9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio IPA Terpadu Sd


KUNCI JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 3

BAB 1.  CIRI-CIRI, PERTUMBUHAN, DAN LINGKUNGAN MAKHLUK HIDUP

Kegiatan 1 (Halaman 2)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pertanyaan
Hasil pengamatan
1
Setelah beberapa hari, apa yang terjadi pada tumbuhan yang di amati?
Pertumbuhan mengarah kea rah cahaya matahari
2
Apakah tumbuhan melakukan gerakan?
Ya
3
Apakah hewan bergerak?
Ya

Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan dapat bergerak

Kegiatan 2 (Halaman 3)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pertanyaan
Hasil pengamatan
1
Uap air adalah hasil dari proses pernapasan. apakah kamu menemukan uap air yang menjadi embun di bagian dalam kantong plastic?
Ya
2
Apakah tumbuhan bernapas?apa buktinya?
Ya. buktinya di kantong paltik bening terdapat uap air
3
Apakah hewan juga bernapas?apa buktinya?
Ya.  ada embusan udara dari hidung hewan ketika telapak tangan kita di dekatkan ke hidungnya.

Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan dapat bernapas.
percobaan ini membuktikan bahwa makhluk hidup bernapas.

Kegiatan 3 (Halaman 5)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi sesuai hasil kegiatan siswa)

Kesimpulan:
1.  tinggi badanku dari tahun ke tahun terus bertambah.
2.  berat badanku dari tahun ke tahun terus bertambah
3.  ukuran tubuhku dari tahun ke tahun terus membesar
4.  itu membuktikan bahwa aku mengalami pertumbuhan
5.  hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan
6.  buktinya adalah hewan dan tumbuhan bertambah tinggi badan dan ukuran.
7.  kegiatan ini membuktikan bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan.

Kegiatan 4 (Halaman 7)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pertanyaan
Hasil pengamatan
1
Apakah ikan (hewan membutuhkan makanan?
Ya
2
Apakah akibatnya jika ikan tidak memperoleh makanan?
Ikan akan kelaparan dan mati
3
Apakah tumbuhan juga membutuhkan makanan (air)?
Ya
4
Apakah akibatnya jika tumbuhan tidak memperoleh makanan (air)
Tumbuhan dapat layu kemudian mati

manusia juga perlu makanan.
Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan memerlukan makanan
artinya, makhluk hidup memerlukan makanan untuk tetap hidup.

Kegiatan 5 (Halaman 9)

Tabel Hasil Pengamatan

sesuai hasil gambar siswa.  cerita juga bervariasi pada setiap siswa.

kesimpulan:
manusia dapat berkembang biak.
hewan dan tumbuhan juga dapat berkembang biak
kegiatan ini membuktikan bahwa makhluk hidup berkembang biak.

Kegiatan 6 (Halaman 11)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pengamatan terhadap
Ciri-ciri makhluk hidup
Bergerak
Tumbuh
Makan
Berkembang biak
Bernapas
1
Kucing
V
V
V
V
V
2
Ikan
V
V
V
V
V
3
Tanaman
V
V
V
V
V
4
Batu
X
X
X
X
X
5
Air
V
X
X
X
X
6
Kayu
X
X
X
X
X
7
Ayam
V
V
V
V
V
8
gunting
X
X
X
X
X
9
Potongan logam (besi)
X
X
X
X
X
10
tanah
X
X
X
X
X

Kesimpulan:
  • Termasuk makhluk hidup yaitu kucing, ikan, ayam, dan tanaman
  • hal ini karena makhluk hidup memiliki ciri-ciri bergerak, tumbuh, makan,. berkembang biak, dan bernapas.
  • Termasuk benda tak hidup yaitu bati, air, katu, potongan besi, tanah, dan gunting.
  • hal ini karena bvenda tak hidup tidak memiliki ciri-ciri bergerak, tumbuh, makan,. berkembang biak, dan bernapas.

Kegiatan 7 (Halaman 13)

Tabel Hasil Pengamatan

kebutuhan manusia dan hewan
  • air
  • makanan]
  • udara
  • tempat tinggal

kebutuhan tumbuhan
  • air
  • makanan
  • udara

Jika kebutuhan makhluk hidup tidak terpenuhi akibatnya makhluk hidup dapat kelaparan, layu, bahkan mati.

persamaan antara kebutuhan manusia dan hewan dengana kebutuhan tumbuhan adalah
  • air
  • makanan
  • udara

perbedaan atara kebutuhan manusia dan hewan dengan kebutuhan tumbuhan adalah:
  • tempat tinggal

Kegiatan 8 (Halaman 15)

Tabel Hasil Pengamatan

Perbedaan
Hewan (ayam)
Tumbuhan
Cara bergerak
berjalan
Ke arah matahari
Cara bernapas
Melalui mulut/paruh
Melalui daun
Cara memperoleh makanan
Mencari sendiri di tanah atau lingkungan sekitar
Melalui akar
Cara berkembang biak
bertelur
Bertunas, dll

kesimpulan:
tumbuhan dan hewan memiliki cara yang berbeda-beda dalam bergerak, bernapas, memperoleh makanan dan berkembang biak.

Kegiatan 9 (Halaman 17)

Tabel Hasil Pengamatan

Kelompok hewan
Gambar hewan
Mamalia
Sapi, kambing, kelinci, kucing, anjing, monyet, paus
Burung
Elang, bebek, ayam
Reptile
Kadal, buaya, cicak, ular
Amfibi
Katak, kodok,
Ikan
Ikan hiu, ikan mas, ikan mas koki,
serangga
Belalang, nyamuk, capung, lalat, kupu-kupu

Kegiatan 10 (Halaman 20)

Tabel Hasil Pengamatan ((jawaban bervariasi)

No
Makhluk Hidup
Benda tak hidup
1
Ayam
Pensil
2
Bebek
Pulpen
3
Nyamuk
Buku
4
Semut
Televise
5
Anjing
Kursi
6
Kucing
Batu
7
Pohon mawar
Air
8
Pohon mangga
Tanah
9
Pohon jambu
Udara
10
Cacing
Baju
11
Burung
Bantal
12
Cicak
Sepatu
13
Tikus
Tas
14
Belalang
Jam tangan
15
Kupu-kupu
Dasi

Kegiatan 11 (Halaman 21)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

Kelompok tumbuhan
Nama tumbuhan
Tumbuhan berbunga
  • bunga matahari
  • mangga
  • mawar
  • anggrek
  • jagung
  • papaya
  • pisang
Tumbuhan tidak berbunga
  • semangka
  • sawi
  • kelapa
  • nanas
  • padi

Kegiatan 12 (Halaman 23)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

kesimpulan:

manusia mengalami pertumbuhan. yterbukti dari berbedanya ukuran telapak tangan antar orang yang satu dengan orang yang lain yang umurnya juga berbeda.

Kegiatan 13 (Halaman 25)

1.  makanan sehat dan bergizi harus memenuhi syarat empat sehat lima sempurna.
2.  karbohidrat
3.  buah-buahan dan sayur-sayuran
4.  pertumbuhan
5.  mandi
6.  delapan
7.  lari pagi, sehat
8.  kesehatan

Kegiatan 14 (Halaman 27)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)


Makanan ringan
Minuman ringan
Pewarna buatan
V
V
Nama pewarna buatan


Pengawet buatan
V
V
Nama pengawet buatan

Natrium benzoate
Penyedap buatan
V
V
Nama penyedap buatan
MSG

Tanggal kadaluarsa



kesimpulan:
makanan dan minuman mengunakan pewarna buatan, pengawet buatan, dan penyedap buatan.

Kegiatan 15 (Halaman 29)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan
untuk tumbuh dengan baik hewan memerlukan makanan, air, udara, dan tempat tinggal.
tumbuhan memerlukan makanan, air, udara

Kegiatan 16 (Halaman 32)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

No
Keadaan lingkungan
Ya
Tidak
1
Air yang kita minum tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna
V

2
Air selokan mengalir dengan lancer
V

3
Udara bersih, tidak banyak asap dan debu
V

4
Tanah bersih, tidak terdapat timbunan sampah
V

5
Tumbuhan tumbuh subur
V

6
Hewan peliharaan tumbuh sehat/tidak berpenyakit
V

7
Antar anggota keluarga hidup rukun
V

8
Antar tetangga hidup rukun
V


Lingkungan di sekitar rumahku adalah lingkungan bersih.
ciri-cirinya:
bersih, rapi, tidak banyak sampah, banyak tanaman, udara terasa segar, dll (jawaban bervariasi).

Kegiatan 17 (Halaman 34)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

Pencemaran Lingkungan
Penyebab
Pengaruh pencemaran bagi kesehatan
Cara mengatasi
Pencemaran air
  • membuang sampah ke sungai
  • limbah pabrik
  •  
  • menimbulkan penyakit kulit
  • kesulitan air bersih
  • kesehatan terganggu
  • membuang limbah yang aman
  • membuang sampah pada tempatnya
Pencemaran udara
  • asap kendaraan
  • asap rokok
  • asap pabrik
  • menimbulkan ganguan pernapasan
  • menyebabkan penyakit paru-paru
  • udara kotor dan tercemar
  • menanam banyak pohon di pinggir jalan
  • tidak merokok
  • menggunakan masker
Pencemaran tanah
  • pembuangan sampah sembarangan (plastic)
  • pembuangan limbah berbahaya
  • lingkungan menjadi kotor
  • bau tidak sedap
  • pertumbuhan tumbuhan terganggu
  • membuang sampah pada tempatnya
  • melakukan daur ulang

Kegiatan 18 (Halaman 35)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)
karangan sesuai hasil kreativitas siswa.

LATIHAN BAB 1 (Halaman 38)

I.  1.  B                                                             6.  C
    2.  B                                                             7.  C
    3.  A                                                             8.  C
    4.  B                                                             9.  B
    5.  A                                                             10.B

II.
1.  berkembang biak
2.  oksigen
3.  bertelur
4.  mamalia
5.  unggas/burung
6.  reptile
7.  amfibi
8.  serangga
9.  berbunga
10.  tidak berbunga
11.  cahaya matahari
12.  pretumbuhan
13.  4-3-2-1
14.  udara
15.  tempat sampah

III.
1.  5 ciri-ciri makhluk hidup:
  • bergerak
  • bernapas
  • tumbuh
  • memerlukan makanan
  • berkembang biak

2.  kucing termsuk hewan mamalia karena kucing berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya dan menyusui.

3.  agar tumbuh sehat, manusia memerlukan:
  • air
  • makanan
  • udara
  • tempat tinggal
]
4.  contoh menu 4 sehat 5 sempurna: (jawaban dapat bervariasi)
  • nasi
  • ayam goreng
  • sayur sop
  • buah jeruk
  • susu

5.  jika kita menggunakan air yang tercemar untuk minum dan mandi maka tubuh kita akan terkena bibit-bibit penyakit dan dapat mengganggu kesehatan tubuh.
(jawaban dapat bervariasi).



BAB 2.  SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA

Kegiatan 1 (Halaman 44)

Tabel Hasil Pengamatan

Benda

Bentuk
Kesimpulan
Sebelum dimasukkan
Setelah dimasukkan
Pensil
Penggaris
Penghapus
Pulpen
Koin


tetap


tetap
Bentuk benda tidak berubah ketika dimasukkan ke dalam tempat pensil

Sebelum diraut
Setelah diraut

pensil
tetap
berubah
Bentuk benda berubah ketika diraut

1.  benda-benda yang digunakan dalam kegiatan ini adalah benda berwujud padat.
2.  setelah dimasukkan ke tempat pensil, bentuk ebnda padat itu tetap.
3.  bentuk benda padat tidak mengikuti bentuk wadahnya.
4.  setelah benda (pensil)nmendaopat perlakuan yaitu di raut, bentuknya jadi berubah (lancip).

Kesimpulan:
sifat benda padat yaitu:
  • bentuknya selalu tetap.
  • bentuknya tidak mengikuti bentuk wadahnya.
  • bentuknya akan berubah jika mendapat perlakuan.

Kegiatan 2 (Halaman 46)

Tabel Hasil Pengamatan

Nama benda
Ciri-ciri benda padat
lunak
keras
kasar
halus
lentur
Rapuh
Kasur
V
-
-
V
V
-
Sendok
-
V
-
V
-
-
Amplas
-
V
V
-
-
-
Bedak
V
-
-
V
-
V
Karet gelang
V
-
-
V
V
V
Kerupuk
V
-
V
-
-
V
Buku
-
V
V
-
-
-
Busa
V
-
-
V
V
-
Kantong plastic
V
-
-
V
V
-
Sabun batangan
-
V
-
V
-
V
handuk
V
-
-
V
-
-

Kegiatan 3 (Halaman 47)

Tabel Hasil Pengamatan

1.  bentuk air dalam mangkuk seperti mangkuk.
2.  bentuk air dalam gelas seperti gelas.
3.  bentuk air yang diamsukkan ke dalam botol menjadi seperti botol.

Kesimpulan:
sifat benda cair yaitu:
  • bentuknya selalu berubah
  • bentuknya berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya.
  • benda cair dapat menyesuaikan bentuk dengan bentuk wadahnya.

Kegiatan 4 (Halaman 49)

Tabel Hasil Pengamatan

benda
Sebelum dibakar (dipanaskan)
Sesudah dibakar (dipanaskan)
warna
wujud
warna
Wujud
Lilin
Putih
padat
putih
Cair
Kertas putih
putih
padat
hitam
Padat
Es batu
bening
padat
bening
Cair
air
bening
cair
bening
Uap

es batu yang dibiarkan di tempat terbuka akan emncair.
contoh benda lain yang berubah wujud setelah dibakar atau dipanaskan aalah cokelat, margarine, dll.

Kesimpulan:
pembakaran dapat mengakibatkan perubahan warna, misalnya pada kertas yang dibakar.
pembakaran dapat menyebabkan perubahan wujud, misalnya pada es batu dan air yang dibakar (dipanaskan).








Kegiatan 5 (Halaman 51)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

bahan
Kegunaan
plastik
Untuk membuat paying, membuat ember, membuat jas hujan, membuat gayung, membuat kantong plastic, dll
kayu
Membuat meja, kursi, lemari, peralatan rumah tangga lainnya, membuat kerajinan tangan, membuat rumah, dll
kaca
Membuat cermin, membuat jendela, dll.
logam
Membuat panci, membuat wajan, membuat kompor, membuat kendaraan, dll
kertas
Membuat buku, membuat Koran, majalah, dll


LATIHAN BAB 2 (Halaman 53)

I.  1.  A                                                             6.  B
    2.  A                                                             7.  A
    3.  B                                                             8.  A
    4.  C                                                             9.  A
    5.  B                                                             10.B

II.

1.  Mengalir
2.  di beri perlakuan
3.  halus/licin
4.  hitam
5.  cair
6.  meleleh
7.  mengeras/membeku
8.  berjamur/mengeras
9.  plastic
10.  kayu
11.  kaca
12.  kertas
13.  kertas
14.  kaca
15 tidak

III.

1.  2 sifat benda padat:
  • bentuk benda padat tetap
  • bentuk benda padat tidak mengikuti bentuk wadahnya
2.  2 sifat benda cair:
  • bentuknya berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya
  • benda cair dapat mengalir

3.  jika mentega beku dipanaskan maka mentega akan mencair

4.  jika bensin didiamkan di tempat trebuka maka bensin lama kelamaan akan habis, karena bensin mudah menguap.

5.  5 contoh benda yang terbuat dari plastic:
  • ember
  • gayung
  • kantong plastic
  • paying
  • jas hujan


BAB 3.  GERAK DAN ENERGI

Kegiatan 1 (Halaman 58)

Tabel Hasil Pengamatan

Benda
Bentuk benda
Cara bergerak
Mudah
Sulit bergerak
Bola plastik
Bulat/bundar
V

Kotak korek api
Kotak

V
Kaleng susu/ sarden
silinder
V


kesimpulan:
benda berbentuk bulat/bundar dan silinder mudah bergerak.
benda berbentuk kotak sulit bergerak.
gerakan benda dipengaruhi oleh bentuk benda.

Kegiatan 2 (Halaman 60)

Tabel Hasil Pengamatan

Benda
Kecepatahn bergerak
Cepat
Lambat
Bola besar

V
Bola kecil
V


Kesimpulan:
Bola berukuran kecil paling cepat bergerak.

Kegiatan 3 (Halaman 61)

Hasil Pengamatan

1.  Mobil yang paling mudah bergerak adalah mobil A.
     Alasan (jawaban dapat bervariasi): mobil A menggunakan roda yang bentuknya bundar atau bulat sehingga memudahkan pergerakan benda.

2.  perahu atau kano yang paling mudah bergerak disungai A.
     Alasan (jawaban dapat bervariasi): sungai A memiliki aliran yang cukup deras sehingga memudahkan pergerakan perahu.

gerakan benda seperti roda berguna untuk menggerakkan mobil atau kendaraan.
gerakan benda seperti air berguna untuk menggerakkan perahu.

Kegiatan 4 (Halaman 63)

1.  sebelum dijemur pakaian masih basah.  setelah dijemur pakaian menjadi kering.  hal ini karena pakaian mendapat energi panas dari matahari.

2.  sebelum didekatkan ke kipas pita tidak bergerak.  setelah didekatkan ke kipas, pita jadi bergerak.  hal ini karena pita mendapat energi gerak dari kipas angin. 

3.  sebelum senar gitar dipetik, kita tidak mendengar bunyi.  setelah senar gitar dipetik kita jadi mendengar bunyi.  hal ini terjadi karena adanya petikan pada senar gitar.

energi
Berasal dari
pengaruhnya
Apakah dapat dilihat?
Apakah dapat dirasakan?
Panas
Matahari
Membuat pakaian kering

V
Gerak
Kipas Angin
Membuat pita bergerak

V
bunyi
gitar
Menimbulkan bunyi

V


Kegiatan 5 (Halaman 65)

1.  energi yang dihasilkan matahari adalah energi panas dan energi cahaya.
2.  energi yang dihasilkan adalah energi gerak.
3.  energi yang dihasilkan air yang mengalir adalah energi gerak.
4.  energi yang dihasilkan dari lonceng yang dipukul adalah energi bunyi.
5.  kegiatan di samping memanfaatkan energi panas yang berasal dari matahari.
6.  benda di samping memanfaatkan energi gerak yang berasal dari air.
7.  benda pada gambar di samping memerlukan energi listrik.
8.  energi listrik digunakan untuk menyalakan peralatan rumah tangga, misalnya televise, computer, radio, setrika, dll.
9.  Kita dapat beraktivitas karena memperoleh energi dari makanan.
10.kendaraan dapat bregerak karena mendapatkan energi dari bahan bakar (bensin).

Kegiatan 6 (Halaman 67)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Sumber energi
Kegunaan
1
matahari
Mengeringkan pakaian, pemanas air, menjalankan mesin.
2
angin
Mengeringkan pakaian
3
air
Menggerakkan benda-benda, menjalankan kincir air, menghasilkan energi listrik
4
BBm
Menjalankan kendaraan bermotor
5
listrik
Menyalakan peralatan rumah tangga
6
baterai
Menyalakan jam, radio, remote control, mainan, dll
7
makanan
Memberikan tenaga untuk melakukan kegiatan
8
Kayu bakar
Menyalakan kompor kayu, membuat api unggun

Kegiatan 7 (Halaman 68)

 (jawaban dapat bervariasi)

1.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya televise dimatikan ketika kita sedang tidur atau ketika televise tidak di tonton.

2.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya lampu dimatikan ketika hari sudah terang atau belum gelap.

3.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya air yang sudah penuh segera dimatikan.

4.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknyaac segera dimatikan ketika diruangan tidak ada orang.

5.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya ketika menyikat gigi keran air dimatikan dahulu, baru ketika akan digunakan dinyalakan kembali.

Cara menghemat energi:
1.  mematikan televise yang tidak di tonton.
2.  mematikan lampu ketika tidak digunakan atau hari masih terang.
3.  mematikan keran air jika kolam sudah penuh.
4.  mematikan ac ketika ruangan tidak digunakan.
5.  mematikan air ketika mengfgosok gigi di wastafel.

Kesimpulan:
energi dapat dihemat dengan mulai menghemat segala peralatan yang ada di rumah yang mengunakan listrik.



Kegiatan 7 (Halaman 70)

Kesimpulan:
Energi angin dapat diubah menjadi energi gerak.

LATIHAN BAB 3 (Halaman 73)

I.  1.  A                                                             6.  C
    2.  B                                                             7.  A
    3.  C                                                             8.  C
    4.  A                                                             9.  A
    5.  A                                                             10.A

II.

1.  Mudah
2.  matahari
3.  bunyi
4.  bunyi
5.  gerak
6.  gerak
7.  matahari
8.  menambah tenaga
9.  gas
10.  listrik
11.  angina
12.  baterai
13.  bahan baker minyak
14.  hemat
15.  gerak

III. 

1.  kelereng lebih mudah menggelinding daripada dadu karena bentuk kelereng bulat.  bentuk bulat lebih mudah menggelinding dibandingkan bentuk kotak.

2.  5 sumber energi: baterai, matahari, listrik, air, angin, bahan baker minyak

3.  kegunaan panas matahari: mengeringkan pakaian, menggerakkan mesin, dan membuat garam

4.  kegunaan energi angina:  menggerakkan kincir dan membangkitkan tenaga listrik.

5.  Cara menghemat energi:
1.  mematikan televise yang tidak di tonton.
2.  mematikan lampu ketika tidak digunakan atau hari masih terang.
3.  mematikan keran air jika kolam sudah penuh.
4.  mematikan ac ketika ruangan tidak digunakan.
5.  mematikan air ketika menggosok gigi di wastafel.


BAB 4.  PERMUKAAN BUMI DAN KEADAAN CUACA

Kegiatan 1 (Halaman 78)

Kesimpulan hasil diskusi (jawaban dapat bervariasi)

yang lebih luas adalah lautan.
perbandingannya adalah lautan:daratan = 3: 1

Kegiatan 2 (Halaman 79)

(jawaban dan keterangan siswa dapat bervariasi, tergantung gambar)

Kegiatan 3 (Halaman 81)

(jawaban dan keterangan siswa dapat bervariasi, tergantunghasil pengamatan)

Kegiatan 4 (Halaman 83)

cara manusia memelihara dan melestarikan alam:
  • menanami tanah yang gundul dengan pohon-pohonan.
  • melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan liar.
  • tidak mencemari lingkungan
  • membuang sampah pada tempatnya.

LATIHAN BAB 4 (Halaman 86)

I.  1.  A                                                             6.  C
    2.  A                                                             7.  A
    3.  A                                                             8.  B
    4.  A                                                             9.  C
    5.  A                                                             10.A

II.

1.  Lautan
2.  daratan
3.  lautan
4.  globe
5.  biru
6.  bulat
7.  benua
8.  matahari tertutup awan, udara tidak terlalu panas
9.  matahari bersinar terang, terik
10.  stratus
11.  cerah dan berawan
12.  hujan
13.  tanami pepohonan
14.  banjir dan tanah longsor
15.  menjaga

III.

1.  perbandingan antara luas daratan dan lautan di bumi adalah satu banding tiga.

2.  cuaca adalah keadaan udara pada satu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas.

3.  5 kondisi cuaca:
  • cerah
  • cerah dan berawan
  • berawan
  • berawan dan hujan
  • hujan

4.  tujuan manusia memakai pakaian tebal saat dingin supaya terlindungi dari udara dingin dan merasa hangat

5.  cara manusia memelihara dan melestarikan alam:
  • menanami tanah yang gundul dengan pohon-pohonan.
  • melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan liar.
  • tidak mencemari lingkungan
  • membuang sampah pada tempatnya.



Tidak ada komentar:

9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio IPA Terpadu Sd


KUNCI JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 3

BAB 1.  CIRI-CIRI, PERTUMBUHAN, DAN LINGKUNGAN MAKHLUK HIDUP

Kegiatan 1 (Halaman 2)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pertanyaan
Hasil pengamatan
1
Setelah beberapa hari, apa yang terjadi pada tumbuhan yang di amati?
Pertumbuhan mengarah kea rah cahaya matahari
2
Apakah tumbuhan melakukan gerakan?
Ya
3
Apakah hewan bergerak?
Ya

Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan dapat bergerak

Kegiatan 2 (Halaman 3)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pertanyaan
Hasil pengamatan
1
Uap air adalah hasil dari proses pernapasan. apakah kamu menemukan uap air yang menjadi embun di bagian dalam kantong plastic?
Ya
2
Apakah tumbuhan bernapas?apa buktinya?
Ya. buktinya di kantong paltik bening terdapat uap air
3
Apakah hewan juga bernapas?apa buktinya?
Ya.  ada embusan udara dari hidung hewan ketika telapak tangan kita di dekatkan ke hidungnya.

Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan dapat bernapas.
percobaan ini membuktikan bahwa makhluk hidup bernapas.

Kegiatan 3 (Halaman 5)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi sesuai hasil kegiatan siswa)

Kesimpulan:
1.  tinggi badanku dari tahun ke tahun terus bertambah.
2.  berat badanku dari tahun ke tahun terus bertambah
3.  ukuran tubuhku dari tahun ke tahun terus membesar
4.  itu membuktikan bahwa aku mengalami pertumbuhan
5.  hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan
6.  buktinya adalah hewan dan tumbuhan bertambah tinggi badan dan ukuran.
7.  kegiatan ini membuktikan bahwa makhluk hidup mengalami pertumbuhan.

Kegiatan 4 (Halaman 7)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pertanyaan
Hasil pengamatan
1
Apakah ikan (hewan membutuhkan makanan?
Ya
2
Apakah akibatnya jika ikan tidak memperoleh makanan?
Ikan akan kelaparan dan mati
3
Apakah tumbuhan juga membutuhkan makanan (air)?
Ya
4
Apakah akibatnya jika tumbuhan tidak memperoleh makanan (air)
Tumbuhan dapat layu kemudian mati

manusia juga perlu makanan.
Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan memerlukan makanan
artinya, makhluk hidup memerlukan makanan untuk tetap hidup.

Kegiatan 5 (Halaman 9)

Tabel Hasil Pengamatan

sesuai hasil gambar siswa.  cerita juga bervariasi pada setiap siswa.

kesimpulan:
manusia dapat berkembang biak.
hewan dan tumbuhan juga dapat berkembang biak
kegiatan ini membuktikan bahwa makhluk hidup berkembang biak.

Kegiatan 6 (Halaman 11)

Tabel Hasil Pengamatan

No
Pengamatan terhadap
Ciri-ciri makhluk hidup
Bergerak
Tumbuh
Makan
Berkembang biak
Bernapas
1
Kucing
V
V
V
V
V
2
Ikan
V
V
V
V
V
3
Tanaman
V
V
V
V
V
4
Batu
X
X
X
X
X
5
Air
V
X
X
X
X
6
Kayu
X
X
X
X
X
7
Ayam
V
V
V
V
V
8
gunting
X
X
X
X
X
9
Potongan logam (besi)
X
X
X
X
X
10
tanah
X
X
X
X
X

Kesimpulan:
  • Termasuk makhluk hidup yaitu kucing, ikan, ayam, dan tanaman
  • hal ini karena makhluk hidup memiliki ciri-ciri bergerak, tumbuh, makan,. berkembang biak, dan bernapas.
  • Termasuk benda tak hidup yaitu bati, air, katu, potongan besi, tanah, dan gunting.
  • hal ini karena bvenda tak hidup tidak memiliki ciri-ciri bergerak, tumbuh, makan,. berkembang biak, dan bernapas.

Kegiatan 7 (Halaman 13)

Tabel Hasil Pengamatan

kebutuhan manusia dan hewan
  • air
  • makanan]
  • udara
  • tempat tinggal

kebutuhan tumbuhan
  • air
  • makanan
  • udara

Jika kebutuhan makhluk hidup tidak terpenuhi akibatnya makhluk hidup dapat kelaparan, layu, bahkan mati.

persamaan antara kebutuhan manusia dan hewan dengana kebutuhan tumbuhan adalah
  • air
  • makanan
  • udara

perbedaan atara kebutuhan manusia dan hewan dengan kebutuhan tumbuhan adalah:
  • tempat tinggal

Kegiatan 8 (Halaman 15)

Tabel Hasil Pengamatan

Perbedaan
Hewan (ayam)
Tumbuhan
Cara bergerak
berjalan
Ke arah matahari
Cara bernapas
Melalui mulut/paruh
Melalui daun
Cara memperoleh makanan
Mencari sendiri di tanah atau lingkungan sekitar
Melalui akar
Cara berkembang biak
bertelur
Bertunas, dll

kesimpulan:
tumbuhan dan hewan memiliki cara yang berbeda-beda dalam bergerak, bernapas, memperoleh makanan dan berkembang biak.

Kegiatan 9 (Halaman 17)

Tabel Hasil Pengamatan

Kelompok hewan
Gambar hewan
Mamalia
Sapi, kambing, kelinci, kucing, anjing, monyet, paus
Burung
Elang, bebek, ayam
Reptile
Kadal, buaya, cicak, ular
Amfibi
Katak, kodok,
Ikan
Ikan hiu, ikan mas, ikan mas koki,
serangga
Belalang, nyamuk, capung, lalat, kupu-kupu

Kegiatan 10 (Halaman 20)

Tabel Hasil Pengamatan ((jawaban bervariasi)

No
Makhluk Hidup
Benda tak hidup
1
Ayam
Pensil
2
Bebek
Pulpen
3
Nyamuk
Buku
4
Semut
Televise
5
Anjing
Kursi
6
Kucing
Batu
7
Pohon mawar
Air
8
Pohon mangga
Tanah
9
Pohon jambu
Udara
10
Cacing
Baju
11
Burung
Bantal
12
Cicak
Sepatu
13
Tikus
Tas
14
Belalang
Jam tangan
15
Kupu-kupu
Dasi

Kegiatan 11 (Halaman 21)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

Kelompok tumbuhan
Nama tumbuhan
Tumbuhan berbunga
  • bunga matahari
  • mangga
  • mawar
  • anggrek
  • jagung
  • papaya
  • pisang
Tumbuhan tidak berbunga
  • semangka
  • sawi
  • kelapa
  • nanas
  • padi

Kegiatan 12 (Halaman 23)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

kesimpulan:

manusia mengalami pertumbuhan. yterbukti dari berbedanya ukuran telapak tangan antar orang yang satu dengan orang yang lain yang umurnya juga berbeda.

Kegiatan 13 (Halaman 25)

1.  makanan sehat dan bergizi harus memenuhi syarat empat sehat lima sempurna.
2.  karbohidrat
3.  buah-buahan dan sayur-sayuran
4.  pertumbuhan
5.  mandi
6.  delapan
7.  lari pagi, sehat
8.  kesehatan

Kegiatan 14 (Halaman 27)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)


Makanan ringan
Minuman ringan
Pewarna buatan
V
V
Nama pewarna buatan


Pengawet buatan
V
V
Nama pengawet buatan

Natrium benzoate
Penyedap buatan
V
V
Nama penyedap buatan
MSG

Tanggal kadaluarsa



kesimpulan:
makanan dan minuman mengunakan pewarna buatan, pengawet buatan, dan penyedap buatan.

Kegiatan 15 (Halaman 29)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

Kesimpulan:
hewan dan tumbuhan mengalami pertumbuhan
untuk tumbuh dengan baik hewan memerlukan makanan, air, udara, dan tempat tinggal.
tumbuhan memerlukan makanan, air, udara

Kegiatan 16 (Halaman 32)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

No
Keadaan lingkungan
Ya
Tidak
1
Air yang kita minum tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna
V

2
Air selokan mengalir dengan lancer
V

3
Udara bersih, tidak banyak asap dan debu
V

4
Tanah bersih, tidak terdapat timbunan sampah
V

5
Tumbuhan tumbuh subur
V

6
Hewan peliharaan tumbuh sehat/tidak berpenyakit
V

7
Antar anggota keluarga hidup rukun
V

8
Antar tetangga hidup rukun
V


Lingkungan di sekitar rumahku adalah lingkungan bersih.
ciri-cirinya:
bersih, rapi, tidak banyak sampah, banyak tanaman, udara terasa segar, dll (jawaban bervariasi).

Kegiatan 17 (Halaman 34)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)

Pencemaran Lingkungan
Penyebab
Pengaruh pencemaran bagi kesehatan
Cara mengatasi
Pencemaran air
  • membuang sampah ke sungai
  • limbah pabrik
  •  
  • menimbulkan penyakit kulit
  • kesulitan air bersih
  • kesehatan terganggu
  • membuang limbah yang aman
  • membuang sampah pada tempatnya
Pencemaran udara
  • asap kendaraan
  • asap rokok
  • asap pabrik
  • menimbulkan ganguan pernapasan
  • menyebabkan penyakit paru-paru
  • udara kotor dan tercemar
  • menanam banyak pohon di pinggir jalan
  • tidak merokok
  • menggunakan masker
Pencemaran tanah
  • pembuangan sampah sembarangan (plastic)
  • pembuangan limbah berbahaya
  • lingkungan menjadi kotor
  • bau tidak sedap
  • pertumbuhan tumbuhan terganggu
  • membuang sampah pada tempatnya
  • melakukan daur ulang

Kegiatan 18 (Halaman 35)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban bervariasi)
karangan sesuai hasil kreativitas siswa.

LATIHAN BAB 1 (Halaman 38)

I.  1.  B                                                             6.  C
    2.  B                                                             7.  C
    3.  A                                                             8.  C
    4.  B                                                             9.  B
    5.  A                                                             10.B

II.
1.  berkembang biak
2.  oksigen
3.  bertelur
4.  mamalia
5.  unggas/burung
6.  reptile
7.  amfibi
8.  serangga
9.  berbunga
10.  tidak berbunga
11.  cahaya matahari
12.  pretumbuhan
13.  4-3-2-1
14.  udara
15.  tempat sampah

III.
1.  5 ciri-ciri makhluk hidup:
  • bergerak
  • bernapas
  • tumbuh
  • memerlukan makanan
  • berkembang biak

2.  kucing termsuk hewan mamalia karena kucing berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya dan menyusui.

3.  agar tumbuh sehat, manusia memerlukan:
  • air
  • makanan
  • udara
  • tempat tinggal
]
4.  contoh menu 4 sehat 5 sempurna: (jawaban dapat bervariasi)
  • nasi
  • ayam goreng
  • sayur sop
  • buah jeruk
  • susu

5.  jika kita menggunakan air yang tercemar untuk minum dan mandi maka tubuh kita akan terkena bibit-bibit penyakit dan dapat mengganggu kesehatan tubuh.
(jawaban dapat bervariasi).



BAB 2.  SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA

Kegiatan 1 (Halaman 44)

Tabel Hasil Pengamatan

Benda

Bentuk
Kesimpulan
Sebelum dimasukkan
Setelah dimasukkan
Pensil
Penggaris
Penghapus
Pulpen
Koin


tetap


tetap
Bentuk benda tidak berubah ketika dimasukkan ke dalam tempat pensil

Sebelum diraut
Setelah diraut

pensil
tetap
berubah
Bentuk benda berubah ketika diraut

1.  benda-benda yang digunakan dalam kegiatan ini adalah benda berwujud padat.
2.  setelah dimasukkan ke tempat pensil, bentuk ebnda padat itu tetap.
3.  bentuk benda padat tidak mengikuti bentuk wadahnya.
4.  setelah benda (pensil)nmendaopat perlakuan yaitu di raut, bentuknya jadi berubah (lancip).

Kesimpulan:
sifat benda padat yaitu:
  • bentuknya selalu tetap.
  • bentuknya tidak mengikuti bentuk wadahnya.
  • bentuknya akan berubah jika mendapat perlakuan.

Kegiatan 2 (Halaman 46)

Tabel Hasil Pengamatan

Nama benda
Ciri-ciri benda padat
lunak
keras
kasar
halus
lentur
Rapuh
Kasur
V
-
-
V
V
-
Sendok
-
V
-
V
-
-
Amplas
-
V
V
-
-
-
Bedak
V
-
-
V
-
V
Karet gelang
V
-
-
V
V
V
Kerupuk
V
-
V
-
-
V
Buku
-
V
V
-
-
-
Busa
V
-
-
V
V
-
Kantong plastic
V
-
-
V
V
-
Sabun batangan
-
V
-
V
-
V
handuk
V
-
-
V
-
-

Kegiatan 3 (Halaman 47)

Tabel Hasil Pengamatan

1.  bentuk air dalam mangkuk seperti mangkuk.
2.  bentuk air dalam gelas seperti gelas.
3.  bentuk air yang diamsukkan ke dalam botol menjadi seperti botol.

Kesimpulan:
sifat benda cair yaitu:
  • bentuknya selalu berubah
  • bentuknya berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya.
  • benda cair dapat menyesuaikan bentuk dengan bentuk wadahnya.

Kegiatan 4 (Halaman 49)

Tabel Hasil Pengamatan

benda
Sebelum dibakar (dipanaskan)
Sesudah dibakar (dipanaskan)
warna
wujud
warna
Wujud
Lilin
Putih
padat
putih
Cair
Kertas putih
putih
padat
hitam
Padat
Es batu
bening
padat
bening
Cair
air
bening
cair
bening
Uap

es batu yang dibiarkan di tempat terbuka akan emncair.
contoh benda lain yang berubah wujud setelah dibakar atau dipanaskan aalah cokelat, margarine, dll.

Kesimpulan:
pembakaran dapat mengakibatkan perubahan warna, misalnya pada kertas yang dibakar.
pembakaran dapat menyebabkan perubahan wujud, misalnya pada es batu dan air yang dibakar (dipanaskan).








Kegiatan 5 (Halaman 51)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

bahan
Kegunaan
plastik
Untuk membuat paying, membuat ember, membuat jas hujan, membuat gayung, membuat kantong plastic, dll
kayu
Membuat meja, kursi, lemari, peralatan rumah tangga lainnya, membuat kerajinan tangan, membuat rumah, dll
kaca
Membuat cermin, membuat jendela, dll.
logam
Membuat panci, membuat wajan, membuat kompor, membuat kendaraan, dll
kertas
Membuat buku, membuat Koran, majalah, dll


LATIHAN BAB 2 (Halaman 53)

I.  1.  A                                                             6.  B
    2.  A                                                             7.  A
    3.  B                                                             8.  A
    4.  C                                                             9.  A
    5.  B                                                             10.B

II.

1.  Mengalir
2.  di beri perlakuan
3.  halus/licin
4.  hitam
5.  cair
6.  meleleh
7.  mengeras/membeku
8.  berjamur/mengeras
9.  plastic
10.  kayu
11.  kaca
12.  kertas
13.  kertas
14.  kaca
15 tidak

III.

1.  2 sifat benda padat:
  • bentuk benda padat tetap
  • bentuk benda padat tidak mengikuti bentuk wadahnya
2.  2 sifat benda cair:
  • bentuknya berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya
  • benda cair dapat mengalir

3.  jika mentega beku dipanaskan maka mentega akan mencair

4.  jika bensin didiamkan di tempat trebuka maka bensin lama kelamaan akan habis, karena bensin mudah menguap.

5.  5 contoh benda yang terbuat dari plastic:
  • ember
  • gayung
  • kantong plastic
  • paying
  • jas hujan


BAB 3.  GERAK DAN ENERGI

Kegiatan 1 (Halaman 58)

Tabel Hasil Pengamatan

Benda
Bentuk benda
Cara bergerak
Mudah
Sulit bergerak
Bola plastik
Bulat/bundar
V

Kotak korek api
Kotak

V
Kaleng susu/ sarden
silinder
V


kesimpulan:
benda berbentuk bulat/bundar dan silinder mudah bergerak.
benda berbentuk kotak sulit bergerak.
gerakan benda dipengaruhi oleh bentuk benda.

Kegiatan 2 (Halaman 60)

Tabel Hasil Pengamatan

Benda
Kecepatahn bergerak
Cepat
Lambat
Bola besar

V
Bola kecil
V


Kesimpulan:
Bola berukuran kecil paling cepat bergerak.

Kegiatan 3 (Halaman 61)

Hasil Pengamatan

1.  Mobil yang paling mudah bergerak adalah mobil A.
     Alasan (jawaban dapat bervariasi): mobil A menggunakan roda yang bentuknya bundar atau bulat sehingga memudahkan pergerakan benda.

2.  perahu atau kano yang paling mudah bergerak disungai A.
     Alasan (jawaban dapat bervariasi): sungai A memiliki aliran yang cukup deras sehingga memudahkan pergerakan perahu.

gerakan benda seperti roda berguna untuk menggerakkan mobil atau kendaraan.
gerakan benda seperti air berguna untuk menggerakkan perahu.

Kegiatan 4 (Halaman 63)

1.  sebelum dijemur pakaian masih basah.  setelah dijemur pakaian menjadi kering.  hal ini karena pakaian mendapat energi panas dari matahari.

2.  sebelum didekatkan ke kipas pita tidak bergerak.  setelah didekatkan ke kipas, pita jadi bergerak.  hal ini karena pita mendapat energi gerak dari kipas angin. 

3.  sebelum senar gitar dipetik, kita tidak mendengar bunyi.  setelah senar gitar dipetik kita jadi mendengar bunyi.  hal ini terjadi karena adanya petikan pada senar gitar.

energi
Berasal dari
pengaruhnya
Apakah dapat dilihat?
Apakah dapat dirasakan?
Panas
Matahari
Membuat pakaian kering

V
Gerak
Kipas Angin
Membuat pita bergerak

V
bunyi
gitar
Menimbulkan bunyi

V


Kegiatan 5 (Halaman 65)

1.  energi yang dihasilkan matahari adalah energi panas dan energi cahaya.
2.  energi yang dihasilkan adalah energi gerak.
3.  energi yang dihasilkan air yang mengalir adalah energi gerak.
4.  energi yang dihasilkan dari lonceng yang dipukul adalah energi bunyi.
5.  kegiatan di samping memanfaatkan energi panas yang berasal dari matahari.
6.  benda di samping memanfaatkan energi gerak yang berasal dari air.
7.  benda pada gambar di samping memerlukan energi listrik.
8.  energi listrik digunakan untuk menyalakan peralatan rumah tangga, misalnya televise, computer, radio, setrika, dll.
9.  Kita dapat beraktivitas karena memperoleh energi dari makanan.
10.kendaraan dapat bregerak karena mendapatkan energi dari bahan bakar (bensin).

Kegiatan 6 (Halaman 67)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Sumber energi
Kegunaan
1
matahari
Mengeringkan pakaian, pemanas air, menjalankan mesin.
2
angin
Mengeringkan pakaian
3
air
Menggerakkan benda-benda, menjalankan kincir air, menghasilkan energi listrik
4
BBm
Menjalankan kendaraan bermotor
5
listrik
Menyalakan peralatan rumah tangga
6
baterai
Menyalakan jam, radio, remote control, mainan, dll
7
makanan
Memberikan tenaga untuk melakukan kegiatan
8
Kayu bakar
Menyalakan kompor kayu, membuat api unggun

Kegiatan 7 (Halaman 68)

 (jawaban dapat bervariasi)

1.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya televise dimatikan ketika kita sedang tidur atau ketika televise tidak di tonton.

2.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya lampu dimatikan ketika hari sudah terang atau belum gelap.

3.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya air yang sudah penuh segera dimatikan.

4.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknyaac segera dimatikan ketika diruangan tidak ada orang.

5.  pendapatku: hal tersebut membuang-buang energi listrik dan termasuk pemborosan.
     saran: sebaiknya ketika menyikat gigi keran air dimatikan dahulu, baru ketika akan digunakan dinyalakan kembali.

Cara menghemat energi:
1.  mematikan televise yang tidak di tonton.
2.  mematikan lampu ketika tidak digunakan atau hari masih terang.
3.  mematikan keran air jika kolam sudah penuh.
4.  mematikan ac ketika ruangan tidak digunakan.
5.  mematikan air ketika mengfgosok gigi di wastafel.

Kesimpulan:
energi dapat dihemat dengan mulai menghemat segala peralatan yang ada di rumah yang mengunakan listrik.



Kegiatan 7 (Halaman 70)

Kesimpulan:
Energi angin dapat diubah menjadi energi gerak.

LATIHAN BAB 3 (Halaman 73)

I.  1.  A                                                             6.  C
    2.  B                                                             7.  A
    3.  C                                                             8.  C
    4.  A                                                             9.  A
    5.  A                                                             10.A

II.

1.  Mudah
2.  matahari
3.  bunyi
4.  bunyi
5.  gerak
6.  gerak
7.  matahari
8.  menambah tenaga
9.  gas
10.  listrik
11.  angina
12.  baterai
13.  bahan baker minyak
14.  hemat
15.  gerak

III. 

1.  kelereng lebih mudah menggelinding daripada dadu karena bentuk kelereng bulat.  bentuk bulat lebih mudah menggelinding dibandingkan bentuk kotak.

2.  5 sumber energi: baterai, matahari, listrik, air, angin, bahan baker minyak

3.  kegunaan panas matahari: mengeringkan pakaian, menggerakkan mesin, dan membuat garam

4.  kegunaan energi angina:  menggerakkan kincir dan membangkitkan tenaga listrik.

5.  Cara menghemat energi:
1.  mematikan televise yang tidak di tonton.
2.  mematikan lampu ketika tidak digunakan atau hari masih terang.
3.  mematikan keran air jika kolam sudah penuh.
4.  mematikan ac ketika ruangan tidak digunakan.
5.  mematikan air ketika menggosok gigi di wastafel.


BAB 4.  PERMUKAAN BUMI DAN KEADAAN CUACA

Kegiatan 1 (Halaman 78)

Kesimpulan hasil diskusi (jawaban dapat bervariasi)

yang lebih luas adalah lautan.
perbandingannya adalah lautan:daratan = 3: 1

Kegiatan 2 (Halaman 79)

(jawaban dan keterangan siswa dapat bervariasi, tergantung gambar)

Kegiatan 3 (Halaman 81)

(jawaban dan keterangan siswa dapat bervariasi, tergantunghasil pengamatan)

Kegiatan 4 (Halaman 83)

cara manusia memelihara dan melestarikan alam:
  • menanami tanah yang gundul dengan pohon-pohonan.
  • melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan liar.
  • tidak mencemari lingkungan
  • membuang sampah pada tempatnya.

LATIHAN BAB 4 (Halaman 86)

I.  1.  A                                                             6.  C
    2.  A                                                             7.  A
    3.  A                                                             8.  B
    4.  A                                                             9.  C
    5.  A                                                             10.A

II.

1.  Lautan
2.  daratan
3.  lautan
4.  globe
5.  biru
6.  bulat
7.  benua
8.  matahari tertutup awan, udara tidak terlalu panas
9.  matahari bersinar terang, terik
10.  stratus
11.  cerah dan berawan
12.  hujan
13.  tanami pepohonan
14.  banjir dan tanah longsor
15.  menjaga

III.

1.  perbandingan antara luas daratan dan lautan di bumi adalah satu banding tiga.

2.  cuaca adalah keadaan udara pada satu wilayah tertentu dalam jangka waktu terbatas.

3.  5 kondisi cuaca:
  • cerah
  • cerah dan berawan
  • berawan
  • berawan dan hujan
  • hujan

4.  tujuan manusia memakai pakaian tebal saat dingin supaya terlindungi dari udara dingin dan merasa hangat

5.  cara manusia memelihara dan melestarikan alam:
  • menanami tanah yang gundul dengan pohon-pohonan.
  • melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan liar.
  • tidak mencemari lingkungan
  • membuang sampah pada tempatnya.



Tidak ada komentar: