12/08/2015

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID

| 12/08/2015
Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning (MLearning)
Berbasis Android pada Materi Sistem Pencernaan untuk
Siswa Kelas XI MIA SMA/MA

Penulis : Rais Budiarto
Madrasah Aliyah Negeri Tenggarong
Jalan Jelawat Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

                                            ABSTRAK
Berdasarkan observasi yang dilakukan di MAN Tenggarong, kebanyakan
siswa memanfaatkan handphone hanya sebatas untuk telepon, SMS, memutar
lagu/video, mengakses sosial network. Mobile learning mampu menjadikan
handphone yang awalnya hanya digunakan untuk sms, telepon, atau internet
menjadi alat belajar lengkap yang berisi materi pelajaran yang terdiri dari
materi, soal, dan try out dan dilengkapi berbagai fitur seperti search, jump to dan
back
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk media
pembelajaran Mobile Learning (m-learning) berbasis android pada materi sistem
pencernaan untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA sehingga layak digunakan dalam
pembelajaran biologi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan
pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan 2
MAN Tenggarong yang berjumlah 60 siswa dan 3 orang guru Biologi. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan September s/d Oktober 2015.
Hasil penilaian oleh siswa diperoleh bahwa aspek minat terhadap media
sebesar 92,83% dengan kategori sangat layak, aspek penguasaan materi 92,00%
dengan kategori sangat layak, aspek tampilan 97,50% dengan kategori sangat
layak, dan aspek keterlaksanaan sebesar 99,00% dengan kategori sangat layak.
Sementara itu untuk kualitas materi pembelajaran memeroleh skor 1853 (95,02%)
maka dapat dikatakan bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis android ini
memiliki kualitas ”Sangat Baik” untuk digunakan dalam membantu siswa belajar
Sistem Pencernaan. Kemudian Penilaian oleh ahli materi/guru diperoleh bahwa
dari aspek kurikulum sebesar 86,67% dengan kategori sangat layak, aspek
penyajian materi sebesar 94,67% dengan kategori sangat layak, aspek evaluasi
sebesar 99,33% dengan katagori sangat layak dan aspek kebahasaan sebesar
93,33% dengan katagori sangat layak. Kemudian seluruh aspek penilaian oleh
ahli materi/guru dianalisis dengan skala kontinium, berdasarkan hasil analisis
diperoleh nilai sebesar 181 (92,82%), dari nilai tersebut maka dapat dikatakan
bahwa kualitas media pembelajaran berbasis android termasuk dalam kategori
“Sangat Baik”.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android, Sistem Pencernaan

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ......................................................................... i
HALAM PENGESAHAN ................................................................. ii
ABSTRAK ........................................................................................ iii
PRAKATA ........................................................................................ iv
DAFTAR ISI ..................................................................................... v
DAFTAR GAMBAR ......................................................................... vi
DAFTAR TABEL ............................................................................. vii
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................. 1
A. LATAR BELAKANG ............................................................ 1
B. RUMUSAN MASALAH ........................................................ 4
C. BATASAN MASALAH ......................................................... 4
D. TUJUAN PENELITIAN ........................................................ 5
E. MANFAAT PENELITIAN ..................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA ............................................................. 6
A. PENGERTIAN PEMBELAJARAN ....................................... 6
B. MEDIA PEMBELAJARAN ................................................... 6
C. PERAN TEKNOLOGI INFORMASI ..................................... 7
D. PENGERTIAN ANDROID .................................................... 8
E. SISTEM PENCERNAAN ....................................................... 8
BAB III METODE PENELITIAN ..................................................... 9
A. JENIS PENELITIAN ............................................................. 9
B. PROSEDUR PENGEMBANGAN.......................................... 9
C. SUMBER DATA/SUBJEK PENELITIAN ............................. 9
D. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA ...... 10
E. ANALISIS DATA .................................................................. 11
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ..................... 13
A. HASIL PENELITIAN ............................................................ 13
B. PEMBAHASAN .................................................................... 16
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ............................................. 18
A. KESIMPULAN ...................................................................... 18
B. SARAN .................................................................................. 18
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................ 19
LAMPIRAN ...................................................................................... 20

Selengkapnya Download di sini

Related Posts

No comments:

12/08/2015

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE LEARNING (M-LEARNING) BERBASIS ANDROID

Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning (MLearning)
Berbasis Android pada Materi Sistem Pencernaan untuk
Siswa Kelas XI MIA SMA/MA

Penulis : Rais Budiarto
Madrasah Aliyah Negeri Tenggarong
Jalan Jelawat Tenggarong Kab. Kutai Kartanegara Kalimantan Timur

                                            ABSTRAK
Berdasarkan observasi yang dilakukan di MAN Tenggarong, kebanyakan
siswa memanfaatkan handphone hanya sebatas untuk telepon, SMS, memutar
lagu/video, mengakses sosial network. Mobile learning mampu menjadikan
handphone yang awalnya hanya digunakan untuk sms, telepon, atau internet
menjadi alat belajar lengkap yang berisi materi pelajaran yang terdiri dari
materi, soal, dan try out dan dilengkapi berbagai fitur seperti search, jump to dan
back
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas produk media
pembelajaran Mobile Learning (m-learning) berbasis android pada materi sistem
pencernaan untuk siswa kelas XI MIA SMA/MA sehingga layak digunakan dalam
pembelajaran biologi. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan
pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan 2
MAN Tenggarong yang berjumlah 60 siswa dan 3 orang guru Biologi. Penelitian
ini dilaksanakan pada bulan September s/d Oktober 2015.
Hasil penilaian oleh siswa diperoleh bahwa aspek minat terhadap media
sebesar 92,83% dengan kategori sangat layak, aspek penguasaan materi 92,00%
dengan kategori sangat layak, aspek tampilan 97,50% dengan kategori sangat
layak, dan aspek keterlaksanaan sebesar 99,00% dengan kategori sangat layak.
Sementara itu untuk kualitas materi pembelajaran memeroleh skor 1853 (95,02%)
maka dapat dikatakan bahwa aplikasi media pembelajaran berbasis android ini
memiliki kualitas ”Sangat Baik” untuk digunakan dalam membantu siswa belajar
Sistem Pencernaan. Kemudian Penilaian oleh ahli materi/guru diperoleh bahwa
dari aspek kurikulum sebesar 86,67% dengan kategori sangat layak, aspek
penyajian materi sebesar 94,67% dengan kategori sangat layak, aspek evaluasi
sebesar 99,33% dengan katagori sangat layak dan aspek kebahasaan sebesar
93,33% dengan katagori sangat layak. Kemudian seluruh aspek penilaian oleh
ahli materi/guru dianalisis dengan skala kontinium, berdasarkan hasil analisis
diperoleh nilai sebesar 181 (92,82%), dari nilai tersebut maka dapat dikatakan
bahwa kualitas media pembelajaran berbasis android termasuk dalam kategori
“Sangat Baik”.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android, Sistem Pencernaan

DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ......................................................................... i
HALAM PENGESAHAN ................................................................. ii
ABSTRAK ........................................................................................ iii
PRAKATA ........................................................................................ iv
DAFTAR ISI ..................................................................................... v
DAFTAR GAMBAR ......................................................................... vi
DAFTAR TABEL ............................................................................. vii
DAFTAR LAMPIRAN ...................................................................... viii
BAB I PENDAHULUAN .................................................................. 1
A. LATAR BELAKANG ............................................................ 1
B. RUMUSAN MASALAH ........................................................ 4
C. BATASAN MASALAH ......................................................... 4
D. TUJUAN PENELITIAN ........................................................ 5
E. MANFAAT PENELITIAN ..................................................... 5
BAB II KAJIAN PUSTAKA ............................................................. 6
A. PENGERTIAN PEMBELAJARAN ....................................... 6
B. MEDIA PEMBELAJARAN ................................................... 6
C. PERAN TEKNOLOGI INFORMASI ..................................... 7
D. PENGERTIAN ANDROID .................................................... 8
E. SISTEM PENCERNAAN ....................................................... 8
BAB III METODE PENELITIAN ..................................................... 9
A. JENIS PENELITIAN ............................................................. 9
B. PROSEDUR PENGEMBANGAN.......................................... 9
C. SUMBER DATA/SUBJEK PENELITIAN ............................. 9
D. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENGUMPULAN DATA ...... 10
E. ANALISIS DATA .................................................................. 11
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN ..................... 13
A. HASIL PENELITIAN ............................................................ 13
B. PEMBAHASAN .................................................................... 16
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN ............................................. 18
A. KESIMPULAN ...................................................................... 18
B. SARAN .................................................................................. 18
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................ 19
LAMPIRAN ...................................................................................... 20

Selengkapnya Download di sini

No comments: