KUNCI
JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 1
BAB 1. TUBUH DAN LINGKUNGAN KITA
Kegiatan 1 (Halaman
2)
Siswa diminta mengamati bagian-bagian
tubuhnya dan bagian-bagian tubuh temannya.
Siswa kemudian diminta menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh pada
gambar.
- Mata
- Rambut
- Telinga Mulut
- Tangan
- Kaki
- Jari kaki
- Telapak kaki
- Jari tangan
- Hidung
Penilaian:
Ketepatan
menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh = 50
Ketepatan
menyebutkan nama bagian-bagian anggota tubuh = 50
Total
= 100
Kegiatan 2 (Halaman
3)
Siswa diminta melengkapi bagian tubuh
yang kurang pada gambar kemudian mewarnainya.
- Pewarnaan dan kerapihan gambar tergantung kepada kreativitas siswa.
Penilaian:
Kerapihan
melengkapi gambar = 50
Kerapihan
mewarnai = 50
Total
= 100
Kegiatan 3 (Halaman
4)
Siswa diminta menyebutkan kegiatan
yang dilakukan pada gambar kemudian menyebutkan bagian tubuh yang berperan
untuk melakukan kegiatan itu dan membuat kesimpulannya.
- Menendang bola menggunakan kaki
- Mendengar kicauan burung menggunakan telinga
- Memakan kue menggunakan mulut
- Mencium wangi bunga mengunakan hidung
- Melihat bunga dan kupu-kupu menggunakan mata
Kesimpulan: Jawaban
dapat bervariasi
Setiap bagian tubuh memiliki fungsinya
masing-masing.
Penilaian:
ketepatan
menyebutkan kegiatan = 50
ketepatan
menyebutkan bagian tubuh = 50
Total
= 100
Kegiatan 4 (Halaman
6)
Siswa ditugaskan untuk berdiskusi dan
menyebutkan kegunaan bagian tubuh.
1.
melihat
2.
mendengar
3.
berbicara
4.
mengunyah makanan
5.
berjalan, melompat, atau berlari (Jawaban
dapat bervariasi)
6.
memegang, menulis, bersalaman (Jawaban
dapat bervariasi)
7.
mencium
8.
memegang
Penilaian:
keaktifan
dalam berdiskusi = 50
ketepatan
menjawab = 50
Total
= 100
Kegiatan 5 (Halaman
7)
Siswa diminta untuk melakukan
kegiatan yang membutuhkan kreativitas dan kerapihan.
1.
siswa diminta untuk meletakkan uang logam di atas kertas warna.
2.
siswa diminta untuk menjiplak uang logam tersebut
3.
siswa dianjurkan untuk meminta bantuan orang tua atau guru (orang
dewasa) untuk menggunting.
4.
siswa menempelkan hasil guntingan pada lembar kerja. bagian yang berwarna diletakkan disebelah
atas.
5.
siswa memberi nama warna yang sesuai, kemudian membuat kesimpulan.
Hasil
kegiatan: (jawaban dapat bervariasi)
- caraku membedakan warna adalah dengan melihatnya.
Kesimpulan:
- Mata dapat membedakan warna.
Penilaian:
kerapihan
= 50
ketepatan
memberi nama warna = 50
Total
= 100
Kegiatan 6 (Halaman
9)
Siswa diminta untuk melakukan kegiatan
kecil dengan cara:
1.
menyuruh siswa untuk menutup kedua matanya dengan sapu tangan.
2.
meminta salah satu siswa yang lain untuk mendekatkan salah satu bahan ke
depan hidung teman yang di tutup matanya.kemudian menyuruh siswa untuk
menebaknya.
3.
meminta siswa untuk menuliskan hasilnya pada buku kerja.
4.
setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
5.
siswa yang lain diminta untuk mencatat siswa yang paling banyak menebak
bau.
Tabel
hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak
bahan yang digunakan).
Bagian
anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah hidung.
Kesimpulan:
hidung
dapat membedakan bermacam-macam bau.
Penilaian:
ketepatan
dalam menebak = 50
ketepatan
menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total
= 100
Kegiatan 7 (Halaman
11)
Siswa diminta untuk melakukan kegiatan
kecil dengan cara:
1.
menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
2.
meminta asalah satu teman siswa untuk mendekatkan bahan makanan ke
tangan siswa yang ditutup matanya, kemudian mulai mencicipi bahan makana itu.
3.
siswa yang ditutup matanya juga harus menebak nama bahan makanannya.
4.
setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
5.
siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel di
lembar kerja.
Tabel
hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak
bahan yang digunakan).
Bagian
anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah lidah.
Kesimpulan:
lidah
dapat membedakan bermacam-macam rasa.
Penilaian:
ketepatan
dalam menebak = 50
ketepatan
menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total
= 100
Kegiatan 8 (Halaman
13)
Siswa diminta untuk melakukan kegiatan
kecil dengan cara:
1.
menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
2.
meminta salah satu teman siswa untuk mendekatkanbenda yang telah
disiapkan.
3.
siswa yang ditutup matanyadiminta untuk meraba benda yang didekatkan
kepadanya (apakah kasar, halus, keras, atau lunak)
4.
setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
5.
siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel di
lembar kerja.
Tabel
hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak
bahan yang digunakan).
Bagian
anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah kulit.
Kesimpulan:
kulit
dapat membedakan bermacam-macam bentuk permukaan benda.
Penilaian:
ketepatan
dalam menebak = 50
ketepatan
menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total
= 100
Kegiatan 9 (Halaman
15)
Siswa diminta untuk melakukan kegiatan
kecil dengan cara:
1.
menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
2.
meminta asalah satu teman siswa untukbenda-benda di dekat telinga
temannya yang ditutup matanya
3.
siswa yang ditutup matanya juga harus menebak nama benda yang dibunyikan
4.
setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
5.
siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel
dilembar kerja.
Tabel
hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak
bahan yang digunakan).
Bagian
anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah telinga.
Kesimpulan:
telinga
dapat membedakan bermacam-macam bunyi.
Penilaian:
ketepatan
dalam menebak = 50
ketepatan
menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total
= 100
Kegiatan 10 (Halaman
17)
Siswa diminta untuk mengamati
gambar-gambar cara merawat tubuh. kemudian menyebutkan nama bagian tubuh yang
dirawat serta kegunaannya.
1.
Bagian tubuh yang dirawat: gigi
kegunaan merawat: supaya tidak sakit gigi, supaya gigi tidak berlubang
2.
Bagian tubuh yang dirawat: rambut
kegunaan merawat: supaya tidak kotor, dan tidak dihinggapi kutu
3.
Bagian tubuh yang dirawat: mata
kegunaan merawat: supaya tidakmenderita sakit mata, supaya mata tetap
dapat melihat dengan normal tanpa mengunakan kacamata
4.
Bagian tubuh yang dirawat: telinga
kegunaan merawat: supaya telinga
tidak kotor dan telinga berfungsi dengan baik.
5.
Bagian tubuh yang dirawat: gigi
kegunaan merawat: supaya tidak sakit gigi, supaya gigi tidak berlubang
Penilaian:
ketepatan
menyebutkan bagian tubuh yang dirawat = 50
ketepatan
menyebutkan kegunaan merawat bagian tubuh = 50
Total
= 100
Kegiatan 11 (Halaman
19)
Siswa diminta untuk menyebutkan
kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh tertentu. Siswa dapat meminta bantuan orang tua untuk
menjawabnya.
Tabel
hasil kegiatan
No
|
Bagian Tubuh
|
Kegiatan yang dapat
merusak bagian tubuh
|
1.
|
Mata
|
|
2
|
Telinga
|
|
3
|
Hdung
|
|
4
|
Lidah
|
|
5
|
Kulit
|
|
6
|
Gigi
|
|
7
|
Rambut
|
|
8
|
Kuku
|
|
Kesimpulan: setiap bagian tubuh harus dirawat dan
memiliki cara perawatannya masing-masing agar bagian tersebut tetap dapat
berfungsi dengan baik.
Penilaian:
ketepatan
menyebutkan kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh = 50
ketepatan
membuat kesimpulan = 50
Total
= 100
Kegiatan 12(Halaman
21)
Siswa diminta untuk menceritakan
gangguan yang pernah di alami pada salah satu bagian tubuhnya. kemudian menyebutkan penyebabnya dan apa yang
siswa rasakan ketika mengalami gangguan itu.
pengalaman siswa dituliskan dalam lembar kerja.
Jawaban
bervariasi pada setiap siswa.
Penilaian:
kemampuan
menuangkan pengalaman ke dalam cerita = 100
Total
= 100
Kegiatan 13 (Halaman
22)
Siswa diminta untuk membuat kelompok
kemudian mengamati gambar makanan sehat di buku dan menyebutkan nama
makanannya. kemudian, siswa berdiskusi
mengenai ciri-ciri dan contoh makan sehat.
Makanan
sehat terdiri dari:
1. nasi
2. lauk pauk
3. sayur-sayuran
4. buah-buahan
5. susu
Ciri-ciri
makan sehat:
Jawaban
dapat bervariasi pada setiap siswa, misalnya:
1. bergizi
2. bervitamin
3. tidak di hinggapi lalat
4. makanan sehat tidak harus makan
5. makanan terjaga kebersihannya
6. makanan di buat tanpa mengandung bahan
pengawet
Contoh
makanan sehat:
Jawaban
dapat bervariasi pada setiap siswa, misalnya:
1. tahu
2. tempe
3. sayur bayam
4. telur
5. daging
6. ikan
7. buahan
8. roti
Penilaian:
ketepatan
siswa menjawab jenis-jenis makanan sehat = 40
ketepatan
siswa menyebutkan ciri makanan sehat = 30
ketepatan
siswa menyebutkan contoh makanan sehat = 30
Total
= 100
Kegiatan 14 (Halaman
24)
Siswa diminta untuk mengamati gambar
makanan yang ada di buku. kemudian memilih makanan yang baik bagi tubuh dan
memberi tanda √ di samping
gambar. siswa juga harus memilih makanan
yang kurang baik bagi tubuh dan memberi tanda X di samping gambar. siswa
juga diminta menyebutkan nama makanan pada kotak yang tersedia dan menyebutkan
makanan yang baik bagi tubuh lainnya.
1. Jeruk (√) 6. ayam goreng (√)
2. ikan (√) 7. biscuit (√)
3. permen (X) 8. telur (√)
4. wortel (√) 9. kornet sapi (√)
5. es krim (X) 10.
sayuran (√)
Makanan
lain yang baik bagi tubuh: (jawaban dapat bervariasi)
- tahu
- tempe
- keju
- buah
- kacang-kacangan
- dll
Penilaian:
ketepatan
siswa menunjukkan makanan yang baik bagi tubuh = 35
ketepatan
siswa menunjukkan makanan yang kurang baik bagi tubuh = 35
ketepatan
siswa menyebutkan makanan lain yang baik bagi tubuh = 30
Total
= 100
Kegiatan 15 (Halaman
26)
siswa diminta untuk membuat kelompok
kecil dan membuat pembagian kerja dalam kelompok untuk membuat kliping mengenai
makanan sehat. siswa juga diminta untuk
menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kliping. siswa kemudian diminta untuk mencari gambar
makanan sehat dari Koran atau majalah bekas, kemudian mengunting gamabr-gambar
tersebut dengan rapi dan meminta bantuan orang dewasa untuk melakukannya. kemudian, siswa diminta untuk mengelompokkan
gambar-gambar tersebut berdasarkan jenisnya. misalnya kelompok sayuran,
makanan, lauk pauk, dll. siswa diminta
untuk menempelkan gamabr tersebut sesuai dengan kelompoknya. siswa juga dapat
menghias klipingnya sekreatif mungkin dan berikanlah keterangan pada setiap
kelompok makanan. kemudian siwa diminta
untuk menjilid kliping dengan rapi dan mengumpulkannya pada guru.
Nama Kelompok:
Ketua Kelompok:
Anggota :
Pembagian Kerja:
(bervariasi,
sesuai kelopok siswa)
Penilaian:
kemampuan
siswa membuat pembagian kerja =20
kemampuan
siswa menyiapkan alat dan bahan = 20
kerjasama
= 20
kreativitas
sisw 20a =
kerapihan
= 20
Total
= 100
Kegiatan 16 (Halaman
28)
siswa diminta untuk mengamati dan mencatat
menu makanan yang dimakan selama 3 hari berturut-turut. siswa juga dapat meminta bantuan orang dewasa
di rumah untuk membantunya. kemudian,
membuat kesimpulan apakah makanan yang dimakan merupakan makana sehat atau
bukan.
Tabel
Hasil Pengamatan:
(jawaban
dapat bervariasi tergantung siswa)
Kesimpulan:
(kesimpulan
yang diharapkan, siswa dapat menjawab bahwa makanan yang selama ini dimakannya
adalah makanan sehat).
Penilaian:
kecermatan
siswa mencatat menu makanan = 35
kejujuran
siswa dalam mencatat menu makanan = 35
ketepatan
siswa membuat kesimpulan = 30
Total
= 100
Kegiatan 17 (Halaman
29)
siswa diminta untuk mengamati
lingkungan disekitar rumah dan sekolah.
kemudian menuliskan hasil pengamatan pada tabel dalam lembar kerja dan
membuat kesimpulan atas hasil pengamatan yang dilakukan.
Tabel
hasil pengamatan:
(jawaban
dapat bervariasi tergantung siswa)
Kesimpulan:
jawaban
dapat bervariasi.(kesimpulan yang diharapkan, siswa dapat menjawab bahawa
lingkungan sekitar rumah dan sekolahnya termasuk lingkungan yang bersih dan
sehat).
Penilaian:
kemampuan
siswa melakukan pengamatan = 50
ketepatan
siswa membuat kesimpulan = 50
Total
= 100
Kegiatan 18 (Halaman
30)
siswa diminta mengamatai
gambar-gambar pada lembar kerja. siswa
memberikan pendapat mengenai lingkungan yang terdapat pada gambar, kemudian
memberikan alasan.
1. Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
Pendapatku: aku suka lingkungan rumah itu, karena
lingkungannya terawatt, tampak bersih dan rapi.
2. Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
Pendapatku: aku tidak suka lingkungan kotor dan banyak
asap, dapat menggangu kesehatan.
3. Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
Pendapatku: aku tidak suka lingkungan banyak sampah dan
membuat aliran sungai terhambat. sampah
juga menyebabkan bau.
4. Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
Pendapatku: aku suka dengan lingkungan sekolah yang
bersih, rapi, dan tidak ada sampah.
5. Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
Pendapatku: aku tidak suka dengan lingkungan yang banyak
sampah dan kotor dimana-mana. sampah menjadi sarang penyakit.
Aku
lebih suka: lingkungan yang bersih dan rapi.
Alasanku:
Lingkungan bersih dan rapi enak dilihat, terlihat rapi, dan lebih sehat.
(Jawaban
dapat bervariasi)
Penilaian:
kemampuan
siswa menyebutkan lingkungan yang disukai = 50
keberanian
siswa mengemukakan pendapat = 50
Total
= 100
Kegiatan 19 (Halaman
32)
siswa diminta untuk mewarnai gambar
pada lembar kerja kemudian siswa diminta untuk memilih lingkungan mana yang
lebih disukai dan mengemukakan alasannya.
Linkungan
yang lebih aku sukai: (jawaban dapat bervariasi, akan tetapi diharapkan siswa
memilih lingkungan yang bersih)
Alasanku:
(jawaban dapat bervariasi, akan tetapi diharapkan siswa menjawab bahwa
lingkungan bersih lebih enak ditempati, lebih sehat, lebih enak dilihat, dll).
Penilaian:
kerapihan
siswa mewarnai gambar = 40
ketepatan
siswa memilih lingkungan yang disukai = 30
kemampuan
siswa mengemukakan alasan = 30
Total
= 100
Kegiatan 20 (Halaman
34)
siswa diminta untuk mengamati gambar
pada lembar kerja. siswa kemudian harus
menentukan pasangan gambar yang sesuai.
Jawaban: gambar kiri atas di sambungkan dengan gambar
kanan bawah
gambar kanan atas di sambungkan dengan
gambar kiri bawah.
Penilaian:
ketepatan
siswa menjodohkan gambar = 100
Total
= 100
Kegiatan 21 (Halaman
35)
siswa ditanya apakah memiliki
tanaman atau hewan peliharaan di rumah. kemudian siswa diminta untuk
menyebutkan bagaimana cara memelihara tanaman atau hewan peliharaannya. siswa juga diminta untuk menggambar tanaman
atau hewan peliharaannya lalu menceritakan cara merawat hewan atau tanaman
tersebut pada temannya.
Hasil
kegiatan: Hasil bervariasi pada setiap
siswa
Penilaian:
kejujuran
= 25
ketepatan
cara merawat hewan atau tanaman peliharaan = 25
kerapihan
gambar = 25
keberanian
siswa bercerita = 25
Total
= 100
Kegiatan 22 (Halaman
36)
siswa diminta untuk menceritakan
pengalaman mengenai menjaga kebersihan atau tidak kemudian menceritakan
pengalaman tersebut kepada teman sekelas.
1. Keadaan kelas bisa menjadi kotor, banyak
sampah, berantakan, bisa menjadi sarang penyakit (jawaban dapat bervariasi).
2. tidak nyaman, tidak enak, belajar jadi
terganggu (jawaban dapat bervariasi).
3. tanaman menjadi layu, mati, tidak segar
(jawaban dapat bervariasi).
4. li,sebab temanku tidak bisa menjaga
kebersihan lingkungan. padahal membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan
lingkungan menjadi kotor. (jawaban dapat bervariasi).
Penilaian:
keberanian
siswa bercerita = 50
ketepatan
menjawab pertanyaan = 50
Total
= 100
Kegiatan 23 (Halaman
37)
siswa diminta untuk mengamati
gambar. siswa diminta untuk menceritakan
perasaannya jika siswa melihat keadaan seperti gambar, apa yang akan terjadi,
dan apa yang akan dilakukan siswa.
1. perasaanku (jawaban dapat bervariasi).
contoh:
aku merasa tidak betah, tidak nyaman, tidak suka
2. jika aku tinggal di lingkungan seperti pada
gambar aku akan (jawaban dapat
bervariasi).
contohnya: aku tidak akan betah dengan lingkungan
seperti itu, jadi aku harus membersihkan lingkungan itu supaya terlihat lebih
bersih dan rapi.
3. Jika melihat keadaan seperti pada gambar aku
akan (jawaban dapat bervariasi).
contohnya:
a.
aku akan merapikan semua benda pada tempatnya
b.
aku akan membersihkan lingkungan yang kotor
c.
aku akan membersihkan sarang laba-laba
d.
aku akan membuang sampah pada tempatnya.
Penilaian:
kemampuan
mengemukakan pendapat = 50
ketepatan
menjawab pertanyaan = 50
Total
= 100
LATIHAN BAB 1
I. 1.
B 6. C
2.
B 7. A
3.
C 8. C
4.
C 9. C
5.
B 10.
C
II.
1. C
2. (jawaban dapat bervariasi), misalnya tidak
dihinggapi lalat, supaya tetap bersih, dll
3. (jawaban dapat bervariasi), misalnya
mengganggu kenyamanan, pergerakan, dll
4. delapan
5. delapan
6. sarapan
7. mata
8. wortel
9. (jawaban dapat bervariasi), misalnya
rapi,bersih, tidak menjadi sarang penyakit
10. sehat
11. (jawaban dapat bervariasi), misalnya kaki
tidak terluka, kaki tidak kepanasan atau kedinginan, kaki terhindar dari
kotoran, dll
12. bersih
13. sebelum tidur dan setelah makan
14. telinga
15. sabun dan air
III.
1. a.
makanan yang sehat
b.
air bersih, udara bersih, dan
c.
lingkungan ysehat
2. a.
membuang sampah pada tempatnya
b.
tidak membiarkan saluran air tergenang
c.
mengubur benda-benda seperti kaleng atau botol bekas yang sudah tidak
digunakan.
3. a. mengosok
gigi sehabis makan dans ebelum tidur
b.
mencuci tangan sebelum makan atau setelah berada di luar ruangan
c.
berolahraga dengan teratur
d.
beristirahat dengan teratur
e.
makan makana yang bersih dan
bergizi
4. a.
mandi dengan teratur
b.
memotong kuku jika sudah panjang
c.
menggosok gigi dengan teratur
d.
mencuci tangan
e.
menggunakan alas kaki
5. (jawaban dapat bervariasi), misalnya
a.
angota tubuh dapat berfungsi dengan baik
b.
kesehatan terjaga
c.
tubuh terlihat bersih dan enak dilihat
d.
terlihat rapi dan sehat
BAB 2. BENDA
Kegiatan 1 (Halaman
49)
Benda berbentuk persegi panjang: buku, lemari, tempat pensil
Benda berbentuk persegi: kaleng biscuit
Benda berbentuk segitiga: penggaris
segitiga, topi segitiga
benda berbentuk bintang: magnet, bunga,
belimbing
Kegiatan 2 (Halaman
52)
Tabel
Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi),
No
|
Nama Benda
|
Ciri- ciri Benda
|
||||
Bentuk
|
Ukuran
|
Warna
|
Bau
|
Kasar/Halus
|
||
1.
|
kalender
|
Persegi
panjang
|
besar
|
putih
|
-
|
halus
|
2
|
Jam
dinding
|
lingkaran
|
besar
|
biru
|
-
|
halus
|
3
|
kursi
|
Persegi
panjang
|
besar
|
cokelat
|
-
|
kasar
|
4
|
Taplak
meja
|
Persegi
panjang
|
besar
|
merah
|
-
|
halus
|
5
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan 3 (Halaman
53)
Tabel
Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
Pasangan
benda
|
Persamaan
ciri benda
|
|||||
Bentuk
|
ukuran
|
bau
|
Warna
|
Kasar/halus
|
Rasa
|
|
Bola
plastic-kelereng
|
bundar
|
|
Tidak
berbau
|
|
|
|
Piring
gelas
|
|
|
Tidak
berbau
|
|
halus
|
|
Kotak
bekas sabun-kotak bekas pasta gigi
|
Persegi
panjang
|
|
Tidak
berbau
|
|
|
|
Jeruk-jeruk
nipis
|
bulat
|
|
Bau
jeruk
|
|
halus
|
asam
|
Gula
putih- gula merah
|
|
|
harum
|
|
kasar
|
manis
|
Daun
singkong-daun pepaya
|
|
besar
|
|
hijau
|
kasar
|
|
Minyak
wangi-bunga mawar
|
|
|
harum
|
|
|
|
Garam-keju
|
|
|
|
|
|
asin
|
Kegiatan 4 (Halaman
55)
Tabel
Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
Bentuk
|
Kegiatan
|
Perubahan bentuk
|
kertas
|
dilipat
|
Menjadi
bentuk seperti burung
|
Air
dalam gelas
|
Dituang
ke dalam botol
|
Menjadi
bentuk seperti botol
|
plastisin
|
ditekan
|
Menjadi
bentuk boneka
|
cokelat
|
Di
panaskan
|
Menjadi
bentuk cair
|
Kegiatan 5 (Halaman
57)
Tabel
Hasil Kegiatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Benda
|
Kegunaan
|
1
|
Kotak
sepatu bekas
|
Tempat
pensil
Tempat
jepitan rambut
Tempat
mainan
Tempat
sampah
|
2
|
pisau
|
Untuk
memotong
Untuk
mengiris
Untuk
mengupas
|
3
|
Kursi
|
Untuk
duduk
|
4
|
penggaris
|
Untuk
menggaris
Untuk
membatasi buku
Untuk
menggambar
|
5
|
pensil
|
Untuk
menulis
Untuk
menggambar
|
6
|
buku
|
Untuk
menulis
Untuk
menggambar
Untuk
mencatat
|
7
|
komputer
|
Untuk
mengetik
Untuk
menggambar
Untuk
mencari informasi
|
8
|
tas
|
Untuk
menyimpan buku
Untuk
membawa perlengkapan
Untuk
membawa bekal makanan
|
9
|
sepatu
|
Sebagai
alas kaki
Melindungi
kaki
Supaya
terlihat rapi
|
10
|
payung
|
Melindungi
tubuh dari panas
Melindungi
tubuh dari hujan
|
Kegiatan 6 (Halaman
59)
Tabel
Hasil Kegiatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Benda
|
Kegunaan
|
1
|
gunting
|
Untuk
memotong
|
2
|
bola
|
Untuk
dilempar, bermain bola
|
3
|
gitar
|
Untuk
mengiringi nyanyian
|
4
|
Sikat
gigi
|
Untuk
menggosok gigi
|
5
|
Sendok
dan garpu
|
Untuk
makan
|
6
|
cangkir
|
Untuk
minum
|
7
|
sapu
|
Untuk
menyapu lantai
|
8
|
Lampu
senter
|
Untuk
menerangi ketika mati lampu
|
9
|
Karet
gelang
|
Untuk
mengikat sesuatu, menguncir rambut
|
10
|
payung
|
Melindungi
tubuh dari panas dan hujan
|
Kegiatan 7 (Halaman
61)
bangun
yang ada pada gambar: lingkaran, bujur
sangkar, persegi panjang
Kegiatan 8 (Halaman
64)
tergantung
kreativitas siswa
LATIHAN BAB 2
I. 1.
C 6. C
2.
A 7. B
3.
A 8. A
4.
A 9. B
5.
C 10.C
II.
1. Segitiga
2. (jawaban dapat bervariasi) apel, es krim,
permen, dll
3. berubah
4. melicinkan pakaian
5. bentuk dan ukuran
6. mencair/meleleh
7. dituang
8. memotong kayu
9. halus
10.
kasar
11.ditekan
12.obat
dan buah pare
13.
warna dan bentuk
14.
warna
15.
untuk menulis
III.
1. (jawaban dapat bervariasi pada setiap
siswa). contoh: paying, jas hujan,dan
mantel (dapat melindungi tubuh dari hujan).
2. cara mengubah bentuk lilin dengan dibakar
3. kegunaan pakuuntuk melekatkan benda, menggantung
benda
4. bentuk dan permukaan
5. karena lilin dapat berfungis sebagai penerang
BAB 3. ENERGI
Kegiatan 1 (Halaman
73)
No
|
Benda
|
Cara bergerak
|
|
Mudah bergerak
|
Susah bergerak
|
||
1
|
Bola
|
V
|
|
2
|
Kelereng
|
V
|
|
3
|
Boneka
|
|
V
|
4
|
Buku
|
|
V
|
5
|
Pensil
|
V
|
|
6
|
Penghapus
|
|
V
|
7
|
Mobil-mobilan
|
V
|
|
8
|
Penggaris
|
|
V
|
9
|
Gulungan
selotip
|
V
|
|
10
|
Kaleng
bekas kemasan minuman ringan
|
V
|
|
Kesimpulan: benda yang berbentuk
bulat mudah bergerak.
Kegiatan 2 (Halaman
75)
1. bola dan buku tidak dapat bergerak atau
berpindah tempat sendiri
2. agar bola bergerak atau berpindah tempat
harus digulirkan, ditendang, diangkat, dilempar dan di dorong
3. agar buku bergerak atau berpindah tempat
harus diangkat, didorong, dan ditarik
Kesimpulan:
bola dan buku tidak dapat bergerak atau berpindah tempat sendiri
yang
harus dilakukan agar bende-benda bergerak atau berpindah tempat adalah dengan
cara menendang, menngangkat, melempar, mendorong atau menariknya.
Kegiatan 3 (Halaman
77)
1. cara menggerakkan didorong atau ditarik
penyebab gerakan benda dorongan atau
tarikan
2. cara menggerakkan dengan menekan atau
memencet remote control
penyebab gerakan benda batu baterai pada
remote control
3. cara menggerakkan dengan diputar
penyebab gerakan benda gerakan pegas
4. cara menggerakkan dengan didorong atau
ditarik
penyebab gerakan benda dorongan atau
tarikan
5. cara menggerakkan dengan didorong atau
ditarik
penyebab gerakan benda dorongan atau
tarikan
6. cara menggerakkan benda dengan di dorong
penyebab gerakan benda dorongan
7. cara menggerakkan dengan didorong atau
ditarik
penyebab gerakan benda dorongan atau
tarikan
8. cara menggerakkan dengan didorong atau
ditarik
penyebab gerakan benda dorongan atau
tarikan
Kegiatan 4 (Halaman
80)
1. Televisi menggunakan sumber energi listrik
2. Jam dinding menggunakan sumber energi baru
baterai
3. Kincir angin menggunakan sumber energi air
4. Mobil mainan menggunakan sumber energi batu
baterai
5. Ayam mainan menggunakan sumber energi pegas
6. Kompor gas menggunakan sumber energi gas
sumber
energi adalah tenaga pengerak suatu benda
Sumber
energi antara lain listrik, baterai, air, pegas, gas.
Kegiatan 5 (Halaman
82)
Benda
sebelum didekatkan ke magnet tidak bergerak atau diam
Benda
setelah didekatkan ke magnet menjadi bergerak atau tertarik atau menempel
Kesimpulan:
Magnet
dapat menggerakkan benda
Magnet
termasuk sumber energi
Kegiatan 6 (Halaman
83)
Sebelum
pegas diputar mainan tidak dapat bergerak
yang
terjadi setelah pegas pada mainan diputar adalah mainan bisa bergerak
Kesimpulan:
Pegas
dapat mengerakkan benda
Pegas
termasuk sumber energi
Kegiatan 7 (Halaman
84)
Sebelum
baterai dipasang mainan tidak dapat bergerak
Yang
terjadi setelah baterai dipasang pada mainan adalah mainan dapat bergerak.
Kesimpulan:
Baterai
dapat ,menggerakkan benda
Baterai
termasuk sumber energi
Kegiatan 8 (Halaman
85)
Tabel
hasil kegiatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Benda
|
Energi yang
digunakan
|
1
|
Lemari
es
|
Listrik
|
2
|
televisi
|
Listrik
|
3
|
Kipas
angin
|
Listrik
|
4
|
lampu
|
Listrik
|
5
|
Jam
weker
|
Baterai
|
6
|
Remote
control
|
Baterai
|
7
|
Kompor
minyak tanah
|
Minyak
tanah
|
8
|
radio
|
Listrik
|
9
|
komputer
|
Listrik
|
10
|
Mesin
cuci
|
Listrik
|
(jawaban
dapat bervariasi)
Dari
hasil pengamatan, energi yang paling banyak digunakan adalah energi listrik.
Alasannya
adalah karena listrik paling mudah digunakan
Energi
listrik dapat dihemat penggunaannya.
Cara
menghemat penggunaan energi listrik adalah dengan memakai seperlunya, mematikan
listrik jika sudah tidak digunakan lagi, dll.
LATIHAN BAB 3
I. 1.
C 6. C
2.
A 7. B
3.
C 8. B
4.
A 9. B
5.
B 10.C
II.
1. Baterai
2. makanan
3. Menempel atau bergerak
4. panas dan cahaya
5. bensin
6. angina
7. baterai
8. dorongan
9. baterai
10. baterai
11. matahari
12. air
13. listrik
14. menggunakan energi listrik seperlunya,
mematikan listrik ketika tidak digunakan lagi.
15. tidak menggunakan kendaraan jika jarak yang
dituju cukup dekat.
III.
1. Cara meindahkan lemari dengan cara di dorong
2. Bola lebih mudah bergerak dari kotak sepatu
karena bola berbentuk bundar
3. Roda pada kendaraan berbentuk bulat supaya
kendaraan mudah bergerak.
4. Cara menghemat energi listrik dirumah dengan
cara menggunakan listrik seperlunya, mematikan listrik jika tidak dipakai,
menghemat air, mematikan lampu pada siang hari, dll.
5. Jika bumi kehabisan bahan baker manusia akan
kesulitan melakukan kegiatan dalam hidupnya. (jawaban dapat bervariasi).
BAB 4. BUMI DAN ANATARIKSA
Kegiatan 1 (Halaman
94)
Gambar
tergantung kreativitas siswa
Kegiatan 2 (Halaman
95)
Gambar
tergantung kreativitas siswa
Kegiatan 3 (Halaman
96)
Tabel Hasil
Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)
No
|
Benda langit pada
siang hari
|
Benda langit pada
malam hari
|
1
|
Matahari
|
Bulan
|
2
|
Awan
|
bintang
|
3
|
Pelangi
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
Kegiatan 4 (Halaman
97)
Pada musim kemarau
1. keadaaan sungai kekeringan
2. keadaan sumber air kering atau berkurang
3. disekitar sungai yang tidak banyak tumbuhan
sungai kering
4. keadaan udara panas dan lembap
5. pakaian yang digunakan pakaian tipis dan
menyerap keringat
6. di tanah yang gundul kering dan gundul
7. kegiatan petani mengatur aliran air
8. keadaan tanah kering, berdebu, terkadang
pecah-pecah
Kegiatan 5 (Halaman
100)
Tanda-tanda akan
terjadi hujan adalah:
- awan hitam atau mendung
- banyak petir
- hujan gerimis
- hujan deras
Kegiatan 6 (Halaman
101)
Pada musim hujan
1. keadaan sumber air melimpah
2. sungai yang penuh sampah akan banjir
3. keadaan tanah becek dan banyak genangan air
4. tanah gundul akan longsor
5. pakaian yang dikenakan pakaian tebal dan
hangat
6. petani akan menanam
7. keadaan tumbuhan hijau dan lebat
8. keadaan udara dingin
Kegiatan 7 (Halaman
104)
Namanya
pelangi
Warnanya:
1.
merah
2. jingga
3. kuning
4. hijau
5. biru
6. nila
7. ungu
Kegiatan 8 (Halaman
106)
(jawaban
dapat bervariasi pada setiap siswa)
Musim
yang aku sukai misalnya musim hujan
Alasanku
aku dapat bermain laying-layang, aku dapat berenang
kegiatan
pada musim hujan ditunjukkan oleh gambar:
1. anak sedang memakai paying sambil berjalan
2. anak sedang berjalan menggunakan jas hujan
3. ibu sedang menanam bunga
kegiatan
pada musim kemarau ditunjukkan oleh gambar:
1. seorang bapak berjalan sambil kepanasan dan
berkeringat
2. anak-anak bermain laying-layang
3. orang sedang mengecat rumah
4. anak-anak sedang bermain di taman
5. anak-anak sedang membuat istana pasir di
pinggir pantai
6. petani sedang menjemur gabah
7. petak sawah yang kekeringan
LATIHAN BAB 4
I. 1.
B 6. B
2.
C 7. C
3.
C 8. C
4.
A 9. A
5.
C 10.B
II.
1. PAGI HARI
2. KERING DAN PECAH-PECAH
3. turun hujan
4. kemarau
5. banjir
6. longsor
7. pakaian tipis dan menyerap keringat
8. dingin
9. jumlah air akan berkurang
10. berkurang
11.
kemarau
12.
malam hari
13.
paying atau jas hujan
14.
hujan
15. panas
III.
1. tanda-tanda akan turun hujan:
- udara terasa lebih dingin dan lembap
- langit tampak berawan dan gelap
- angin bertiup kencang
- kadang-kadang terdengar suara petir yang disertai kilat
2. Pada musim kemarau sebaiknya memakai pakaian
yang tipis dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat karena musim kemarau
udara terasa sangat panas dan kita menjadi lebih mudah berkeringat.
3. sungai yang dipenuhi sampah dapat menyebabkan
banjir pada musim hujan karena sampah dapat menyumbat aliran sungai sehingga
aliran sungai menjadi tidak lancer.
4. pada musim kemarau beberapa jenis tanaman
tidak dapat tumbuh dengan baik sebab jenis tanaman itu membutuhkan jumlah air
yang lebih bvanyak darai tumbuhan lainnya
5. kegiatan yang dapat aku lakukan pada musim
kemarau adalah: (jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa)
- main ke taman
- main layang-layang
- main sepeda
- berenang
No comments:
Post a Comment