda-benda disekitar kita yang dapat menghasilkan energi cahaya.
contoh-contoh sumber cahaya antara lain lampu, api unggun, senter, dll (jawaban dapat bervariasi).

Kegiatan 5 (Halaman 81)

1.  Lampu
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan cahaya

2.  kompor gas
     sumber energi gas
     energi yang dihasilkan panas

3.  setrika
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan panas

4.  mobil mainan
     sumber energi baterai
     energi yang dihasilkan gerak

5.  kipas angina
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan gerak

6.  oven
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan panas

7.  rice cooker
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan panas

8.  robot mainan
     sumber energi baterai
     energi yang dihasilkan gerak

9.  televise
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan cahaya, bunyi

10.  mesin cuci
     sumber energi listrik
     energi yang dihasilkan gerak

Kegiatan 6 (Halaman 83)

1.  blender, kegunaan untuk menghancurkan bahan makanan.
2.  kulkas, kegunaan untuk mendinginkan bahan makanan
3.  mesin cuci, kegunaan untuk mencuci pakaian
4.  dispenser, kegunaan untuk mendinginkan atau memanaskan air
5.  rice cooker, kegunaan untuk menanak dan menghangatkan nasi.
6.  setrika, kegunaan untuk melicinkan pakaian
7.  televise, kegunaan untuk menonton hiburan
8.  computer, kegunaan untuk mengetik
9.  hair dryer, kegunaan untuk mengeringkan rambut
10.oven, kegunaan untuk memanggang kuen atau makanan.

Kegiatan 7 (Halaman 88)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Sumber energi yang digunakan
listrik
baterai
Panas matahari
Bahan bakar
1
Televisi
Jam dinding

Kompor minyak tanah
2
Mesin cuci
Jam weker

Kompor gas
3
Blender
Senter

Motor
4
Kipsa angina
radio

mobil
5
Rice cooker




kesimpulan:
sumber energi yang paling banyak digunakan dalam alat-alat rumah tangga adalah sumber energi listrik.

Kegiatan 8 (Halaman 89)

1.  lampu belajar menggunakan energi listrik
2.  computer menggunakan energi listrik
3.  handphone menggunakan energi baterai
4.  kompor gas menggunakan gas
5.  motor menggunakan bensin
6.  televise menggunakan energi listrik
7.  mixer menggunakan energi listrik
8.  setrika menggunakan energi listrik
9.  air keran menggunakan energi listrik
10. sepeda menggunakan tenaga manusia.

Kegiatan 9 (Halaman 92)

yang mencerminkan kegiatan menghemat energi:
1.  mematikan air yang sudah penuh
2.  mematikan kompor yang sudah tidak dipakai
3.  mematikan televise yang tidak di tonton lagi

Kegiatan 10 (Halaman 94)

(jawaban dapat bervariasi)
cara menghemat energi bahan bakar:
1.  menggunakan kendaraan seperlunya
2.  mematikan kompor ketika selesai digunakan

cara menghemat energi air:
1.  tidak membuang-buang air
2.mematikan keran jika tidak digunakan
3.  mandi dengan air seperlunya

cara menghemat listrik:
1.  menggunakan peralatan rumah tangga yang hemat energi
2.  mematikan peralatan listrik yang tidak digunakan
3.  mematikan lampu di ruangan yang tidak digunakan atau sudah terang.


LATIHAN BAB 3 (Halaman 97)

I.  1.  A                                                             6.  A
    2.  B                                                             7.  B
    3.  C                                                             8.  A
    4.  B                                                             9.  C
    5.  C                                                             10.C

II.

1.  Panas dan cahaya
2.  listrik
3.  gas
4.  minyak tanah
5.  bunyi
6.  bensin
7.  baterai
8.  cahaya
9.  gerak
10.listrik
11.gerak dan bunyi
12.  mendinginkan dan memanaskan air
13. listrik
14. listrik
15. bahan bakar
III.

1.  energi listrik lebih banyak digunakan manusia untuk keperluan sehari-hari karena bersih, tidak menyebabkan polusi, dan mudah diperoleh

2.  cara menghemat energi bahan bakar:
            a.  menggunakan kendaraan seperlunya
            b.  mematikan kompor ketika selesai digunakan

3.  Jika kita tidak hemat listrik maka sumber energi dapat habis.
4.  kita harus hemat air sebab air dapat habis, jika air habis maka kegiatan kita yang membutruhkan air dapat terganggu

5.  jika sumber bahan baker di bumi habis maka kemungkinan manusia tidak dapat melakukan kegiatannya dengan mudah.


BAB 4.  KENAMPAKAN MATAHARI DAN KEGUNAANNYA BAGI KEHIDUPAN

Kegiatan 1 (Halaman 102)

1.  matahari terbit pagi hari
2.  matahari terbenam sore hari
3.  timur
4.  barat
5.  segar
6.  hangat atau panas
7.  sejuk
8.  siang hari

Kegiatan 2 (Halaman 104)

Tabel hasil pengamatan (jawaban bervariasi sesuai hasil pengamatan siswa)

No
Waktu Pengukuran
Panjang bayangan
1
Pukul 9 pagi

2
Pukul 12 siang

3
Pukul 3 sore



















Gambar posisi bayangan benda






 


 
 













Pukul 9 pagi                                                                  Pukul 12 siang


 
 













Pukul 3 sore

1.  bayangan terpanjang terjadi pada pukul ….
2.  bayangan terpendek terjadi pada pukul …..
3.  kesimpulan:
Kenampakan bayangan benda pada siang hari akan berbeda dengan kenampakan bayangan benda pada siang dan sore hari.  Pada pagi dan sore hari, posisi matahari membentuk sudut dengan benda.  Bayangan akan tampak lebih panjang dari bendanya.  Pada siang hari, matahari tepat berada di atas benda.  Bayangan akan tampak lebih pendek dari bendanya. 

Kegiatan 3 (Halaman 106)

Gambar sesuai hasil kreativitas siswa

Kegiatan 4 (Halaman 107)

Kain yang lebih cepat kering adalah kain yang digantung di tempat yang terkena pans matahari.
Alasannya karena matahari memberikan panas yang menyebabkan kain lebih cepat kering.
Kesimpulan:
Matahari dapat digunakan untuk mengeringkana pakaian karena matahari merupakan sumber energi panas di bumi.

Kegiatan 5 (Halaman 108)

1.  mengeringkan pakaian
2.  menyinari tanaman
3.  menjemur kerupuk
4.  menjemur bayi di pagi hari
5.  menjemur gabah
6.  sumber pemanas tenaga surya
7.  membuat garam
8.  menjemur ikan

Kegiatan 6 (Halaman 110)

Jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa
Kegunaan matahari bagi makhluk hidup:
1.  mengeringkan pakaian
2.  menyinari tanaman
3.  menjemur kerupuk
4.  menjemur bayi di pagi hari
5.  menjemur gabah
6.  sumber pemanas tenaga surya
7.  membuat garam
8.  menjemur ikan

Jika tidak ada matahari maka:
1.  bumi akan gelap
2.  tidak ada panas matahari
‘3.  tanaman layu
4.  hewan mati
5.  dll

Kesimpulan:
Matahari sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup di bumi.

Kegiatan 7 (Halaman 111)

1.  ketika garam dimasukkan ke dalam air maka garam larut
2.  saat air mengering maka butiran garam terlihat kembali.
3.  karena air menguap dan menyebabkan garam yang larut dengan air tersisa, sebab garam tidak ikut menguap bersama air.
4.  cahaya matahari berguna untuk menguapkan air sehingga terbentuklah garam
Kesimpulan:
Cahaya matahari berperan penting dalam pembuatan garam.

Kegiatan 8 (Halaman 113)

Jawaban dapat bervariasi)
Bahaya cahaya matahari bagi manusia:
1.  menimbulkan kanker kulit
2.  jika dilihat langsung dapat menimbulkan kerusakan pada kornea mata
3.  terlalu lama berada di bawah panas matahari dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan (dehidrasi).

Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari yang terlalu menyengat antara lain:
1.  menggunakan payung dan kaca mata hitam saat beraktivitas di bawah panas matahari
2.  menggunakan pelindung (lotion) kulit yang mengandung tabir surya
3.  banyak minum air putih saat harus beraktivitas di bawah cahaya matahari.


LATIHAN BAB 4 (Halaman 116)
I.
1.  B                                                                 6.  C
2.  A                                                                 7.  C
3.  C                                                                 8.  A
4.  A                                                                 9.  B
5.  A                                                                 10.C

II.
1.  panas dan cahaya
2.  vitamin D
3.  bayangan akan tampak lebih pendek dari bendanya
4.  timur dan barat
5.  cawan A
6.  mata
7.  pemanas air
8.  pagi dan sore hari
9.  dijemur
10.  sejuk dan segar
11.  timur
12.  haus atau dehidrasi
13.  membentuk sudut dengan benda
14.  topi, payung, atau lotion
15.  memasak makanannya.

III.
1.  gambar kedudukan matahari pada pagi, siang, dan sore hari (gambar tegantung siswa)
2.  cahaya matahari pagi baik untuk tubuh karena membantu pembentukan provitamin D untuk pertumbuhan tulang
3.  kegunaan panaas dan cahaya matahari bagi makhluk hidup:
  • Mengeringkan pakaian
  • Membuat garam
  • Menjemur gabah
  • Membuat ikan asin
  • Memanaskan air (pemanas air tenaga matahari)
  • Menjalankan mesin (tenaga panas matahari)
  • Membantu pembentukan provitamin D untuk pembentukan tulang
  1. jika di bumi tidak ada matahari maka (jawaban dapat bervariasi)
           bumi akan gelap, tidak ada panas matahari, tanaman layu, hewan mati, dll
      5.  Untuk menghindari bahaya yang ditimbulkan cahaya matahari yang terlalu    menyengat antara lain:
           a.  menggunakan payung dan kaca mata hitam saat beraktivitas di bawah   panas matahari
           b.  menggunakan pelindung (lotion) kulit yang mengandung tabir surya
           c.  banyak minum air putih saat harus beraktivitas di bawah cahaya matahari.



No comments: