9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio IPA Terpadu Kelas I SD

| 9/30/2012

KUNCI JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 1

BAB 1.  TUBUH DAN LINGKUNGAN KITA

Kegiatan 1 (Halaman 2)

            Siswa diminta mengamati bagian-bagian tubuhnya dan bagian-bagian tubuh temannya.  Siswa kemudian diminta menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh pada gambar.

  • Mata
  • Rambut
  • Telinga Mulut
  • Tangan
  • Kaki
  • Jari kaki
  • Telapak kaki
  • Jari tangan
  • Hidung

Penilaian:
Ketepatan menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh = 50
Ketepatan menyebutkan nama bagian-bagian anggota tubuh = 50
Total = 100

Kegiatan 2 (Halaman 3)

            Siswa diminta melengkapi bagian tubuh yang kurang pada gambar kemudian mewarnainya.

  • Pewarnaan dan kerapihan gambar tergantung kepada kreativitas siswa.

Penilaian:
Kerapihan melengkapi gambar = 50
Kerapihan mewarnai = 50
Total = 100

Kegiatan 3 (Halaman 4)

            Siswa diminta menyebutkan kegiatan yang dilakukan pada gambar kemudian menyebutkan bagian tubuh yang berperan untuk melakukan kegiatan itu dan membuat kesimpulannya.

  • Menendang bola menggunakan kaki
  • Mendengar kicauan burung menggunakan telinga
  • Memakan kue menggunakan mulut
  • Mencium wangi bunga mengunakan hidung
  • Melihat bunga dan kupu-kupu menggunakan mata
Kesimpulan: Jawaban dapat bervariasi
            Setiap bagian tubuh memiliki fungsinya masing-masing.

Penilaian:
ketepatan menyebutkan kegiatan = 50
ketepatan menyebutkan bagian tubuh = 50
Total = 100

Kegiatan 4 (Halaman 6)

            Siswa ditugaskan untuk berdiskusi dan menyebutkan kegunaan bagian tubuh.

            1.  melihat
            2.  mendengar
            3.  berbicara
            4.  mengunyah makanan
            5.  berjalan, melompat, atau berlari (Jawaban dapat bervariasi)
            6.  memegang, menulis, bersalaman (Jawaban dapat bervariasi)
            7.  mencium
            8.  memegang

Penilaian:
keaktifan dalam berdiskusi = 50
ketepatan menjawab = 50
Total = 100

Kegiatan 5 (Halaman 7)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan kreativitas dan kerapihan.

            1.  siswa diminta untuk meletakkan uang logam di atas kertas warna.
            2.  siswa diminta untuk menjiplak uang logam tersebut
            3.  siswa dianjurkan untuk meminta bantuan orang tua atau guru (orang dewasa) untuk menggunting.
            4.  siswa menempelkan hasil guntingan pada lembar kerja.  bagian yang berwarna diletakkan disebelah atas.
            5.  siswa memberi nama warna yang sesuai, kemudian membuat kesimpulan.

Hasil kegiatan: (jawaban dapat bervariasi)
  • caraku membedakan warna adalah dengan melihatnya.

Kesimpulan:
  • Mata dapat membedakan warna.

Penilaian:
kerapihan = 50
ketepatan memberi nama warna = 50
Total = 100

Kegiatan 6 (Halaman 9)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup kedua matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta salah satu siswa yang lain untuk mendekatkan salah satu bahan ke depan hidung teman yang di tutup matanya.kemudian menyuruh siswa untuk menebaknya.
            3.  meminta siswa untuk menuliskan hasilnya pada buku kerja.
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk mencatat siswa yang paling banyak menebak bau.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).

Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah hidung.

Kesimpulan:
hidung dapat membedakan bermacam-macam bau.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 7 (Halaman 11)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta asalah satu teman siswa untuk mendekatkan bahan makanan ke tangan siswa yang ditutup matanya, kemudian mulai mencicipi bahan makana itu.
            3.  siswa yang ditutup matanya juga harus menebak nama bahan makanannya.
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel di lembar kerja.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).
Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah lidah.

Kesimpulan:
lidah dapat membedakan bermacam-macam rasa.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 8 (Halaman 13)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta salah satu teman siswa untuk mendekatkanbenda yang telah disiapkan.
            3.  siswa yang ditutup matanyadiminta untuk meraba benda yang didekatkan kepadanya (apakah kasar, halus, keras, atau lunak)
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel di lembar kerja.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).
Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah kulit.

Kesimpulan:
kulit dapat membedakan bermacam-macam bentuk permukaan benda.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 9 (Halaman 15)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta asalah satu teman siswa untukbenda-benda di dekat telinga temannya yang ditutup matanya
            3.  siswa yang ditutup matanya juga harus menebak nama benda yang dibunyikan
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel dilembar kerja.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).
Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah telinga.

Kesimpulan:
telinga dapat membedakan bermacam-macam bunyi.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 10 (Halaman 17)

            Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar cara merawat tubuh. kemudian menyebutkan nama bagian tubuh yang dirawat serta kegunaannya.

            1.  Bagian tubuh yang dirawat: gigi
                 kegunaan merawat: supaya tidak sakit gigi, supaya gigi tidak berlubang

            2.  Bagian tubuh yang dirawat: rambut
                 kegunaan merawat: supaya tidak kotor, dan tidak dihinggapi kutu
           
            3.  Bagian tubuh yang dirawat: mata
                 kegunaan merawat: supaya tidakmenderita sakit mata, supaya mata tetap dapat melihat dengan normal tanpa mengunakan kacamata

            4.  Bagian tubuh yang dirawat: telinga
                 kegunaan merawat: supaya telinga tidak kotor dan telinga berfungsi dengan baik.

            5.  Bagian tubuh yang dirawat: gigi
                 kegunaan merawat: supaya tidak sakit gigi, supaya gigi tidak berlubang

Penilaian:
ketepatan menyebutkan bagian tubuh yang dirawat = 50
ketepatan menyebutkan kegunaan merawat bagian tubuh = 50
Total = 100

Kegiatan 11 (Halaman 19)

            Siswa diminta untuk menyebutkan kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh tertentu.  Siswa dapat meminta bantuan orang tua untuk menjawabnya.
Tabel hasil kegiatan

No
Bagian Tubuh
Kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh
1.
Mata
  • membaca terlal dekat
  • menonton televises terlalu dekat
  • membaca sambil tiduran
2
Telinga
  • sering mendengarkan musik keras-keras
  • jarang membersihkan telinga
  • membesihkan telinga dengan benda tajam
3
Hdung
  • memasukkan benda ke dalam hidung
  • berada di lingkungan dengan udara yang kotor
  • membersihkan hidung dengan tangan kotor
4
Lidah
  • makan makanan terlalu panas
  • makan makanan terlalu dingin
  • berbicara yang kotor
5
Kulit
  • jarang mandi
  • sering berada di bawah sinar matahari
  • mandi tidak mengunakan sabun mandi
6
Gigi
  • jarang menggsok gigi
  • sering makan-makanan manis seperti permen dan cokelat
  • makan makanan yang terlalu panas, kemudian langsung minum minuman yang terlalu dingin.
7
Rambut
  • sering berada di bawah terik matahari
  • jarang keramas
  • jarang menyisir rambut
8
Kuku
  • jarang dipotong
  • sering bermain kotoran
  • menggigit kuku

Kesimpulan:  setiap bagian tubuh harus dirawat dan memiliki cara perawatannya masing-masing agar bagian tersebut tetap dapat berfungsi dengan baik.

Penilaian:

ketepatan menyebutkan kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh = 50
ketepatan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 12(Halaman 21)

            Siswa diminta untuk menceritakan gangguan yang pernah di alami pada salah satu bagian tubuhnya.  kemudian menyebutkan penyebabnya dan apa yang siswa rasakan ketika mengalami gangguan itu.  pengalaman siswa dituliskan dalam lembar kerja.
Jawaban bervariasi pada setiap siswa.

Penilaian:
kemampuan menuangkan pengalaman ke dalam cerita = 100
Total = 100


Kegiatan 13 (Halaman 22)

            Siswa diminta untuk membuat kelompok kemudian mengamati gambar makanan sehat di buku dan menyebutkan nama makanannya.  kemudian, siswa berdiskusi mengenai ciri-ciri dan contoh makan sehat.

Makanan sehat terdiri dari:
1.  nasi
2.  lauk pauk
3.  sayur-sayuran
4.  buah-buahan
5.  susu

Ciri-ciri makan sehat:
Jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa, misalnya:
1.  bergizi
2.  bervitamin
3.  tidak di hinggapi lalat
4.  makanan sehat tidak harus makan
5.  makanan terjaga kebersihannya
6.  makanan di buat tanpa mengandung bahan pengawet

Contoh makanan sehat:
Jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa, misalnya:
1.  tahu
2.  tempe
3.  sayur bayam
4.  telur
5.  daging
6.  ikan
7.  buahan
8.  roti

Penilaian:
ketepatan siswa menjawab jenis-jenis makanan sehat = 40
ketepatan siswa menyebutkan ciri makanan sehat = 30
ketepatan siswa menyebutkan contoh makanan sehat = 30
Total = 100

Kegiatan 14 (Halaman 24)

            Siswa diminta untuk mengamati gambar makanan yang ada di buku. kemudian memilih makanan yang baik bagi tubuh dan memberi tanda di samping gambar.  siswa juga harus memilih makanan yang kurang baik bagi tubuh dan memberi tanda X di samping gambar.  siswa juga diminta menyebutkan nama makanan pada kotak yang tersedia dan menyebutkan makanan yang baik bagi tubuh lainnya.

1.  Jeruk (√)                                                                   6.  ayam goreng (√)
2.  ikan (√)                                                                     7.  biscuit (√)
3.  permen (X)                                                   8.  telur (√)
4.  wortel (√)                                                                  9.  kornet sapi (√)
5.  es krim (X)                                                   10. sayuran (√)

Makanan lain yang baik bagi tubuh: (jawaban dapat bervariasi)
  • tahu                                                     
  • tempe
  • keju
  • buah
  • kacang-kacangan
  • dll

Penilaian:
ketepatan siswa menunjukkan makanan yang baik bagi tubuh = 35
ketepatan siswa menunjukkan makanan yang kurang baik bagi tubuh = 35
ketepatan siswa menyebutkan makanan lain yang baik bagi tubuh = 30
Total = 100

Kegiatan 15 (Halaman 26)

            siswa diminta untuk membuat kelompok kecil dan membuat pembagian kerja dalam kelompok untuk membuat kliping mengenai makanan sehat.  siswa juga diminta untuk menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kliping.  siswa kemudian diminta untuk mencari gambar makanan sehat dari Koran atau majalah bekas, kemudian mengunting gamabr-gambar tersebut dengan rapi dan meminta bantuan orang dewasa untuk melakukannya.  kemudian, siswa diminta untuk mengelompokkan gambar-gambar tersebut berdasarkan jenisnya. misalnya kelompok sayuran, makanan, lauk pauk, dll.  siswa diminta untuk menempelkan gamabr tersebut sesuai dengan kelompoknya. siswa juga dapat menghias klipingnya sekreatif mungkin dan berikanlah keterangan pada setiap kelompok makanan.  kemudian siwa diminta untuk menjilid kliping dengan rapi dan mengumpulkannya pada guru.

Nama Kelompok:
Ketua Kelompok:
Anggota           :
Pembagian Kerja:
(bervariasi, sesuai kelopok siswa)

Penilaian:
kemampuan siswa membuat pembagian kerja =20
kemampuan siswa menyiapkan alat dan bahan = 20
kerjasama = 20
kreativitas sisw 20a =
kerapihan = 20
Total = 100

Kegiatan 16 (Halaman 28)

            siswa diminta untuk mengamati dan mencatat menu makanan yang dimakan selama 3 hari berturut-turut.  siswa juga dapat meminta bantuan orang dewasa di rumah untuk membantunya.  kemudian, membuat kesimpulan apakah makanan yang dimakan merupakan makana sehat atau bukan.

Tabel Hasil Pengamatan:
(jawaban dapat bervariasi tergantung siswa)

Kesimpulan:
(kesimpulan yang diharapkan, siswa dapat menjawab bahwa makanan yang selama ini dimakannya adalah makanan sehat).

Penilaian:
kecermatan siswa mencatat menu makanan = 35
kejujuran siswa dalam mencatat menu makanan = 35
ketepatan siswa membuat kesimpulan = 30
Total = 100

Kegiatan 17 (Halaman 29)

            siswa diminta untuk mengamati lingkungan disekitar rumah dan sekolah.  kemudian menuliskan hasil pengamatan pada tabel dalam lembar kerja dan membuat kesimpulan atas hasil pengamatan yang dilakukan.

Tabel hasil pengamatan:
(jawaban dapat bervariasi tergantung siswa)

Kesimpulan:
jawaban dapat bervariasi.(kesimpulan yang diharapkan, siswa dapat menjawab bahawa lingkungan sekitar rumah dan sekolahnya termasuk lingkungan yang bersih dan sehat).

Penilaian:
kemampuan siswa melakukan pengamatan = 50
ketepatan siswa membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 18 (Halaman 30)

            siswa diminta mengamatai gambar-gambar pada lembar kerja.  siswa memberikan pendapat mengenai lingkungan yang terdapat pada gambar, kemudian memberikan alasan.

1.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku suka lingkungan rumah itu, karena lingkungannya terawatt, tampak bersih dan rapi.

2.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku tidak suka lingkungan kotor dan banyak asap, dapat menggangu kesehatan.

3.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku tidak suka lingkungan banyak sampah dan membuat aliran sungai terhambat.  sampah juga menyebabkan bau.

4.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku suka dengan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, dan tidak ada sampah.

5.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku tidak suka dengan lingkungan yang banyak sampah dan kotor dimana-mana. sampah menjadi sarang penyakit.

Aku lebih suka:  lingkungan yang bersih dan rapi.
Alasanku: Lingkungan bersih dan rapi enak dilihat, terlihat rapi, dan lebih sehat.
(Jawaban dapat bervariasi)

Penilaian:
kemampuan siswa menyebutkan lingkungan yang disukai = 50
keberanian siswa mengemukakan pendapat = 50
Total = 100

Kegiatan 19 (Halaman 32)

            siswa diminta untuk mewarnai gambar pada lembar kerja kemudian siswa diminta untuk memilih lingkungan mana yang lebih disukai dan mengemukakan alasannya.

Linkungan yang lebih aku sukai: (jawaban dapat bervariasi, akan tetapi diharapkan siswa memilih lingkungan yang bersih)
Alasanku: (jawaban dapat bervariasi, akan tetapi diharapkan siswa menjawab bahwa lingkungan bersih lebih enak ditempati, lebih sehat, lebih enak dilihat, dll).

Penilaian:
kerapihan siswa mewarnai gambar = 40
ketepatan siswa memilih lingkungan yang disukai = 30
kemampuan siswa mengemukakan alasan = 30
Total = 100

Kegiatan 20 (Halaman 34)

            siswa diminta untuk mengamati gambar pada lembar kerja.  siswa kemudian harus menentukan pasangan gambar yang sesuai.

Jawaban:  gambar kiri atas di sambungkan dengan gambar kanan bawah
                   gambar kanan atas di sambungkan dengan gambar kiri bawah.

Penilaian:
ketepatan siswa menjodohkan gambar = 100
Total = 100

Kegiatan 21 (Halaman 35)

            siswa ditanya apakah memiliki tanaman atau hewan peliharaan di rumah. kemudian siswa diminta untuk menyebutkan bagaimana cara memelihara tanaman atau hewan peliharaannya.  siswa juga diminta untuk menggambar tanaman atau hewan peliharaannya lalu menceritakan cara merawat hewan atau tanaman tersebut pada temannya.

Hasil kegiatan:  Hasil bervariasi pada setiap siswa

Penilaian:
kejujuran = 25
ketepatan cara merawat hewan atau tanaman peliharaan = 25
kerapihan gambar = 25
keberanian siswa bercerita = 25
Total = 100

Kegiatan 22 (Halaman 36)

            siswa diminta untuk menceritakan pengalaman mengenai menjaga kebersihan atau tidak kemudian menceritakan pengalaman tersebut kepada teman sekelas.

1.  Keadaan kelas bisa menjadi kotor, banyak sampah, berantakan, bisa menjadi sarang penyakit (jawaban dapat bervariasi).

2.  tidak nyaman, tidak enak, belajar jadi terganggu (jawaban dapat bervariasi).

3.  tanaman menjadi layu, mati, tidak segar (jawaban dapat bervariasi).

4.  li,sebab temanku tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan. padahal membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor. (jawaban dapat bervariasi).

Penilaian:
keberanian siswa bercerita = 50
ketepatan menjawab pertanyaan = 50
Total = 100

Kegiatan 23 (Halaman 37)

            siswa diminta untuk mengamati gambar.  siswa diminta untuk menceritakan perasaannya jika siswa melihat keadaan seperti gambar, apa yang akan terjadi, dan apa yang akan dilakukan siswa.

1.  perasaanku (jawaban dapat bervariasi).
     contoh:  aku merasa tidak betah, tidak nyaman, tidak suka

2.  jika aku tinggal di lingkungan seperti pada gambar aku akan (jawaban dapat   bervariasi).
contohnya:  aku tidak akan betah dengan lingkungan seperti itu, jadi aku harus membersihkan lingkungan itu supaya terlihat lebih bersih dan rapi.

3.  Jika melihat keadaan seperti pada gambar aku akan (jawaban dapat bervariasi).
contohnya:
            a.  aku akan merapikan semua benda pada tempatnya
            b.  aku akan membersihkan lingkungan yang kotor
            c.  aku akan membersihkan sarang laba-laba
            d.  aku akan membuang sampah pada tempatnya.

Penilaian:
kemampuan mengemukakan pendapat = 50
ketepatan menjawab pertanyaan = 50
Total = 100

LATIHAN BAB 1

I.          1.  B                                                                 6.  C
            2.  B                                                                 7.  A
            3.  C                                                                 8.  C
            4.  C                                                                 9.  C
            5.  B                                                                 10. C

II.

1.  C
2.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya tidak dihinggapi lalat, supaya tetap bersih, dll
3.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya mengganggu kenyamanan, pergerakan, dll
4.  delapan
5.  delapan
6.  sarapan
7.  mata
8.  wortel
9.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya rapi,bersih, tidak menjadi sarang penyakit
10.  sehat
11.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya kaki tidak terluka, kaki tidak kepanasan atau kedinginan, kaki terhindar dari kotoran, dll
12.  bersih
13.  sebelum tidur dan setelah makan
14.  telinga
15.  sabun dan air

III.

1.  a.  makanan yang sehat
     b.  air bersih, udara bersih, dan
     c.  lingkungan ysehat

2.  a.  membuang sampah pada tempatnya
     b.  tidak membiarkan saluran air tergenang
     c.  mengubur benda-benda seperti kaleng atau botol bekas yang sudah tidak digunakan.

3.  a.  mengosok gigi sehabis makan dans ebelum tidur
     b.  mencuci tangan sebelum makan atau setelah berada di luar ruangan
     c.  berolahraga dengan teratur
     d.  beristirahat dengan teratur
     e.  makan makana  yang bersih dan bergizi

4.  a.  mandi dengan teratur
     b.  memotong kuku jika sudah panjang
    c.  menggosok gigi dengan teratur
    d.  mencuci tangan
    e.  menggunakan alas kaki

5.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya
     a.  angota tubuh dapat berfungsi dengan baik
     b.  kesehatan terjaga
     c.  tubuh terlihat bersih dan enak dilihat
     d.  terlihat rapi dan sehat


BAB 2.  BENDA

Kegiatan 1 (Halaman 49)

     Benda berbentuk persegi panjang:  buku, lemari, tempat pensil
     Benda berbentuk persegi:  kaleng biscuit
     Benda berbentuk segitiga: penggaris segitiga, topi segitiga
     benda berbentuk bintang: magnet, bunga, belimbing

Kegiatan 2 (Halaman 52)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi),

No
Nama Benda
Ciri- ciri Benda
Bentuk
Ukuran
Warna
Bau
Kasar/Halus
1.
kalender
Persegi panjang
besar
putih
-
halus
2
Jam dinding
lingkaran
besar
biru
-
halus
3
kursi
Persegi panjang
besar
cokelat
-
kasar
4
Taplak meja
Persegi panjang
besar
merah
-
halus
5






6






7






8






9






10














Kegiatan 3 (Halaman 53)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

Pasangan benda
Persamaan ciri benda
Bentuk
ukuran
bau
Warna
Kasar/halus
Rasa
Bola plastic-kelereng
bundar

Tidak berbau



Piring gelas


Tidak berbau

halus

Kotak bekas sabun-kotak bekas pasta gigi
Persegi panjang

Tidak berbau



Jeruk-jeruk nipis
bulat

Bau jeruk

halus
asam
Gula putih- gula merah


harum

kasar
manis
Daun singkong-daun pepaya

besar

hijau
kasar

Minyak wangi-bunga mawar


harum



Garam-keju





asin


Kegiatan 4 (Halaman 55)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

Bentuk
Kegiatan
Perubahan bentuk
kertas
dilipat
Menjadi bentuk seperti burung
Air dalam gelas
Dituang ke dalam botol
Menjadi bentuk seperti botol
plastisin
ditekan
Menjadi bentuk boneka
cokelat
Di panaskan
Menjadi bentuk cair


Kegiatan 5 (Halaman 57)

Tabel Hasil Kegiatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
Kotak sepatu bekas
Tempat pensil
Tempat jepitan rambut
Tempat mainan
Tempat sampah
2
pisau
Untuk memotong
Untuk mengiris
Untuk mengupas
3
Kursi
Untuk duduk
4
penggaris
Untuk menggaris
Untuk membatasi buku
Untuk menggambar
5
pensil
Untuk menulis
Untuk menggambar
6
buku
Untuk menulis
Untuk menggambar
Untuk mencatat
7
komputer
Untuk mengetik
Untuk menggambar
Untuk mencari informasi
8
tas
Untuk menyimpan buku
Untuk membawa perlengkapan
Untuk membawa bekal makanan
9
sepatu
Sebagai alas kaki
Melindungi kaki
Supaya terlihat rapi
10
payung
Melindungi tubuh dari panas
Melindungi tubuh dari hujan



Kegiatan 6 (Halaman 59)

Tabel Hasil Kegiatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
gunting
Untuk memotong
2
bola
Untuk dilempar, bermain bola
3
gitar
Untuk mengiringi nyanyian
4
Sikat gigi
Untuk menggosok gigi
5
Sendok dan garpu
Untuk makan
6
cangkir
Untuk minum
7
sapu
Untuk menyapu lantai
8
Lampu senter
Untuk menerangi ketika mati lampu
9
Karet gelang
Untuk mengikat sesuatu, menguncir rambut
10
payung
Melindungi tubuh dari panas dan hujan
 

Kegiatan 7 (Halaman 61)

bangun yang ada pada gambar:  lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang

Kegiatan 8 (Halaman 64)

tergantung kreativitas siswa

LATIHAN BAB 2

I.          1.  C                                                                 6.  C
            2.  A                                                                 7.  B
            3.  A                                                                 8.  A
            4.  A                                                                 9.  B
            5.  C                                                                 10.C

II.

1.  Segitiga
2.  (jawaban dapat bervariasi) apel, es krim, permen, dll
3.  berubah
4.  melicinkan pakaian
5.  bentuk dan ukuran
6.  mencair/meleleh
7.  dituang
8.  memotong kayu
9.  halus
10. kasar
11.ditekan
12.obat dan buah pare
13. warna dan bentuk
14. warna
15. untuk menulis

III.

1.  (jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa).  contoh: paying, jas hujan,dan mantel (dapat melindungi tubuh dari hujan).

2.  cara mengubah bentuk lilin dengan dibakar
3.  kegunaan pakuuntuk melekatkan benda, menggantung benda
4.  bentuk dan permukaan
5.  karena lilin dapat berfungis sebagai penerang


BAB 3.  ENERGI

Kegiatan 1 (Halaman 73)

No
Benda
Cara bergerak
Mudah bergerak
Susah bergerak
1
Bola
V

2
Kelereng
V

3
Boneka

V
4
Buku

V
5
Pensil
V

6
Penghapus

V
7
Mobil-mobilan
V

8
Penggaris

V
9
Gulungan selotip
V

10
Kaleng bekas kemasan minuman ringan
V


Kesimpulan: benda yang berbentuk bulat mudah bergerak.

Kegiatan 2 (Halaman 75)


1.  bola dan buku tidak dapat bergerak atau berpindah tempat sendiri
2.  agar bola bergerak atau berpindah tempat harus digulirkan, ditendang, diangkat, dilempar dan di dorong
3.  agar buku bergerak atau berpindah tempat harus diangkat, didorong, dan ditarik
Kesimpulan: bola dan buku tidak dapat bergerak atau berpindah tempat sendiri
yang harus dilakukan agar bende-benda bergerak atau berpindah tempat adalah dengan cara menendang, menngangkat, melempar, mendorong atau menariknya.




Kegiatan 3 (Halaman 77)

1.  cara menggerakkan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
2.  cara menggerakkan dengan menekan atau memencet remote control
     penyebab gerakan benda batu baterai pada remote control
3.  cara menggerakkan dengan diputar
     penyebab gerakan benda gerakan pegas
4.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
5.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
6.  cara menggerakkan benda dengan di dorong
     penyebab gerakan benda dorongan
7.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
8.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan

Kegiatan 4 (Halaman 80)

1.  Televisi menggunakan sumber energi listrik
2.  Jam dinding menggunakan sumber energi baru baterai
3.  Kincir angin menggunakan sumber energi air
4.  Mobil mainan menggunakan sumber energi batu baterai
5.  Ayam mainan menggunakan sumber energi pegas
6.  Kompor gas menggunakan sumber energi gas
sumber energi adalah tenaga pengerak suatu benda
Sumber energi antara lain listrik, baterai, air, pegas, gas.

Kegiatan 5 (Halaman 82)

Benda sebelum didekatkan ke magnet tidak bergerak atau diam
Benda setelah didekatkan ke magnet menjadi bergerak atau tertarik atau menempel
Kesimpulan:
Magnet dapat menggerakkan benda
Magnet termasuk sumber energi

Kegiatan 6 (Halaman 83)

Sebelum pegas diputar mainan tidak dapat bergerak
yang terjadi setelah pegas pada mainan diputar adalah mainan bisa bergerak
Kesimpulan:
Pegas dapat mengerakkan benda
Pegas termasuk sumber energi

Kegiatan 7 (Halaman 84)

Sebelum baterai dipasang mainan tidak dapat bergerak
Yang terjadi setelah baterai dipasang pada mainan adalah mainan dapat bergerak.
Kesimpulan:
Baterai dapat ,menggerakkan benda
Baterai termasuk sumber energi



Kegiatan 8 (Halaman 85)

Tabel hasil kegiatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Energi yang digunakan
1
Lemari es
Listrik
2
televisi
Listrik
3
Kipas angin
Listrik
4
lampu
Listrik
5
Jam weker
Baterai
6
Remote control
Baterai
7
Kompor minyak tanah
Minyak tanah
8
radio
Listrik
9
komputer
Listrik
10
Mesin cuci
Listrik

(jawaban dapat bervariasi)
Dari hasil pengamatan, energi yang paling banyak digunakan adalah energi listrik.
Alasannya adalah karena listrik paling mudah digunakan
Energi listrik dapat dihemat penggunaannya.
Cara menghemat penggunaan energi listrik adalah dengan memakai seperlunya, mematikan listrik jika sudah tidak digunakan lagi, dll.

LATIHAN BAB 3

I.          1.  C                                                                 6.  C
            2.  A                                                                 7.  B
            3.  C                                                                 8.  B
            4.  A                                                                 9.  B
            5.  B                                                                 10.C

II. 

1.  Baterai
2.  makanan
3.  Menempel atau bergerak
4.  panas dan cahaya
5.  bensin
6.  angina
7.  baterai
8.  dorongan
9.  baterai
10.  baterai
11.  matahari
12.  air
13.  listrik
14.  menggunakan energi listrik seperlunya, mematikan listrik ketika tidak digunakan lagi.
15.  tidak menggunakan kendaraan jika jarak yang dituju cukup dekat.

III.

1.  Cara meindahkan lemari dengan cara di dorong
2.  Bola lebih mudah bergerak dari kotak sepatu karena bola berbentuk bundar
3.  Roda pada kendaraan berbentuk bulat supaya kendaraan mudah bergerak.
4.  Cara menghemat energi listrik dirumah dengan cara menggunakan listrik seperlunya, mematikan listrik jika tidak dipakai, menghemat air, mematikan lampu pada siang hari, dll.
5.  Jika bumi kehabisan bahan baker manusia akan kesulitan melakukan kegiatan dalam hidupnya. (jawaban dapat bervariasi).

BAB 4.  BUMI DAN ANATARIKSA

Kegiatan 1 (Halaman 94)

Gambar tergantung kreativitas siswa

Kegiatan 2 (Halaman 95)

Gambar tergantung kreativitas siswa

Kegiatan 3 (Halaman 96)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda langit pada siang hari
Benda langit pada malam hari
1
Matahari
Bulan
2
Awan
bintang
3
Pelangi

4


5


6



Kegiatan 4 (Halaman 97)

Pada musim kemarau
1.  keadaaan sungai kekeringan
2.  keadaan sumber air kering atau berkurang
3.  disekitar sungai yang tidak banyak tumbuhan sungai kering
4.  keadaan udara panas dan lembap
5.  pakaian yang digunakan pakaian tipis dan menyerap keringat
6.  di tanah yang gundul kering dan gundul
7.  kegiatan petani mengatur aliran air
8.  keadaan tanah kering, berdebu, terkadang pecah-pecah

Kegiatan 5 (Halaman 100)

Tanda-tanda akan terjadi hujan adalah:
  • awan hitam atau mendung
  • banyak petir
  • hujan gerimis
  • hujan deras


Kegiatan 6 (Halaman 101)

Pada musim hujan
1.  keadaan sumber air melimpah
2.  sungai yang penuh sampah akan banjir
3.  keadaan tanah becek dan banyak genangan air
4.  tanah gundul akan longsor
5.  pakaian yang dikenakan pakaian tebal dan hangat
6.  petani akan menanam
7.  keadaan tumbuhan hijau dan lebat
8.  keadaan udara dingin

Kegiatan 7 (Halaman 104)

Namanya pelangi
Warnanya:
1. merah
2.  jingga
3.  kuning
4.  hijau
5.  biru
6.  nila
7.  ungu


Kegiatan 8 (Halaman 106)

(jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa)

Musim yang aku sukai misalnya musim hujan
Alasanku aku dapat bermain laying-layang, aku dapat berenang

kegiatan pada musim hujan ditunjukkan oleh gambar:
1.  anak sedang memakai paying sambil berjalan
2.  anak sedang berjalan menggunakan jas hujan
3.  ibu sedang menanam bunga

kegiatan pada musim kemarau ditunjukkan oleh gambar:
1.  seorang bapak berjalan sambil kepanasan dan berkeringat
2.  anak-anak bermain laying-layang
3.  orang sedang mengecat rumah
4.  anak-anak sedang bermain di taman
5.  anak-anak sedang membuat istana pasir di pinggir pantai
6.  petani sedang menjemur gabah
7.  petak sawah yang kekeringan

LATIHAN BAB 4

I.          1.  B                                                                 6.  B
            2.  C                                                                 7.  C
            3.  C                                                                 8.  C
            4.  A                                                                 9.  A
            5.  C                                                                 10.B

II. 

1.  PAGI HARI
2.  KERING DAN PECAH-PECAH
3.  turun hujan
4.  kemarau
5.  banjir
6.  longsor
7.  pakaian tipis dan menyerap keringat
8.  dingin
9.  jumlah air akan berkurang
10.  berkurang
11. kemarau
12. malam hari
13. paying atau jas hujan
14. hujan
15.  panas
III.
1.  tanda-tanda akan turun hujan:
  • udara terasa lebih dingin dan lembap
  • langit tampak berawan dan gelap
  • angin bertiup kencang
  • kadang-kadang terdengar suara petir yang disertai kilat

2.  Pada musim kemarau sebaiknya memakai pakaian yang tipis dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat karena musim kemarau udara terasa sangat panas dan kita menjadi lebih mudah berkeringat.

3.  sungai yang dipenuhi sampah dapat menyebabkan banjir pada musim hujan karena sampah dapat menyumbat aliran sungai sehingga aliran sungai menjadi tidak lancer.

4.  pada musim kemarau beberapa jenis tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik sebab jenis tanaman itu membutuhkan jumlah air yang lebih bvanyak darai tumbuhan lainnya

5.  kegiatan yang dapat aku lakukan pada musim kemarau adalah: (jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa)
  • main ke taman
  • main layang-layang
  • main sepeda
  • berenang

Related Posts

No comments:

9/30/2012

Kunci Jawaban Fortofolio IPA Terpadu Kelas I SD


KUNCI JAWABAN PORTOFOLIO PENGETAHUAN ALAM KELAS 1

BAB 1.  TUBUH DAN LINGKUNGAN KITA

Kegiatan 1 (Halaman 2)

            Siswa diminta mengamati bagian-bagian tubuhnya dan bagian-bagian tubuh temannya.  Siswa kemudian diminta menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh pada gambar.

  • Mata
  • Rambut
  • Telinga Mulut
  • Tangan
  • Kaki
  • Jari kaki
  • Telapak kaki
  • Jari tangan
  • Hidung

Penilaian:
Ketepatan menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh = 50
Ketepatan menyebutkan nama bagian-bagian anggota tubuh = 50
Total = 100

Kegiatan 2 (Halaman 3)

            Siswa diminta melengkapi bagian tubuh yang kurang pada gambar kemudian mewarnainya.

  • Pewarnaan dan kerapihan gambar tergantung kepada kreativitas siswa.

Penilaian:
Kerapihan melengkapi gambar = 50
Kerapihan mewarnai = 50
Total = 100

Kegiatan 3 (Halaman 4)

            Siswa diminta menyebutkan kegiatan yang dilakukan pada gambar kemudian menyebutkan bagian tubuh yang berperan untuk melakukan kegiatan itu dan membuat kesimpulannya.

  • Menendang bola menggunakan kaki
  • Mendengar kicauan burung menggunakan telinga
  • Memakan kue menggunakan mulut
  • Mencium wangi bunga mengunakan hidung
  • Melihat bunga dan kupu-kupu menggunakan mata
Kesimpulan: Jawaban dapat bervariasi
            Setiap bagian tubuh memiliki fungsinya masing-masing.

Penilaian:
ketepatan menyebutkan kegiatan = 50
ketepatan menyebutkan bagian tubuh = 50
Total = 100

Kegiatan 4 (Halaman 6)

            Siswa ditugaskan untuk berdiskusi dan menyebutkan kegunaan bagian tubuh.

            1.  melihat
            2.  mendengar
            3.  berbicara
            4.  mengunyah makanan
            5.  berjalan, melompat, atau berlari (Jawaban dapat bervariasi)
            6.  memegang, menulis, bersalaman (Jawaban dapat bervariasi)
            7.  mencium
            8.  memegang

Penilaian:
keaktifan dalam berdiskusi = 50
ketepatan menjawab = 50
Total = 100

Kegiatan 5 (Halaman 7)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan yang membutuhkan kreativitas dan kerapihan.

            1.  siswa diminta untuk meletakkan uang logam di atas kertas warna.
            2.  siswa diminta untuk menjiplak uang logam tersebut
            3.  siswa dianjurkan untuk meminta bantuan orang tua atau guru (orang dewasa) untuk menggunting.
            4.  siswa menempelkan hasil guntingan pada lembar kerja.  bagian yang berwarna diletakkan disebelah atas.
            5.  siswa memberi nama warna yang sesuai, kemudian membuat kesimpulan.

Hasil kegiatan: (jawaban dapat bervariasi)
  • caraku membedakan warna adalah dengan melihatnya.

Kesimpulan:
  • Mata dapat membedakan warna.

Penilaian:
kerapihan = 50
ketepatan memberi nama warna = 50
Total = 100

Kegiatan 6 (Halaman 9)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup kedua matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta salah satu siswa yang lain untuk mendekatkan salah satu bahan ke depan hidung teman yang di tutup matanya.kemudian menyuruh siswa untuk menebaknya.
            3.  meminta siswa untuk menuliskan hasilnya pada buku kerja.
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk mencatat siswa yang paling banyak menebak bau.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).

Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah hidung.

Kesimpulan:
hidung dapat membedakan bermacam-macam bau.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 7 (Halaman 11)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta asalah satu teman siswa untuk mendekatkan bahan makanan ke tangan siswa yang ditutup matanya, kemudian mulai mencicipi bahan makana itu.
            3.  siswa yang ditutup matanya juga harus menebak nama bahan makanannya.
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel di lembar kerja.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).
Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah lidah.

Kesimpulan:
lidah dapat membedakan bermacam-macam rasa.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 8 (Halaman 13)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta salah satu teman siswa untuk mendekatkanbenda yang telah disiapkan.
            3.  siswa yang ditutup matanyadiminta untuk meraba benda yang didekatkan kepadanya (apakah kasar, halus, keras, atau lunak)
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel di lembar kerja.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).
Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah kulit.

Kesimpulan:
kulit dapat membedakan bermacam-macam bentuk permukaan benda.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 9 (Halaman 15)

            Siswa diminta untuk melakukan kegiatan kecil dengan cara:
            1.  menyuruh siswa untuk menutup matanya dengan sapu tangan.
            2.  meminta asalah satu teman siswa untukbenda-benda di dekat telinga temannya yang ditutup matanya
            3.  siswa yang ditutup matanya juga harus menebak nama benda yang dibunyikan
            4.  setiap siswa melakukan kegiatan tersebut secara bergantian.
            5.  siswa yang lain diminta untuk menuliskan hasil kegiatan pada tabel dilembar kerja.

Tabel hasil kegiatan: (Jawaban dapat bervariasi tergantung kemampuan siswa menebak bahan yang digunakan).
Bagian anggota tubuh yang digunakan untuk kegiatan ini adalah telinga.

Kesimpulan:
telinga dapat membedakan bermacam-macam bunyi.

Penilaian:
ketepatan dalam menebak = 50
ketepatan menjawab pertanyaan dan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 10 (Halaman 17)

            Siswa diminta untuk mengamati gambar-gambar cara merawat tubuh. kemudian menyebutkan nama bagian tubuh yang dirawat serta kegunaannya.

            1.  Bagian tubuh yang dirawat: gigi
                 kegunaan merawat: supaya tidak sakit gigi, supaya gigi tidak berlubang

            2.  Bagian tubuh yang dirawat: rambut
                 kegunaan merawat: supaya tidak kotor, dan tidak dihinggapi kutu
           
            3.  Bagian tubuh yang dirawat: mata
                 kegunaan merawat: supaya tidakmenderita sakit mata, supaya mata tetap dapat melihat dengan normal tanpa mengunakan kacamata

            4.  Bagian tubuh yang dirawat: telinga
                 kegunaan merawat: supaya telinga tidak kotor dan telinga berfungsi dengan baik.

            5.  Bagian tubuh yang dirawat: gigi
                 kegunaan merawat: supaya tidak sakit gigi, supaya gigi tidak berlubang

Penilaian:
ketepatan menyebutkan bagian tubuh yang dirawat = 50
ketepatan menyebutkan kegunaan merawat bagian tubuh = 50
Total = 100

Kegiatan 11 (Halaman 19)

            Siswa diminta untuk menyebutkan kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh tertentu.  Siswa dapat meminta bantuan orang tua untuk menjawabnya.
Tabel hasil kegiatan

No
Bagian Tubuh
Kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh
1.
Mata
  • membaca terlal dekat
  • menonton televises terlalu dekat
  • membaca sambil tiduran
2
Telinga
  • sering mendengarkan musik keras-keras
  • jarang membersihkan telinga
  • membesihkan telinga dengan benda tajam
3
Hdung
  • memasukkan benda ke dalam hidung
  • berada di lingkungan dengan udara yang kotor
  • membersihkan hidung dengan tangan kotor
4
Lidah
  • makan makanan terlalu panas
  • makan makanan terlalu dingin
  • berbicara yang kotor
5
Kulit
  • jarang mandi
  • sering berada di bawah sinar matahari
  • mandi tidak mengunakan sabun mandi
6
Gigi
  • jarang menggsok gigi
  • sering makan-makanan manis seperti permen dan cokelat
  • makan makanan yang terlalu panas, kemudian langsung minum minuman yang terlalu dingin.
7
Rambut
  • sering berada di bawah terik matahari
  • jarang keramas
  • jarang menyisir rambut
8
Kuku
  • jarang dipotong
  • sering bermain kotoran
  • menggigit kuku

Kesimpulan:  setiap bagian tubuh harus dirawat dan memiliki cara perawatannya masing-masing agar bagian tersebut tetap dapat berfungsi dengan baik.

Penilaian:

ketepatan menyebutkan kegiatan yang dapat merusak bagian tubuh = 50
ketepatan membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 12(Halaman 21)

            Siswa diminta untuk menceritakan gangguan yang pernah di alami pada salah satu bagian tubuhnya.  kemudian menyebutkan penyebabnya dan apa yang siswa rasakan ketika mengalami gangguan itu.  pengalaman siswa dituliskan dalam lembar kerja.
Jawaban bervariasi pada setiap siswa.

Penilaian:
kemampuan menuangkan pengalaman ke dalam cerita = 100
Total = 100


Kegiatan 13 (Halaman 22)

            Siswa diminta untuk membuat kelompok kemudian mengamati gambar makanan sehat di buku dan menyebutkan nama makanannya.  kemudian, siswa berdiskusi mengenai ciri-ciri dan contoh makan sehat.

Makanan sehat terdiri dari:
1.  nasi
2.  lauk pauk
3.  sayur-sayuran
4.  buah-buahan
5.  susu

Ciri-ciri makan sehat:
Jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa, misalnya:
1.  bergizi
2.  bervitamin
3.  tidak di hinggapi lalat
4.  makanan sehat tidak harus makan
5.  makanan terjaga kebersihannya
6.  makanan di buat tanpa mengandung bahan pengawet

Contoh makanan sehat:
Jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa, misalnya:
1.  tahu
2.  tempe
3.  sayur bayam
4.  telur
5.  daging
6.  ikan
7.  buahan
8.  roti

Penilaian:
ketepatan siswa menjawab jenis-jenis makanan sehat = 40
ketepatan siswa menyebutkan ciri makanan sehat = 30
ketepatan siswa menyebutkan contoh makanan sehat = 30
Total = 100

Kegiatan 14 (Halaman 24)

            Siswa diminta untuk mengamati gambar makanan yang ada di buku. kemudian memilih makanan yang baik bagi tubuh dan memberi tanda di samping gambar.  siswa juga harus memilih makanan yang kurang baik bagi tubuh dan memberi tanda X di samping gambar.  siswa juga diminta menyebutkan nama makanan pada kotak yang tersedia dan menyebutkan makanan yang baik bagi tubuh lainnya.

1.  Jeruk (√)                                                                   6.  ayam goreng (√)
2.  ikan (√)                                                                     7.  biscuit (√)
3.  permen (X)                                                   8.  telur (√)
4.  wortel (√)                                                                  9.  kornet sapi (√)
5.  es krim (X)                                                   10. sayuran (√)

Makanan lain yang baik bagi tubuh: (jawaban dapat bervariasi)
  • tahu                                                     
  • tempe
  • keju
  • buah
  • kacang-kacangan
  • dll

Penilaian:
ketepatan siswa menunjukkan makanan yang baik bagi tubuh = 35
ketepatan siswa menunjukkan makanan yang kurang baik bagi tubuh = 35
ketepatan siswa menyebutkan makanan lain yang baik bagi tubuh = 30
Total = 100

Kegiatan 15 (Halaman 26)

            siswa diminta untuk membuat kelompok kecil dan membuat pembagian kerja dalam kelompok untuk membuat kliping mengenai makanan sehat.  siswa juga diminta untuk menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat kliping.  siswa kemudian diminta untuk mencari gambar makanan sehat dari Koran atau majalah bekas, kemudian mengunting gamabr-gambar tersebut dengan rapi dan meminta bantuan orang dewasa untuk melakukannya.  kemudian, siswa diminta untuk mengelompokkan gambar-gambar tersebut berdasarkan jenisnya. misalnya kelompok sayuran, makanan, lauk pauk, dll.  siswa diminta untuk menempelkan gamabr tersebut sesuai dengan kelompoknya. siswa juga dapat menghias klipingnya sekreatif mungkin dan berikanlah keterangan pada setiap kelompok makanan.  kemudian siwa diminta untuk menjilid kliping dengan rapi dan mengumpulkannya pada guru.

Nama Kelompok:
Ketua Kelompok:
Anggota           :
Pembagian Kerja:
(bervariasi, sesuai kelopok siswa)

Penilaian:
kemampuan siswa membuat pembagian kerja =20
kemampuan siswa menyiapkan alat dan bahan = 20
kerjasama = 20
kreativitas sisw 20a =
kerapihan = 20
Total = 100

Kegiatan 16 (Halaman 28)

            siswa diminta untuk mengamati dan mencatat menu makanan yang dimakan selama 3 hari berturut-turut.  siswa juga dapat meminta bantuan orang dewasa di rumah untuk membantunya.  kemudian, membuat kesimpulan apakah makanan yang dimakan merupakan makana sehat atau bukan.

Tabel Hasil Pengamatan:
(jawaban dapat bervariasi tergantung siswa)

Kesimpulan:
(kesimpulan yang diharapkan, siswa dapat menjawab bahwa makanan yang selama ini dimakannya adalah makanan sehat).

Penilaian:
kecermatan siswa mencatat menu makanan = 35
kejujuran siswa dalam mencatat menu makanan = 35
ketepatan siswa membuat kesimpulan = 30
Total = 100

Kegiatan 17 (Halaman 29)

            siswa diminta untuk mengamati lingkungan disekitar rumah dan sekolah.  kemudian menuliskan hasil pengamatan pada tabel dalam lembar kerja dan membuat kesimpulan atas hasil pengamatan yang dilakukan.

Tabel hasil pengamatan:
(jawaban dapat bervariasi tergantung siswa)

Kesimpulan:
jawaban dapat bervariasi.(kesimpulan yang diharapkan, siswa dapat menjawab bahawa lingkungan sekitar rumah dan sekolahnya termasuk lingkungan yang bersih dan sehat).

Penilaian:
kemampuan siswa melakukan pengamatan = 50
ketepatan siswa membuat kesimpulan = 50
Total = 100

Kegiatan 18 (Halaman 30)

            siswa diminta mengamatai gambar-gambar pada lembar kerja.  siswa memberikan pendapat mengenai lingkungan yang terdapat pada gambar, kemudian memberikan alasan.

1.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku suka lingkungan rumah itu, karena lingkungannya terawatt, tampak bersih dan rapi.

2.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku tidak suka lingkungan kotor dan banyak asap, dapat menggangu kesehatan.

3.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku tidak suka lingkungan banyak sampah dan membuat aliran sungai terhambat.  sampah juga menyebabkan bau.

4.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku suka dengan lingkungan sekolah yang bersih, rapi, dan tidak ada sampah.

5.  Jawaban dapat bervariasi. Contoh:
     Pendapatku:  aku tidak suka dengan lingkungan yang banyak sampah dan kotor dimana-mana. sampah menjadi sarang penyakit.

Aku lebih suka:  lingkungan yang bersih dan rapi.
Alasanku: Lingkungan bersih dan rapi enak dilihat, terlihat rapi, dan lebih sehat.
(Jawaban dapat bervariasi)

Penilaian:
kemampuan siswa menyebutkan lingkungan yang disukai = 50
keberanian siswa mengemukakan pendapat = 50
Total = 100

Kegiatan 19 (Halaman 32)

            siswa diminta untuk mewarnai gambar pada lembar kerja kemudian siswa diminta untuk memilih lingkungan mana yang lebih disukai dan mengemukakan alasannya.

Linkungan yang lebih aku sukai: (jawaban dapat bervariasi, akan tetapi diharapkan siswa memilih lingkungan yang bersih)
Alasanku: (jawaban dapat bervariasi, akan tetapi diharapkan siswa menjawab bahwa lingkungan bersih lebih enak ditempati, lebih sehat, lebih enak dilihat, dll).

Penilaian:
kerapihan siswa mewarnai gambar = 40
ketepatan siswa memilih lingkungan yang disukai = 30
kemampuan siswa mengemukakan alasan = 30
Total = 100

Kegiatan 20 (Halaman 34)

            siswa diminta untuk mengamati gambar pada lembar kerja.  siswa kemudian harus menentukan pasangan gambar yang sesuai.

Jawaban:  gambar kiri atas di sambungkan dengan gambar kanan bawah
                   gambar kanan atas di sambungkan dengan gambar kiri bawah.

Penilaian:
ketepatan siswa menjodohkan gambar = 100
Total = 100

Kegiatan 21 (Halaman 35)

            siswa ditanya apakah memiliki tanaman atau hewan peliharaan di rumah. kemudian siswa diminta untuk menyebutkan bagaimana cara memelihara tanaman atau hewan peliharaannya.  siswa juga diminta untuk menggambar tanaman atau hewan peliharaannya lalu menceritakan cara merawat hewan atau tanaman tersebut pada temannya.

Hasil kegiatan:  Hasil bervariasi pada setiap siswa

Penilaian:
kejujuran = 25
ketepatan cara merawat hewan atau tanaman peliharaan = 25
kerapihan gambar = 25
keberanian siswa bercerita = 25
Total = 100

Kegiatan 22 (Halaman 36)

            siswa diminta untuk menceritakan pengalaman mengenai menjaga kebersihan atau tidak kemudian menceritakan pengalaman tersebut kepada teman sekelas.

1.  Keadaan kelas bisa menjadi kotor, banyak sampah, berantakan, bisa menjadi sarang penyakit (jawaban dapat bervariasi).

2.  tidak nyaman, tidak enak, belajar jadi terganggu (jawaban dapat bervariasi).

3.  tanaman menjadi layu, mati, tidak segar (jawaban dapat bervariasi).

4.  li,sebab temanku tidak bisa menjaga kebersihan lingkungan. padahal membuang sampah sembarangan dapat menyebabkan lingkungan menjadi kotor. (jawaban dapat bervariasi).

Penilaian:
keberanian siswa bercerita = 50
ketepatan menjawab pertanyaan = 50
Total = 100

Kegiatan 23 (Halaman 37)

            siswa diminta untuk mengamati gambar.  siswa diminta untuk menceritakan perasaannya jika siswa melihat keadaan seperti gambar, apa yang akan terjadi, dan apa yang akan dilakukan siswa.

1.  perasaanku (jawaban dapat bervariasi).
     contoh:  aku merasa tidak betah, tidak nyaman, tidak suka

2.  jika aku tinggal di lingkungan seperti pada gambar aku akan (jawaban dapat   bervariasi).
contohnya:  aku tidak akan betah dengan lingkungan seperti itu, jadi aku harus membersihkan lingkungan itu supaya terlihat lebih bersih dan rapi.

3.  Jika melihat keadaan seperti pada gambar aku akan (jawaban dapat bervariasi).
contohnya:
            a.  aku akan merapikan semua benda pada tempatnya
            b.  aku akan membersihkan lingkungan yang kotor
            c.  aku akan membersihkan sarang laba-laba
            d.  aku akan membuang sampah pada tempatnya.

Penilaian:
kemampuan mengemukakan pendapat = 50
ketepatan menjawab pertanyaan = 50
Total = 100

LATIHAN BAB 1

I.          1.  B                                                                 6.  C
            2.  B                                                                 7.  A
            3.  C                                                                 8.  C
            4.  C                                                                 9.  C
            5.  B                                                                 10. C

II.

1.  C
2.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya tidak dihinggapi lalat, supaya tetap bersih, dll
3.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya mengganggu kenyamanan, pergerakan, dll
4.  delapan
5.  delapan
6.  sarapan
7.  mata
8.  wortel
9.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya rapi,bersih, tidak menjadi sarang penyakit
10.  sehat
11.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya kaki tidak terluka, kaki tidak kepanasan atau kedinginan, kaki terhindar dari kotoran, dll
12.  bersih
13.  sebelum tidur dan setelah makan
14.  telinga
15.  sabun dan air

III.

1.  a.  makanan yang sehat
     b.  air bersih, udara bersih, dan
     c.  lingkungan ysehat

2.  a.  membuang sampah pada tempatnya
     b.  tidak membiarkan saluran air tergenang
     c.  mengubur benda-benda seperti kaleng atau botol bekas yang sudah tidak digunakan.

3.  a.  mengosok gigi sehabis makan dans ebelum tidur
     b.  mencuci tangan sebelum makan atau setelah berada di luar ruangan
     c.  berolahraga dengan teratur
     d.  beristirahat dengan teratur
     e.  makan makana  yang bersih dan bergizi

4.  a.  mandi dengan teratur
     b.  memotong kuku jika sudah panjang
    c.  menggosok gigi dengan teratur
    d.  mencuci tangan
    e.  menggunakan alas kaki

5.  (jawaban dapat bervariasi), misalnya
     a.  angota tubuh dapat berfungsi dengan baik
     b.  kesehatan terjaga
     c.  tubuh terlihat bersih dan enak dilihat
     d.  terlihat rapi dan sehat


BAB 2.  BENDA

Kegiatan 1 (Halaman 49)

     Benda berbentuk persegi panjang:  buku, lemari, tempat pensil
     Benda berbentuk persegi:  kaleng biscuit
     Benda berbentuk segitiga: penggaris segitiga, topi segitiga
     benda berbentuk bintang: magnet, bunga, belimbing

Kegiatan 2 (Halaman 52)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi),

No
Nama Benda
Ciri- ciri Benda
Bentuk
Ukuran
Warna
Bau
Kasar/Halus
1.
kalender
Persegi panjang
besar
putih
-
halus
2
Jam dinding
lingkaran
besar
biru
-
halus
3
kursi
Persegi panjang
besar
cokelat
-
kasar
4
Taplak meja
Persegi panjang
besar
merah
-
halus
5






6






7






8






9






10














Kegiatan 3 (Halaman 53)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

Pasangan benda
Persamaan ciri benda
Bentuk
ukuran
bau
Warna
Kasar/halus
Rasa
Bola plastic-kelereng
bundar

Tidak berbau



Piring gelas


Tidak berbau

halus

Kotak bekas sabun-kotak bekas pasta gigi
Persegi panjang

Tidak berbau



Jeruk-jeruk nipis
bulat

Bau jeruk

halus
asam
Gula putih- gula merah


harum

kasar
manis
Daun singkong-daun pepaya

besar

hijau
kasar

Minyak wangi-bunga mawar


harum



Garam-keju





asin


Kegiatan 4 (Halaman 55)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

Bentuk
Kegiatan
Perubahan bentuk
kertas
dilipat
Menjadi bentuk seperti burung
Air dalam gelas
Dituang ke dalam botol
Menjadi bentuk seperti botol
plastisin
ditekan
Menjadi bentuk boneka
cokelat
Di panaskan
Menjadi bentuk cair


Kegiatan 5 (Halaman 57)

Tabel Hasil Kegiatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
Kotak sepatu bekas
Tempat pensil
Tempat jepitan rambut
Tempat mainan
Tempat sampah
2
pisau
Untuk memotong
Untuk mengiris
Untuk mengupas
3
Kursi
Untuk duduk
4
penggaris
Untuk menggaris
Untuk membatasi buku
Untuk menggambar
5
pensil
Untuk menulis
Untuk menggambar
6
buku
Untuk menulis
Untuk menggambar
Untuk mencatat
7
komputer
Untuk mengetik
Untuk menggambar
Untuk mencari informasi
8
tas
Untuk menyimpan buku
Untuk membawa perlengkapan
Untuk membawa bekal makanan
9
sepatu
Sebagai alas kaki
Melindungi kaki
Supaya terlihat rapi
10
payung
Melindungi tubuh dari panas
Melindungi tubuh dari hujan



Kegiatan 6 (Halaman 59)

Tabel Hasil Kegiatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Kegunaan
1
gunting
Untuk memotong
2
bola
Untuk dilempar, bermain bola
3
gitar
Untuk mengiringi nyanyian
4
Sikat gigi
Untuk menggosok gigi
5
Sendok dan garpu
Untuk makan
6
cangkir
Untuk minum
7
sapu
Untuk menyapu lantai
8
Lampu senter
Untuk menerangi ketika mati lampu
9
Karet gelang
Untuk mengikat sesuatu, menguncir rambut
10
payung
Melindungi tubuh dari panas dan hujan
 

Kegiatan 7 (Halaman 61)

bangun yang ada pada gambar:  lingkaran, bujur sangkar, persegi panjang

Kegiatan 8 (Halaman 64)

tergantung kreativitas siswa

LATIHAN BAB 2

I.          1.  C                                                                 6.  C
            2.  A                                                                 7.  B
            3.  A                                                                 8.  A
            4.  A                                                                 9.  B
            5.  C                                                                 10.C

II.

1.  Segitiga
2.  (jawaban dapat bervariasi) apel, es krim, permen, dll
3.  berubah
4.  melicinkan pakaian
5.  bentuk dan ukuran
6.  mencair/meleleh
7.  dituang
8.  memotong kayu
9.  halus
10. kasar
11.ditekan
12.obat dan buah pare
13. warna dan bentuk
14. warna
15. untuk menulis

III.

1.  (jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa).  contoh: paying, jas hujan,dan mantel (dapat melindungi tubuh dari hujan).

2.  cara mengubah bentuk lilin dengan dibakar
3.  kegunaan pakuuntuk melekatkan benda, menggantung benda
4.  bentuk dan permukaan
5.  karena lilin dapat berfungis sebagai penerang


BAB 3.  ENERGI

Kegiatan 1 (Halaman 73)

No
Benda
Cara bergerak
Mudah bergerak
Susah bergerak
1
Bola
V

2
Kelereng
V

3
Boneka

V
4
Buku

V
5
Pensil
V

6
Penghapus

V
7
Mobil-mobilan
V

8
Penggaris

V
9
Gulungan selotip
V

10
Kaleng bekas kemasan minuman ringan
V


Kesimpulan: benda yang berbentuk bulat mudah bergerak.

Kegiatan 2 (Halaman 75)


1.  bola dan buku tidak dapat bergerak atau berpindah tempat sendiri
2.  agar bola bergerak atau berpindah tempat harus digulirkan, ditendang, diangkat, dilempar dan di dorong
3.  agar buku bergerak atau berpindah tempat harus diangkat, didorong, dan ditarik
Kesimpulan: bola dan buku tidak dapat bergerak atau berpindah tempat sendiri
yang harus dilakukan agar bende-benda bergerak atau berpindah tempat adalah dengan cara menendang, menngangkat, melempar, mendorong atau menariknya.




Kegiatan 3 (Halaman 77)

1.  cara menggerakkan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
2.  cara menggerakkan dengan menekan atau memencet remote control
     penyebab gerakan benda batu baterai pada remote control
3.  cara menggerakkan dengan diputar
     penyebab gerakan benda gerakan pegas
4.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
5.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
6.  cara menggerakkan benda dengan di dorong
     penyebab gerakan benda dorongan
7.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan
8.  cara menggerakkan dengan didorong atau ditarik
     penyebab gerakan benda dorongan atau tarikan

Kegiatan 4 (Halaman 80)

1.  Televisi menggunakan sumber energi listrik
2.  Jam dinding menggunakan sumber energi baru baterai
3.  Kincir angin menggunakan sumber energi air
4.  Mobil mainan menggunakan sumber energi batu baterai
5.  Ayam mainan menggunakan sumber energi pegas
6.  Kompor gas menggunakan sumber energi gas
sumber energi adalah tenaga pengerak suatu benda
Sumber energi antara lain listrik, baterai, air, pegas, gas.

Kegiatan 5 (Halaman 82)

Benda sebelum didekatkan ke magnet tidak bergerak atau diam
Benda setelah didekatkan ke magnet menjadi bergerak atau tertarik atau menempel
Kesimpulan:
Magnet dapat menggerakkan benda
Magnet termasuk sumber energi

Kegiatan 6 (Halaman 83)

Sebelum pegas diputar mainan tidak dapat bergerak
yang terjadi setelah pegas pada mainan diputar adalah mainan bisa bergerak
Kesimpulan:
Pegas dapat mengerakkan benda
Pegas termasuk sumber energi

Kegiatan 7 (Halaman 84)

Sebelum baterai dipasang mainan tidak dapat bergerak
Yang terjadi setelah baterai dipasang pada mainan adalah mainan dapat bergerak.
Kesimpulan:
Baterai dapat ,menggerakkan benda
Baterai termasuk sumber energi



Kegiatan 8 (Halaman 85)

Tabel hasil kegiatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda
Energi yang digunakan
1
Lemari es
Listrik
2
televisi
Listrik
3
Kipas angin
Listrik
4
lampu
Listrik
5
Jam weker
Baterai
6
Remote control
Baterai
7
Kompor minyak tanah
Minyak tanah
8
radio
Listrik
9
komputer
Listrik
10
Mesin cuci
Listrik

(jawaban dapat bervariasi)
Dari hasil pengamatan, energi yang paling banyak digunakan adalah energi listrik.
Alasannya adalah karena listrik paling mudah digunakan
Energi listrik dapat dihemat penggunaannya.
Cara menghemat penggunaan energi listrik adalah dengan memakai seperlunya, mematikan listrik jika sudah tidak digunakan lagi, dll.

LATIHAN BAB 3

I.          1.  C                                                                 6.  C
            2.  A                                                                 7.  B
            3.  C                                                                 8.  B
            4.  A                                                                 9.  B
            5.  B                                                                 10.C

II. 

1.  Baterai
2.  makanan
3.  Menempel atau bergerak
4.  panas dan cahaya
5.  bensin
6.  angina
7.  baterai
8.  dorongan
9.  baterai
10.  baterai
11.  matahari
12.  air
13.  listrik
14.  menggunakan energi listrik seperlunya, mematikan listrik ketika tidak digunakan lagi.
15.  tidak menggunakan kendaraan jika jarak yang dituju cukup dekat.

III.

1.  Cara meindahkan lemari dengan cara di dorong
2.  Bola lebih mudah bergerak dari kotak sepatu karena bola berbentuk bundar
3.  Roda pada kendaraan berbentuk bulat supaya kendaraan mudah bergerak.
4.  Cara menghemat energi listrik dirumah dengan cara menggunakan listrik seperlunya, mematikan listrik jika tidak dipakai, menghemat air, mematikan lampu pada siang hari, dll.
5.  Jika bumi kehabisan bahan baker manusia akan kesulitan melakukan kegiatan dalam hidupnya. (jawaban dapat bervariasi).

BAB 4.  BUMI DAN ANATARIKSA

Kegiatan 1 (Halaman 94)

Gambar tergantung kreativitas siswa

Kegiatan 2 (Halaman 95)

Gambar tergantung kreativitas siswa

Kegiatan 3 (Halaman 96)

Tabel Hasil Pengamatan (jawaban dapat bervariasi)

No
Benda langit pada siang hari
Benda langit pada malam hari
1
Matahari
Bulan
2
Awan
bintang
3
Pelangi

4


5


6



Kegiatan 4 (Halaman 97)

Pada musim kemarau
1.  keadaaan sungai kekeringan
2.  keadaan sumber air kering atau berkurang
3.  disekitar sungai yang tidak banyak tumbuhan sungai kering
4.  keadaan udara panas dan lembap
5.  pakaian yang digunakan pakaian tipis dan menyerap keringat
6.  di tanah yang gundul kering dan gundul
7.  kegiatan petani mengatur aliran air
8.  keadaan tanah kering, berdebu, terkadang pecah-pecah

Kegiatan 5 (Halaman 100)

Tanda-tanda akan terjadi hujan adalah:
  • awan hitam atau mendung
  • banyak petir
  • hujan gerimis
  • hujan deras


Kegiatan 6 (Halaman 101)

Pada musim hujan
1.  keadaan sumber air melimpah
2.  sungai yang penuh sampah akan banjir
3.  keadaan tanah becek dan banyak genangan air
4.  tanah gundul akan longsor
5.  pakaian yang dikenakan pakaian tebal dan hangat
6.  petani akan menanam
7.  keadaan tumbuhan hijau dan lebat
8.  keadaan udara dingin

Kegiatan 7 (Halaman 104)

Namanya pelangi
Warnanya:
1. merah
2.  jingga
3.  kuning
4.  hijau
5.  biru
6.  nila
7.  ungu


Kegiatan 8 (Halaman 106)

(jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa)

Musim yang aku sukai misalnya musim hujan
Alasanku aku dapat bermain laying-layang, aku dapat berenang

kegiatan pada musim hujan ditunjukkan oleh gambar:
1.  anak sedang memakai paying sambil berjalan
2.  anak sedang berjalan menggunakan jas hujan
3.  ibu sedang menanam bunga

kegiatan pada musim kemarau ditunjukkan oleh gambar:
1.  seorang bapak berjalan sambil kepanasan dan berkeringat
2.  anak-anak bermain laying-layang
3.  orang sedang mengecat rumah
4.  anak-anak sedang bermain di taman
5.  anak-anak sedang membuat istana pasir di pinggir pantai
6.  petani sedang menjemur gabah
7.  petak sawah yang kekeringan

LATIHAN BAB 4

I.          1.  B                                                                 6.  B
            2.  C                                                                 7.  C
            3.  C                                                                 8.  C
            4.  A                                                                 9.  A
            5.  C                                                                 10.B

II. 

1.  PAGI HARI
2.  KERING DAN PECAH-PECAH
3.  turun hujan
4.  kemarau
5.  banjir
6.  longsor
7.  pakaian tipis dan menyerap keringat
8.  dingin
9.  jumlah air akan berkurang
10.  berkurang
11. kemarau
12. malam hari
13. paying atau jas hujan
14. hujan
15.  panas
III.
1.  tanda-tanda akan turun hujan:
  • udara terasa lebih dingin dan lembap
  • langit tampak berawan dan gelap
  • angin bertiup kencang
  • kadang-kadang terdengar suara petir yang disertai kilat

2.  Pada musim kemarau sebaiknya memakai pakaian yang tipis dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat karena musim kemarau udara terasa sangat panas dan kita menjadi lebih mudah berkeringat.

3.  sungai yang dipenuhi sampah dapat menyebabkan banjir pada musim hujan karena sampah dapat menyumbat aliran sungai sehingga aliran sungai menjadi tidak lancer.

4.  pada musim kemarau beberapa jenis tanaman tidak dapat tumbuh dengan baik sebab jenis tanaman itu membutuhkan jumlah air yang lebih bvanyak darai tumbuhan lainnya

5.  kegiatan yang dapat aku lakukan pada musim kemarau adalah: (jawaban dapat bervariasi pada setiap siswa)
  • main ke taman
  • main layang-layang
  • main sepeda
  • berenang

No comments: