9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio B. Indonesia Kelas 2 SD


Kunci Jawaban Portofolio
Bahasa Indonesia 2


Bab 1 Diri Sendiri
Kegiatan 1 (halaman 2)
Siswa diminta membaca cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri.
Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
Liburan sekolah telah usai.
Tasya naik ke kelas 2.
Ia sangat bahagia.
Tasya memiliki teman baru bernama Dinda.
Dinda duduk sebangku dengan Tasya.
Kelas dimulai dengan dipandu Bu Tini

Penilaian:
Lafal                             : 20
Intonasi                         : 20
Kelancaran                    : 20
Kesamaan cerita            : 40 +
Jumlah                            100

Kegiatan 2 (halaman 3)
Siswa diminta menceritakan kegiatannya sehari-hari. Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
1.      Pagi hari: Aku bangun pagi, sholat subuh, kemudian membersihkan tempat tidur. Setelah itu, aku segera mandi, berganti pakaian, kemudian sarapan. Setelah sarapan, aku berangkat ke sekolah.
2.      Siang hari: Sepulang sekolah, aku segera berganti pakaian, makan siang, kemudian sholat duhur. Selanjutnya, aku membaca cerita dilanjutkan tidur siang. Setelah bangun, aku segera mandi dan sholat ashar. Selanjutnya aku nonton tv atau bermain bersama teman-teman.
3.      Malam hari: Aku sholat maghrib, kemudian belajar sampai sholat isya’. Setelah itu, aku melanjutkan belajarku, nonton televisi, kemudian tidur.


Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 4)
Siswa diminta membaca teks pendek. Selanjutnya, siswa diminta menyimpulkan isi bacaan. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Contoh:
Bona anak yang rajin.

Penilaian
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 4 (halaman 5)
Siswa diminta melengkapi cerita.

Namaku Yudhis. Aku tinggal di Jalan Tipar nomor 20 Depok. Ayahku bernama Widyo Leksono. Ibuku bernama Hartiningsih. Aku mempunyai satu orang kakak. Kakakku bernama Tyas. Aku mempunyai satu orang adik. Adikku bernama Hendra. Aku bersekolah di SD Damai. Adik dan kakakku bersekolah di TK Pertiwi dan SMP Mawar. Ayahku bekerja di Kantor Kelurahan. Ibuku bekerja di rumah. Setiap hari Minggu, keluargaku bekerja sama membersihkan rumah.

Penilaian
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab I (Halaman 6)
I.              Pilihan Ganda
1.      a
2.      c
3.      b
4.      a
5.      c

II.             Isian singkat
1.      terlambat
2.      sangat senang
3.      mencium
4.      sepeda
5.      habis
6.      sedang
7.      Mereka
8.      Dinda
9.      Berapa
10.    belajar

Penilaian:
  1. Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
  2. Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Siswa diminta membuat kalimat sesuai gambar.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Bab 2 Keluarga
Kegiatan 1 (halaman 10)
Siswa diminta membaca puisi. Selanjutnya, siswa diminta menjelaskan isi puisi. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Deskripsi  : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 11)
Siswa diminta membaca puisi dengan gerak dan mimik yang tepat.
Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 3 (halaman 12)
Siswa diminta membaca puisi pada halaman 12 sekali lagi. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan isi puisi dengan kata-kata sendiri.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Deskripsi  : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 13)
Siswa diminta melengkapi cerita dengan memilih kata yang tersedia.

Kegiatan pada Hari Minggu

Pukul 05.00 pagi, Ayah, Ibu, Tasya, dan Doni bangun tidur. Mereka langsung sibuk dengan kegiatan masing-masing. Ayah mencuci mobil. Ibu menyiapkan sarapan. Tasya menyiram bunga. Doni membantu ayah. Ayah tidak pergi ke kantor karena hari ini hari Minggu. Pukul 07.00 Ibu sudah menghidangkan sarapan di meja makan. Mereka pun duduk bersama untuk sarapan pagi.

Penilaian:
Jawaban benar x 10 = 100

Latihan Bab 2 (Halaman 14)
I.      Pilihan Ganda
1.     b
2.     a
3.     a
4.     b
5.     b
II.     Isian singkat
1.     menyapu
2.     pergi
3.     Saya
4.     menonton
5.     pangkal
6.     rajin
7.     menghibur adik
8.     Di mana
9.     menyayangi
10.  Siapa

Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Siswa diminta membuat kalimat menggunakan kata-kata yang tersedia. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
1.      Siapa namamu?
2.      Apa pekerjaan ayahmu?
3.      Di mana rumahmu?
4.      Berapa jumlah anggota keluargamu?
5.      Mengapa kamu tidak ke sekolah kemarin?

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Bab 3 Lingkungan
Kegiatan 1 (halaman 17)
Siswa diminta membaca cerita, kemudian menceritakan isi cerita tersebut dengan kata-kata sendiri. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Deskripsi  : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 18)
Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan gambar. Pertanyaan yang dibuat siswa dapat bervariasi.
Contoh:
-          Mengapa hutan menjadi gundul?
-          Apa akibat hutan gundul?
-          Siapa yang menebang hutan secara liar?
-          Berapa jumlah kerugian akibat banjir?

Kegiatan 3 (halaman 19)
Siswa diminta mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 20)
Siswa diminta menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100


Latihan Bab 3 (Halaman21)
I.              Pilihan Ganda
1.      a
2.      c
3.      b
4.      c
5.      b

II.             Isian singkat
1.      di
2.      kesehatan
3.      membuang
4.      pengki
5.      tempat sampah
6.      membaca
7.      luas
8.      Hutan gundul meyebabkan tanah longsor
9.      bersih
10.    Tuhan



Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Esai
1.      Sampah menumpuk menyebabkan:
-          munculnya sarang penyakit.
-          Menyebabkan air meluap ketika hujan.
2.      harimau, gajah, kuda nil, jerapah, dll..
3.      mawar, melati, anggrek, dll..
4.      mawar, melati, dll..
5.      Cara menjaga lingkungan antara lain:
-          tidak membuang sampah sembarangan
-          membersihkan sampah yang berserakan

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100




Bab 4 Transportasi
Kegiatan 1 (halaman 24)
Siswa diminta mendengarkan guru membacakan bacaan. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan isi teks. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100

Kegiatan 2 (halaman 25)
Siswa diminta menceritakan pengalaman ketika bepergian. Siswa menceritakan secara lisan, kemudian siswa lain menanggapi dengan mengajukan pertanyaan. Jawaban dan cerita siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Pertanyaan : 20
Jawaban           : 20 +
Jumlah       100

Kegiatan 3 (halaman 26)
Siswa diminta membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta membuat simpulan cerita.


Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Simpulan   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 27)
Siswa diminta menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100

Latihan Bab 4 (Halaman 28)
I.  Pilihan Ganda
1.     a
2.     a
3.     c
4.     c
5.     a
                        
II.                               Isian singkat
1.     zebra cross
2.     loket
3.     bandara
4.     pilot
5.     masinis
6.     nakhoda
7.       rel
8.       Sabtu
9.       pengayuh becak
10.     sepeda

Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.    Esai
1.     bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, dan becak.
2.     para calon penumpang antre di depan loket.
3.     tabrakan antara bus dan mobil itu terjadi tadi malam.
4.     supaya terhindar dari bahaya kecelakaan lalu lintas
5.     pengguna yang tidak taat tata tertib lalu lintas dapat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100


Bab 5 Kesehatan dan Kebersihan
Kegiatan 1 (halaman 31)
Siswa diminta mendengarkan puisi yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menjelaskan isi puisi tersebut. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Ketepatan isi     : 50
Deskripsi                      : 50
Total: 100

Kegiatan 2 (halaman 32)
Siswa diminta membuat cerita berdasarkan gambar yang diamati. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 33)
Siswa diminta membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 34)
Siswa diminta melengkapi cerita dengan kata-kata sendiri. Jawaban siswa dapat bervariasi.



Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 5 (Halaman 35)
I.                                                      Pilihan Ganda
1.     c
2.     b
3.     a
4.     c
5.     a

II.     Isian singkat
1.     mandi dan menggosok gigi
2.     dua
3.     Aku adalah sapu
4.     Aldi sakit demam berdarah karena digigit nyamuk Aedes Aegepty.
5.     dokter
6.     bersih
7.     sayuran
8.     buah-buahan
9.     riang
10.  bersih

Penilaian:
b.    Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
c.     Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.        Esai
1.         nasi, laup pauk, buah, sayur, susu
2.         pernah. Membantu ibu mencuci piring.
3.         sakit
4.         supaya lingkungan bersih dan badan sehat
5.         huruf tegak bersambung

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100

Bab 6 Tempat Umum
Kegiatan 1 (halaman 38)
Siswa diminta membaca cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 39)
Siswa diminta menyimpulkan isi bacaan pada halaman 38.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 40)
Siswa diminta menceritakan pengalaman saat pergi ke tempat-tempat umum.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 4 (halaman 41)
Siswa diminta menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100



Latihan Bab 6 (Halaman 42)
I.              Pilihan Ganda
1.      c
2.      a
3.      b
4.      c
5.      c

II.             Isian singkat
1.      melintas
2.      umum
3.      bank
4.      kaya
5.      rumah sakit
6.      kantor pos
7.      toko buku
8.      Berapa
9.      dari
10.    membeli
Penilaian:
b.    Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
c.     Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100



III.            Esai
1.      pasar, terminal, stasiun, bandara, rumah sakit, dll..
2.      Banyak ibu dan balita di posyandu.
3.      Pernah. Sabun, mie instant, sapu, obat-obatan, alat tulis, dll..
4.      Gambar anak-anak sedang berenang di kolam renang. Yang harus dibawa ketika ke kolam renang adalah pakaian renang, handuk, dan perlengkapan mandi.
5.      menulis huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100


Bab 7 Hewan dan Tumbuhan
Kegiatan 1 (halaman 46)
Siswa diminta menyimak guru membacakan cerita. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan isi cerita.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 47)
Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan cerita pada halaman 46.

1. Tanya            : Apa hewan yang diperebutkan cecak-cecak?
   Jawab            : Nyamuk.
2. Tanya            : Ada berapa cecak dalam cerita tersebut?
   Jawab            : Dua.
3. Tanya            : Apa warna cecak-cecak tersebut?
   Jawab            : Putih dan hitam.
4. Tanya            : Di mana nyamuk hinggap?
   Jawab            : Di dinding.
5. Tanya            : Mengapa cecak-cecak itu bertengkar?
   Jawab            : Karena berebutan memangsa nyamuk.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 =100

Kegiatan 3 (halaman 48)
Siswa diminta membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta menjelaskan isi puisi tersebut.
Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:

Pada suatu hari aku melihat bunga kaktus yang indah. Aku menceritakan hal itu kepada ayah. Pada saat ulang tahunku, ternyata ayah membelikanku bunga kaktus.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 4 (halaman 49)
Siswa diminta menulis dengan huruf tegak bersambung kalimat-kalimat yang didiktekan guru.
Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100


Latihan Bab 7 (Halaman 50)
I.              Pilihan Ganda
1.         c
2.         b
3.         a
4.         b
5.         c
II.             Isian singkat
1.         cepat
2.         menangkap
3.         membantu membajak sawah
4.         beranak
5.         meringkik
6.         buas
7.         wortel
8.         kupu-kupu
9.         berkokok
10.      Mengapa

Penilaian:
d.    Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
e.     Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

IV.       Siswa diminta menjodohkan gambar dengan nama hewan.
1.         harimau
2.         paus
3.         ular
4.         kambing
5.         cecak



Bab 8 Pendidikan
Kegiatan 1 (halaman 54)
Siswa diminta membaca teks. Selanjutnya, siswa diminta menyebutka isi bacaan dengan kata-kata sendiri.
Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 55)
Siswa diminta membaca puisi dengan lafal dan intonasi serta ekspresi yang tepat.
Penilaian:
Lafal                : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100
Kegiatan 3 (halaman 56)
Siswa diminta membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Lalu, siswa diminta menyebutkan simpulan bacaan.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Simpulan   : 40 +
Jumlah       100


Kegiatan 4 (halaman 57)
Siswa diminta menulis dengan huruf tegak bersambung kalimat-kalimat yang didiktekan guru.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100

Latihan Bab 8 (Halaman 58)
I.              Pilihan Ganda
1.         a
2.         a
3.         c
4.         b
5.         b
II.             Isian singkat
1.         mendongeng dan bernyanyi
2.         Farhan
3.         rajin
4.         mengajari
5.         langit
6.         mendidik
7.         pandai
8.         terima kasih
9.         masuk kelas. tertib
10.      maaf

Penilaian:
f.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
g.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III. Siswa diminta membuat puisi dengan tema cita-cita.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Bab 9 Alat Komunikasi
Kegiatan 1 (halaman 61)
Siswa diminta mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan kembali isi teks.

Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 62)
Siswa diminta menceritakan kegiatan sehari-harinya kepada teman sebangku.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 63)
Siswa diminta membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 64)
Siswa diminta melengkapi cerita dengan kata yang tepat.

Mengirim surat

Suatu hari, aku akan menulis surat. Surat ini untuk nenekku. Nenekku tinggal di desa. Aku ingin memberitahukan kepadanya bahwa dua minggu lagi Ayah akan datang ke sana. Ayah membelikan sebuah telepon. Ayah juga akan memasangkannya. Dengan telepon, kami akan mudah berkomunikasi.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 =100

Latihan Bab 9 (Halaman 65)
I.              Pilihan Ganda
1.         b
2.         c
3.         a
4.         c
5.         b

II.             Isian singkat
1.         menonton
2.         menjual
3.         di dalam
4.         Di mana
5.         tukang pos
6.         bermain
7.         komunikasi
8.         terdengar
9.         surat izin
10.      sopan

Penilaian:
h.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
i.      Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Siswa diminta membuat percakapan telepon. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Yudhis        : Halo, bisa bicara dengan Dini?
Dini                        : Iya, saya sendiri. Ini dari siapa?
Yudhis        : Ini Yudhis, Din.
Dini                        : O, ada apa, Dhis?
Yudhis        : Aku mau menanyakan PR. PR bahasa Indonesia tadi halaman berapa ya?
Dini                        : Halaman 7 sampai 9. Dikerjakan di buku tulis.
Yudhis        : Baik. Terima kasih ya, Dhin.
Dini                        : Sama-sama.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100



Bab 10 Gejala Alam dan Peristiwa
Kegiatan 1 (halaman 68)
Siswa diminta mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan kembali isi teks.

Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 69)
Siswa diminta menjelaskan tumbuhan dan hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          Bunga teratai: bunga teratai hidup di air, bunganya mengapung di atas daun di atas air, bunga tertai biasanya hidup di danau atau rawa-rawa.
-          Katak: katak hidup di darat dan di air, katak suka makan nyamuk, katak pandai meloncat, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 70)
Siswa diminta membaca dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 71)
Siswa diminta menjelaskan tumbuhan dan hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          anggrek: bunga anggrek indah warnanya, ada yang ungu, ada pula yang putih.
-          Kupu-kupu: kupu-kupu memiliki sayap indah, kupu-kupu suka hinggap di atas bunga, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Latihan Bab 10 (Halaman 72)
I.              Pilihan ganda
1.     c
2.     c
3.     c
4.     c
5.     a

II.             Isian singkat
1.     terjatuh
2.     mendirikan tenda. Pramuka
3.     korban
4.     banjir
5.     memadamkan
6.     November
7.     pendek
8.     ben-ca-na
9.     titik
10.  ba-kar

Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100


III.        Esai
1.         Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
         Danu bermain di kolam renang. Tiba-tiba ia mendengar teriakan minta tolong dari seseorang. Orang itu tenggelam karena tidak bisa berenang. Danu segera menolongnya.
2.         siapa namamu?
         Apa yang kamu bawa?
         Mengapa adikmu menangis?
3.         banjir, tanah longsor, kebakaran.
4.         kerugian akibat kehilangan harta benda dan kerugian akibat kehilangan keluarga.
5.         pakaian layak pakai, makanan, minuman, dll..

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100

Bab 11 Pekerjaan
Kegiatan 1 (halaman 76)
Siswa diminta mendengarkan pesan yang akan dibacakan guru. Lalu, siswa diminta menyampaikan pesan yang telah didengar kepada teman.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 77)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          kucing: kucing adalah hewan jinak, kucing memiliki empat kaki, kucing mengeong, dll.
-          angsa: angsa memiliki leher yang panjang, angsa memiliki bulu putih halus, angsa juga memiliki sayap, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Kegiatan 3 (halaman 78)
Siswa diminta membaca dengan ekspresi yang tepat. Lalu, siswa diminta menyebutkan judul yang tepat untuk bacaan.
Judul bacaan yang tepat adalah Dokter Kecil

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 79)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100




Latihan Bab 11 (Halaman 80)
I.              Pilihan Ganda
1.         a
2.         a
3.         b
4.         b
5.         b

II.             Isian singkat
1.         Nelayan
2.         jalan raya
3.         Di mana
4.         mendidik siswa di sekolah
5.         rumah sakit
6.         Pak Amir bekerja sebagai sopir taksi.
7.         Petani
8.         jumlah
9.         penyanyi
10.      menerbangkan.

IV.           Esai
1.         Apa yang sedang dilakukan Pak Guru?
2.         Siapa yang mencangkul di sawah?
3.         memeriksa pasien, memberikan resep obat kepada pasien
4.         Anak pada gambar sedang mengamen di pinggir jalan
5.         dokter, guru, polisi, dll..

Bab 12 Reboisasi
Kegiatan 1 (halaman 84)
Siswa diminta membaca pesan, kemudian menyampaikannya secara lisan kepada teman.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 85)
Siswa diminta menjelaskan ciri-ciri tumbuhan.
Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
- melati: melati berwarna putih, mengeluarkan bau yang harum, biasanya dijadikan hiasan sanggul.
- Cabai: cabai pedas rasanya, warnanya ada yang merah dan ada pula yang hijau.
- mawar: mawar memiliki batang berduri, mawar indah warnanya., dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Kegiatan 3 (halaman 86)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 87)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan secara tertulis. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          Harimau: harimau hidup di hutan, harimau makan daging, warna kulit harimau belang.
-          Badak: badak hidup di hutan, badak memiliki kulit yang tebal, badak memiliki cula.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 12 (Halaman 88)
I.              Pilihan Ganda
1.     b
2.     a
3.     a
4.     b
5.     b

II.             Isian singkat
1.     indah
2.     baik untuk kesehatan
3.     membaca buku
4.     pupuk
5.     reboisasi
6.     bersih
7.     menanam
8.     gersang
9.     Kami akan berlibur ke Desa Suka Maju
10.  Mengapa

III.        Esai
1.         rajin membersihkan halaman, menanami halaman rumah dengan berbagai tanaman hijau, dll.
2.         banjir, tanah longsor, dan tersumbatnya aliran air dan sampah menyebabkan penyakit.
3.         Jangan menebang pohon sembarangan!
4.         cangkul, ember tempat air.
5.         Jawaban siswa dapat bervariasi(Misal: Jagalah lingkunganmu untuk menghindari penyakit)






Bab 13 Sosial
Kegiatan 1 (halaman 91)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-Agar Dewi banyak beristirahat.
- Teman-temannya juga mengingatkan Dewi untuk tidak lupa minum obat.
- Teman-temannya jga berpesan supaya Dewi banyak minum air putih.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 92)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali cerita tersebut.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 3 (halaman 93)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 94)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan secara tertulis. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          Semut: semut hidup di tanah, semut hidup berkelompok, semut suka bekerja sama, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 13 (Halaman 95)
I.          Pilihan Ganda
1.         b
2.         a
3.         c
4.         a
5.         c



II.         Isian singkat
1.         membetulkan
2.         royong
3.         malas
4.         pada tempatnya
5.         ikhlas
6.         dari
7.         !
8.         yatim piatu
9.         menerima
10.      Nenek hendak menyeberang jalan.

IV.           Esai
1.         Warga membersihkan lingkungannya, memasang bendera, dan menghias lingkungan dengan lampu-lampu, dll..
2.         bantuan buku bacaan, pakaian layak pakai, dan makanan
3.         Siapa yang datang ke rumah Nina? Apa yang diberikan Nina kepada orang itu?
4.         Kita harus membantunya. Sebagai sesama manusia kita wajib tolong menolong.
5.         Tidak. Sebagai teman, kita harus saling bekerja sama dalam kebaikan, seperti kerja bakti, dll..


Bab 14 Kejadian Sehari-Hari
Kegiatan 1 (halaman 98)
Siswa diminta menyimak teman membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan teman. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Ayah Rando berpesan supaya Rando selalu sarapan setiap pagi, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 99)
Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 100)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100


Kegiatan 4 (halaman 101)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan                     = 25
Kerapian                       = 25
                                    ____+
Jumlah              100

Latihan Bab 14 (Halaman 102)
I.              Pilihan Ganda
1.         a
2.         c
3.         c
4.         b
5.         a

II.             Isian singkat
1.         ulang tahun
2.         kecopetan
3.         selamat
4.         Maret, April, Mei, Juni, Juli
5.         kebakaran
6.         Siapa
7.         Mengapa
8.         12
9.         tanah lapang
10.      masuk

IV.           Esai
1.         bekerja sama membersihkan rumah
2.         memasang bola lampu
3.         mengepel lantai
4.         menyapu lantai
5.         mengelap meja

Bab 15 Kebudayaan
Kegiatan 1 (halaman 105)
Siswa diminta menyimak pembacaan dongeng oleh guru. Selanjutnya, siswa diminta mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan dongeng. Siswa diminta menceritakan kembali dongeng yang didengar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 107)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan secara tertulis. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          komodo: komodo adalah hewan asli indonesia, komodo makan daging, komodo jenis kadal..
-          orang utan: orang utan hidup di hutan, orang utan memiliki bulu yang lebat, orang utan sejenis kera.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 108)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 109)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100

Latihan Bab 15 (Halaman 110)
I.              Pilihan Ganda
1.     c
2.     c
3.     b
4.     a
5.     a

II.             Isian singkat
1.     Sumatra Barat
2.     Keong Mas dapat dilihat di TMII
3.     Cublek-cublek suweng
4.     Kambanglah bungo
5.     durhaka
6.     di
7.     Pendet, Bali
8.     gemulai
9.     wayang kulit
10.  Ke mana

III.            Esai
1.     Siapa saja yang ikut berlibur? Ke mana mereka berlibur? Kapan mereka pergi berlibur?
2.     Ayah menyaksikan pertunjukan wayang kulit hingga pagi
3.     tarian, lagu, pakaian adat, dan rumah adat.
4.     Siswa kelas dua sedang berlatih tari
5.     huruf tegak bersambung



Bab 16 Negara
Kegiatan 1 (halaman 114)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Kepala sekolah berpesan supaya anak-anak rajin belajar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 115)
Siswa diminta menyimak pembacaan cerita oleh guru. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali cerita yang didengar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 116)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 117)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100



Latihan Bab 16 (Halaman 118)
I.              Pilihan Ganda
1.         c
2.         c
3.         a
4.         c
5.         b

II.             Isian singkat
1.         Siapa
2.         pahlawan
3.         berkibar
4.         Ulang Tahun
5.         Anak-anak kelas dua sedang lomba balap karung
6.         adat
7.         Bangsa, Indonesia, Agustus
8.         pendidikan
9.         Indonesia
10.      menghormati

IV.           Esai
1.         17 Agustus
2.         Siapa yang sedang berperang? Apa yang digunakan para pejuang untuk melawan penjajah? Di mana para pejuang berperang? Mengapa mereka berperang melawan penjajah
3.         balap karung, makan kerupuk, lari sendok kelereng, dll..
4.         tarian daerah, lagu-lagu perjuangan, drama perjuangan.
5.         Susilo Bambang Yudhiyono dan Jusuf Kalla

Bab 17 Hukum
Kegiatan 1 (halaman 121)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
1.     Patuhi semua rambu lalu lintas
2.     Jangan kebut-kebutan di jalan raya
3.     Pakai helm
4.     Utamakan keselamatan

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 122)
Siswa diminta menyimak pembacaan cerita oleh guru. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali cerita yang didengar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 123)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 124)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.
Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100
Latihan Bab 17 (Halaman 125)
I.              Pilihan ganda
1.     a
2.     b
3.     c
4.     c
5.     c

II.             Isian singkat
1.     zebra cross
2.     rumah
3.     tangan
4.     tangan dan kaki
5.     doa
6.     izin
7.     seragam
8.     taati
9.     awal
10.  ronda malam

III.            Esai
1.     dilarang memakai perhiasan berlebihan, dilarang merokok, dilarang membawa senjata tajam, dll..
2.     supaya kehidupan kita aman dan tenteram
3.     mendapatkan sanksi, dikucilkan masyarakat,dll..
4.     Asyik, aku akan berlibur ke Bali.
5.     Hatiku sedih karena nilai ujianku buruk.



Bab 18 Ketuhanan
Kegiatan 1 (halaman 128)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Ibu Sita berpesan kepada Sita supaya berdoa sebelum belajar. Ibu juga mengingatkan supaya Sita selalu menjaga kerukunan dengan teman.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100
Kegiatan 2 (halaman 129)
Siswa diminta menjelaskan ciri-ciri tumbuhan. Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
Bunga sepatu: bunga sepatu berwarna merah, di tengah bunga terdapat antena, dll..
Bunga mawar: bunga mawar harum baunya, batangnya terdapat duri, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Kegiatan 3 (halaman 130)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 131)
Siswa diminta menjelaskan ciri-ciri hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
Gajah: gajah hidup di hutan, gajah makan tumbuhan, belalai gajah panjang, telinga gajah lebar, dll..
Paus: Paus hidup di laut, paus adalah ikan terbesar di dunia, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 18 (Halaman 132)
I.              Pilihan Ganda
1.      b
2.      b
3.      a
4.      c
5.      c

II.             Isian singkat
1.      jujur
2.      berpamitan
3.      merugikan
4.      Amir merayakan hari ulang tahun
5.      menyeberang
6.      iman
7.      puasa
8.      Natal
9.      Hindu
10.    wihara

III.            Esai
1.      mengucapkan selamat merayakan hari besar agamanya.
2.      Siapa yang berpuasa? Di mana umat islam beribadah?
3.      Jawaban siswa bervariasi
4.      huruf tegak bersambung
5.      Rina dan Desi tinggal di Kota Semarang.

Tidak ada komentar:

9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio B. Indonesia Kelas 2 SD


Kunci Jawaban Portofolio
Bahasa Indonesia 2


Bab 1 Diri Sendiri
Kegiatan 1 (halaman 2)
Siswa diminta membaca cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan kembali isi cerita dengan kata-kata sendiri.
Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
Liburan sekolah telah usai.
Tasya naik ke kelas 2.
Ia sangat bahagia.
Tasya memiliki teman baru bernama Dinda.
Dinda duduk sebangku dengan Tasya.
Kelas dimulai dengan dipandu Bu Tini

Penilaian:
Lafal                             : 20
Intonasi                         : 20
Kelancaran                    : 20
Kesamaan cerita            : 40 +
Jumlah                            100

Kegiatan 2 (halaman 3)
Siswa diminta menceritakan kegiatannya sehari-hari. Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
1.      Pagi hari: Aku bangun pagi, sholat subuh, kemudian membersihkan tempat tidur. Setelah itu, aku segera mandi, berganti pakaian, kemudian sarapan. Setelah sarapan, aku berangkat ke sekolah.
2.      Siang hari: Sepulang sekolah, aku segera berganti pakaian, makan siang, kemudian sholat duhur. Selanjutnya, aku membaca cerita dilanjutkan tidur siang. Setelah bangun, aku segera mandi dan sholat ashar. Selanjutnya aku nonton tv atau bermain bersama teman-teman.
3.      Malam hari: Aku sholat maghrib, kemudian belajar sampai sholat isya’. Setelah itu, aku melanjutkan belajarku, nonton televisi, kemudian tidur.


Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 4)
Siswa diminta membaca teks pendek. Selanjutnya, siswa diminta menyimpulkan isi bacaan. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Contoh:
Bona anak yang rajin.

Penilaian
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 4 (halaman 5)
Siswa diminta melengkapi cerita.

Namaku Yudhis. Aku tinggal di Jalan Tipar nomor 20 Depok. Ayahku bernama Widyo Leksono. Ibuku bernama Hartiningsih. Aku mempunyai satu orang kakak. Kakakku bernama Tyas. Aku mempunyai satu orang adik. Adikku bernama Hendra. Aku bersekolah di SD Damai. Adik dan kakakku bersekolah di TK Pertiwi dan SMP Mawar. Ayahku bekerja di Kantor Kelurahan. Ibuku bekerja di rumah. Setiap hari Minggu, keluargaku bekerja sama membersihkan rumah.

Penilaian
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab I (Halaman 6)
I.              Pilihan Ganda
1.      a
2.      c
3.      b
4.      a
5.      c

II.             Isian singkat
1.      terlambat
2.      sangat senang
3.      mencium
4.      sepeda
5.      habis
6.      sedang
7.      Mereka
8.      Dinda
9.      Berapa
10.    belajar

Penilaian:
  1. Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
  2. Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Siswa diminta membuat kalimat sesuai gambar.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Bab 2 Keluarga
Kegiatan 1 (halaman 10)
Siswa diminta membaca puisi. Selanjutnya, siswa diminta menjelaskan isi puisi. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Deskripsi  : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 11)
Siswa diminta membaca puisi dengan gerak dan mimik yang tepat.
Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 3 (halaman 12)
Siswa diminta membaca puisi pada halaman 12 sekali lagi. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan isi puisi dengan kata-kata sendiri.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Deskripsi  : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 13)
Siswa diminta melengkapi cerita dengan memilih kata yang tersedia.

Kegiatan pada Hari Minggu

Pukul 05.00 pagi, Ayah, Ibu, Tasya, dan Doni bangun tidur. Mereka langsung sibuk dengan kegiatan masing-masing. Ayah mencuci mobil. Ibu menyiapkan sarapan. Tasya menyiram bunga. Doni membantu ayah. Ayah tidak pergi ke kantor karena hari ini hari Minggu. Pukul 07.00 Ibu sudah menghidangkan sarapan di meja makan. Mereka pun duduk bersama untuk sarapan pagi.

Penilaian:
Jawaban benar x 10 = 100

Latihan Bab 2 (Halaman 14)
I.      Pilihan Ganda
1.     b
2.     a
3.     a
4.     b
5.     b
II.     Isian singkat
1.     menyapu
2.     pergi
3.     Saya
4.     menonton
5.     pangkal
6.     rajin
7.     menghibur adik
8.     Di mana
9.     menyayangi
10.  Siapa

Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Siswa diminta membuat kalimat menggunakan kata-kata yang tersedia. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
1.      Siapa namamu?
2.      Apa pekerjaan ayahmu?
3.      Di mana rumahmu?
4.      Berapa jumlah anggota keluargamu?
5.      Mengapa kamu tidak ke sekolah kemarin?

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Bab 3 Lingkungan
Kegiatan 1 (halaman 17)
Siswa diminta membaca cerita, kemudian menceritakan isi cerita tersebut dengan kata-kata sendiri. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Deskripsi  : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 18)
Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan gambar. Pertanyaan yang dibuat siswa dapat bervariasi.
Contoh:
-          Mengapa hutan menjadi gundul?
-          Apa akibat hutan gundul?
-          Siapa yang menebang hutan secara liar?
-          Berapa jumlah kerugian akibat banjir?

Kegiatan 3 (halaman 19)
Siswa diminta mendeklamasikan puisi dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 20)
Siswa diminta menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100


Latihan Bab 3 (Halaman21)
I.              Pilihan Ganda
1.      a
2.      c
3.      b
4.      c
5.      b

II.             Isian singkat
1.      di
2.      kesehatan
3.      membuang
4.      pengki
5.      tempat sampah
6.      membaca
7.      luas
8.      Hutan gundul meyebabkan tanah longsor
9.      bersih
10.    Tuhan



Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Esai
1.      Sampah menumpuk menyebabkan:
-          munculnya sarang penyakit.
-          Menyebabkan air meluap ketika hujan.
2.      harimau, gajah, kuda nil, jerapah, dll..
3.      mawar, melati, anggrek, dll..
4.      mawar, melati, dll..
5.      Cara menjaga lingkungan antara lain:
-          tidak membuang sampah sembarangan
-          membersihkan sampah yang berserakan

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100




Bab 4 Transportasi
Kegiatan 1 (halaman 24)
Siswa diminta mendengarkan guru membacakan bacaan. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan isi teks. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100

Kegiatan 2 (halaman 25)
Siswa diminta menceritakan pengalaman ketika bepergian. Siswa menceritakan secara lisan, kemudian siswa lain menanggapi dengan mengajukan pertanyaan. Jawaban dan cerita siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Pertanyaan : 20
Jawaban           : 20 +
Jumlah       100

Kegiatan 3 (halaman 26)
Siswa diminta membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta membuat simpulan cerita.


Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Simpulan   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 27)
Siswa diminta menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100

Latihan Bab 4 (Halaman 28)
I.  Pilihan Ganda
1.     a
2.     a
3.     c
4.     c
5.     a
                        
II.                               Isian singkat
1.     zebra cross
2.     loket
3.     bandara
4.     pilot
5.     masinis
6.     nakhoda
7.       rel
8.       Sabtu
9.       pengayuh becak
10.     sepeda

Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.    Esai
1.     bus, kereta api, kapal laut, pesawat terbang, dan becak.
2.     para calon penumpang antre di depan loket.
3.     tabrakan antara bus dan mobil itu terjadi tadi malam.
4.     supaya terhindar dari bahaya kecelakaan lalu lintas
5.     pengguna yang tidak taat tata tertib lalu lintas dapat mengalami kecelakaan lalu lintas.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100


Bab 5 Kesehatan dan Kebersihan
Kegiatan 1 (halaman 31)
Siswa diminta mendengarkan puisi yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menjelaskan isi puisi tersebut. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Ketepatan isi     : 50
Deskripsi                      : 50
Total: 100

Kegiatan 2 (halaman 32)
Siswa diminta membuat cerita berdasarkan gambar yang diamati. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 33)
Siswa diminta membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 34)
Siswa diminta melengkapi cerita dengan kata-kata sendiri. Jawaban siswa dapat bervariasi.



Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 5 (Halaman 35)
I.                                                      Pilihan Ganda
1.     c
2.     b
3.     a
4.     c
5.     a

II.     Isian singkat
1.     mandi dan menggosok gigi
2.     dua
3.     Aku adalah sapu
4.     Aldi sakit demam berdarah karena digigit nyamuk Aedes Aegepty.
5.     dokter
6.     bersih
7.     sayuran
8.     buah-buahan
9.     riang
10.  bersih

Penilaian:
b.    Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
c.     Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.        Esai
1.         nasi, laup pauk, buah, sayur, susu
2.         pernah. Membantu ibu mencuci piring.
3.         sakit
4.         supaya lingkungan bersih dan badan sehat
5.         huruf tegak bersambung

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100

Bab 6 Tempat Umum
Kegiatan 1 (halaman 38)
Siswa diminta membaca cerita dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 39)
Siswa diminta menyimpulkan isi bacaan pada halaman 38.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 40)
Siswa diminta menceritakan pengalaman saat pergi ke tempat-tempat umum.
Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 4 (halaman 41)
Siswa diminta menulis kalimat yang didiktekan guru dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100



Latihan Bab 6 (Halaman 42)
I.              Pilihan Ganda
1.      c
2.      a
3.      b
4.      c
5.      c

II.             Isian singkat
1.      melintas
2.      umum
3.      bank
4.      kaya
5.      rumah sakit
6.      kantor pos
7.      toko buku
8.      Berapa
9.      dari
10.    membeli
Penilaian:
b.    Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
c.     Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100



III.            Esai
1.      pasar, terminal, stasiun, bandara, rumah sakit, dll..
2.      Banyak ibu dan balita di posyandu.
3.      Pernah. Sabun, mie instant, sapu, obat-obatan, alat tulis, dll..
4.      Gambar anak-anak sedang berenang di kolam renang. Yang harus dibawa ketika ke kolam renang adalah pakaian renang, handuk, dan perlengkapan mandi.
5.      menulis huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100


Bab 7 Hewan dan Tumbuhan
Kegiatan 1 (halaman 46)
Siswa diminta menyimak guru membacakan cerita. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan isi cerita.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 47)
Siswa diminta membuat pertanyaan berdasarkan cerita pada halaman 46.

1. Tanya            : Apa hewan yang diperebutkan cecak-cecak?
   Jawab            : Nyamuk.
2. Tanya            : Ada berapa cecak dalam cerita tersebut?
   Jawab            : Dua.
3. Tanya            : Apa warna cecak-cecak tersebut?
   Jawab            : Putih dan hitam.
4. Tanya            : Di mana nyamuk hinggap?
   Jawab            : Di dinding.
5. Tanya            : Mengapa cecak-cecak itu bertengkar?
   Jawab            : Karena berebutan memangsa nyamuk.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 =100

Kegiatan 3 (halaman 48)
Siswa diminta membaca puisi dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta menjelaskan isi puisi tersebut.
Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:

Pada suatu hari aku melihat bunga kaktus yang indah. Aku menceritakan hal itu kepada ayah. Pada saat ulang tahunku, ternyata ayah membelikanku bunga kaktus.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 4 (halaman 49)
Siswa diminta menulis dengan huruf tegak bersambung kalimat-kalimat yang didiktekan guru.
Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100


Latihan Bab 7 (Halaman 50)
I.              Pilihan Ganda
1.         c
2.         b
3.         a
4.         b
5.         c
II.             Isian singkat
1.         cepat
2.         menangkap
3.         membantu membajak sawah
4.         beranak
5.         meringkik
6.         buas
7.         wortel
8.         kupu-kupu
9.         berkokok
10.      Mengapa

Penilaian:
d.    Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
e.     Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

IV.       Siswa diminta menjodohkan gambar dengan nama hewan.
1.         harimau
2.         paus
3.         ular
4.         kambing
5.         cecak



Bab 8 Pendidikan
Kegiatan 1 (halaman 54)
Siswa diminta membaca teks. Selanjutnya, siswa diminta menyebutka isi bacaan dengan kata-kata sendiri.
Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 55)
Siswa diminta membaca puisi dengan lafal dan intonasi serta ekspresi yang tepat.
Penilaian:
Lafal                : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100
Kegiatan 3 (halaman 56)
Siswa diminta membaca teks dengan lafal dan intonasi yang tepat. Lalu, siswa diminta menyebutkan simpulan bacaan.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Simpulan   : 40 +
Jumlah       100


Kegiatan 4 (halaman 57)
Siswa diminta menulis dengan huruf tegak bersambung kalimat-kalimat yang didiktekan guru.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan              = 25
Kerapian                = 25
                             ____+
Jumlah                100

Latihan Bab 8 (Halaman 58)
I.              Pilihan Ganda
1.         a
2.         a
3.         c
4.         b
5.         b
II.             Isian singkat
1.         mendongeng dan bernyanyi
2.         Farhan
3.         rajin
4.         mengajari
5.         langit
6.         mendidik
7.         pandai
8.         terima kasih
9.         masuk kelas. tertib
10.      maaf

Penilaian:
f.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
g.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III. Siswa diminta membuat puisi dengan tema cita-cita.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Bab 9 Alat Komunikasi
Kegiatan 1 (halaman 61)
Siswa diminta mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan kembali isi teks.

Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 62)
Siswa diminta menceritakan kegiatan sehari-harinya kepada teman sebangku.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 63)
Siswa diminta membaca puisi dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 64)
Siswa diminta melengkapi cerita dengan kata yang tepat.

Mengirim surat

Suatu hari, aku akan menulis surat. Surat ini untuk nenekku. Nenekku tinggal di desa. Aku ingin memberitahukan kepadanya bahwa dua minggu lagi Ayah akan datang ke sana. Ayah membelikan sebuah telepon. Ayah juga akan memasangkannya. Dengan telepon, kami akan mudah berkomunikasi.

Penilaian:
Jawaban benar x 20 =100

Latihan Bab 9 (Halaman 65)
I.              Pilihan Ganda
1.         b
2.         c
3.         a
4.         c
5.         b

II.             Isian singkat
1.         menonton
2.         menjual
3.         di dalam
4.         Di mana
5.         tukang pos
6.         bermain
7.         komunikasi
8.         terdengar
9.         surat izin
10.      sopan

Penilaian:
h.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
i.      Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100

III.            Siswa diminta membuat percakapan telepon. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Yudhis        : Halo, bisa bicara dengan Dini?
Dini                        : Iya, saya sendiri. Ini dari siapa?
Yudhis        : Ini Yudhis, Din.
Dini                        : O, ada apa, Dhis?
Yudhis        : Aku mau menanyakan PR. PR bahasa Indonesia tadi halaman berapa ya?
Dini                        : Halaman 7 sampai 9. Dikerjakan di buku tulis.
Yudhis        : Baik. Terima kasih ya, Dhin.
Dini                        : Sama-sama.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100



Bab 10 Gejala Alam dan Peristiwa
Kegiatan 1 (halaman 68)
Siswa diminta mendengarkan teks pendek yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menyebutkan kembali isi teks.

Penilaian:
Lafal     : 50
Intonasi              : 50
   __+
Jumlah       100

Kegiatan 2 (halaman 69)
Siswa diminta menjelaskan tumbuhan dan hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          Bunga teratai: bunga teratai hidup di air, bunganya mengapung di atas daun di atas air, bunga tertai biasanya hidup di danau atau rawa-rawa.
-          Katak: katak hidup di darat dan di air, katak suka makan nyamuk, katak pandai meloncat, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 70)
Siswa diminta membaca dengan ekspresi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 71)
Siswa diminta menjelaskan tumbuhan dan hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          anggrek: bunga anggrek indah warnanya, ada yang ungu, ada pula yang putih.
-          Kupu-kupu: kupu-kupu memiliki sayap indah, kupu-kupu suka hinggap di atas bunga, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Latihan Bab 10 (Halaman 72)
I.              Pilihan ganda
1.     c
2.     c
3.     c
4.     c
5.     a

II.             Isian singkat
1.     terjatuh
2.     mendirikan tenda. Pramuka
3.     korban
4.     banjir
5.     memadamkan
6.     November
7.     pendek
8.     ben-ca-na
9.     titik
10.  ba-kar

Penilaian:
a.     Pilihan ganda: Betul x 10 = 50
b.    Isian singkat: Betul x 5 = 50
Total: 100


III.        Esai
1.         Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
         Danu bermain di kolam renang. Tiba-tiba ia mendengar teriakan minta tolong dari seseorang. Orang itu tenggelam karena tidak bisa berenang. Danu segera menolongnya.
2.         siapa namamu?
         Apa yang kamu bawa?
         Mengapa adikmu menangis?
3.         banjir, tanah longsor, kebakaran.
4.         kerugian akibat kehilangan harta benda dan kerugian akibat kehilangan keluarga.
5.         pakaian layak pakai, makanan, minuman, dll..

Penilaian:
Jawaban benar x 20 = 100

Bab 11 Pekerjaan
Kegiatan 1 (halaman 76)
Siswa diminta mendengarkan pesan yang akan dibacakan guru. Lalu, siswa diminta menyampaikan pesan yang telah didengar kepada teman.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 77)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          kucing: kucing adalah hewan jinak, kucing memiliki empat kaki, kucing mengeong, dll.
-          angsa: angsa memiliki leher yang panjang, angsa memiliki bulu putih halus, angsa juga memiliki sayap, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Kegiatan 3 (halaman 78)
Siswa diminta membaca dengan ekspresi yang tepat. Lalu, siswa diminta menyebutkan judul yang tepat untuk bacaan.
Judul bacaan yang tepat adalah Dokter Kecil

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 79)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100




Latihan Bab 11 (Halaman 80)
I.              Pilihan Ganda
1.         a
2.         a
3.         b
4.         b
5.         b

II.             Isian singkat
1.         Nelayan
2.         jalan raya
3.         Di mana
4.         mendidik siswa di sekolah
5.         rumah sakit
6.         Pak Amir bekerja sebagai sopir taksi.
7.         Petani
8.         jumlah
9.         penyanyi
10.      menerbangkan.

IV.           Esai
1.         Apa yang sedang dilakukan Pak Guru?
2.         Siapa yang mencangkul di sawah?
3.         memeriksa pasien, memberikan resep obat kepada pasien
4.         Anak pada gambar sedang mengamen di pinggir jalan
5.         dokter, guru, polisi, dll..

Bab 12 Reboisasi
Kegiatan 1 (halaman 84)
Siswa diminta membaca pesan, kemudian menyampaikannya secara lisan kepada teman.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 85)
Siswa diminta menjelaskan ciri-ciri tumbuhan.
Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
- melati: melati berwarna putih, mengeluarkan bau yang harum, biasanya dijadikan hiasan sanggul.
- Cabai: cabai pedas rasanya, warnanya ada yang merah dan ada pula yang hijau.
- mawar: mawar memiliki batang berduri, mawar indah warnanya., dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Kegiatan 3 (halaman 86)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 87)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan secara tertulis. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          Harimau: harimau hidup di hutan, harimau makan daging, warna kulit harimau belang.
-          Badak: badak hidup di hutan, badak memiliki kulit yang tebal, badak memiliki cula.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 12 (Halaman 88)
I.              Pilihan Ganda
1.     b
2.     a
3.     a
4.     b
5.     b

II.             Isian singkat
1.     indah
2.     baik untuk kesehatan
3.     membaca buku
4.     pupuk
5.     reboisasi
6.     bersih
7.     menanam
8.     gersang
9.     Kami akan berlibur ke Desa Suka Maju
10.  Mengapa

III.        Esai
1.         rajin membersihkan halaman, menanami halaman rumah dengan berbagai tanaman hijau, dll.
2.         banjir, tanah longsor, dan tersumbatnya aliran air dan sampah menyebabkan penyakit.
3.         Jangan menebang pohon sembarangan!
4.         cangkul, ember tempat air.
5.         Jawaban siswa dapat bervariasi(Misal: Jagalah lingkunganmu untuk menghindari penyakit)






Bab 13 Sosial
Kegiatan 1 (halaman 91)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-Agar Dewi banyak beristirahat.
- Teman-temannya juga mengingatkan Dewi untuk tidak lupa minum obat.
- Teman-temannya jga berpesan supaya Dewi banyak minum air putih.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 92)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali cerita tersebut.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 3 (halaman 93)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 94)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan secara tertulis. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          Semut: semut hidup di tanah, semut hidup berkelompok, semut suka bekerja sama, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 13 (Halaman 95)
I.          Pilihan Ganda
1.         b
2.         a
3.         c
4.         a
5.         c



II.         Isian singkat
1.         membetulkan
2.         royong
3.         malas
4.         pada tempatnya
5.         ikhlas
6.         dari
7.         !
8.         yatim piatu
9.         menerima
10.      Nenek hendak menyeberang jalan.

IV.           Esai
1.         Warga membersihkan lingkungannya, memasang bendera, dan menghias lingkungan dengan lampu-lampu, dll..
2.         bantuan buku bacaan, pakaian layak pakai, dan makanan
3.         Siapa yang datang ke rumah Nina? Apa yang diberikan Nina kepada orang itu?
4.         Kita harus membantunya. Sebagai sesama manusia kita wajib tolong menolong.
5.         Tidak. Sebagai teman, kita harus saling bekerja sama dalam kebaikan, seperti kerja bakti, dll..


Bab 14 Kejadian Sehari-Hari
Kegiatan 1 (halaman 98)
Siswa diminta menyimak teman membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan teman. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Ayah Rando berpesan supaya Rando selalu sarapan setiap pagi, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 99)
Siswa diminta mendengarkan cerita yang dibacakan guru. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali dengan kata-kata sendiri. Jawaban siswa dapat bervariasi.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 100)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100


Kegiatan 4 (halaman 101)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan                     = 25
Kerapian                       = 25
                                    ____+
Jumlah              100

Latihan Bab 14 (Halaman 102)
I.              Pilihan Ganda
1.         a
2.         c
3.         c
4.         b
5.         a

II.             Isian singkat
1.         ulang tahun
2.         kecopetan
3.         selamat
4.         Maret, April, Mei, Juni, Juli
5.         kebakaran
6.         Siapa
7.         Mengapa
8.         12
9.         tanah lapang
10.      masuk

IV.           Esai
1.         bekerja sama membersihkan rumah
2.         memasang bola lampu
3.         mengepel lantai
4.         menyapu lantai
5.         mengelap meja

Bab 15 Kebudayaan
Kegiatan 1 (halaman 105)
Siswa diminta menyimak pembacaan dongeng oleh guru. Selanjutnya, siswa diminta mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan dongeng. Siswa diminta menceritakan kembali dongeng yang didengar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 107)
Siswa diminta menjelaskan ciri hewan secara tertulis. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
-          komodo: komodo adalah hewan asli indonesia, komodo makan daging, komodo jenis kadal..
-          orang utan: orang utan hidup di hutan, orang utan memiliki bulu yang lebat, orang utan sejenis kera.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 108)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 109)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100

Latihan Bab 15 (Halaman 110)
I.              Pilihan Ganda
1.     c
2.     c
3.     b
4.     a
5.     a

II.             Isian singkat
1.     Sumatra Barat
2.     Keong Mas dapat dilihat di TMII
3.     Cublek-cublek suweng
4.     Kambanglah bungo
5.     durhaka
6.     di
7.     Pendet, Bali
8.     gemulai
9.     wayang kulit
10.  Ke mana

III.            Esai
1.     Siapa saja yang ikut berlibur? Ke mana mereka berlibur? Kapan mereka pergi berlibur?
2.     Ayah menyaksikan pertunjukan wayang kulit hingga pagi
3.     tarian, lagu, pakaian adat, dan rumah adat.
4.     Siswa kelas dua sedang berlatih tari
5.     huruf tegak bersambung



Bab 16 Negara
Kegiatan 1 (halaman 114)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Kepala sekolah berpesan supaya anak-anak rajin belajar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 115)
Siswa diminta menyimak pembacaan cerita oleh guru. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali cerita yang didengar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 116)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 117)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.

Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100



Latihan Bab 16 (Halaman 118)
I.              Pilihan Ganda
1.         c
2.         c
3.         a
4.         c
5.         b

II.             Isian singkat
1.         Siapa
2.         pahlawan
3.         berkibar
4.         Ulang Tahun
5.         Anak-anak kelas dua sedang lomba balap karung
6.         adat
7.         Bangsa, Indonesia, Agustus
8.         pendidikan
9.         Indonesia
10.      menghormati

IV.           Esai
1.         17 Agustus
2.         Siapa yang sedang berperang? Apa yang digunakan para pejuang untuk melawan penjajah? Di mana para pejuang berperang? Mengapa mereka berperang melawan penjajah
3.         balap karung, makan kerupuk, lari sendok kelereng, dll..
4.         tarian daerah, lagu-lagu perjuangan, drama perjuangan.
5.         Susilo Bambang Yudhiyono dan Jusuf Kalla

Bab 17 Hukum
Kegiatan 1 (halaman 121)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
1.     Patuhi semua rambu lalu lintas
2.     Jangan kebut-kebutan di jalan raya
3.     Pakai helm
4.     Utamakan keselamatan

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 2 (halaman 122)
Siswa diminta menyimak pembacaan cerita oleh guru. Selanjutnya, siswa diminta menceritakan kembali cerita yang didengar.

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Kegiatan 3 (halaman 123)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 124)
Siswa diminta menyalin puisi dengan huruf tegak bersambung.
Penilaian:
Bentuk huruf     = 50
Ketepatan         = 25
Kerapian           = 25
                        ____+
Jumlah              100
Latihan Bab 17 (Halaman 125)
I.              Pilihan ganda
1.     a
2.     b
3.     c
4.     c
5.     c

II.             Isian singkat
1.     zebra cross
2.     rumah
3.     tangan
4.     tangan dan kaki
5.     doa
6.     izin
7.     seragam
8.     taati
9.     awal
10.  ronda malam

III.            Esai
1.     dilarang memakai perhiasan berlebihan, dilarang merokok, dilarang membawa senjata tajam, dll..
2.     supaya kehidupan kita aman dan tenteram
3.     mendapatkan sanksi, dikucilkan masyarakat,dll..
4.     Asyik, aku akan berlibur ke Bali.
5.     Hatiku sedih karena nilai ujianku buruk.



Bab 18 Ketuhanan
Kegiatan 1 (halaman 128)
Siswa diminta menyimak guru membacakan teks. Selanjutnya, siswa diminta mencatat isi pesan yang disampaikan guru. Jawaban siswa dapat bervariasi. Contoh:
Ibu Sita berpesan kepada Sita supaya berdoa sebelum belajar. Ibu juga mengingatkan supaya Sita selalu menjaga kerukunan dengan teman.
Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100
Kegiatan 2 (halaman 129)
Siswa diminta menjelaskan ciri-ciri tumbuhan. Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
Bunga sepatu: bunga sepatu berwarna merah, di tengah bunga terdapat antena, dll..
Bunga mawar: bunga mawar harum baunya, batangnya terdapat duri, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100


Kegiatan 3 (halaman 130)
Siswa diminta membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Penilaian:
Lafal     : 30
Intonasi              : 30
Ekspresi   : 40 +
Jumlah       100

Kegiatan 4 (halaman 131)
Siswa diminta menjelaskan ciri-ciri hewan. Jawaban siswa dapat bervariasi.
Contoh:
Gajah: gajah hidup di hutan, gajah makan tumbuhan, belalai gajah panjang, telinga gajah lebar, dll..
Paus: Paus hidup di laut, paus adalah ikan terbesar di dunia, dll..

Penilaian:
Penalaran          : 30
Gagasan           : 30
Kalimat : 20
Ejaan    : 20 +
Jumlah    100

Latihan Bab 18 (Halaman 132)
I.              Pilihan Ganda
1.      b
2.      b
3.      a
4.      c
5.      c

II.             Isian singkat
1.      jujur
2.      berpamitan
3.      merugikan
4.      Amir merayakan hari ulang tahun
5.      menyeberang
6.      iman
7.      puasa
8.      Natal
9.      Hindu
10.    wihara

III.            Esai
1.      mengucapkan selamat merayakan hari besar agamanya.
2.      Siapa yang berpuasa? Di mana umat islam beribadah?
3.      Jawaban siswa bervariasi
4.      huruf tegak bersambung
5.      Rina dan Desi tinggal di Kota Semarang.

Tidak ada komentar: