KUNCI
JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 3
BAB 1. CIRI-CIRI, PERTUMBUHAN, DAN LINGKUNGAN
MAKHLUK HIDUP
Kegiatan 1 (Halaman
2)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Pertanyaan
|
Hasil pengamatan
|
1
|
Setelah
beberapa hari, apa yang terjadi pada tumbuhan yang di amati?
|
Pertumbuhan
mengarah kea rah cahaya matahari
|
2
|
Apakah
tumbuhan melakukan gerakan?
|
Ya
|
3
|
Apakah
hewan bergerak?
|
Ya
|
Kesimpulan:
hewan
dan tumbuhan dapat bergerak
Kegiatan 2 (Halaman
3)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Pertanyaan
|
Hasil pengamatan
|
1
|
Uap
air adalah hasil dari proses pernapasan. apakah kamu menemukan uap air yang
menjadi embun di bagian dalam kantong plastic?
|
Ya
|
2
|
Apakah
tumbuhan bernapas?apa buktinya?
|
Ya.
buktinya di kantong paltik bening terdapat uap air
|
3
|
Apakah
hewan juga bernapas?apa buktinya?
|
Ya. ada embusan udara dari hidung hewan ketika
telapak tangan kita di dekatkan ke hidungnya.
|
Kesimpulan:
hewan
dan tumbuhan dapat bernapas.
percobaan
ini membuktikan bahwa makhluk hidup bernapas.
Kegiatan 3 (Halaman
5)
Tabel Hasil Pengamatan
(jawaban bervariasi sesuai hasil kegiatan siswa)
Kesimpulan:
1. tinggi badanku dari tahun ke tahun terus
bertambah.
2. berat badanku dari tahun ke tahun terus
bertambah
3. ukuran tubuhku dari tahun ke tahun terus
membesar
4. itu membuktikan bahwa aku mengalami
pertumbuhan
5. hewan dan tumbuhan juga mengalami pertumbuhan
6. buktinya adalah hewan dan tumbuhan bertambah
tinggi badan dan ukuran.
7. kegiatan ini membuktikan bahwa makhluk hidup
mengalami pertumbuhan.
Kegiatan 4 (Halaman
7)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Pertanyaan
|
Hasil pengamatan
|
1
|
Apakah
ikan (hewan membutuhkan makanan?
|
Ya
|
2
|
Apakah
akibatnya jika ikan tidak memperoleh makanan?
|
Ikan
akan kelaparan dan mati
|
3
|
Apakah
tumbuhan juga membutuhkan makanan (air)?
|
Ya
|
4
|
Apakah
akibatnya jika tumbuhan tidak memperoleh makanan (air)
|
Tumbuhan
dapat layu kemudian mati
|
manusia
juga perlu makanan.
Kesimpulan:
hewan
dan tumbuhan memerlukan makanan
artinya,
makhluk hidup memerlukan makanan untuk tetap hidup.
Kegiatan 5 (Halaman 9)
Tabel Hasil Pengamatan
sesuai
hasil gambar siswa. cerita juga
bervariasi pada setiap siswa.
kesimpulan:
manusia
dapat berkembang biak.
hewan
dan tumbuhan juga dapat berkembang biak
kegiatan
ini membuktikan bahwa makhluk hidup berkembang biak.
Kegiatan 6 (Halaman
11)
Tabel Hasil
Pengamatan
No
|
Pengamatan terhadap
|
Ciri-ciri makhluk
hidup
|
||||
Bergerak
|
Tumbuh
|
Makan
|
Berkembang biak
|
Bernapas
|
||
1
|
Kucing
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
2
|
Ikan
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
3
|
Tanaman
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
4
|
Batu
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
5
|
Air
|
V
|
X
|
X
|
X
|
X
|
6
|
Kayu
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
7
|
Ayam
|
V
|
V
|
V
|
V
|
V
|
8
|
gunting
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
9
|
Potongan
logam (besi)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
10
|
tanah
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
Kesimpulan:
- Termasuk makhluk hidup yaitu kucing, ikan, ayam, dan tanaman
- hal ini karena makhluk hidup memiliki ciri-ciri bergerak, tumbuh, makan,. berkembang biak, dan bernapas.
- Termasuk benda tak hidup yaitu bati, air, katu, potongan besi, tanah, dan gunting.
- hal ini karena bvenda tak hidup tidak memiliki ciri-ciri bergerak, tumbuh, makan,. berkembang biak, dan bernapas.
Kegiatan 7 (Halaman
13)
Tabel Hasil
Pengamatan
kebutuhan
manusia dan hewan
- air
- makanan]
- udara
- tempat tinggal
kebutuhan
tumbuhan
- air
- makanan
- udara
Jika
kebutuhan makhluk hidup tidak terpenuhi akibatnya makhluk hidup dapat
kelaparan, layu, bahkan mati.
persamaan
antara kebutuhan manusia dan hewan dengana kebutuhan tumbuhan adalah
- air
- makanan
- udara
perbedaan
atara kebutuhan manusia dan hewan dengan kebutuhan tumbuhan adalah:
- tempat tinggal
Kegiatan 8 (Halaman
15)
Tabel Hasil
Pengamatan
Perbedaan
|
Hewan (ayam)
|
Tumbuhan
|
Cara
bergerak
|
berjalan
|
Ke
arah matahari
|
Cara
bernapas
|
Melalui
mulut/paruh
|
Melalui
daun
|
Cara
memperoleh makanan
|
Mencari
sendiri di tanah atau lingkungan sekitar
|
Melalui
akar
|
Cara
berkembang biak
|
bertelur
|
Bertunas,
dll
|
kesimpulan:
tumbuhan
dan hewan memiliki cara yang berbeda-beda dalam bergerak, bernapas, memperoleh
makanan dan berkembang biak.
Kegiatan 9 (Halaman
17)
Tabel Hasil
Pengamatan
Kelompok hewan
|
Gambar hewan
|
Mamalia
|
Sapi,
kambing, kelinci, kucing, anjing, monyet, paus
|
Burung
|
Elang,
bebek, ayam
|
Reptile
|
Kadal,
buaya, cicak, ular
|
Amfibi
|
Katak,
kodok,
|
Ikan
|
Ikan
hiu, ikan mas, ikan mas koki,
|
serangga
|
Belalang,
nyamuk, capung, lalat, kupu-kupu
|
Kegiatan 10 (Halaman
20)
Tabel Hasil
Pengamatan ((jawaban bervariasi)
No
|
Makhluk Hidup
|
Benda tak hidup
|
1
|
Ayam
|
Pensil
|
2
|
Bebek
|
Pulpen
|
3
|
Nyamuk
|
Buku
|
4
|
Semut
|
Televise
|
5
|
Anjing
|
Kursi
|
6
|
Kucing
|
Batu
|
7
|
Pohon
mawar
|
Air
|
8
|
Pohon
mangga
|
Tanah
|
9
|
Pohon
jambu
|
Udara
|
10
|
Cacing
|
Baju
|
11
|
Burung
|
Bantal
|
12
|
Cicak
|
Sepatu
|
13
|
Tikus
|
Tas
|
14
|
Belalang
|
Jam
tangan
|
15
|
Kupu-kupu
|
Dasi
|
Kegiatan 11 (Halaman
21)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban bervariasi)
Kelompok
tumbuhan
|
Nama
tumbuhan
|
Tumbuhan
berbunga
|
|
Tumbuhan
tidak berbunga
|
|
Kegiatan 12 (Halaman
23)
Tabel Hasil Pengamatan
(jawaban bervariasi)
kesimpulan:
manusia
mengalami pertumbuhan. yterbukti dari berbedanya ukuran telapak tangan antar
orang yang satu dengan orang yang lain yang umurnya juga berbeda.
Kegiatan 13 (Halaman
25)
1. makanan sehat dan bergizi harus memenuhi
syarat empat sehat lima sempurna.
2. karbohidrat
3. buah-buahan dan sayur-sayuran
4. pertumbuhan
5. mandi
6. delapan
7. lari pagi, sehat
8. kesehatan
Kegiatan 14 (Halaman
27)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban bervariasi)
|
Makanan ringan
|
Minuman ringan
|
Pewarna
buatan
|
V
|
V
|
Nama
pewarna buatan
|
|
|
Pengawet
buatan
|
V
|
V
|
Nama
pengawet buatan
|
|
Natrium benzoate
|
Penyedap
buatan
|
V
|
V
|
Nama
penyedap buatan
|
MSG
|
|
Tanggal
kadaluarsa
|
|
|
kesimpulan:
makanan
dan minuman mengunakan pewarna buatan, pengawet buatan, dan penyedap buatan.
Kegiatan 15 (Halaman
29)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban bervariasi)
Kesimpulan:
hewan
dan tumbuhan mengalami pertumbuhan
untuk
tumbuh dengan baik hewan memerlukan makanan, air, udara, dan tempat tinggal.
tumbuhan
memerlukan makanan, air, udara
Kegiatan 16 (Halaman
32)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban bervariasi)
No
|
Keadaan lingkungan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Air
yang kita minum tidak berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna
|
V
|
|
2
|
Air
selokan mengalir dengan lancer
|
V
|
|
3
|
Udara
bersih, tidak banyak asap dan debu
|
V
|
|
4
|
Tanah
bersih, tidak terdapat timbunan sampah
|
V
|
|
5
|
Tumbuhan
tumbuh subur
|
V
|
|
6
|
Hewan
peliharaan tumbuh sehat/tidak berpenyakit
|
V
|
|
7
|
Antar
anggota keluarga hidup rukun
|
V
|
|
8
|
Antar
tetangga hidup rukun
|
V
|
|
Lingkungan
di sekitar rumahku adalah lingkungan bersih.
ciri-cirinya:
bersih,
rapi, tidak banyak sampah, banyak tanaman, udara terasa segar, dll (jawaban
bervariasi).
Kegiatan 17 (Halaman
34)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban bervariasi)
Pencemaran
Lingkungan
|
Penyebab
|
Pengaruh pencemaran
bagi kesehatan
|
Cara mengatasi
|
Pencemaran air
|
|
|
|
Pencemaran udara
|
|
|
|
Pencemaran tanah
|
|
|
|
Kegiatan 18 (Halaman
35)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban bervariasi)
karangan
sesuai hasil kreativitas siswa.
LATIHAN BAB 1
(Halaman 38)
I. 1. B 6. C
2. B 7. C
3. A 8. C
4. B 9. B
5. A 10.B
II.
1. berkembang biak
2. oksigen
3. bertelur
4. mamalia
5. unggas/burung
6. reptile
7. amfibi
8. serangga
9.
berbunga
10. tidak berbunga
11. cahaya matahari
12. pretumbuhan
13. 4-3-2-1
14. udara
15. tempat sampah
III.
1. 5 ciri-ciri makhluk hidup:
- bergerak
- bernapas
- tumbuh
- memerlukan makanan
- berkembang biak
2. kucing termsuk hewan mamalia karena kucing
berkembang biak dengan cara melahirkan anaknya dan menyusui.
3. agar tumbuh sehat, manusia memerlukan:
- air
- makanan
- udara
- tempat tinggal
]
4. contoh menu 4 sehat 5 sempurna: (jawaban
dapat bervariasi)
- nasi
- ayam goreng
- sayur sop
- buah jeruk
- susu
5. jika kita menggunakan air yang tercemar untuk
minum dan mandi maka tubuh kita akan terkena bibit-bibit penyakit dan dapat
mengganggu kesehatan tubuh.
(jawaban
dapat bervariasi).
BAB 2. SIFAT BENDA DAN PERUBAHANNYA
Kegiatan 1 (Halaman
44)
Tabel Hasil Pengamatan
Benda
|
Bentuk
|
Kesimpulan
|
|
Sebelum dimasukkan
|
Setelah dimasukkan
|
||
Pensil
Penggaris
Penghapus
Pulpen
Koin
|
tetap
|
tetap
|
Bentuk
benda tidak berubah ketika dimasukkan ke dalam tempat pensil
|
|
Sebelum diraut
|
Setelah diraut
|
|
pensil
|
tetap
|
berubah
|
Bentuk
benda berubah ketika diraut
|
1. benda-benda yang digunakan dalam kegiatan ini
adalah benda berwujud padat.
2. setelah dimasukkan ke tempat pensil, bentuk
ebnda padat itu tetap.
3. bentuk benda padat tidak mengikuti bentuk
wadahnya.
4. setelah benda (pensil)nmendaopat perlakuan
yaitu di raut, bentuknya jadi berubah (lancip).
Kesimpulan:
sifat
benda padat yaitu:
- bentuknya selalu tetap.
- bentuknya tidak mengikuti bentuk wadahnya.
- bentuknya akan berubah jika mendapat perlakuan.
Kegiatan 2 (Halaman
46)
Tabel Hasil
Pengamatan
Nama benda
|
Ciri-ciri benda
padat
|
|||||
lunak
|
keras
|
kasar
|
halus
|
lentur
|
Rapuh
|
|
Kasur
|
V
|
-
|
-
|
V
|
V
|
-
|
Sendok
|
-
|
V
|
-
|
V
|
-
|
-
|
Amplas
|
-
|
V
|
V
|
-
|
-
|
-
|
Bedak
|
V
|
-
|
-
|
V
|
-
|
V
|
Karet
gelang
|
V
|
-
|
-
|
V
|
V
|
V
|
Kerupuk
|
V
|
-
|
V
|
-
|
-
|
V
|
Buku
|
-
|
V
|
V
|
-
|
-
|
-
|
Busa
|
V
|
-
|
-
|
V
|
V
|
-
|
Kantong
plastic
|
V
|
-
|
-
|
V
|
V
|
-
|
Sabun
batangan
|
-
|
V
|
-
|
V
|
-
|
V
|
handuk
|
V
|
-
|
-
|
V
|
-
|
-
|
Kegiatan 3 (Halaman
47)
Tabel Hasil
Pengamatan
1. bentuk air dalam mangkuk seperti mangkuk.
2. bentuk air dalam gelas seperti gelas.
3. bentuk air yang diamsukkan ke dalam botol
menjadi seperti botol.
Kesimpulan:
sifat
benda cair yaitu:
- bentuknya selalu berubah
- bentuknya berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya.
- benda cair dapat menyesuaikan bentuk dengan bentuk wadahnya.
Kegiatan 4 (Halaman
49)
Tabel Hasil
Pengamatan
benda
|
Sebelum dibakar
(dipanaskan)
|
Sesudah dibakar
(dipanaskan)
|
||
warna
|
wujud
|
warna
|
Wujud
|
|
Lilin
|
Putih
|
padat
|
putih
|
Cair
|
Kertas
putih
|
putih
|
padat
|
hitam
|
Padat
|
Es
batu
|
bening
|
padat
|
bening
|
Cair
|
air
|
bening
|
cair
|
bening
|
Uap
|
es
batu yang dibiarkan di tempat terbuka akan emncair.
contoh
benda lain yang berubah wujud setelah dibakar atau dipanaskan aalah cokelat,
margarine, dll.
Kesimpulan:
pembakaran
dapat mengakibatkan perubahan warna, misalnya pada kertas yang dibakar.
pembakaran
dapat menyebabkan perubahan wujud, misalnya pada es batu dan air yang dibakar
(dipanaskan).
Kegiatan 5 (Halaman
51)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
bahan
|
Kegunaan
|
plastik
|
Untuk
membuat paying, membuat ember, membuat jas hujan, membuat gayung, membuat
kantong plastic, dll
|
kayu
|
Membuat
meja, kursi, lemari, peralatan rumah tangga lainnya, membuat kerajinan
tangan, membuat rumah, dll
|
kaca
|
Membuat
cermin, membuat jendela, dll.
|
logam
|
Membuat
panci, membuat wajan, membuat kompor, membuat kendaraan, dll
|
kertas
|
Membuat
buku, membuat Koran, majalah, dll
|
LATIHAN BAB 2
(Halaman 53)
I. 1. A 6. B
2. A 7. A
3. B 8. A
4. C 9. A
5. B 10.B
II.
1. Mengalir
2. di beri perlakuan
3. halus/licin
4. hitam
5. cair
6. meleleh
7. mengeras/membeku
8. berjamur/mengeras
9. plastic
10. kayu
11. kaca
12. kertas
13. kertas
14. kaca
15
tidak
III.
1. 2 sifat benda padat:
- bentuk benda padat tetap
- bentuk benda padat tidak mengikuti bentuk wadahnya
2. 2 sifat benda cair:
- bentuknya berubah-ubah mengikuti bentuk wadahnya
- benda cair dapat mengalir
3. jika mentega beku dipanaskan maka mentega
akan mencair
4. jika bensin didiamkan di tempat trebuka maka
bensin lama kelamaan akan habis, karena bensin mudah menguap.
5. 5 contoh benda yang terbuat dari plastic:
- ember
- gayung
- kantong plastic
- paying
- jas hujan
BAB 3. GERAK DAN ENERGI
Kegiatan 1 (Halaman
58)
Tabel Hasil
Pengamatan
Benda
|
Bentuk benda
|
Cara bergerak
|
|
Mudah
|
Sulit bergerak
|
||
Bola
plastik
|
Bulat/bundar
|
V
|
|
Kotak
korek api
|
Kotak
|
|
V
|
Kaleng
susu/ sarden
|
silinder
|
V
|
|
kesimpulan:
benda
berbentuk bulat/bundar dan silinder mudah bergerak.
benda
berbentuk kotak sulit bergerak.
gerakan
benda dipengaruhi oleh bentuk benda.
Kegiatan 2 (Halaman
60)
Tabel Hasil Pengamatan
Benda
|
Kecepatahn bergerak
|
|
Cepat
|
Lambat
|
|
Bola
besar
|
|
V
|
Bola
kecil
|
V
|
|
Kesimpulan:
Bola
berukuran kecil paling cepat bergerak.
Kegiatan 3 (Halaman
61)
Hasil Pengamatan
1. Mobil yang paling mudah bergerak adalah mobil
A.
Alasan (jawaban dapat bervariasi): mobil A
menggunakan roda yang bentuknya bundar atau bulat sehingga memudahkan
pergerakan benda.
2. perahu atau kano yang paling mudah bergerak
disungai A.
Alasan (jawaban dapat bervariasi): sungai
A memiliki aliran yang cukup deras sehingga memudahkan pergerakan perahu.
gerakan
benda seperti roda berguna untuk menggerakkan mobil atau kendaraan.
gerakan
benda seperti air berguna untuk menggerakkan perahu.
Kegiatan 4 (Halaman
63)
1. sebelum dijemur pakaian masih basah. setelah dijemur pakaian menjadi kering. hal ini karena pakaian mendapat energi panas
dari matahari.
2. sebelum didekatkan ke kipas pita tidak
bergerak. setelah didekatkan ke kipas,
pita jadi bergerak. hal ini karena pita
mendapat energi gerak dari kipas angin.
3. sebelum senar gitar dipetik, kita tidak
mendengar bunyi. setelah senar gitar
dipetik kita jadi mendengar bunyi. hal
ini terjadi karena adanya petikan pada senar gitar.
energi
|
Berasal dari
|
pengaruhnya
|
Apakah dapat
dilihat?
|
Apakah dapat
dirasakan?
|
Panas
|
Matahari
|
Membuat
pakaian kering
|
|
V
|
Gerak
|
Kipas
Angin
|
Membuat
pita bergerak
|
|
V
|
bunyi
|
gitar
|
Menimbulkan
bunyi
|
|
V
|
Kegiatan 5 (Halaman
65)
1. energi yang dihasilkan matahari adalah energi
panas dan energi cahaya.
2. energi yang dihasilkan adalah energi gerak.
3. energi yang dihasilkan air yang mengalir
adalah energi gerak.
4. energi yang dihasilkan dari lonceng yang
dipukul adalah energi bunyi.
5. kegiatan di samping memanfaatkan energi panas
yang berasal dari matahari.
6. benda di samping memanfaatkan energi gerak
yang berasal dari air.
7. benda pada gambar di samping memerlukan
energi listrik.
8. energi listrik digunakan untuk menyalakan
peralatan rumah tangga, misalnya televise, computer, radio, setrika, dll.
9. Kita dapat beraktivitas karena memperoleh
energi dari makanan.
10.kendaraan
dapat bregerak karena mendapatkan energi dari bahan bakar (bensin).
Kegiatan 6 (Halaman
67)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Sumber energi
|
Kegunaan
|
1
|
matahari
|
Mengeringkan
pakaian, pemanas air, menjalankan mesin.
|
2
|
angin
|
Mengeringkan
pakaian
|
3
|
air
|
Menggerakkan
benda-benda, menjalankan kincir air, menghasilkan energi listrik
|
4
|
BBm
|
Menjalankan
kendaraan bermotor
|
5
|
listrik
|
Menyalakan
peralatan rumah tangga
|
6
|
baterai
|
Menyalakan
jam, radio, remote control, mainan, dll
|
7
|
makanan
|
Memberikan
tenaga untuk melakukan kegiatan
|
8
|
Kayu
bakar
|
Menyalakan
kompor kayu, membuat api unggun
|
Kegiatan 7 (Halaman
68)
(jawaban dapat bervariasi)
1. pendapatku: hal tersebut membuang-buang
energi listrik dan termasuk pemborosan.
saran: sebaiknya televise dimatikan ketika
kita sedang tidur atau ketika televise tidak di tonton.
2. pendapatku: hal tersebut membuang-buang
energi listrik dan termasuk pemborosan.
saran: sebaiknya lampu dimatikan ketika
hari sudah terang atau belum gelap.
3. pendapatku: hal tersebut membuang-buang
energi listrik dan termasuk pemborosan.
saran: sebaiknya air yang sudah penuh
segera dimatikan.
4. pendapatku: hal tersebut membuang-buang
energi listrik dan termasuk pemborosan.
saran: sebaiknyaac segera dimatikan ketika
diruangan tidak ada orang.
5. pendapatku: hal tersebut membuang-buang
energi listrik dan termasuk pemborosan.
saran: sebaiknya ketika menyikat gigi
keran air dimatikan dahulu, baru ketika akan digunakan dinyalakan kembali.
Cara
menghemat energi:
1. mematikan televise yang tidak di tonton.
2. mematikan lampu ketika tidak digunakan atau
hari masih terang.
3. mematikan keran air jika kolam sudah penuh.
4. mematikan ac ketika ruangan tidak digunakan.
5. mematikan air ketika mengfgosok gigi di
wastafel.
Kesimpulan:
energi
dapat dihemat dengan mulai menghemat segala peralatan yang ada di rumah yang
mengunakan listrik.
Kegiatan 7 (Halaman
70)
Kesimpulan:
Energi
angin dapat diubah menjadi energi gerak.
LATIHAN BAB 3
(Halaman 73)
I. 1. A 6. C
2. B 7. A
3. C 8. C
4. A 9. A
5. A 10.A
II.
1. Mudah
2. matahari
3. bunyi
4. bunyi
5. gerak
6. gerak
7. matahari
8. menambah tenaga
9. gas
10. listrik
11. angina
12. baterai
13. bahan baker minyak
14. hemat
15. gerak
III.
1. kelereng lebih mudah menggelinding daripada
dadu karena bentuk kelereng bulat.
bentuk bulat lebih mudah menggelinding dibandingkan bentuk kotak.
2. 5 sumber energi: baterai, matahari, listrik,
air, angin, bahan baker minyak
3. kegunaan panas matahari: mengeringkan
pakaian, menggerakkan mesin, dan membuat garam
4. kegunaan energi angina: menggerakkan kincir dan membangkitkan tenaga
listrik.
5. Cara menghemat energi:
1. mematikan televise yang tidak di tonton.
2. mematikan lampu ketika tidak digunakan atau
hari masih terang.
3. mematikan keran air jika kolam sudah penuh.
4. mematikan ac ketika ruangan tidak digunakan.
5. mematikan air ketika menggosok gigi di
wastafel.
BAB 4. PERMUKAAN BUMI DAN KEADAAN CUACA
Kegiatan 1 (Halaman
78)
Kesimpulan hasil
diskusi (jawaban dapat bervariasi)
yang
lebih luas adalah lautan.
perbandingannya
adalah lautan:daratan = 3: 1
Kegiatan 2 (Halaman
79)
(jawaban dan
keterangan siswa dapat bervariasi, tergantung gambar)
Kegiatan 3 (Halaman
81)
(jawaban dan
keterangan siswa dapat bervariasi, tergantunghasil pengamatan)
Kegiatan 4 (Halaman
83)
cara manusia
memelihara dan melestarikan alam:
- menanami tanah yang gundul dengan pohon-pohonan.
- melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan liar.
- tidak mencemari lingkungan
- membuang sampah pada tempatnya.
LATIHAN BAB 4
(Halaman 86)
I. 1. A 6. C
2. A 7. A
3. A 8. B
4. A 9. C
5. A 10.A
II.
1. Lautan
2. daratan
3. lautan
4. globe
5. biru
6. bulat
7. benua
8. matahari tertutup awan, udara tidak terlalu
panas
9. matahari bersinar terang, terik
10. stratus
11. cerah dan berawan
12. hujan
13. tanami pepohonan
14. banjir dan tanah longsor
15. menjaga
III.
1. perbandingan antara luas daratan dan lautan
di bumi adalah satu banding tiga.
2. cuaca adalah keadaan udara pada satu wilayah
tertentu dalam jangka waktu terbatas.
3. 5 kondisi cuaca:
- cerah
- cerah dan berawan
- berawan
- berawan dan hujan
- hujan
4. tujuan manusia memakai pakaian tebal saat
dingin supaya terlindungi dari udara dingin dan merasa hangat
5. cara
manusia memelihara dan melestarikan alam:
- menanami tanah yang gundul dengan pohon-pohonan.
- melindungi dan menjaga kehidupan hewan-hewan liar.
- tidak mencemari lingkungan
- membuang sampah pada tempatnya.
No comments:
Post a Comment