12/08/2015

PENGGUNAAN ALAT PERAGA PRAKTIS SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIK PADA SISWA KELAS IX SMP

PENGGUNAAN ALAT PERAGA PRAKTIS SEDERHANA
DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIK PADA SISWA
KELAS IXF SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA TAHUN 2014

                                                 ABSTRAK
ARFIANI BABAY. 2015. Penggunaan Alat Peraga Praktis Sederhana dalam Pembelajaran Listrik Dinamik pada Siswa Kelas IXF SMP Negeri 4
Sungguminasa Tahun 2014
 
Kesenjangan antara harapan dan kenyataan dilapangan yang menggugah
hati penulis untuk melakukan satu terobosan baru. Tuntutan kurikulum untuk
membelajarkan IPA dengan mengaitkan materi konteks pelajaran dengan
pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari belum sepenuhnya terlaksana.
Selain itu pembentukan karakter sebagai output dari setiap pembelajaran juga
belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini terjadi karena para siswa terbiasa
menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuan berpikirnya.
Partisipasi aktif di lapangan belum optimal dan kegiatan belajar mengajar
cenderung monoton dan tidak menarik sejumlah siswa. Pada umumnya siswa
bersikap pasif, tidak mengetahui bagaimana berpartisipasi aktif dan berinteraksi
satu dengan yang lain.
Kegiatan pengembangan karya inovasi ini bertujuan untuk: (1)
meningkatkan partisipasi aktif dan kemampuan menalar melalui penggunaan alat
peraga praktis sederhana dalam pembelajaran listrik dinamik pada siswa kelas
IXF SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun 2014, (2) mengetahui
peningkatan partisipasi aktif dan kemampuan menalar selama pembelajaran
dengan menggunakan alat peraga praktis sederhana dalam pembelajaran listrik
dinamik, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan alat peraga
praktis sederhana dalam pembelajaran listrik dinamik.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa meningkatnya partisipasi aktif
dan kemampuan menalar siswa pada pembelajaran listrik dinamiK berbanding
lurus dengan penggunaan alat peraga praktis sederhana dengan pendekatan
analogi proyek yang dilakukan. Alat peraga yang digunakan meskipun sederhana
tapi mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Dari analisis data angket dan
wawancara, siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan alat
peraga praktis sederhana dengan pendekatan analogi proyek.

Kata Kunci: Alat Peraga Praktis Sederhana, Pembelajaran Listrik Dinamik.

Download Selengkapnya di sini

12/08/2015

PENGGUNAAN ALAT PERAGA PRAKTIS SEDERHANA DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIK PADA SISWA KELAS IX SMP

PENGGUNAAN ALAT PERAGA PRAKTIS SEDERHANA
DALAM PEMBELAJARAN LISTRIK DINAMIK PADA SISWA
KELAS IXF SMP NEGERI 4 SUNGGUMINASA TAHUN 2014

                                                 ABSTRAK
ARFIANI BABAY. 2015. Penggunaan Alat Peraga Praktis Sederhana dalam Pembelajaran Listrik Dinamik pada Siswa Kelas IXF SMP Negeri 4
Sungguminasa Tahun 2014
 
Kesenjangan antara harapan dan kenyataan dilapangan yang menggugah
hati penulis untuk melakukan satu terobosan baru. Tuntutan kurikulum untuk
membelajarkan IPA dengan mengaitkan materi konteks pelajaran dengan
pengalaman nyata dalam kehidupan sehari-hari belum sepenuhnya terlaksana.
Selain itu pembentukan karakter sebagai output dari setiap pembelajaran juga
belum sepenuhnya terlaksana. Hal ini terjadi karena para siswa terbiasa
menggunakan sebagian kecil saja dari potensi atau kemampuan berpikirnya.
Partisipasi aktif di lapangan belum optimal dan kegiatan belajar mengajar
cenderung monoton dan tidak menarik sejumlah siswa. Pada umumnya siswa
bersikap pasif, tidak mengetahui bagaimana berpartisipasi aktif dan berinteraksi
satu dengan yang lain.
Kegiatan pengembangan karya inovasi ini bertujuan untuk: (1)
meningkatkan partisipasi aktif dan kemampuan menalar melalui penggunaan alat
peraga praktis sederhana dalam pembelajaran listrik dinamik pada siswa kelas
IXF SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa tahun 2014, (2) mengetahui
peningkatan partisipasi aktif dan kemampuan menalar selama pembelajaran
dengan menggunakan alat peraga praktis sederhana dalam pembelajaran listrik
dinamik, (3) mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan alat peraga
praktis sederhana dalam pembelajaran listrik dinamik.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa meningkatnya partisipasi aktif
dan kemampuan menalar siswa pada pembelajaran listrik dinamiK berbanding
lurus dengan penggunaan alat peraga praktis sederhana dengan pendekatan
analogi proyek yang dilakukan. Alat peraga yang digunakan meskipun sederhana
tapi mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Dari analisis data angket dan
wawancara, siswa memberikan respon yang positif terhadap penggunaan alat
peraga praktis sederhana dengan pendekatan analogi proyek.

Kata Kunci: Alat Peraga Praktis Sederhana, Pembelajaran Listrik Dinamik.

Download Selengkapnya di sini